Muhammad Adam Seorang pemuda yang hobi menulis tentang wisata dan kuliner. Bagi siapa saja yang ingin kerjasama atau konsultasi bisa hubungi lewat wa 08979240181

Makanan Khas Kediri Jawa Timur yang Terkenal Enak

4 min read

makanan khas kediri oleh oleh

Makanan khas Kediri – Sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur, Kediri menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Indonesia dan mancanegara. Bukan saja karena berbagai destinasi yang menakjubkan tapi juga karena makanan khasnya yang terkenal lezat dan punya cita rasa unik. Wajar jika bisnis kuliner juga berkembang pesat di kota dengan julukan kota tahu ini.

Makanan Khas Kediri yang Enak

Walaupun Kota Kediri sudah banyak mengalami kemajuan terutama di bidang pembangunan, dengan hadirnya perusahaan-perusahaan ternama hingga berbagai pabrik bertaraf nasional dan internsional, namun ternyata tak membuat warga melupakan kekhasan kota Kediri, Salah satu khasnya adalah bidang kuliner yang sudah ada secara turun temurun. Berikut ini beberapa makanan khas Kediri yang bisa Anda simak!

1. Sate Burung Emprit

makanan khas kediri
jastipsue (instagram)

Mau mencoba sate yang terbuat dari daging burung pipit atau burung emprit? Kediri adalah pusatnya. Di sini banyak pedagang sate yang menjual olahan dari daging burung kecil tersebut. Awal proses pengolahannya yaitu dengan memotong daging burung emprit, kemudian diolesi dengan asam yang dicampur bawang, gula merah dan bawang putih kemudian dibakar hingga empuk dan matang.

Untuk penyajiannya sate burung emprit diberi kuah kacang dan dilengkapi irisan timun serta tomat. Biasanya tersaji dengan semangkuk nasi putih panas. Adapun harga satu porsinya berkisar Rp. 10.000an saja. Salah satu warung sate yang bisa menghilangkan rasa penasaran Anda akan rasa sate khas Kediri ini terletak di Jalan Ahmad Yani Drangin Wonojoyo Kediri.

Baca Juga Makanan Khas Kebumen

2. Nasi Pecel Sambal Tumpang

makanan khas kediri yang enak
michaelleuwol (instagram)

Perbedaan nasi pecel ini dengan nasi sejenis lainnya terletak pada sambal tumpang yang melengkapi rasa pedas dari nasi pecel. Disajikan pada pincuk daun pisang dengan campuran daun singkong, daun pepaya, kenikir, pepaya muda, dan toge. Nasi kemudian disiram dengan kuah kacang khas Kediri dan ditaburi irisan kemangi, mentimun dan lamtoro.

Rasanya akan semakin sempurna jika ditambahkan tahu goreng, pergedel singkong dan peyek. Apalagi harganya yang tak mencapai Rp. 10.000 membuat makanan khas Kediri ini selalu dirindukan setiap pagi dan sore hari sebagai jajanan di sejumlah pasar tradisional Kediri.

3. Sate Bekicot

makanan khas kediri jawa timur
diara_indy (instagram)

Makanan unik lainnya di Kediri adalah sate dengan daging bekicot sebagai bahan utamanya. Proses pengolahan dengan merebus daging bekicot dan bumbu hingga meresap kemudian dibakar lagi sampai matang. Biasanya disajikan dengan kuah kacang yang aromanya sangat khas dan rasa gurihnya yang maknyuss.

Daerah sentra penjualan sate ini terletak di Desa Djengkol Ploso klaten Kediri. Dengan harga Rp. 15.000 satu porsi, Anda sudah bisa membawa pulang 50 tusuk sate bekicot lengkap dengan kuah dan sambel yang enaknya tak terbantahkan.

4. Nasi Goreng Arang

makanan khas kediri jatim
zonajatim.official (instagram)

Keunikan makanan khas Kediri terletak pada proses memasak nasi goreng menggunakan arang sebagai media memasak. Nasi yang digoreng dicampur dengan bumbu tradisional tanpa bahan penyedap serta irisan daging ayam kampung, menjadikan gerai nasi goreng ini selalu ramai pengunjung. Soal rasa jangan ditanya, karena aromanya lebih terasa dan perpaduan nasi dan bumbu sangat pas.

Anda mau coba? Datang saja ke kawasan wisata Kediri Jalan Katwang atau Jalan Singosari. Disana terdapat sejumlah penjual nasi goreng arang yang selalu ramai pengunjung. Untuk seporsi nasi unik ini dihargai Rp. 10.000an saja.

Baca Juga Makanan Khas Bali

5. Bakso Barokah 313

makanan khas kediri adalah
baksobarokah313kediri (instagram)

Para penggila bakso wajib mencoba kelezatan dari bakso fenomenal di Kota Kediri ini. Berdiri sejak puluhan tahun lalu, resto kuliner yang terletak di Jalan Letjen Suprapto No.107 Banjaran Kediri ini menawarkan beberapa jenis bakso yang memiliki cita rasa luar biasa. Daging baksonya empuk, kuahnya apalagi, tak akan membuat bosan.

Para pencinta pedas juga bisa menambahkan sambal khas Bakso Barokah 313 sesuai selera. Harga makanan khas Kediri yang sangat terjangkau ini membuat pengunjung selalu penuh dari pagi hingga malam hari.

6. Es Tebu Ijo

makanan khas kediri pare
po_me1988 (instagram)

Untuk penghilang dahaga di tengah teriknya matahari, es tebu ijo yang terbuat dari perasan tebu hijau ini selalu dicari masyarakat Kediri. Dijual dengan gerobak hijau, penjual siap menyajikan es yang diperas langsung dari batang tebu saat ada pembeli sehingga kesegarannya benar-benar masih fresh. Tak perlu tambahan gula. Es tebu ijo dengan harga Rp. 4000an ini pastinya akan jadi minuman favorit Anda.

Apa bedanya dengan es tebu lainnya? menurut para pembeli, rasa es tebu ijo lebih segar dan rasa manisnya tak membuat sakit di tenggorokan. Makanya Anda wajib mencobanya saat berada di Kota Kediri, tinggal cari gerobak hijau dan coba langsung sensasi dingin dan manisnya. oiya, es tebu ijo ini juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas kediri untuk dibawa pulang.

7. Balungan Pecok Pedas

makanan khas kediri oleh oleh
rena.esti (instagram)

Menikmati tulang sapi berkuah santan dengan bumbu pedas hanya bisa Anda rasakan di Kediri. Nama makanan ini adalah balungan pecok. Biasanya kuliner khas ini banyak dijual pada bulan puasa dan dijadikan menu berbuka favorit. Rasa segar, gurih dan empuknya daging pada iga atau stengkel sapi menjadikan lidah merasakan sensasinya yang khas.

Dengan harga berkisar Rp. 25.000 hingga Rp. 35.000 satu porsinya, Anda bisa merasakan sensasi menyeruput sum-sum sapi di beberapa warung ternama di Kota Kediri salah satunya di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa, Banjaran Kota Kediri. Yuks coba makanan khas Kediri ini, dijamin enak dan lezat.

8. Soto Ayam Bok Ijo

samueltabh (instagram)

Inilah salah satu kuliner legenda di Kota Kediri, hadir sejak tahun 1969. Soto ayam yang satu ini masih jadi incaran masyarakat Kediri dan pendatang. Perbedaannya dengan soto lain adalah kuahnya yang sangat gurih bercampur manis, sehingga menciptakan sensasi segar yang tak membosankan, apalagi harganya sangat terjangkau hanya Rp. 6.000an untuk satu porsi soto.

Penyajiannya juga berbeda, dimana akan ada empat mangkuk di meja Anda. Satu berisi nasi hangat yang sudah diberi kuah soto, satu berisi ayam suwir yang kaya bumbu, satu berisi sayuran kol dan toge yang sudah dibersihkan, dan satu mangkuk berisi jeruk nipis. Untuk mencicipinya tinggal datang ke Jalan Semeru No. 55 Semen, Tamanan Mojoroto.

9. Soto Podjok

fai_nabil (instagram)

Terletak di podjok Jalan Dhoho Setono Gedong Kediri. Soto yang satu ini juga menjadi legenda yang tak pernah dilupakan. Sejak 1926 warung soto ayam kampung ini sudah berdiri. Saat ini pengelolanya adalah generasi keempat dari pemilik aslinya. Keunikannya terletak pada kuah soto yang bening dan gurih.

Anda bisa mendapatkan satu mangkok besar berisi nasi yang sudah diberi kuah soto dengan irisan daging ayam kampung, kecambah dan sesendok sambal khasnya. Harganya yang terjangkau dan pelayanan yang ramah membuat pengunjung tak pernah sepi untuk menikmati makanan khas Kediri ini.

10. Soto Ayam Pakelan Ny. Sien

budipurnomoid (instagram)

Satu lagi soto ayam yang wajib Anda coba saat berada di Kediri adalah Soto Ayam Pakelan Ny. Sien yang berada di Jalan Untung Suropati No.1 dan 3 Pakelan Kediri. Resto yang sudah direnovasi terlihat kekinian, namun yang paling penting adalah rasa soto yang ditawarkan sangat enak dan benar-benar unik.

Keunikannya terletak pada bihun jenis soun yang ada pada seporsi soto, ditambah pula kecambah yang menjadi sayur utamanya. Kuah berwarna kecoklatan terasa sangat enak dan tidak lengket di lidah, dan pastinya bumbu sangat pas dan membuat satu porsi Rp. 15.000 rasanya tak cukup.

Mau kenyang dengan makanan khas Kediri jenis sate, bakso, atau soto? Anda tinggal menentukannya sendiri, karena 10 makanan di atas memiliki rasa yang sangat fenomenal dan tak akan terlupakan. Ditambah pula perpaduan bumbu yang unik dan penyajian yang apik, sudah dipastikan Anda akan ketagihan dan selalu mampir ke sana saat berkunjung ke Kota Kediri.

Muhammad Adam Seorang pemuda yang hobi menulis tentang wisata dan kuliner. Bagi siapa saja yang ingin kerjasama atau konsultasi bisa hubungi lewat wa 08979240181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *