Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Makanan Khas Kudus yang Terkenal di Dunia Kuliner

4 min read

makanan khas kudus lentog

Selain dikenal sebagai kota kretek, Kudus ternyata menyimpan sejuta kuliner yang enak dan menggugah selera. Pantas saja jika makanan khas Kudus selalu dicari siapa saja yang menapakkan kaki di sentra tembakaunya Indonesia ini. Mulai dari jajanan, camilan, hingga makanan kelas berat yang punya ciri khas yang membuat ketagihan.

Makanan Khas Kudus yang Terkenal

Setidaknya ada 11 jenis makanan super enak dari Kudus yang sudah terbukti membuat orang ingin mencoba lagi dan lagi. Ada yang namanya Lentog Tanjung, Soto Kudus, Ayam Gongso, Pecel Pakis, Garang Asem, Lepet Beras Ketan, Sate Kerbau, Nasi Pindang, Opor Bakar, Intip Ketan dan Nasi Jangkrik. Seperti apa kharakteristik rasa dan kenikmatannya.

1. Lentog Tanjung

makanan khas kudus
bananaleafcatering (instagram)

Namanya memang agak aneh terdengar, tapi soal rasa perpaduan antara lontong dan sayur lodeh ini dijamin gurih dan segar. Biasanya orang Kudus mengkonsumsinya untuk sarapan, sebab sangat bisa mengenyangkan. Anda juga bisa mencobanya di warung kaki lima setiap pagi di Kota Kudus hanya dengan harga Rp. 5000 / porsi.

2. Soto Kudus Pak Denuh

makanan khas kudus yang terkenal
limitedsky (instagram)

Kalau ke Kudus tak lengkap jika tak mencoba mencicipi soto khas daerah tersebut. Salah satu yang tersohor adalah Soto Kudus milik Pak Denuh di Jalan AKBP Agil Kusumadya. Cita rasanya yang khas dimana resepnya yaitu nasi dicampur dengan toge, irisan daging ayam, seledri dan bawang goreng disirami kuah soto dan disajikan dalam mangkuk kecil.

Harga satu porsi soto kudus Pak Denuh yang sudah ada sejak tahun 1945 berkisar Rp. 7.500 saja untuk satu porsinya. Jika Anda mau menambah sate puyuh, sate udang, atau sate lainnya bisa menambah Rp. 4.000 hingga Rp. 8.000 lagi. Makanan khas Kudus ini bisa Anda beli di Jl. Raya Kudus – Demak tepatnya sebelah utara Terminal Kudus.

Baca Juga Makanan Khas Bali

3. Ayam Gongso Kudus

makanan khas kudus jawa tengah
kulinerpreneur (instagram)

Mirip dengan ayam kecap, ayam gongso Kudus ini merupakan makanan dari potongan ayam yang diberi bumbu kecap spesial dan cabe. Bisa menjadi teman makan nasi di siang atau malam hari. Harga ayam gongso Kudus ini  berkisar belasan ribu saja dan salah satu tempat makan ayam Gongso Kudus terkenal enak adalah resto Madam.

Perbedaannya terletak dari penyajian ayam yang dipotong kecil dan saus kecap yang meluber, sehingga Anda bisa makan sepuasnya sampai tetesan terakhir.

4. Pecel Pakis Colo

makanan khas kudus dan resepnya
e_ndro (instagram)

Kalau biasanya makanan pecel memang berisi campuran toge, kacang panjang, daun kangkung, kol putih serta disiram kuah kacang tanah yang sudah dicampur gula merah dan cabe. Namun uniknya, Pecel Pakis Colo ini menggunakan tumbuhan dan tanaman pakis sebagai sayuran pelengkap kudapannya. unik bukan?

Harganya terjangkau sama seperti harga soto Kudus, yaitu hanya ribuan saja. Penyajian pun masih terbilang tradisional, yaitu menggunakan daun pisang atau dedaunan lain, sehingga menambah cita rasa tradisional makanan khas Kudus yang enak di lidah.

5. Garang Asem

makanan khas kudus lentog
kuduskulineran (instagram)

Kuliner Kudus yang satu ini sudah dikenal luas di berbagai daerah, karena rasanya yang terkenal maknyus. Namanya garang asem. Ya, makanan khas Kudus garang asem ini berbeda dengan olahan ayam pada umumnya. Dimana potongan ayam diberi rempah khusus, dan irisan tomat segar kemudian dibungkus dalam daun pisang dan di kukus. Hasilnya, mau makan berapa potongpun tak akan membuat eneg.

Biasanya Garang Asem dijadikan lauk utama di resto-resto Kudus, dengan penyajian menggunakan daun pisang. Harga seporsinya bervariasi mulai dari belasan hingga puluhan ribu rupiah.

6. Lepet Beras Ketan

makanan khas kudus jenang
motret.makan (instagram)

Lepet dalam bahasa jawa artinya minta maaf, tapi kalau dari segi kuliner, lepet merupakan olahan jajanan yang terbuat dari beras ketan putih yang dicampur parutan kelapa. Lalu di dalamnya diberi kacang tolo rebus, kemudian dibungkus dengan daun kelapa lalu tanak hingga matang.

Rasa legitnya beras ketan dipadu aroma daun kelapa dan isian kacang tolo, menjadikan jajanan yang banyak di jual pada pasar tradisional Kudus ini wajib dicoba. Harganya yang hanya kisaran Rp. 2.000 saja tentu bisa membuat Anda makan banyak atau membawanya pulang.

7. Sate Kerbau

makanan khas kudus intip ketan
kuduskulineran (instagram)

Satu lagi kuliner unik dari Kota Kudus. Kalau biasanya sate terbuat dari daging sapi atau ayam, di Kudus terdapat sate yang terbuat dari daging kerbau. Rasanya tak kalah enak dari sate sapi, apalagi bumbu yang membalut daging kerbau sangat gurih dan benar-benar nikmat.

Penyajian makanan khas Kudus ini cukup unik, sebab di makan dengan nasi putih yang masih hangat. Sedangkan kuah kacang dipisah dan bisa diambil sesuai keinginan pembeli. Salah satu warung sate kerbau terkenal adalah milik Pak Min Jastro yang beralamat di Jalan Kyai Haji Agus Salim Kudus. Dimana di warung ini menjual satu tusuk daging kerbau Rp. 4.500 saja.

8. Nasi Pindang

makanan khas kudus dan pati
budster2202 (instagram)

Kalau Anda mengunjungi Desa Colo di Lereng Gunung Muria, wajib mencoba nasi pindang kerbau yang ada di kawasan itu. Daging kerbau yang direbus hingga empuk, ditata dengan nasi putih kemudian disiram dengan kuah pindang yang terbuat dari santan, bumbu khas Kudus, keluak dan melinjo.

Rasanya yang gurih dan mengenyangkan, bisa dijadikan makan siang atau makan malam. Soal harga jangan khawatir hanya kisaran Rp. 17.000 Anda sudah bisa mencoba seporsi penuh nasi ini, dan dijamin mengenyangkan dan ketagihan untuk membawa pulang.

9. Opor Bakar Sunggingan

askarov_benjaminovic (instagram)

Kalau opor ayam biasanya disajikan dengan kuah santan, di Kudus opor ayam memiliki proses masak yang berbeda. Dimana setelah opor berkuah matang, potongan ayamnya dikeluarkan dan dibakar di atas bara hingga menjadi garing dan lebih gurih. Kemudian ditata di atas piring berisi nasi dan sambal goreng tahu dan disiram kuah opor.

Sensasi kriuk dari ayam opor yang dibakar menjadikan kuliner ini sangat tersohor dimana-mana. Satu porsinya biasa dijual belasan ribu saja. Anda bisa menambahkan berbagai gorengan untuk melengkapi sensasi makanan khas Kudus ini.

10. Intip Ketan

alibaba_cilukba (instagram)

Anda pernah makan kerak telor? Intip ketan proses pembuatannya mirip dengan makanan khas Betawi. Hanya saja ketan yang dimasak di atas kuali tanah liat tidak diberi telur melainkan ditaburi parutan kelapa dan gula putih. Rasa manis dan kriuk beras ketan memberi sensasi berbeda. Harganya juga murah yaitu Rp. 2.000/porsi.

Jajanan khas Kudus ini bisa Anda nikmati di sepanjang jalan di Kota Kretek tersebut, terutama di sore hingga malam hari.

Baca Juga Makanan Khas Kediri

11. Nasi Jangkrik Daun Jati

kuduskulineran (instagram)

Kalau Anda berfikir ada jangkrik di dalam makanan ini, maka Anda salah besar. Makanan yang dijual di kawasan Masjid Menara Kudus pada perayaan 10 Muharam ini merupakan perpaduan nasi yang diberi daging kerbau dan bumbu khas pedas manis yang disebut bumbu jangkrik.

Penyajiannya yang menggunakan daun jatilah yang membuat kuliner yang satu ini amat berbeda. Untuk merasakan sensasi makan nasi jangkrik cukup membayar Rp. 15.000/porsi dan Anda akan dibuat kenyang maksimal.

Membaca informasinya saja pasti sudah membuat rasa penasaran yang membuncah bukan? memang makanan khas Kudus tak pernah ada matinya, karena cita rasa yang berbeda dari makanan di daerah lain. Apalagi kreativitas masyarakat yang selalu mempertahankan tradisi leluhur pastinya membuat Anda ingin segera terbang kesana dan mencicipi semua kuliner tersebut.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *