Posted on Leave a comment

Makanan Khas Blitar

makanan khas blitar

Di sini silausurya.com akan memberitahukan kepada kamu apa saja sih makanan khas Blitar.

1. Nasi Ampok Khas Blitar

makanan khas blitar

Blitar memiliki daya tarik kuliner yang tak bisa dilewatkan yaitu Nasi Ampok. Menu ini dibuat dari bahan dasar jagung sebagai pengganti beras. Nasi Ampok disajikan dengan tambahan lauk ikan asin, urap, dan lengkap dengan sambal tomat yang pedas.

Proses memasaknya memang cukup berbeda dengan nasi putih pada umumnya. Biji jagung tidak langsung dimasak, melainkan dihancurkan terlebih dahulu hingga butir-butir halus kemudian dimasak hingga tanak. Dibutuhkan waktu lebih lama dibandingkan memasak nasi biasa untuk membuat nasi Ampok benar-benar tanak dan siap disantap.

Kelezatan rasa Nasi Ampok tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa mencobanya di salah satu kedai makanan khas Blitar Warung Pak Darminto yang berada di Jl. A.Yani (di depan Kantor Pertanahan Blitar).

2. Beras Cerdas Blitar

 

Beras Cerdas khas Blitar menjadi salah satu makanan pokok masyarakat. Beras ini bukan berasal dari padi, namun berasal dari campuran jagung dan singkong. Nama tersebut bukan berarti bahwa orang yang mengonsumsinya akan langsung pintar. Namun, nama “beras cerdas” diambil karena kandungan gizi di dalamnya yang luar biasa.

Istilah Beras Cerdas sendiri berasal dari penelitian Universitas Jember dimana di dalam beras ini mengandung banyak vitamin dan gizi, seperti protein susu. Makanan khas Blitar ini diciptakan sebagai alternatif pengganti beras dan cocok dikonsumsi oleh penderitas diabetes karena tidak mengandung kolesterol jahat.

Meskipun demikian, cara memasak Beras Cerdas ini sama dengan beras pada umumnya. Kamu bisa menambahkan aneka lauk dan sayur saat menyantapnya. Beras ini sudah dijual luas di pasaran, khususnya daerah Blitar. Kamu bisa dengan mudah membeli, salah satunya di toko Goedang Oleh-Oleh yang berada di Jl. Veteran No.203.

3. Geti

Butuh camilan khas Blitar? Kamu bisa menjadikan Geti sebagai camilan lezat dan manis di waktu santai. Geti dikenal juga dengan sebutan Enting-Enting Kacang Wijen. Jajanan ini terbuat dari bahan utama kacang tanah, gula merah, dan wijen. Kacang tanah disangrai dan ditumbuk kasar, kemudian dicampur dengan gula merah dan sedikit air. Setelah itu direbus sambil diaduk-aduk, hingga gula merah meleleh dan menyatu dengan kacang.

Selanjutnya, masukan adonan dalam loyang atau cetakan taburi wijen sebagai toppingnya. Jika sudah dingin, kamu bisa memotongnya sesuai selera. Biasanya, setelah dipotong Geti dimasukkan atau dibungkus dengan plastik agar tetap gurih dan bertahan lama. Makanan khas Blitar ini cocok juga dijadikan oleh-oleh untuk keluarga saat berkunjung kesana. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Blitar di Jl. Raya Mastrip, Srengat Blitar.

4. Wajik Kletik

Wajik memang menjadi makanan tradisional yang biasaya disajikan saat hari raya atau acara tertentu. Namun, kini makanan ini mudah didapatkan dimana-mana, khususnya pusat oleh-oleh dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga. Jajanan khas Blitar ini dibuat dari bahan utama beras ketan, gula merah, dan kelapa. Beras ketan diolah dalam kuali besar bersama dengan gula merah, santan kelapa, dan kelapa parut hingga menjadi adonan.

Gula merah yang diiris tipis-tipis dipanaskan dengan santan kelapa. Sedikit demi sedikit dimasukkan beras ketan dan kelapa parut. Lalu diaduk-aduk hingga merata dan dimasak sampai matang. Kemudian dibungkus dengan klobot atau kulit jagung bagian luar yang sudah dikeringkan. Kamu bisa membelinya di salah satu gerai O-Odabli Blitar “Wajik Kletik Ibu Prajitno” di Jl. Dr. Ismail No.3 Sananwetan, Blitar.

5. Uceng Goreng

Uceng goreng merupakan camilan khas Blitar yang dibuat dari bahan utama ikan. Ikan ditepungi dan digoreng hingga garing, sehingga rasanya renyah dan gurih. Tepung yang digunakan yakni tepung crispy sehingga rasanya benar-benar gurih. Hidangan disajikan dengan nasi hangat, urap dan siraman kuah pedas. Biasanya juga dilengkapi dengan lalapan berupa daun selada dan irisan mentimun.

Meskipun terlihat sederhana, namun uceng goreng memiliki peminat luar biasa karena cita rasanya yang khas dan lezat. Kamu bisa menikmati makanan khas Blitar ini salah satunya di rumah makan Warung Barokah Pak Sabar, di Jalan Semeru No.24 Babakan, Wlingi.

Demikianlah makanan khas Blitar yang terkenal di kota tersebut. Kamu bisa mencicipi jenis-jenis makanan tersebut ketika berkunjung ke Blitar, diantaranya bisa kamu jadikan oleh oleh untuk keluarga tercinta di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *