Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Makanan Khas Madura Cita Rasa Unik Dan Lezat

4 min read

makanan khas madura adalah

Makanan khas Madura – Madura adalah sebuah pulau kecil yang padat penduduknya. Madura memiliki kekayaan budaya yang dijunjung tinggi Bangsa Indonesia. Budaya Madura masih tetap dijaga sampai sekarang. Bahkan Bangsa Indonesia patut bangga memiliki keunikan adat dan Budayanya.

Selain budayanya, Madura juga menyimpan beraneka macam kekayaan wisatanya. Wisata Madura yang terkenal saat ini adalah Jembatan Suramadu. Kalau kamu mengunjungi Jembatan Suramadu jangan lupa sekalian mencicipi makanan khas yang ada di sana ya. Berikut ini silausurya.com akan memberitahukan ke kamu apa saja sih makanan khas Madura yang enak dan legendaris? Yuks kita simak!

Kaldu Kokot

makanan khas madura
sumenepsuperhits (instagram)

Ya, inilah makanan khas Madura, namanya kaldu kokot. Kaldu sendiri di Madura mempunyai arti “sop” sedangkan kokot mempunyai arti kaki sapi. Jadi ini adalah masakan Madura berupa sop yang ada kaki sapinya.

Kaldu kokot khas Madura ini menariknya adalah disajikan dengan kacang hijau. Dimana-mana yang namanya kacang hijau itu seringnya diolah menjadi makanan bubur, tetapi di Madura ini malah diolah menjadi makanan sop dengan kuah yang kental.

Kamu tidak akan mendapatkan rasa manis pada kuliner Madura ini, meskipun ada kacang hijaunya. Tetapi yang akan kamu temui adalah rasa gurih dan aroma sedap yang khas.

Selain itu bahan-bahan yang dicampurkan ke dalam kaldu kokot ini yaitu ada lontong kupat, sambal kacang, singkong goreng, potongan kikil, babat, usus, sumsum, jeroan sapi dan potongan tulang kaki sapi.

Makanan khas Madura ini sangat cocok apabila dinikmati dalam keadaan masih panas dan hangat. Ini adalah masakan dari Sumenep dan Pamekasan Madura yang tidak kalah populer dengan sate Madura.

Tempat makan yang terkenal enak menjual kaldu kokot di daerah Sumenep adalah warungnya Bu Yatik di Jl. Wahidin Gang 03 No. 341, Pajagalan, Kota Sumenep. Harga Rp.25 ribu.

Nasi Serpang Khas Madura

makanan khas madura adalah
surabayafoodies (instagram)

Tahu gak sih kamu apa itu nasi serpang? Nasi serpang merupakan makanan khas Madura dari daerah Bangkalan yang sangat enak dan lezat rasanya. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang, mirip nasi ponggol dan nasi bogana dari Tegal.

Ini dimaksudkan supaya rasanya lebih terjaga dan tidak berubah. Berbeda rasanya apabila dibungkus dengan kertas minyak. Inilah mengapa para tukang masak kuliner Madura dari Bangkalan ini lebih suka menyajikannya menggunakan daun pisang.

Supaya rasanya lebih enak dan lezat, nasi Serpang ini biasa dihiasi dengan menu-menu pelengkap, misalnya mie bihun, telur rebus, tumis buncis dan kacang, sambal goreng, jeroan ayam, kentang goreng, daging ayam yang sudah disuwir-suwir, serundeng, rempeyek kacang, udang goreng, tempe orek, usus ayam, galati dan kerupuk.

Setelah mengetahui apa saja menu-menu campuran dari masakan khas Madura ini, kira-kira kamu bisa membayangkan gak gimana rasanya? Yakin dah rasanya benar-benar mantul (mantap betul).

Kamu bisa mencicipi nasi serpang khas Madura ini dengan datang ke daerah Pecinan, Sanggan, Bancaran dan Pejagan yang terletak di kota Bangkalan. Kalau pagi, biasanya di sepanjang jalan-jalan protokol di daerah tersebut, banyak para penjual nasi serpang ini. Harga Rp.20 ribu.

Baca Juga Makanan Khas Madiun

Soto Campor Khas Madura

makanan khas madura bangkalan
ovieredblue (instagram)

Pasti di antara kamu ada yang belum tahu apa itu makanan soto campor khas Madura kan? Soto campor berasal dari Sumenep Madura. Tetapi kemudian soto campor ini tersebar di seluruh pulau Madura. Dan sekarang menjadi kuliner khas Madura terkenal.

Soto campor rasanya gurih, segar dan beraroma rempah-rempah Jawa. Itu di karenakan bahan-bahan yang dicampur ke dalam soto datang dari khas Jawa.

Misal bahan dan bumbunya adalah jahe, pala, cengkeh, kayu manis, santan kelapa, air, lada, garam, bawang goreng, bawang putih, cabai, merica, daun bawang, kacang goreng, petis ikan, dan kemiri.

Soto campor ini disajikan dengan lontong kupat, iga sapi, daging sapi, mie bihun, keripik tette, tauge, kacang goreng, singkong goreng dan kuah santan yang kental. Unik bukan soto ini? Dinamakan dengan campor karena soto ini dicampur dengan berbagai macam bumbu apa saja.

Meskipun begitu, masakan khas Madura ini menjadi makanan favorit warga Sumenep Madura. Mereka biasa menjadikan soto campor ini sebagai menu makanan saat lebaran tiba.

Palotan Pendheng

`makanan khas madura pamekasan
sumenepsuperhits (instagram)

Hai sobat, ini makanan khas Madura unik, namanya palotan pendheng. Palotan dalam bahasa Madura berarti “ketan”. Menariknya makanan ini benar-benar berbahan utama ketan dan ikan pindang.

Dan tak lupa juga biasanya palotan pendheng ini ditaburi dengan parutan kelapa muda dan bakwan udang goreng. Sambal goreng juga tidak ketinggalan menyertai kuliner Madura yang satu ini.

Adapun untuk rasanya, palotan pendheng didominasi dengan rasa yang gurih dan bau khas ketan. Rasa gurih itu timbul diakibatkan karena adanya ikan pindang yang sudah dikasih bumbu. Apalagi kalau kamu juga mencicipi sambalnya, tentu rasanya semakin ada rasa khasnya yaitu pedas.

Bagi kamu yang melakukan wisata ke Madura khususnya di kota Sumenep jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Madura yang satu ini. Syukur-syukur bisa kamu jadikan oleh oleh khas untuk keluarga di rumah. Harga Rp.5 ribu.

Bebek Songkem

makanan khas madura sampang
bebek_songkem (instagram)

Makanan khas Madura ini bernama bebek songkem. Bahan utama makanan ini adalah bebek yang sudah dikasih bumbu-bumbu khas sebelum akhirnya dibungkus dengan daun pisang untuk dikukus.

Ada hal yang unik dalam proses pengukusan bebek songkem ini. Biasanya orang mengukus itu pakai air, tetapi dalam mengukus bebek songkem sama sekali tidak menggunakan air.

Namun, tukang masak bebek songkem memanfaatkan kandungan air yang ada di dalam daun pisang untuk mengukus. Sehingga hasil kukusan ini menjadikan bebek songkem sehat rendah kolesterol.

Oiya, kenapa dinamakan dengan “songkem” karena sebelum dikukus, kepala bebek ditekuk sedemikian rupa menyerupai orang lagi songkem. Songkem dalam bahasa Madura berarti tunduk menghormati kepada orang yang lebih tua usia.

Untuk bisa mencicipi masakan khas Madura ini, kamu bisa datang ke toko bebek songkem milik bapak Haji Ahmad di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno 462, Rungkut. Sebelah Apotek Kimia Farma GraPARI. Biasanya bebek songkem H. Ahmad ini dijadikan oleh-oleh khas Madura.

Baca Juga Makanan Khas Tegal

Tajin Sobih

exploremadura (instagram)

Tajin dalam bahasa Madura mempunyai arti “bubur”. Sedangkan sobih adalah nama suatu desa yang ada di Kecamatan Bangkalan. Jadi tajin sobih adalah makanan khas Madura berasal dari desa sobih Bangkalan.

Tajin sobih merupakan jajanan ringan karena terbuat dari tepung kanji, tepung beras, kelapa parut dan santan. Tajin sobih mempunyai 3 warna yaitu warna merah muda, putih dan coklat.

Kalau sekilas, jajanan khas Madura ini mirip dengan bubur sum sum pada umumnya. Tetapi tajin sobih untuk tekstur tepung kanji dan berasnya agak sedikit kasar. Adapun rasanya yaitu manis dan gurih gurih. Manis karena ada siraman gula jawanya dan gurih karena dalam memasak tepung berasnya dikasih bumbu garam.

Kamu bisa datang ke Pasar Senen Bangkalan jam 6 pagi untuk membeli kuliner Madura ini. Harga Rp.2.500.

Jadi kalau kamu berkunjung ke Madura, entah itu dalam rangka piknik wisata atau sekadar mengunjungi teman di sana, maka tidak ada salahnya kamu mencicipi makanan khas Madura. Supaya kamu juga tahu rasa kuliner khas yang dimiliki oleh Negeri kita Indonesia.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *