Muhammad Adam Seorang pemuda yang hobi menulis tentang wisata dan kuliner. Bagi siapa saja yang ingin kerjasama atau konsultasi bisa hubungi lewat wa 08979240181

Makanan Khas Banyuwangi, Idola Kuliner Arek Jawa Timur

5 min read

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh

Makanan khas Banyuwangi – Indonesia menyimpan banyak macam kuliner. Salah satu kota di Indonesia yang menyimpan aneka kuliner adalah Banyuwangi. Kuliner Banyuwangi memang masih eksis sampai sekarang, bahkan banyak orang yang datang ke Banyuwangi untuk wisata, ramai berburu masakan-masakan khas kota yang terletak di Jawa Timur ini.

Dengan pesona keindahan alamnya dan keunikan wisata kulinernya, Banyuwangi sangat cocok untuk dijadikan tujuan tempat berlibur bersama keluarga maupun teman. Berikut ini silau surya akan merekomendasikan untuk kamu apa saja masakan khas Banyuwangi yang layak diicipi.

Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur

Tidak lengkap rasanya, jika berkunjung ke suatu kota tapi tidak menyempatkan diri untuk merasakan makanan khas yang dimiliki kota tersebut. Salah satunya Banyuwangi, beberapa makanan ini wajib Anda coba.

1. Nasi Tempong

makanan khas banyuwangi nasi tempong
divisimakan (instagram)

Nama masakan ini terkenal dengan sebutan nasi tempong atau sego tempong dalam bahasa Banyuwangi. Nasi tempong merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal di dunia. Ini dibuktikan dengan banyaknya turis asing yang datang ke kota ini untuk mencicipinya, dan mereka merasa senang sudah bisa merasakan makanan khas Banyuwangi yang sangat enak ini.

Nasi tempong diciptakan oleh suku osing, suku asli Banyuwangi. Disebut dengan nasi tempong karena rasa pedas sambalnya yang serasa seperti ditampar (ditempong). Sambal pedas yang menghiasi makanan khas Jawa Timur ini lah yang menjadikannya terkenal sebagai makanan ikon Banyuwangi. Khas sambal pedasnya yaitu ada aroma kencurnya, tetapi ada juga yang menggunakan terasi sebagai aroma rasa dari sambal tersebut.

Nasi tempong biasa disajikan dengan beberapa menu pelengkap, seperti mentimun, terong, sawi, kubis, telur, daun bayam, dadar jagung, ikan laut, ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng dan ikan gereh. Rasa dari masakan ini sangat pedas dan sedap, bagi yang hobi makan makanan pedas, nasi tempong sangat cocok buat kamu.

Nasi tempong yang terkenal di Banyuwangi yaitu nasi tempong Mbok Wah yang ada di Jl. Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Harga Rp. 25 ribu sudah komplit sama minum.

2. Pecel Pitik

makanan khas banyuwangi rujak soto
tourbanyuwangi (instagram)

Namanya pecel pitik. Pecel biasanya identik dengan makanan berisi sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Namun untuk makanan khas Banyuwangi yang satu ini, sama sekali tidak menggunakan sambal kacang sebagai bumbu andalannya. Makanan ini malah menggunakan parutan kelapa muda sebagai bumbu khasnya.

Parutan kelapa muda yang sudah dibumbui dengan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, kemiri, daun jeruk, garam dan gula, menjadikan masakan pecel pitik terasa gurih dan sedikit pedas. Suku osing yang menciptakan makanan tradisional Banyuwangi ini memang hobi dan suka jenis kuliner yang rasanya pedas-pedas.

Kalau untuk bahan utama, makanan ini berbahan utama ayam kampung yang dibakar kemudian disuwir-suwir sebagiannya, dan sebagiannya lagi dibiarkan utuh. Dalam penyajiannya, pecel pitik biasa disajikan dengan cara masih tradisional, yaitu diletakkan diatas daun pisang kemudian dihiasi dengan berbagai macam sayuran seperti mentimun, tomat, kemangi, kacang panjang, kol dan daun selada.

Makanan ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan. Anda bisa menemukannya di Desa Kemiren yang merupakan tempat tinggal asli Suku Osing Banyuwangi. Tradisi cara memasak yang turun temurun, membuat citra rasanya tidak berubah. Lauknya adalah ayam suwir yang diurap dengan kelapa yang sudah dikasih bumbu. Masakan khas Banyuwangi ini, biasa dijadikan menu makanan di saat-saat perayaan acara hari besar, seperti selamatan dan syukuran.

3. Sego Cawuk

makanan khas banyuwangi jawa timur
im_lusy83 (instagram)

Orang Banyuwangi biasa menyebutnya sego cawuk. Di dalam bahasa jawa sego artinya nasi. Ya, ada yang menyebutnya nasi cawuk atau sego cawuk. Makanan khas Banyuwangi ini dinamakan dengan nasi cawuk karena pada zaman dahulu suku asli Banyuwangi yaitu suku Osing biasa memakan kuliner khas ini tanpa menggunakan sendok ataupun garpu. Tetapi langsung dicawuk (diambil) begitu saja menggunakan 5 jari-jari tangan, walhasil terkenal lah dengan sebutan nasi cawuk.

Kuliner Banyuwangi ini mempunyai ciri khas rasa manis dan gurih. Rasa manis dan gurih ini dihasilkan dari kuah ikan pindang yang sudah melalui proses dipelas. Kebayangkan rasa kuah ikan pindang? ada rasa bau-bau sedap ikan pindangnya lho.

Kamu akan mendapati komposisi nasi cawuk ini berupa nasi dengan kuah yang sudah dicampur dengan parutan kelapa muda, jagung bakar muda, mentimun, cabai, bawang merah, bawang putih dan buah asem. Disamping itu menu-menu pelengkap untuk masakan Banyuwangi ini yaitu krecek, kikil, dendeng, telur, kerupuk kretek, cumi kecil dan teri. Nasi cawuk yang terkenal di Banyuwangi yaitu nasi cawuk milik Mak Mantih. Beliau menjual nasi cawuk sudah sejak tahun 1972. Alamatnya ada di Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi Regency. Harga Rp. 15 ribu/porsi.

4. Rujak Soto Mbok Bret

makanan khas banyuwangi rujak soto
deliciousbanyuwangi (instagram)

Kombinasi dua jenis makanan yang berbeda. Soto yang berkuah dan rujak. Anda bisa menemukan rujak soto ini di beberapa warung pinggir jalan. Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, karena satu porsinya hanya dibandrol sebesar Rp 20.000.

5. Sego Bungkus Bu Poer

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh
mangantokkk (instagram)

Anda bisa menemukannya di Jalan Sudirman, Banyuwangi. Tepatnya di seberang BNI Syari’ah. Sangat cocok apabila Anda sedang kangen suasana rumah. Tersedia berbagai pilihan lauk dan nasi. Seperti nasi jagung, nasi kuning, gudeg, aneka olahan ikan, oseng-oseng dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini, ya.

6. Uyah Asem Pitik

makanan khas banyuwangi bagiak
redempta_audrey (instagram)

Uyah asem pitik merupakan makanan khas asli Banyuwangi. Mempunyai nama uyah karena diantara bumbunya ada garamnya. Dalam bahasa jawa uyah berarti garam.

Mempunyai nama asem karena kuliner Banyuwangi yang satu ini bener-bener memiliki rasa asem yang terbilang khas, sehingga banyak orang yang bilang setelah menyantap uyah asem pitik ini bener-bener merasakan kesegaran asemnya.

Rasa segar ini timbul karena rempah-rempah blimbing wuluh yang dibubuhkan ke dalam makanan khas ini. Rasa asem yang ditimbulkan oleh blimbing wuluh bener-bener membuat kuliner Banyuwangi ini memiliki rasa segar khas tersendiri.

Di samping memiliki rasa asem, makanan uyah asem pitik ini juga mempunyai rasa pedas dan gurih. Kalau ingin rasanya super pedas, biasanya tinggal tambah cabai yang banyak atau memilih jenis cabai yang pedas.

Mempunyai nama pitik karena campuran bahan utama di dalam makanan ini adalah pitik. Pitik dalam bahasa indonesia berarti ayam. Bisa menggunakan ayam kampung ataupun ayam pedaging.

Untuk bumbu-bumbu utama pembuatan uyah asem pitik ini yaitu ayam kampung, blimbing wuluh, ranti, cabe rawit, cabe merah, tomat, gula, garam, bawang merah, bawang putih dan daun jeruk. Terbayang kan bagaimana rasanya jika bumbu-bumbu ini diolah menjadi satu makanan?

Makanan khas banyuwangi ini sebenarnya berupa kuah, orang Banyuwangi menyebutnya jangan atau sayur dalam bahasa indonesia. Karena berupa kuah, maka kuliner khas ini biasa dinikmati dengan nasi panas, sambal dan kerupuk.

Di Banyuwangi ada penjual uyah asem pitik ini namanya Bu Erni yang terletak di Jl. Raya Glagah, Dusun Jambean, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Bu Erni biasa menjual kuliner khas ini dengan harga Rp. 10 ribu.

7. Mie Kuah Kepiting

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh
mariadhing (instagram)

Tempat makan ini terletak di Jalan Kepiting, N0.29 B, Banyuwangi. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menikmati menu seafood dengan perpaduan rasa masakan Jawa yang menggugah selera. Area warung dan parkirnya sangat luas. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika membawa keluarga besar. Jika Anda tidak suka kepiting, bisa memilih menu yang lainnya.

8. Pindang Koyong

makanan khas banyuwangi sego tempong
ulfamarotin (instagram)

Jika Anda ingin mengonsumsi ikan ketika berlibur ke Banyuwangi, bisa mencoba kuliner khas satu ini. Dibuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuat rasa dan aromanya semakin lezat. Sepertu cabe rawit, belimbing wuluh, daun jeruk dan lainnya.

Pindang koyong termasuk salah satu kuliner yang sehat. Pembuatannya tidak digoreng, melainkan direbus dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

9. Rawon Bik Ati

tinapuspita93 (instagram)

Anda bisa langsung menuju ke Jalan Ahmad Yani Nomor 83. Terkenal karena porsinya yang sangat banyak dengan harga yang ekonomis, dibandrol Rp 27.000 per porsinya. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Pada jam makan siang, warung ini sangat ramai. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena pelayanannya yang cepat.

10. Mie Ayam Ahem

makanan khas banyuwangi
deenhutz (instagram)

Anda perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan MT Haryono yang letaknya di dekat Hotel Berlin. Bumbu yang dibuat secara khusus, membuatnya berbeda dengan mie ayam lainnya. Ditambah dengan kuah dan daging yang melimpah, serta bakso yang sangat empuk. Membuat Anda ketagihan untuk datang ke sini lagi.

11. Kelemben

mamanya_ola (instagram)

Banyuwangi juga memiliki kue bolu yang khas. Terbuat dari tepung terigu, telur dan gula memberikan rasa yang gurih. Ditambah dengan bentuk kura-kura yang lucu. Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh atau sajian ketika berkumpul dengan keluarga. Lengkapi dengan teh, kopi atau susu hangat.

12. Pecel Rawon

nathaniacai (instagram)

Satu lagi kombinasi makanan kreasi masyarakat Banyuwangi, yaitu pecel rawon. Dilengkapi dengan daging empal yang sangat enak dari gigitan pertama. Anda akan menyantap sayuran pecel perpaduan bumbu kacang dan kuah hitam. Tentu, kombinasi dari bahan makanan itu akan memanjakan lidah. Cukup datangi warung ayu di Jalan Laksda Adi Sucipto.

Baca Juga Makanan Khas Gresik

13. Botok Tawon

eatographer (instagram)

Jenis kuliner yang satu ini memang terdengar sangat unik, ya. Memanfaatkan sarang tawon yang diolah secara khusus. Rasanya sangat gurih, sayangnya masih jarang ditemukan karena keterbatasan bahan baku. Anda bisa mencarinya di beberapa pasar tradisional atau langsung menuju ke Desa Lemahbang Kulon di warung milik Bu Misnah.

Beberapa makanan khas Banyuwangi di atas wajib untuk Anda coba. Anda tinggal memilih salah satu dan langsung mengarahkan kendaraan ke tempat tujuan. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, sahabat atau kekasih. Ciptakan momen bahagia bersama.

Muhammad Adam Seorang pemuda yang hobi menulis tentang wisata dan kuliner. Bagi siapa saja yang ingin kerjasama atau konsultasi bisa hubungi lewat wa 08979240181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *