Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Makanan Khas Sunda yang Terkenal di Jawa Barat

11 min read

makanan khas sunda

Makanan khas Sunda – Sunda adalah nama sebuah Suku yang ada di Provinsi Jawa Barat dan Wilayah Banten. Suku Sunda memiliki bahasa sendiri, namanya bahasa Sunda. Menurut bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno, kata Sunda artinya terang, berkilau, suci, murni dan bersih. Di samping itu, yang paling menarik adalah gadis Sunda dikenal memiliki paras yang cantik dan kulit putih. he ..!!

Makanan Khas Sunda Adalah

Tapi jangan salah lho, selain dikenal wanita-wanitanya berparas cantik, Sunda juga terkenal dengan masakannya yang enak dan lezat. Oleh karena itu, kali ini silau surya akan memberitahukan kepada kamu, apa saja sih makanan khas Sunda yang kata orang kudu dan wajib dicoba. Yuks langsung saja kita simak!

1. Bakakak Hayam

makanan khas sunda
rajacireng (instagram)

Bakakak Hayam adalah salah satu kuliner Sunda yang memiliki filosofi. Makanan ini dibuat dari bahan utama ayam jantan. Mengapa harus ayam jantan? Masyarakat Sunda percaya bahwa ayam jantan mampu menolak bala (roh jahat) yang mengganggu manusia. Ayam jantan biasa diolah sebagai menu masakan dalam upacara adat atau acara sakral lainnya.

Biasanya diolah dengan cara dibakar atau panggang, yang kini dikenal sebagai Ayam Bakakak. Menu Bakakak Hayam diolah dengan cara diungkep bersama bumbu dan santan. Ciri khas rasa dari Bakakak Ayam Sunda ini adalah manis dan pedas.

Selain bahan utama daging ayam, makanan ini juga memiliki resep rempah-rempah yang komplit, seperti daun salam, lengkuas, bawang merah dan putih, kemiri, ketumbar, jahe, gula merah, ketumbar, cabai, batang serai, dan garam. Buatlah bumbu halus dari bahan-bahan tersebut, masak bersamaan dengan daging ayam dan santan kelapa. Pastikan daging ayam bisa empuk, sehingga tidak alot saat dimakan.

Daging ayam yang digunakan tidak dipotong kecil-kecil, melainkan satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bagian dalam dan luarnya. Makanan khas Sunda Bakakak Hayam bisa dinikmati langsung dengan nasi putih hangat, sambal terasi, dan lalapan. Kamu bisa menikmatinya di berbagai warung makan Sunda, salah satunya di Curug Warung Sunda yang berada di Jalan Pemuda No. 01 atau di Jalan Raya Cangingan KM.

2. Sop Tutut

makanan khas sunda adalah
cepiderman (instagram)

Menikmati sop buntut mungkin sudah biasa, bagaimana jika yang disajikan adalah sop tutut? Ini merupakan salah satu makanan khas Sunda yang layak untuk dinikmati. Tutut merupakan binatang yang mirip dengan keong, binatang ini biasanya hidup di area pertanian dan menjadi hama padi. Walaupun sebagai binatang perusak tanaman, tahukah kamu bahwa Tutut sebenarnya enak dimakan dengan rasa khas pedas asin manis. Sop tutut biasa dijadikan menu masakan Sunda sehari-hari.

Cara memasaknya pun cukup mudah dengan bahan-bahan sederhana. Kita hanya perlu menyiapkan bahan utama yakni keong tutut dan bumbu utamanya seperti bawang putih dan merah, cabai, jahe, dan kunyit. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa bahan pelengkap untuk membuat sop tutut lebih nikmat, yaitu garam, serai, minyak sayur, daun salam, dan gula jawa.

Bagaimana cara membuatnya? Bersihkan tutut hingga bersih, karena cangkang tutut akan ikut dimasak. Rendam menggunakan air garam selama minimal 8 jam atau 1 hari penuh. Selanjutnya, rebus tutut dengan daun salam dan serai, tujuannya agar bau amis dapat hilang. Perebusan ini dilakukan selama 2 tahap dengan proses yang sama, sehingga benar-benar bersih dan matang.

Jika tutut sudah matang, tinggal diolah menjadi sop tutut yang lezat. Tumis bumbu degan minyak sayur, tambahkan daun salam dan serai yang digeprek agar rasa rempah-rempahnya lebih terasa. Masukkan tutut aduk rata, tambahkan air, dan tunggu hingga semua bumbu meresap sempurna. Nah, saat berlibur ke Sunda kamu bisa mampir ke Warung Nasi Ampera yang beralamat di Jl. Pajajaran No. 133 untuk menikmati makanan khas Sunda yang satu ini.

3. Doclang

makanan khas sunda di bandung
t.agustin3738 (instagram)

Doclang merupakan salah satu makanan khas Sunda, khususnya Bogor yang mirip dengan kupat tahu. Jajanan ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima yang berkeliling dengan gerobak pikul maupun dorong. Makanan ini cocok dijadikan sarapan yang simpel dan mengenyangkan. Doclang dibuat dari bahan utama beras yang diolah menjadi ketupat, tahu, kentang rebus, telur rebus, dan tauge atau sayuran lain. Makanan tersebut dihidangkan dengan tambahan saus kacang kental dengan rasa pedas manis.

Selain ketupatnya yang bikin kenyang, Doclang terasa lebih nikmat karena saus kacang yang disiramkan di atasnya. Bumbu saus kacang yang digunakan yakni cabe keriting, cabe rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, gula jawa, dan kacang tanah yang disangrai. Rasa pedas manis dan gurih yang berasal dari kacang tanah menambah kenikmatan saat menyantap Doclang.

Di warung makan, Doclang juga sering ditambahkan kecap manis dan air jeruk limau untuk menambah kelezatannya. Tak lupa taburan bawang goreng dan kerupuk di atasnya. Jika kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Sunda Doclang, kamu bisa mampir ke warung “Doclang Bapak Odik” yang berada di Jl. Pasir Kuda No. 23 RT.01/RW.03, Pasir Jaya, Bogor.

4. Geco

makanan khas sunda terdekat
gladlucy (instagram)

Ingin menikmati kuliner khas Sunda? Kamu bisa mencoba Geco, makanan khas yang terbuat dari tauge dan tauco. Geco sendiri merupakan singkatan dari Tauge dan Tauco sebagai bahan utamanya. Selain dua bahan utama tersebut, kamu juga bisa menikmati makanan pelengkapnya dalam seporsi Geco yakni mie sagu, tomat, dan ketupat.

Bagaimana dengan rasanya? Geco identik denga rasa gurih dan segar. Bahkan saat ini, banyak Geco yang sudah dilengkapi dengan tahu goreng, irisan kentang rebus, dan telur repus. Tentunya akan membuat cita rasa makanan ini semakin lezat.

Geco disajikan dalam piring yang berisi ketupat, tauge, tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, mie sagu rebus, dan isian lainnya yang kemudian disiram dengan kuah. Bagaimana cara membuat kuahnya? Kuah tauco dibuat dengan cara menumis beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih (diiris tipis dan lembut), daun salam, dan lengkuas (dimemarkan). Setelah tercium bau harum, masukkan tauco, kecap manis, air, gula merah, dan garam. Aduk merata. Setelah mendidik, tambahkan sedikit cuka dan daun bawang, lalu angkat.

Tertarik mencoba Geco? Kamu bisa menikmatinya disalah satu warung makanan khas Sunda “Geco Nusasari Pak Iding” yang berada di Payoyanan, Cianjur.

5. Laksa Bogor

myhealthyfebee (instagram)

Siapa sih yang tak suka Laksa? Sebagian orang menyukai salah satu kuliner khas Sunda yakni Laksa Bogor. Apakah kamu salah satu pecinta kuliner ini? Laksa khas Bogor ini dibuat dari temu mangga yang membuat kuah laksa terasa lebih segar. Bahan utama Laksa yaitu daging ayam, bihun, tauge, telur rebus, daun kemangi, daun salam, serai, santan, dan oncom bakar. Sementara bumbu halus yang digunakan terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit bakar, bubuk merica, dan garam. Bahan-bahan tersebut dihaluskan dengan cara diulek maupun diblender.

Laksa khas Bogor ini disajikan dalam mangkuk atau piring yang berisi bihun, tauge, dan telur yang sudah selesai direbus. Lalu diberi kuah laksa dan tambahan suwiran daging ayam yang sudah selesai dimasak. Tak lupa dilengkapi daun kemangi dan taburan bawang goreng. Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati salah satunya di “Laksa Bogor Kang Dadi” yang beralamat di Jl. Wuwung 2, RT.01/RW.09, Bogor.

Baca Juga Makanan khas Gresik

6. Kadedemes

makanan khas sunda di bogor
endahsrisulistiawati (instagram)

Memakan keripik singkong memang sudah biasa, namun bagaimana jika kamu diminta untuk memakan kulit singkong? Mungkin terdengar aneh bagi yang belum pernah merasakan sama sekali. Tapi saat kamu berlibur ke Jawa Barat, kamu bisa menemukan makanan yang terbuat dari bahan kulit singkong atau dikenal dengan sebutan Kadedemes. Makanan ini tergolong olahan tradisional dimana kulit singkong diolah dengan bumbu oncom dan cabe rawit. Unik bukan?

Jangan khawatir soal rasa, walaupun tergolong aneh kamu akan menikmati cita rasa pedas dan lezat. Bagaimana proses pengolahannya? Kulit singkong dibersihkan lalu direbus untuk menghilangkan getah. Selanjutnya, dipotong kecil memanjang dan ditumis dengan rempah-rempah. Selain itu, saat menumis kulit singkong ditambahkan pula irisan cabai rawit. Sebenarnya, proses memasak Kadedemes mirip dengan membuat sayur tumis. Mudahkan?

Makanan khas Sunda ini bisa disantap dengan nasi putih hangat dan sambal teri. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengunjungi berbagai warung makan sederhana khas Sunda.

7. Colenak

makanan khas sunda
anitajoyo (instagram)

Colenak merupakan makanan Sunda yang dibuat dari bahan utama tape singkong yang disajikan bersama saos kelapa. Ubi kayu atau singkong yang difermentasikan banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti tape goreng, malkist tape, kolak tape, hingga Colenak khas Sunda. Untuk membuat makanan ini dibutuhkan bahan yang cukup simpel yaitu tape singkong dan mentega.

Sementara, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus kelapa yaitu santan kelapa, gula pasir, gula jawa (gula merah), garam, kelapa parut, dan daun pandan.

Tape singkong yang sudah matang, digoreng menggunakan mentega hingga warna agak kekuningan. Kemudian, lanjutkan dengan membuat saus kelapa dengan cara: rebus air bersamaan dengan gula merah, gula putih, sedikit garam, daun pandan yang disimpulkan, dan santan kelapa. Setelah mendidih, masukkan sedkit demi sedikit kelapa parut, aduk rata, hingga air sedikit menyusut dan menjadi agak kental.

Jika tape dan saus sudah matang, sajikan dalam sebuah mangkok atau piring. Letakkan tape singkong dan siram dengan saus kelapa di atasnya. Letakkan kelapa parut yang berada dalam saus kelapa di atas tape seakan-akan menjadi toppingnya.

Makanan khas Sunda ini identik dengan rasa manis legit dan gurih. Kamu bisa mencobanya diberbagai tempat di Bogor atau Bandung. Banyak tempat makan yang menjual camilan khas Sunda ini.

8. Katimus

makanan khas sunda adalah
sitinur1792 (instagram)

Di era banyaknya bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam cake, singkong merupakan salah satu bahan yang banyak dijadikan bahan utama membuat camilan lezat. Seperti camilan khas Sunda Katimus atau dikenal juga dengan sebutan Lemet Singkong. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini yaitu singkong, kelapa parut, gula aren, gula pasir, garam, vanili, dan daun pisang sebagai pembungkus.

Prosese pembuatannya pun cukup sederhana dengan peralatan tradisional. Siapkan singkong, kupas lalu cuci hingga bersih kemudian parut. Siapkan kelapa parut dan gula aren yang sudah diiris tipis-tipis. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu buatlah adonan hingga semuanya tercampur rata.

Ambil adonan singkong tersebut, bungkus dengan daun kelapa. Biasanya berbentuk memanjang seperti lontong. Setelah itu, kukus selama 30 menit atau sampai matang. Jika sudah matang, angkat dan Katimus siap disajikan. Kamu bisa menikmati makanan khas Sunda Katimus di berbagai warung makan, biasanya dijual di warung-warung yang menjual kue-kue tradisional atau jajan pasar.

9. Awug

makanan khas sunda di bandung
awugibusiti (instagram)

Salah satu makanan tradisional khas Sunda yang layak dicoba yaitu Awug. Makanan ini tergolong dalam jajanan pasar yang dibuat dari bahan utama tepung beras. Tepung beras dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren yang kemudian dibuat adonan dan dicetak berbentuk kerucut, dimana beberapa bagiannya dilapisi gula merah, kemudian dikukus hingga matang. Makanan khas Sunda Awug memiliki rasa manis dan gurih.

Kamu bisa menikmati Awung salah satunya di Kampung Pasirkihiyang, RT.4/RW.4, Desa Mekarsari, Ngamprah, Bandung Barang. Wilayah tersebut adalah pusat pembuatan Awug, tetapi kamu juga bisa menikmatinya dibeberapa pedagang kaki lima.

10. Cungkring

makanan terdekat
istnyun (instagram)

Cungkling khas Sunda ini bisa dijadikan menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Potongan lontong dipadukan dengan irisan kikil sapi serta saus kacang membuat makanan sederhana ini terasa lezat. Makanan ini dibuat dari bahan utama kulit, dampal, dan urat sapi yang semua berasal dari bagian kakinya. Bahan-bahan tersebut diolah dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan bersama potongan lontong dan saus kacang.

Biasanya Cungkring juga dilengkapi dengan tambahan gorengan seperti bakwan. Makanan khas Sunda ini bisa kamu temukan diberbagai warung makan sederhana atau penjual gerobak dipinggir jalan, salah satunya warung milik Pak Endang yang berada di Jalan Suryakencana.

11. Tumis Genjer Oncom

makanan di bogor
niko_kusmawijayanti (instagram)

Tidak semua orang menyukai olahan sayur genjer. Namun, tak ada salahnya kamu mencoba Tumis Genjer Oncom yang mennjadi salah satu makanan Sunda cukup terkenal. Proses pengolahan makanan ini cukup sederhana. Sayur genjer cuci bersih, direbus selama 3 menit, kemudian ditiriskan.

Siapkan oncom khas Bandung yang sudah dihancurkan. Siapkan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, kaldu ayam, dan tomat (iris kecil-kecil). Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai, kemudian tumis hingga tercium aroma harum. Masukkan oncom, masukkan genjer, beri sedikit air, tambahkan garam, gula dan kaldu ayam. Aduk rata dan tambahkan irisan tomat. Tunggu ebberapa saat, kemudian angkat.

Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati dibeberapa warung makan Sunda. Rasakan kelezatan perpaduan pedas manis dalam Tumis Genjer Oncom khas Sunda.

12. Nasi Timbel

makanan khas sunda di bogor
fendi888889 (instagram)

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang khas Sunda ini cukup menjadi hidangan favorit banyak orang. Nasi timbel memang dibuat menggunakan beras putih layaknya nasi pada umumnya. Kemudian dibungkus dan digulung dengan daun pisang seperti lontong. Kelezatan nasi timbel juga berasal dari daun pisang yang membungkusnya. Hal tersebut karena nasi yang masih panas langsung dibungkus dengan daun, sehingga menciptakan aroma yang khas.

Nasi timbel disajikan dengan ayam goreng dan sambal uleg dengan rasa pedas yang menggoda. Sementara hidangan pelengkap lainnya seperti ikan asin goreng, mentimun, dan kemangi atau selada sebagai lalapan. Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati diberbagai warung makan, salah satunya Nasi Timbel Bawean yang berada di Jl. Bawean No.3, Merdeka, Sumur Bandung, Jawa Barat.

13. Sate Maranggi

makanan bandung
irmawesty (instagram)

Banyak sekali kuliner khas Sunda yang layak dicoba, salah satunya Sate Maranggi. Makanan Jawa Barat ini dibuat dari bahan utama daging sapi. Daging yang sudah dicuci bersih, dipotong-potong dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih,jahe, kunyit, ketumbar, garam, dan gula merah. Kelezatan Sate Maranggi identik dengan rasanya yang komplit, mulai dari manis, asam, gurih, dan pedas dengan tekstur daging empuk.

Proses pembuatan sate ini sama seperti pengolahan sate pada umumnya. Sebelum dibakar di atas bara api, sate dilumuri bumbu dan direndam selama kurang lebi 25 menit terlebih dahulu, sehingga bumbunya meresap sempurna. Makanan khas Sunda ini dihidangkan dengan siraman bumbu acar yang khas dan lalapan seperti daun kemangi, irisan tomat, cabe rawit, bawang merah dan kecap.

Ada banyak warung makan Sate Maranggi yang bisa dikunjungi, namun ada satu kedai yang begitu terkenal yakni “Warung Makan Sate Maranggi (Saat Setu Wanayasa)” yang berada di Jalan Wanayasa, Bohong Sawit, Purwakarta, Jawa Barat.

14. Ase Cabe Gendot

makanan khas sunda di bogor
dhini_baihaqie (instagram)

Kamu pecinta kuliner pedas? Jika Ya, tak ada salahnya mencoba makanan dari Sunda Sayur Ase Cabe Gendot yang pedasnya tak tertandingi. Bayangkan, cabe yang umumnya dijadikan sebagai bumbu, kini dijadikan bahan utama sayur. Namun, cabe yang digunakan bukanlah cabe biasa, melainkan cabe gendot. Selain cabe, beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat menu ini yaitu bawang merah, bawang putih, garam, gula aren, kaldu jamur, dan daun salam sebagai penyedap alami tambahan.

Pertama, goreng cabai Gendot terlebih dahulu. Kemudian, buatlah bumbu halus dan tumis dengan daun salam, jika ingin lebih nikmat bisa juga ditampahkan lengkuas yang sudah digeprek dan asam jawa. Jika aromanya sudah harum, tambakan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan cabai Gendot dan aduk merata.

Sayur Ase Cabai Gendot siap disajikan. Sayuran ini bisa dimakan bersama nasi dan lauk lainnya sesuai selera. Cobalah berburu kuliner makanan khas Sunda untuk menikmati kelezatan yang menantang Sayur Ase Cabai Gendot dengan cita rasa khas yang pedas.

15. Misro

makanan khas sunda awug
michellemawar (instagram)

Nikmati waktu santaimu dengan camilan khas Sunda, Misro. Makanan ini tergolong sebagai camilan tradisional yang dibuat dari singkong. Misro identik dengan rasa manis gurih, ini karena didalamnya terdapat gula merah dan kelapa parut (dikenal dengan sebutan unti) yang ketika digigit langsung terasa manis.

Proses pembuatan makanan ini sangat mudah dengan bahan baku yang sederhana pula, seperti singkong parut, kelapa parut, gula merah, garam, dan tepung kanji. Campurkan bahan-bahan ini hingga menjadi adonan.

Sementara bahan yang digunakan sebagai isian (unti) misro terdiri dari kelapa parut, gula merah, daun pandan, garam, dan air. Cairkan gula merah, lalu masukkan kelapa parut dan daun pandan sebagia pewangi alami. Selanjutnya, ambil adonan singkong dan isi dengan unti di dalamnya, goreng dalam minyak panas hingga berwarna coklat kekuning-kuningan.

Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati dibeberapa pusat oleh-oleh hingga warung jajan yang menjual camilan tradisional. Lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat.

16. Combro

makanan khas sunda dari singkong
rumilanbandung (instagram)

Hampir sama dengan Misro, Combro merupakan jamilan yang dibuat dari bahan utama singkong. Meskipun tergolong sebagai makanan tradisional, Combro memiliki rasa yang tak kalah nikmat dengan jajanan kekinian. Makanan ini dibuat dari adonan singkong parut dengan isian oncom.

Proses membuatnya sangat sederhana, singkong yang sudah diparut. Peras singkong hingga keluar airnya, kemudian endapkan dan campurkan pati singkong (buang airnya), dengan singkong parut. Pati singkong akan membuat adonan semakin kenyal. Untuk isiannya menggunakan oncom yang dibakar dan dicincang besar, kemudian diberi bumbu berupa bawang merah dan cabai sehingga lebih sedap.

Combro sebagai makanan khas Sunda mudah didapatkan warung-warung penjual gorengan atau kue-kue tradisional. Biasanya dijajakkan oleh pedagang keliling atau penjual kaki lima.

17. Nasi Tutug Oncom

makanan khas sunda nasi liwet
dewi.nurapriyani (instagram)

Nasi Tutug Oncom cocok dijadikan menu sarapan. Makanan yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat ini merupakan perbaduan antara nasi dengan oncom. Proses pembuatan Nasi Tutug Oncom dilakukan secara sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu nasi putih, oncom, bawang merah dan bawang putih, cabai, gula, garam, kaldu bubuk, daun kemangi, serta kencur.

Oncom dibakar terlebih dahulu, kemudian dihancurkan. Siapkan bumbu-bumbunya, haluskan, lalu tumis hingga tercium aroma wangi. Masukkan oncom dan aduk rata. Tambahkan kemangi, aduk hingga layu. Masukkan nasi putih, aduk rata hingga seluruhnya tercampur. Hidangkan saat masih hangat, sehingga lebih nikmat.

Nikmati perbaduan rasa gurih dan pedas dalam makanan khas Sunda Nasi Tutug Oncom. Kuliner ini bisa kamu dapatkan di warung makan sederhana, salah satunya di Nasi Tutug Oncom Pujasera Merdeka, Jl. Purnawarman Blok C2 No. 10 – 12, Babakan Ciamis, Bandung.

18. Karedok

makanan khas sunda dari singkong
sawarga_cafe_resto_kopi_luwak_ (instagram)

Boleh dikatakan Karedok merupakan salad sayur lokal. Pasalnya, sajian makanan ini berupa sayuran segar yang dilengkapi sambal. Karedok hampir sama dengan gado-gado atau lotek. Namun, sayuran yang digunakan dalam karedok merupakan sayuran segar yang sudah dicuci bersih, tidak direbus layaknya sayur pada gado-gado.

Sayuran yang digunakan dalam karedok umumnya kacang panjang, kol, tauge, daun kemangi, terong lalap, dan mentimun. Sementara bumbu halus karedok dibuat dari kacang tanah (sudah digoreng), bawang merah dan putih, cabai, gula merah, air asam jawa, kencur, kecap, garam, dan air. Bumbu-bumbu dihaluskan, tambahkan sedikit air dan kecap. Masukkan sayuran segar, aduk merata dan sajikan di dalam piring.

Makanan khas Sunda ini bisa dinikmati secara langsung maupun dengan nasi hangat dan laut pauk lainnya. Karedok bisa kamu nikmati dibeberapa warung makan, atau dipenjual karedok keliling.

19. Bala-Bala

nasi liwet sunda
desi.hendriani (instagram)

Bala-bala memang menjadi camilan favorit banyak orang. Meskipun Bala-Bala banyak ditemui dimana-mana, namun sebagai salah satu makanan khas daerah Jawa Barat ini memiliki cita rasa yang berbeda. Bala-bala khas Bandung memiliki rasa yang lebih renyah, gurih, dan krispi.
Bahan utama yang digunakan untuk membuat camilan ini yaitu sawi putih atau kol, seledri, wortel, daun bawang, seledri, tepung beras, tepung terigu, merica, gula putih, dan air. Sedangkan bumbu yang perlu dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Iris wortel, sawi putih/kol, daun bawang, dan seledri. Buat adonan bersama tepung terigu, tepung beras, dan bumbu-bumbu lainnya. Tambahkan air secukupnya, aduk hingga membentuk adonan cukup kental. Goreng hingga berwarna cokelat kekuning-kuningan dan krispi. Bala-bala sebagai salah satu makanan khas Sunda bisa dibeli diberbagai kuliner jalanan, biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima.

20. Batagor

awug sunda
batagorlucky (instagram)

Siapa sih yang tak suka batagor? Hampir sebagaian besar orang menjadikan Batagor sebagai camilan favorit mereka. Camilan yang cukup mengenyangkan ini cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang, jika kamu belum makan nasi. Bahan utama membuat Batagor yaitu kulit pangsit, ikan tenggiri, tahu putih, putih telur, tepung sagu, tepung terigu, dan bumbu-bumbu. Haluskan ikan tenggiri, campurkan bersama irisan daun bawang dan bumbu-bumbu. Masukkan putih telur, aduk merata.

Tuangkan air putih sedikit demi sedikit, sambil diaduk membentuk adonan. Tambahakan tepung sagu dan tepung terigu. Setelah berbentuk adonan, masukkan adonan tersebut ke bagian tengah tahu. Masukkan pula adonan tersebut ke dalam kulit pangsit. Kulit pangsit dan tahu yang sudah diisi dengan adonan, dilumuri telur, kemudian digoreng hingga matang. Nikmati Batagor dengan siraman sambal kacang, kecap, dan saus. Makanan khas Sunda ini identik dengan rasa pedas, manis, dan gurih.

Salah satu kedai Batagor khas Sunda yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati camilan lezat ini yaitu “Warung Siomay dan Batagor Crispy” di Jl. Raya Pd. Gede Blok Plaza Pondok Gede, Jawa Barat.

Demikian itu tadi makanan khas Sunda yang masih asli warisan masakan para leluhur. Orang Sunda masih menjaga rasa dan ciri khasnya, sehingga dari dahulu sampai sekarang, kamu dapat dengan mudah mendapatkan masakan sunda dengan rasa khas yang tetap original.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *