Posted on Leave a comment

Makanan Khas Banten

minuman khas banten

Makanan khas Banten – Masyarakat Banten adalah masyarakat yang masih menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa komunikasi. Suku Banten yang masih menjaga kemurnian bahasa Sunda adalah Suku Badui. Yang mana Suku Badui Banten merupakan Suku yang menempati Wilayah Pegunungan Kendeng Kanekes. Tepatnya di sepanjang pinggir sungai Ciujung Pegunungan.

Dalam kesempatan kali ini silau surya akan memberitahukan kepada kamu apa saja sih masakan khas Banten yang masih dilestarikan sampai sekarang? Yuks kita simak!

1. Angeun Lada

makanan khas banten wikipedia
misshotrodqueen (instagram)

Angeun Lada merupakan salah satu kuliner Banten yang berbentuk makanan berkuah. Sekilas makanan ini mirip dengan gulai daging dengan warna merah berkesan sangat pedas. Awalnya, Angeun Lada dibuat menggunakan daging kerbau, akan tetapi kini diganti dengan daging sapi.

Selain daging sapi, yang menjadi ciri khas dari hidangan ini yaitu daun walang sebagai pelengkapnya. Ditambah lagi campuran bumbu dan rempah-rempah seperti cabai, kencur, bawang merah dan putih, hingga kemiri.

Makanan khas Banten ini memiliki cita rasa yang pedas gurih dan dapat dinikmati bersama nasi putih atau lontong. Kamu bisa mencicipinya di salah satu warung makan khas Banten seperti Warung Cep Udin yang berlokasi di Lapangan Sukarela Pandeglang, Jl. Curug Sawer.

2. Kue Jojorong

makanan khas banten beserta penjelasannya
egimardani (instagram)

Nikmati kue Jojorong sebagai makanan ringan saat kamu berkunjung ke Banten. Kue basah ini terkenal di Banten, khususnya di daerah Pandenglang dan Lebak. Makanan ini dibuat dari bahan utama tepung beras, tepung sagu/kanji, dan gula merah. Tebung beras, tepung sagu/kanji dibuat adonan dalam santan panas dan ditambahkan sedikit garam.

Adonan tersebut dimasukkan ke dalam takir daun pisang atau cup kecil yang sudah diberi irisan gula merah di dasarnya. Setelah itu, dikukus hingga matang. Kamu bisa menikmatinya dengan cara menyendok dan gula dibagian dasar cup/takir akan meleleh di dalam, sehingga memberikan rasa manis yang merata. Makanan khas Banten Jojorong ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Jajajan ini bisa dibeli dibeberapa warung jajan tradisional.

3. Rabeg

makanan khas banten jawa barat
restologysteakrabeg (instagram)

Rabeg adalah salah satu olahan makanan yang dibuat dari daging kambing menggunakan bumbu khusus. Rempah-rempah dan bumbu yang diolah membuat Rabeg memiliki cita rasa gurih, pedas, manis, dan segar. Daging kambing dan jeroannya direbus terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu.

Setelah matang, tumis bumbu sampai tercium aroma harum dan masukkan air dan daging kambing ke dalam wajan berisi bumbu. Aduk merata, hingga bumbu dan daging tercampur sempurna.

Makanan ini bisa dinikmati langsung atau dengan tambahan nasi putih. Kamu bisa menikmati makanan khas Banten Rabeg, salah satunya di warung makan Rabeg khas Serang H. Naswi yang beralamat di Jl. Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Serang.

4. Sate Bandeng

makanan khas banten sate bandeng
bubueataway (instagram)

Tak seperti sate pada umumnya yang dibuat dari daging, sate Bandeng khas Banten ini dibuat dari ikan Bandeng. Dengan daging ikan yang lembut dan rasa gurih asin, membuat banyak wisatawan berburu kuliner sate Bandeng. Ikan bandeng yang sudah dibersihkan dari kulit dan duri/tulangnya, dihancurkan dan disangrai dengan api kecil.

Di wadah yang berbeda, tumis bumbu halus hingga harus lalu masukkan daging bandeng sangrai dan aduk rata sampai tercampur sempurna. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Ambil kulit ikan Bandeng, dan masukkan adonan ke dalam kulitnya, capit dengan bilah bambu dan bungkus mengguankan daun pisang dan ikat.

Terakhir, bakar sate di atas bara api sambul dibolak-balik. Makanan khas Banten ini bisa kamu nikmati salah satunya di rumah makan “Sate Bandeng Ibu Aliyah” yang berada di Jl. Lopang Gede III, Kec. Serang, Banten. Atau bisa juga mampir ke Sate Bandeng Hj. Mariyam yang berada di Jalan Kiuju No.63 Kaujon Tengah, Serang.

5. Leumeung

makanan khas banten beserta resepnya
apriel_purb (instagram)

Leumeung dikenal juga dengan sebutan Lemang, makanan khas Banten. Makanan ini diolah dari bahan utama beras ketan, santan kelapa dan garam. Sedangkan bahan tambahan yang digunakan untuk membuat Lemang yaitu daun pisang dan bambu.

Sebelum diolah menjadi Leumeung, beras ketan yang sudah dicuci bersih direndam dalam air selama 3 – 4 jam, agar lebih empuk saat diolah. Selanjutnya siapkan santan kelapa yang sudah diberi sedikit garam, lalu masukkan beras yang sudah diketan menjadi adonan.

Masukkan adonan ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang di dalamnya. Tutup bambu dengan daun pisang, usahakan jangan terlalu penuh mengisi bambu dengan adonan. Selanjutnya, bakar dengan kayu bakar atau arang dengan posisi berdiri (agar tidak tumpah), sambil dibolak-balik sehingga tidak gosong. Nikmati Leumeung dengan cita rasa gurih dan asin. Kamu bisa mencobanya dibeberapa tempat makan khas Banten.

6. Pecak Bandeng

kota banten
poppykampani (instagram)

Masyarakat Banten, mengolah ikan Bandeng menjadi olahan makanan yang lezat salah satunya pecak Bandeng. Resep mengolah makanan ini terbilang cukup mudah dengan bahan-bahan sederhana, seperti ikan bandeng, jeruk nipis atau jeruk limau, cabai, garam, gula merah dan putih, terasik, dan kecap manis.

Ikan bandeng dimasak dengan cara dibakar, kemudian disajikan bersama sambal pecak yang khas. Bumbu sambal pecak ini adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi dan tomat bakar, kemudian diulek dengan tambahan garam, gula merah, serta gula putih. Makanan khas Banten ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat. Rasakan kenikmatan pecak Bandeng di rumah makan “Pecak Bandeng”yang berada di Penerangan, Jl. Ustad Uzaer Yahya No.10, Serang Banten.

7. Nasi Bakar Sum Sum

makanan khas banten brainly
sperdana (instagram)

Nasi bakar memang mudah ditemui diberbagai rumah makan nusantara. Namun, Nasi Bakar khas Banten ini memiliki rasa spesial yang sayang jika tidak dicoba. Nasi bakar sumsum menjadi menu khas Banten yang dibuat dari nasi dan campuran sumsum daging hewan yang sudah dibumbui rempah-rempah.

Menu ini diolah dengan cara dibungkus di daun pisang dan dibakar. Makanan khas Banten ini memiliki rasa gurih dan lezat yang berasal dari sumsum. Kuliner khas Banten yang satu ini, bisa kamu nikmati di warung makan “Nasi Bakar Sumsum Pisangmas, Serang” yang berada di Jl. Veteran No.30, Cipare, Serang Banten.

Baca Juga Makanan Khas Gorontalo

8. Nasi Gonjleng

banten
info_cilegon (instagram)

Nasi Gonjleng merupakan menu khas Banten berupa nasi yang dilengkapi sambal goreng sapi, acar timun, dan emping. Menu ini cukup sederhana, namun memanjakan lidah dengan kelezatannya. Kelezatan makanan ini terletak pada olahan nasi yang dimasak bersama daun salam dan serai sehingga menciptakan aroma harum.

Kuliner khas Banten ini terkenal dengan cita rasa gurih, sedap, dan lezat baik berasal dari nasinya sendiri maupun lauk-pauknya. Kedai Nasi Gonjleng yang berada di Jl. RA Kartini, Jombang Wetan, Jombang Sub-District, Cilegon City ini bisa kamu jadikan tujuan kuliner menikmati makanan khas Banten.

9. Laksa Tangerang Banten

minuman banten
tanggalmuda.id (instagram)

Laksa khas Tangerang ini dibuat dari bahan utama ayam kampung dan beberapa bahan tambahan seperti santan, bihun, kentang, daun salam, kacang hijau, dan kelapa sangrai. Daging ayam yang akan diolah dibaluri bumbu halus terlebih dahulu, sehingga bumbu meresap ke dalamnya. Makanan khas Banten ini memiliki rasa gurih, lezat, pedas, dengan tekstur daging yang empuk.

Jika kamu ingin berburu kuliner Laksa, kamu bisa mengunjungi beberapa kedai laksa seperti Laksa Jojo yang berada di Jl. Mochammad Yamin No.1B RT.001/RW.004, Babakan atau Laksa Beras yang beralamat di Jl. Kelurahan, Sudimara Pinang. Bisa juga mampi ke kedai Laksa Bihun Ci Ikim yang berada di Gang Setia III, Sukasari, Tangerang.

Itulah tadi ulasan tentang makanan khas Banten, makanan tersebut masih bernuansa Sunda karena memang masyarakat Banten sebenarnya juga orang Sunda meskipun tidak tinggal di Jawa Barat tetapi di Provinsi Banten. Baiklah hanya itu yang bisa saya tulis semoga bisa membantu. Boleh bagikan artikel ini dengan dicantumkan sumbernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *