Muhammad Adam Seorang pemuda yang hobi menulis tentang wisata dan kuliner. Bagi siapa saja yang ingin kerjasama atau konsultasi bisa hubungi lewat wa 08979240181

Makanan Khas Gorontalo yang Terkenal Enak di Sulawesi

4 min read

minuman khas gorontalo

Makanan khas Gorontalo – Gorontalo merupakan sebuah Kota sekaligus Provinsi yang ada di Sulawesi bagian utara. Kota ini sungguh unik karena masyarakatnya mempunyai 4 macam bahasa, yaitu Bahasa Gorontalo sendiri, Bahasa Suwawa, Bahasa Atinggola dan Bahasa Bulango. Tetapi yang sering digunakan yaitu bahasa Gorontalo sebagai bahasa utamanya.

Selain itu Gorontalo juga menyimpan banyak sekali tempat wisata, yang paling terkenal yaitu wisata Pulo Cinta, Benteng Otanaha, Taman Nasional Bogani Nani Warta Bone, Pantai Bolihutuo, Taman Laut Olele, Desa Suku Bajo dan Danau Limboto.

Setelah mengenal Wisata Alamnya, alangkah baiknya kita juga harus tahu apa saja wisata kulinernya. Kali ini silausurya.com akan menginfokan kepada kamu semua, apa saja sih makanan khas Gorontalo yang terkenal enak di Sulawesi? Yuks simak ulasannya berikut ini.

1. Bhinte Biluhuta/Milu Siram

makanan khas gorontalo binte biluhuta
deena_hp (instagram)

Bhinte Biluhuta atau dikenal juga dengan sebutan Milu Siram adalah salah satu makanan khas Gorontalo yang memiliki ciri khas rasa asam, pedas, bercampur gurih dan segar. Makanan ini merupakan hidangan sup dengan bahan utama jagung. Selain jagung, bongkol jagung manis pun ikut disertakan dalam sup ini. Bahan lain yang dijadikan pelengkap sup khas Gorontalo ini seperti wortel, udang kupas, putih telur, kaldu ayam, bawang merah, cabai merah, tomat, daun seledri, daun bawang, gula, lada, garam, dan penyedap rasa.

Bhinte Biluhuta dihidangkan dengan pelengkap seperti bawang goreng dan jeruk nipis. Proses mengolah makanan khas Gorontalo ini sama seperti memasak sup pada umumnya. Makanan ini bisa dinikmati diberbagai rumah makan atau restoran khas Gorontalo.

2. Ayam Bakar Iloni

makanan khas gorontalo ayam bakar iloni
windaekatan (instagram)

Menu ayam memang sudah menjadi menu favorit diberbagai kota. Termasuk Gorontalo, sajian Ayam Iloni menjadi menu favorit para wisatawan maupun masyarakat setempat. Bahan utama “Ayam Iloni” yaitu daging ayam dengan bahan tambahan yang digunakan untuk mengolah makanan ini menjadi hidangan lezat. Seperti: serai dan daun salam. jeruk nipis, garam, gula pasir, daun pandan, dan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu penyedap.

Hidangan Ayam Bakar Iloni berbentuk olahan dahing ayam yang dibakar dengan cita rasa yang pedas, manis, serta rempah-rempah yang terasa nikmat. Nikmati makanan khas Gorontalo ini salah satunya di rumah makan Ayam Bakar ILONI Bunda INA yang berada di X-Fresh Laundry, Jl. Cendrawasih No.10, Heledulaa.

3. Ilahe Tuna

makanan khas gorontalo milu siram
belanga.id (instagram)

Ilahe Tuna identik sebagai hidangan dengan rasa rempah-rempah yang kuat. Beberapa rempah-rempah yang digunakan seperti jahe, serai, cabai, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak lainnya. Terbuat dari bahan utama ikan tuna, tongkol, atau jenis ikan lainnya seperti tenggiri, cakalang, dan kuwe, makanan ini berbentuk sup berisi ikan dengan cita rasa asam segar.

Hidangan lezat ini bisa dinikmati bersama nasi putih hangat dan teh manis. Tak lupa, Ilahe disajikan dengan tambahan daun kemangi sebagai lalapan. Kamu bisa menikmati makanan khas Gorontalo yang satu ini diberbagai rumah makan khas Gorontalo.

4. Ilabulo Bakar

makanan khas gorontalo yang terkenal
dr_desti (instagram)

Ilabulo dikatakan sebagai pepesnya masyarakat Gorontalo. Makanan ini memang menyerupai pepes pada umumnya. Pepes khas Gorontalo ini dibuat dari jeroan daging dan telur ayam. Dibumbui dengan bumbu rempah-rempah yang khas seperti bawang merah, bawang putih, hingga penyedap rasa. Tak hanya mengguakan bahan-bahan di atas, pengolahan Ilabulo juga ditambah dengan tepung sagu agar rasanya lebih kenyal dan nikmat. Daun pisang yang digunakan untuk membungkus adonan Ilabula akan menambah cita rasa semakin sedap.

Kamu bisa menikmati makanan khas Gorontalo Ilabulo bakar diberbagai warung makan sederhana khas Gorontalo. Nikmati kuliner Gorontalo dan rasakan kelezatan yang tak terlupakan.

5. Sayur Putungo

makanan khas gorontalo saat hujan
deena_hp (instagram)

Kamu tentu pernah melihat jantung pisang yang sebagaian besar dibuang begitu saja. Namun, tahukan kamu masyarakat Gorontalo menjadikan jantung pisang sebagai olahan makanan lezat bernama Sayur Putungo. Selain lezat, ternyata jantung pisang juga kata akan serat yang bermanfaat sebagai anti bakteri serta mengontrol kadar gula dalam darah.

Sayur Putungo khas Gorontalo ini diolah dengan cara ditumis. Jantung pisang ditumis bersama bumbu khasnya seperti cabai keriting, cabai rawit, barang merah, daun bawang, kemangi, jeruk limau, dan bumbu lainnya. Sayuran ini ditumis bersamaan dengan kelapa parut sangrai, sehingga menciptakan rasa peda, manis, dan gurih.

Kamu bisa menikmati kuliner ini dirumah makan sederhana. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke beberapa warung makan untuk menikmati makanan khas Gorontalo yang begitu lezat.

6. Bilenthango

makanan khas gorontalo dari sagu
olamitagorontalo (instagram)

Namanya memang terdengar asing, namun siapa sangka jika kamu mencoba kuliner khas Gorontalo Bilenthango menjadi ketagihan. Makanan ini diolah dari bahan utama ikan, khususnya kakap merah yang direndam dalam bumbu rendaman. Kemudian digoreng bersamaan dengan bumbu dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Hampir menyerupai pepes ikan bakar, namun Bilenthago diolah dengan cara digoreng.

Jika sudah berwarna kecoklatan, segera angkat dan tiriskan. Makanan khas Gorontalo Bilenthango siap disajikan bersama nasi putih hangat dan teh manis hangat atau dingin. Nikmati kelezatan makanan ini, dengan berburu kuliner diberbagai warung makan sederhana khas Gorontalo.

7. Es Brenebon

makanan khas gorontalo
tabeasocialhouse (instagram)

Gorontalo tak hanya menyajikan kuliner berupa makanan berat seperti olahan nasi, daging, ataupun ikan. Namun, banyak juga camilan segar yang bisa dinikmati di Gorontalo, salah satunya Es Brenebon. Minuman segar ini dibuat dari bahan utama kacang merah. Sebelum dibuat Es Brenebon, kacang merah yang sudah dicuci bersih direndam semalaman dan direbus hingga empuk. Sementara, bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat minuman ini yaitu gula merah, gula pasir, vanili, susu, garam, daun pandan, air, dan es serut.

Untuk membuat sirup es, caranya cukup mudah yaitu rebus air bersama gula merah, gula putih, daun pandan, sedikit garam, dan vanilli. Rebus hingga air mengental. Sajikan makahan khas Gorontalo ini pada gelas dengan dasar es serut, kacang merah, tuangkan sirup, dan tambahkan susu kental manis. Minuman segar ini biasa dijual di café maupun penjual keliling atau stand Es Brenebon.

8. Sate Tuna

makanan enak disantap saat hujan
psf_food_journey (instagram)

Sate Tuna menjadi kuliner khas Gorontalo yang wajib dicoba. Kuliner ini diolah dari ikan tuna dengan ciri khas teksturnya yang lembut. Sate ini dibakar di atas bara arang hingga matang dan sedikit gosong. Penyajiannya sama seperti sate pada umumnya, disajikan dengan sambal cabai dengan rasa pedas. Namun, kamu bisa menambahkan kecap untuk membuat rasanya bertambah sedikit manis.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati makanan khas Gorontalo ini yaitu Warung Makan Ambon Sate Tuna yang beralamat di Jalan Raya Eyato, Kota Barat, Molosipat W, Gorontalo.

9. Tili Aya

binte biluhuta
tetypeasu (instagram)

Tili Aya berjenis kue basah khas Gorontalo yang diolah dengan cara dikukus. Kue ini dibuat dari bahan utama telur, santan, dan gula merah. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara sederhana, telur dicampurkan dengan gula merah (iris tipis-tipis) dan garam. Lalu dikocok hingga menjadi adonan. Tambahkan santan kelapa sambil diaduk perlahan.

Adonan diletakkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin/minyak sayur, kemudian dikukus kurang lebih 40 menit. Setelah matang, kue dipotong berbentuk kotak dan siap disantap. Tili Aya identik dengan rasa manis gurih dengan tekstur yang lembut. Nikmati makanan khas Gorontalo ini diberbagai gerai penjual kue atau jajanan pasar.

Barangkali kamu juga tertarik untuk membaca Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur.

10. Lalampa

ayam iloni
dapurhaltob (instagram)

Lalampa khas Gorontalo ini dikenal juga dengan sebutan Lemper oleh masyarakat Jawa. Bedanya, jika lemper khas Jawa memiliki isian berupa daging atau abon, sementara Lalampa Gorontalo berisi ikan. Selain itu, proses pembuatan Lalampa dengan cara dibakar bukan dikukus. Makanan ini dibuat dari bahan utama beras ketan, , santan, garam, ikan tongkol, bumbu halus, dan daun pandan.

Makanan khas Gorontalo ini identik dengan rasa gurih, karena perpaduan bahan-bahan dan rempah-rempah yang digunakan. Lalampa mudah ditemukan diberbagai penjual jajan pasar atau kur-kue tradisional.

Cukup sudah tulisan tentang makanan khas Gorontalo ini, semoga segala jenis makanan dan minuman yang ada di artikel ini bisa menginspirasi kamu-kamu yang hobi wisata kuliner. Saya pribadi sebagai penulis juga sebenarnya ngiler ketika mereview masakan Gorontalo ini. Ya, sudah lah semoga suatu saat saya pribadi bisa ke sana icip-icip makanan ini.

Muhammad Adam Seorang pemuda yang hobi menulis tentang wisata dan kuliner. Bagi siapa saja yang ingin kerjasama atau konsultasi bisa hubungi lewat wa 08979240181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *