Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Makanan Khas Tegal yang Enak dan Lezat

4 min read

makanan khas tegal tahu aci

Makanan khas Tegal – Tegal merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan bahasa ngapaknya. Selain terkenal dengan keunikan bahasanya, Tegal juga menyimpan berbagai macam kuliner dan masakan khas yang sudah menjadi ikon untuk kota tersebut. Sebagian makanan tersebut ada yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Apa saja sih makanan khas Tegal? Yuks kita simak ulasannya berikut ini:

1. Kupat Glabed Tegal

makanan khas tegal olos
tamitawibisono (instagram)

Kupat Glabed adalah makanan khas Tegal yang sudah ada sejak lama. Konon makanan ini dinamakan glabed karena kuah berwarna kuning yang sangat kental sekali (mirip kuah opor ayam). Saking kentalnya, kuah ini biasa nempel dilangit-langit mulut. Meskipun begitu, rasa dari kupat glabed ini terkenal sangat gurih dan nikmat.

Bumbu-bumbu khas dalam pembuatan kupat glabed yaitu santan kental, sereh, laos, lengkuas, kunir, kencur, kemiri, ketumbar, daun salam, kunyit, garam, bawang merah, bawang putih, bawang goreng, tempe mendoan dan lontong kupat.

Dalam penyajiannya, masakan khas tegal ini ditaburi bawang goreng, remukan krupuk kuning hampir menutupi makanan, suwiran daging ayam, ceker ayam dan sate telur puyuh.

Kuliner Tegal yang satu ini banyak ditemukan di daerah Randugunting, tepatnya di Jl. Ayam No.1 Kecamatan Randugunting, Tegal. Disana banyak para penjual pedagang kaki lima yang menjual makanan khas yang legendaris ini. Mereka biasanya buka jam sore sampai tengah malam. Harga Rp. 10 ribu.

Baca Juga Makanan Khas Bali

2. Sate Blengong

makanan khas tegal untuk oleh oleh
noviberkati357 (instagram)

Namanya sate blengong. Sate blengong merupakan makanan khas yang berasal dari Tegal. Makanan ini biasanya dijual pada sore hari sampai malam hari di sudut-sudut kota Tegal. Oleh karena itu, makanan khas Tegal ini termasuk kategori kuliner malam. Warung terkenal di Tegal yang menjual sate blegong ini adalah warungnya Mas Diryono yang berada di Jl. Sawo Barat Kraton, Asem Tiga, Tegal Barat, Kabupaten Tegal.

Yang menarik dari masakan khas Tegal ini yaitu bahan utamanya. Biasanya sate bahan utamanya adalah kambing, ayam, sapi, kerbau atau bekicot. Namun di Tegal, sate ini bahan utamanya adalah blengong. Blengong adalah sejenis unggas hasil perkawinan silang antara itik dan bebek.

Dalam penyajiannya, sate blengong ini dimakan dengan kuah santan kuning dan lontong kupat. Rasanya gurih karena ada taburan bawang goreng, remukan krupuk kuning dan juga pedas sebab ada cabe rawit menghiasi kuliner khas ini. Daging blengong berwarna putih tidak prengus seperti daging kambing. Menariknya lagi, daging blengong sangat rendah kolesterol. Masakan khas Tegal ini biasa dijual dengan harga Rp. 30 ribu.

3. Rujak Teplak Khas Tegal

makanan khas tegal tahu aci
angelicasharon (instagram)

Rujak teplak merupakan makanan khas Tegal. Namun rujak teplak tidak seperti rujak pada umumnya yang bumbu sambalnya menggunakan bahan utama kacang tanah. Rujak teplak malah menggunakan singkong rebus sebagai campuran bahan utama sambal. Sehingga rasa sambal singkongnya amat terasa sekali.

Adapun bahan utama pembuatan rujak teplak khas Tegal yaitu air, gula jawa, asam jawa, garam, terasi, cabe merah, singkong, jantung pisang, pare, kecipir, lembayung, timun, daun pepaya, daun singkong, daun ubi, tauge, kangkung dan kol.

Bahan-bahan utama ini semuanya direbus. Selanjutnya cara pembuatan sambal rujak teplaknya yaitu singkong yang sudah direbus matang dan diuleni halus dicampur dengan sambal cabai merah, terasi, garam dan gula merah. Dicampur sampai rata dan diletakkan di dalam wadah. Kemudian cairkan sambal tersebut dengan menuangkan air panas secukupnya sambil diaduk-aduk sampai merata. Orang Tegal menamakan sambal ini dengan sambal gaul.

4. Nasi Lengko Tegal

makanan khas tegal yang enak
budekus (instagram)

Nasi lengko khas Tegal sangat mirip dengan nasi pecel. Kemiripannya ada terletak dipenggunaan bumbu sambal kacang dan tauge. Namun yang membedakan dengan nasi pecel adalah kalau nasi lengko ini wajib ada tempe dan tahu setengah matang yang dipotong-potong berbentuk seukuran dadu.

Di samping itu juga keunikan lain yang dimiliki makanan khas Tegal ini yaitu dijadikannya rajangan-rajangan timun, daun kucai, bawang goreng, kecap dan remukan krupuk kuning sebagai hiasan pelengkap kuliner khas Tegal ini. Sehingga menjadikan rasanya lebih maknyus.

Bahan utama nasi lengko ini adalah nasi, timun, tauge, daun kucai, kacang tanah, cabai, bawang merah, bawang putih, gula merah, krupuk kuning, kecap manis, kemiri, kencur, kol dan air. Tempat makan terkenal di Tegal yang menjual masakan khas Tegal ini adalah warung makan Pi’an yang terletak di Jl. Koloner Sudiarta, seberang stasiun Tegal.

5. Sauto Tegal

makanan khas tegal
jalan_pinggiran (instagram)

Sauto adalah makanan khas Tegal. Masakan ini sebetulnya adalah perpaduan antara kuliner Jawa dan Tiong Hoa. Makanan sauto Tegal ini kalau di daerah lain disebut dengan soto. Kalau orang Makassar menyebutnya coto. Kalau orang Pekalongan menyebutnya tauto. Intinya ini adalah masakan soto, hanya penyebutannya saja yang berbeda dari satu daerah ke daerah yang lain. Tetapi jangan lupa soto di setiap daerah mempunyai kekhasannya tersendiri.

Termasuk Sauto Tegal ini. Sauto Tegal memiliki ciri khas tersendiri, yaitu di dalamnya dicampur dengan tauco. Tauco sendiri adalah sebuah olahan makanan yang di peroleh dari proses fermentasi biji-biji kedelai yang direndam dalam air garam. Maka diperolehlah tauco yang memiliki aroma yang khas. Dengan adanya tauco ini, rasa sauto Tegal menjadi lebih segar sedikit ke asam-asam. Jadi jangan kaget kalau kamu makan sauto, kemudian rasanya agak asam.

Adapun dalam penyajiannya, biasanya sauto Tegal ini dihiasi dengan suwir-suwiran daging ayam, daging babat, tauge, bawang goreng, daun bawang dan kuahnya berwarna coklat. Tempat makan di Tegal yang menjual makanan sauto ini adalah warung milik Pak Madi yang ada di Jl. Gurami 5, seberang jalannya ada Kelenteng Tiong Hoa besar. Buka jam 14:00 – 22:00. Harga Rp.12 ribu.

6. Nasi Sega Ponggol

nunkrahayu (instagram)

Nasi atau sego ponggol namanya. Makanan khas Tegal ini memang layak dijadikan pilihan kuliner saat datang ke Tegal. Sebab nasi ponggol ini sudah sangat terkenal bagi warga Tegal dan sekitarnya.

Dulu orang Tegal biasa menjadikan nasi ponggol ini sebagai sarapan pagi mereka. Namun untuk saat ini sudah berbeda, nasi ponggol tidak hanya dijadikan sebagai makanan sarapan pagi, tetapi juga dimakan saat siang, sore hingga malam.

Kuliner tegal ini banyak dijual di tempat-tempat makan yang ada di pinggir-pinggir jalan. Jadi bagi kamu yang ingin mencicipi masakan khas tegal ini gampang, tinggal datang saja ke warung-warung Tegal.

Ciri khas dari nasi ponggol ini yaitu ada di sambal goreng tempenya. Bukan nasi ponggol namanya kalau tidak ada sambal goreng tempenya. Selain itu ada pelengkap, seperti tauge, acar, mie bihun, sayur kacang panjang, sayur nangka dan sambal goreng tempe pedas.

Nasi ponggol biasanya dibungkus pakai daun pisang dengan cara dipincuk. Kemudian lipatan ujung pincuk dikunci menggunakan lidi (biting). Nasi ponggol merupakan makanan rakyat, itu terlihat dari harganya yang cuma Rp.2.500/porsi.

Baca Juga Makanan Khas Cilacap

7. Nasi Bogana

dapoer_harshala (instagram)

Selain nasi poggol, nasi yang terkenal adalah nasi bogana. Nasi bogana merupakan makanan khas Tegal yang biasa dibungkus menggunakan daun pisang. Ciri khas rasa dari nasi bogana ini adalah gurih dan manis, karena memang di dalamnya ada campuran santannya yang khas.

Nasi bogana biasa disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti tumis kacang pancang, serundeng, opor ayam, telur ayam, telur pindang, sambal goreng hati ampela, tempe orek pedas dan suwiran daging ayam. Kebayang kan rasanya kayak apa setelah melihat menu-menu yang menghiasinya? Bikin ngiler deh pastinya.

Demikianlah macam-macam makanan khas Tegal yang wajib kamu tahu. Sudah pastinya ketika kamu berwisata ke Tegal, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khasnya ya. Supaya kita tahu aneka jenis masakan khas yang ada di Nusantara ini. Makasih!

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *