Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

6++ Fenomena Alam di Indonesia yang Bikin Kamu Terpana

3 min read

fenomena alam di indonesia

Alam memang selalu menyajikan keindahannya dengan pesona yang menakjubkan. Itulah mengapa, kita sebagai penghuni alam ini, hendaknya memberikan hal terbaik pada alam atas keindahan yang telah diberikan alam pada kita. Menjaga alam dengan baik dan tidak merusaknya hanya demi kesenangan pribadi. Tak hanya pesona alam yang kerap membuat kita takjub, beberapa fenomena alam di Indonesia juga kerap membuat kita terpana.

Ada beberapa fenomena alam yang sering terjadi di dunia ini, termasuk di Indonesia. Fenomena tersebut bisa saja terjadi hanya sekali, maupun terjadi di waktu-waktu tertentu setiap tahunnya. Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai fenomena alam khususnya di Indonesia, perhatikan ulasan silausurya.com berikut ini!

Apa itu Fenomena Alam?

Fenomena alam merupakan suatu peristiwa yang terjadi karena alam, bukan disebabkan oleh perilaku manusia seutuhnya. Fenomena alam ini bisa dalam wujud yang menakjubkan maupun mengerikan. Fenomena yang menakjubkan misalnya pelangi, pemandangan di atas gunung, dan sebagainya. Sementara, fenomena alam yang mengerikan bisa berupa bencana alam seperti gunung meletus dan tsunami.

Fenomena Alam di Indonesia

Banyak fenomena alam yang terjadi di dunia ini, dan berikut ada beberapa fenomena alam yang terjadi di Indonesia. Penasaran? Berikut ini fenomena alam di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Gunung Bertopi di Gunung Rinjani

Baru-baru ini, tepatnya 17 Juli 2019 masyarakat Indonesia dibuat takjub dengan fenomena alam yang langka yaitu gunung bertopi di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung Rinjani yang kerap dijadikan pendakian tersebut diselimuti awan di atasnya yang membentu topi, seakan melindungi gunung dari atas.

 

fenomena alam di indonesia
makassar.terkini.id

 

Berdasarkan penjelasan ilmiah, menurut Badaan Meteorologi, Klimatologi. & Geofisika, Septima mengungkapkan fenomena awan topi pada Gunung Rinjani merupakan fenomena Lenticular Clouds, yang merupakan jenis awan unik dan akan muncul disekitar gunung maupun bukit. Hal tersebut terjadi akibat terjadinya pergerakan udara di sekitar kawasan pegunungan.

Arus udara yang lembab akhirnya melintas melewati gunung maupun bukit, lalu mengembun dan akhirnya membentu awan yang berada di sekitar gunung atau di atas gunung seperti fenomena di Gunung Rinjani.

Gunung Bertopi di Gunung Semeru dan Gunung Sumbing

Ternyata fenomena alam gunung bertopi tidak hanya terjadi di Gunung Rinjani. Di tahun sebelumnya, fenomena alam tersebut juga terjadi di Gunung Semeru dan Gunung Sumbing. Tepatnya pada 10 Desember 2018, Gunung Semeru juga ditutupi dengan awan yang membentuk topi.

 

contoh fenomena alam di indonesia
klikwarta.com

 

Sedangkan di tanggal 1 Januari 2018 yang lalu, fenomena serupa juga terjadi pada Gunung Sumbing. Kedua fenomena tersebut merupakan fenomena alam di Indonesia yang sama dengan yang terjadi di Gunung Rinjani, yaitu karena Lenticular Clouds.

Blue Fire di Gunung Ijen

Bagi para pendaki, tentu sudah tidak asing lagi dengan Gunung Ijen yang berada di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Walaupun tidak terkenal seperti Gunung Rinjani atau Bromo, namun Gunung Ijen cukup istimewa dengan fenomena langkanya yaitu Blue Fire atau Api Biru. Tahukah Anda, fenomena Blue Fire hanya ada 2 yaitu di Islandia dan di Indonesia, yakni di Gunung Ijen.

 

fenomena alam di indonesia 2018
infobromotravel.wordpress.com

 

Fenomena Blue Fire, secara ilmiah dijelaskan sebagai reaksi anatara gas bumi dengan oksigen pada tingkatan tertentu. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat fenomena seperti nyala api yang berwarna biru. Kobaran api berwarna biru tersebut muncul dari kawah gunung. Tak heran jika banyak pendaki lokal maupun mancanegara yang menjadikan Gunung Ijen sebagai destinasi wisata demi melihat fenomena Blue Fire.

Suara Seruling di Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai di Indonesia yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini dikenal dengan pesona pasir putih dengan tekstur yang lebih lembut dibandingkan pantai pada umumnya.

 

10 fenomena alam di indonesia
klikhotel.com

 

Pemandangan alam di Pantai Klayar juga penarik perhatian wisatawan karena sebuah bukit yang menghadap ke laut lepas di bagian barat. Sementara, di bagian timur Anda bisa menikmati pemandangan batu karang yang sangat unik.

Namun, tak hanya pesona alam yang mengagumkan. Pantai ini juga menyimpan fenomena alam yang menakjubkan yaitu bunyi seruling di dalam pantai yang sering disebut sebagai seruling samudera. Bunyi seruling tersebut berasal dari angin pantai yang berhembus mengikuti ombak di celah-celah batu karang.

Sehingga menimbulkan bunyi seperti seruling yang sedang dimainkan. Tak hanya bunyi seruling saja, sebuah lubang kecil di area pantai ini juga menyemburkan air cukup tinggi yang menambah keindahan.

Api Abadi Mrapen

Fenomena alam di Indonesia yang menarik dan mencuri banyak perhatian adalah Api Abadi Mrapen yang berada di Desa Manggarmas, Brobogan, Jawa Tengah. Peristiwa tersebut merupakan fenomena geologi berupa gas alam yang muncul dari dalam tanah berupa api.

 

erwanfajari.blogspot.com

 

Disebut sebagai api abadi, karena api tersebut tidak pernah padam, Bahkan ketika diguyur hujan, api tetap menyala. Inilah yang menyebabkan lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat wisata menarik oleh para wisatawan.

Api Abadi Mrapen diklaim sebagai api sakral oleh masyarakat setempat. Di lansir dari inews.id, seorang guru kunci, Gunadi yang merupakan pewaris kompleks Api Abadi Mrapen mengungkapkan bahwa kawasan tersebut adalah peninggalan dari Sunan Kalijaga di masa Kerajaan Demak. Masyarakat setempat merasa diuntungkan dengan adanya Api Abadi Mrapen ini, karena bisa dimanfaatkan pula untuk aktivitas memasak.

Pantai Tangsi atau Pantai Pink di Lombok

Lombok memang terkenal dengan pesona laut dan pantai yang luar biasa. Salah satunya Pantai Tangsi atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Pink (Pink Beach). Disebut sebagai Pantai Pink karena pasir pantai berwarna merah muda atau pink. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Lombok.

 

youtube.com

 

Fenomena alam pantai dengan pasir berwarna pink tersebut disebabkan oleh aktivitas terumbu karang di dalam pantai. Terumbu karang bernama homotrema rubrum yang memiliki cangkang berwarna merah muda (pink), terumbu karang yang menyatu dengan berbagai spesies di dalam pasir seperti plankton mengakibatkan pasir menjadi ikut berwarna pink.

Selain itu, keberadaan mikroorganisme pada pecahan koral yang kemudian terkena sinar matahari sehingga menimbulkan warna pink. Warna pink tersebut akan terlihat semakin kuat dan cerah saat siang hari menuju sore.

Banyak fenomena unik dan menarik yang bisa Anda saksikan di Indonesia, beberapa diantaranya seperti yang dijabarkan di atas. Jika Anda melihat fenomena alam di Indonesia, jangan lupa untuk mengabadikannya, karena bisa jadi fenomena tersebut hanya terjadi sekali. Melihat fenomena alam yang terjadi, membuat kita semakin takjub dan kagum dengan alam semesta yang begitu indah dan menyimpan banyak misteri di dalamnya.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *