Posted on Leave a comment

Makanan Khas Blitar

makanan khas blitar

Di sini silausurya.com akan memberitahukan kepada kamu apa saja sih makanan khas Blitar.

1. Nasi Ampok Khas Blitar

makanan khas blitar

Blitar memiliki daya tarik kuliner yang tak bisa dilewatkan yaitu Nasi Ampok. Menu ini dibuat dari bahan dasar jagung sebagai pengganti beras. Nasi Ampok disajikan dengan tambahan lauk ikan asin, urap, dan lengkap dengan sambal tomat yang pedas.

Proses memasaknya memang cukup berbeda dengan nasi putih pada umumnya. Biji jagung tidak langsung dimasak, melainkan dihancurkan terlebih dahulu hingga butir-butir halus kemudian dimasak hingga tanak. Dibutuhkan waktu lebih lama dibandingkan memasak nasi biasa untuk membuat nasi Ampok benar-benar tanak dan siap disantap.

Kelezatan rasa Nasi Ampok tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa mencobanya di salah satu kedai makanan khas Blitar Warung Pak Darminto yang berada di Jl. A.Yani (di depan Kantor Pertanahan Blitar).

2. Beras Cerdas Blitar

 

Beras Cerdas khas Blitar menjadi salah satu makanan pokok masyarakat. Beras ini bukan berasal dari padi, namun berasal dari campuran jagung dan singkong. Nama tersebut bukan berarti bahwa orang yang mengonsumsinya akan langsung pintar. Namun, nama “beras cerdas” diambil karena kandungan gizi di dalamnya yang luar biasa.

Istilah Beras Cerdas sendiri berasal dari penelitian Universitas Jember dimana di dalam beras ini mengandung banyak vitamin dan gizi, seperti protein susu. Makanan khas Blitar ini diciptakan sebagai alternatif pengganti beras dan cocok dikonsumsi oleh penderitas diabetes karena tidak mengandung kolesterol jahat.

Meskipun demikian, cara memasak Beras Cerdas ini sama dengan beras pada umumnya. Kamu bisa menambahkan aneka lauk dan sayur saat menyantapnya. Beras ini sudah dijual luas di pasaran, khususnya daerah Blitar. Kamu bisa dengan mudah membeli, salah satunya di toko Goedang Oleh-Oleh yang berada di Jl. Veteran No.203.

3. Geti

Butuh camilan khas Blitar? Kamu bisa menjadikan Geti sebagai camilan lezat dan manis di waktu santai. Geti dikenal juga dengan sebutan Enting-Enting Kacang Wijen. Jajanan ini terbuat dari bahan utama kacang tanah, gula merah, dan wijen. Kacang tanah disangrai dan ditumbuk kasar, kemudian dicampur dengan gula merah dan sedikit air. Setelah itu direbus sambil diaduk-aduk, hingga gula merah meleleh dan menyatu dengan kacang.

Selanjutnya, masukan adonan dalam loyang atau cetakan taburi wijen sebagai toppingnya. Jika sudah dingin, kamu bisa memotongnya sesuai selera. Biasanya, setelah dipotong Geti dimasukkan atau dibungkus dengan plastik agar tetap gurih dan bertahan lama. Makanan khas Blitar ini cocok juga dijadikan oleh-oleh untuk keluarga saat berkunjung kesana. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Blitar di Jl. Raya Mastrip, Srengat Blitar.

4. Wajik Kletik

Wajik memang menjadi makanan tradisional yang biasaya disajikan saat hari raya atau acara tertentu. Namun, kini makanan ini mudah didapatkan dimana-mana, khususnya pusat oleh-oleh dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga. Jajanan khas Blitar ini dibuat dari bahan utama beras ketan, gula merah, dan kelapa. Beras ketan diolah dalam kuali besar bersama dengan gula merah, santan kelapa, dan kelapa parut hingga menjadi adonan.

Gula merah yang diiris tipis-tipis dipanaskan dengan santan kelapa. Sedikit demi sedikit dimasukkan beras ketan dan kelapa parut. Lalu diaduk-aduk hingga merata dan dimasak sampai matang. Kemudian dibungkus dengan klobot atau kulit jagung bagian luar yang sudah dikeringkan. Kamu bisa membelinya di salah satu gerai O-Odabli Blitar “Wajik Kletik Ibu Prajitno” di Jl. Dr. Ismail No.3 Sananwetan, Blitar.

5. Uceng Goreng

Uceng goreng merupakan camilan khas Blitar yang dibuat dari bahan utama ikan. Ikan ditepungi dan digoreng hingga garing, sehingga rasanya renyah dan gurih. Tepung yang digunakan yakni tepung crispy sehingga rasanya benar-benar gurih. Hidangan disajikan dengan nasi hangat, urap dan siraman kuah pedas. Biasanya juga dilengkapi dengan lalapan berupa daun selada dan irisan mentimun.

Meskipun terlihat sederhana, namun uceng goreng memiliki peminat luar biasa karena cita rasanya yang khas dan lezat. Kamu bisa menikmati makanan khas Blitar ini salah satunya di rumah makan Warung Barokah Pak Sabar, di Jalan Semeru No.24 Babakan, Wlingi.

Demikianlah makanan khas Blitar yang terkenal di kota tersebut. Kamu bisa mencicipi jenis-jenis makanan tersebut ketika berkunjung ke Blitar, diantaranya bisa kamu jadikan oleh oleh untuk keluarga tercinta di rumah.

Posted on Leave a comment

Makanan Khas Banten

minuman khas banten

Makanan khas Banten – Masyarakat Banten adalah masyarakat yang masih menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa komunikasi. Suku Banten yang masih menjaga kemurnian bahasa Sunda adalah Suku Badui. Yang mana Suku Badui Banten merupakan Suku yang menempati Wilayah Pegunungan Kendeng Kanekes. Tepatnya di sepanjang pinggir sungai Ciujung Pegunungan.

Dalam kesempatan kali ini silau surya akan memberitahukan kepada kamu apa saja sih masakan khas Banten yang masih dilestarikan sampai sekarang? Yuks kita simak!

1. Angeun Lada

makanan khas banten wikipedia
misshotrodqueen (instagram)

Angeun Lada merupakan salah satu kuliner Banten yang berbentuk makanan berkuah. Sekilas makanan ini mirip dengan gulai daging dengan warna merah berkesan sangat pedas. Awalnya, Angeun Lada dibuat menggunakan daging kerbau, akan tetapi kini diganti dengan daging sapi.

Selain daging sapi, yang menjadi ciri khas dari hidangan ini yaitu daun walang sebagai pelengkapnya. Ditambah lagi campuran bumbu dan rempah-rempah seperti cabai, kencur, bawang merah dan putih, hingga kemiri.

Makanan khas Banten ini memiliki cita rasa yang pedas gurih dan dapat dinikmati bersama nasi putih atau lontong. Kamu bisa mencicipinya di salah satu warung makan khas Banten seperti Warung Cep Udin yang berlokasi di Lapangan Sukarela Pandeglang, Jl. Curug Sawer.

2. Kue Jojorong

makanan khas banten beserta penjelasannya
egimardani (instagram)

Nikmati kue Jojorong sebagai makanan ringan saat kamu berkunjung ke Banten. Kue basah ini terkenal di Banten, khususnya di daerah Pandenglang dan Lebak. Makanan ini dibuat dari bahan utama tepung beras, tepung sagu/kanji, dan gula merah. Tebung beras, tepung sagu/kanji dibuat adonan dalam santan panas dan ditambahkan sedikit garam.

Adonan tersebut dimasukkan ke dalam takir daun pisang atau cup kecil yang sudah diberi irisan gula merah di dasarnya. Setelah itu, dikukus hingga matang. Kamu bisa menikmatinya dengan cara menyendok dan gula dibagian dasar cup/takir akan meleleh di dalam, sehingga memberikan rasa manis yang merata. Makanan khas Banten Jojorong ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Jajajan ini bisa dibeli dibeberapa warung jajan tradisional.

3. Rabeg

makanan khas banten jawa barat
restologysteakrabeg (instagram)

Rabeg adalah salah satu olahan makanan yang dibuat dari daging kambing menggunakan bumbu khusus. Rempah-rempah dan bumbu yang diolah membuat Rabeg memiliki cita rasa gurih, pedas, manis, dan segar. Daging kambing dan jeroannya direbus terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu.

Setelah matang, tumis bumbu sampai tercium aroma harum dan masukkan air dan daging kambing ke dalam wajan berisi bumbu. Aduk merata, hingga bumbu dan daging tercampur sempurna.

Makanan ini bisa dinikmati langsung atau dengan tambahan nasi putih. Kamu bisa menikmati makanan khas Banten Rabeg, salah satunya di warung makan Rabeg khas Serang H. Naswi yang beralamat di Jl. Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Serang.

4. Sate Bandeng

makanan khas banten sate bandeng
bubueataway (instagram)

Tak seperti sate pada umumnya yang dibuat dari daging, sate Bandeng khas Banten ini dibuat dari ikan Bandeng. Dengan daging ikan yang lembut dan rasa gurih asin, membuat banyak wisatawan berburu kuliner sate Bandeng. Ikan bandeng yang sudah dibersihkan dari kulit dan duri/tulangnya, dihancurkan dan disangrai dengan api kecil.

Di wadah yang berbeda, tumis bumbu halus hingga harus lalu masukkan daging bandeng sangrai dan aduk rata sampai tercampur sempurna. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Ambil kulit ikan Bandeng, dan masukkan adonan ke dalam kulitnya, capit dengan bilah bambu dan bungkus mengguankan daun pisang dan ikat.

Terakhir, bakar sate di atas bara api sambul dibolak-balik. Makanan khas Banten ini bisa kamu nikmati salah satunya di rumah makan “Sate Bandeng Ibu Aliyah” yang berada di Jl. Lopang Gede III, Kec. Serang, Banten. Atau bisa juga mampir ke Sate Bandeng Hj. Mariyam yang berada di Jalan Kiuju No.63 Kaujon Tengah, Serang.

5. Leumeung

makanan khas banten beserta resepnya
apriel_purb (instagram)

Leumeung dikenal juga dengan sebutan Lemang, makanan khas Banten. Makanan ini diolah dari bahan utama beras ketan, santan kelapa dan garam. Sedangkan bahan tambahan yang digunakan untuk membuat Lemang yaitu daun pisang dan bambu.

Sebelum diolah menjadi Leumeung, beras ketan yang sudah dicuci bersih direndam dalam air selama 3 – 4 jam, agar lebih empuk saat diolah. Selanjutnya siapkan santan kelapa yang sudah diberi sedikit garam, lalu masukkan beras yang sudah diketan menjadi adonan.

Masukkan adonan ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang di dalamnya. Tutup bambu dengan daun pisang, usahakan jangan terlalu penuh mengisi bambu dengan adonan. Selanjutnya, bakar dengan kayu bakar atau arang dengan posisi berdiri (agar tidak tumpah), sambil dibolak-balik sehingga tidak gosong. Nikmati Leumeung dengan cita rasa gurih dan asin. Kamu bisa mencobanya dibeberapa tempat makan khas Banten.

6. Pecak Bandeng

kota banten
poppykampani (instagram)

Masyarakat Banten, mengolah ikan Bandeng menjadi olahan makanan yang lezat salah satunya pecak Bandeng. Resep mengolah makanan ini terbilang cukup mudah dengan bahan-bahan sederhana, seperti ikan bandeng, jeruk nipis atau jeruk limau, cabai, garam, gula merah dan putih, terasik, dan kecap manis.

Ikan bandeng dimasak dengan cara dibakar, kemudian disajikan bersama sambal pecak yang khas. Bumbu sambal pecak ini adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi dan tomat bakar, kemudian diulek dengan tambahan garam, gula merah, serta gula putih. Makanan khas Banten ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat. Rasakan kenikmatan pecak Bandeng di rumah makan “Pecak Bandeng”yang berada di Penerangan, Jl. Ustad Uzaer Yahya No.10, Serang Banten.

7. Nasi Bakar Sum Sum

makanan khas banten brainly
sperdana (instagram)

Nasi bakar memang mudah ditemui diberbagai rumah makan nusantara. Namun, Nasi Bakar khas Banten ini memiliki rasa spesial yang sayang jika tidak dicoba. Nasi bakar sumsum menjadi menu khas Banten yang dibuat dari nasi dan campuran sumsum daging hewan yang sudah dibumbui rempah-rempah.

Menu ini diolah dengan cara dibungkus di daun pisang dan dibakar. Makanan khas Banten ini memiliki rasa gurih dan lezat yang berasal dari sumsum. Kuliner khas Banten yang satu ini, bisa kamu nikmati di warung makan “Nasi Bakar Sumsum Pisangmas, Serang” yang berada di Jl. Veteran No.30, Cipare, Serang Banten.

Baca Juga Makanan Khas Gorontalo

8. Nasi Gonjleng

banten
info_cilegon (instagram)

Nasi Gonjleng merupakan menu khas Banten berupa nasi yang dilengkapi sambal goreng sapi, acar timun, dan emping. Menu ini cukup sederhana, namun memanjakan lidah dengan kelezatannya. Kelezatan makanan ini terletak pada olahan nasi yang dimasak bersama daun salam dan serai sehingga menciptakan aroma harum.

Kuliner khas Banten ini terkenal dengan cita rasa gurih, sedap, dan lezat baik berasal dari nasinya sendiri maupun lauk-pauknya. Kedai Nasi Gonjleng yang berada di Jl. RA Kartini, Jombang Wetan, Jombang Sub-District, Cilegon City ini bisa kamu jadikan tujuan kuliner menikmati makanan khas Banten.

9. Laksa Tangerang Banten

minuman banten
tanggalmuda.id (instagram)

Laksa khas Tangerang ini dibuat dari bahan utama ayam kampung dan beberapa bahan tambahan seperti santan, bihun, kentang, daun salam, kacang hijau, dan kelapa sangrai. Daging ayam yang akan diolah dibaluri bumbu halus terlebih dahulu, sehingga bumbu meresap ke dalamnya. Makanan khas Banten ini memiliki rasa gurih, lezat, pedas, dengan tekstur daging yang empuk.

Jika kamu ingin berburu kuliner Laksa, kamu bisa mengunjungi beberapa kedai laksa seperti Laksa Jojo yang berada di Jl. Mochammad Yamin No.1B RT.001/RW.004, Babakan atau Laksa Beras yang beralamat di Jl. Kelurahan, Sudimara Pinang. Bisa juga mampi ke kedai Laksa Bihun Ci Ikim yang berada di Gang Setia III, Sukasari, Tangerang.

Itulah tadi ulasan tentang makanan khas Banten, makanan tersebut masih bernuansa Sunda karena memang masyarakat Banten sebenarnya juga orang Sunda meskipun tidak tinggal di Jawa Barat tetapi di Provinsi Banten. Baiklah hanya itu yang bisa saya tulis semoga bisa membantu. Boleh bagikan artikel ini dengan dicantumkan sumbernya.

Posted on Leave a comment

Makanan Khas Gorontalo yang Terkenal Enak di Sulawesi

minuman khas gorontalo

Makanan khas Gorontalo – Gorontalo merupakan sebuah Kota sekaligus Provinsi yang ada di Sulawesi bagian utara. Kota ini sungguh unik karena masyarakatnya mempunyai 4 macam bahasa, yaitu Bahasa Gorontalo sendiri, Bahasa Suwawa, Bahasa Atinggola dan Bahasa Bulango. Tetapi yang sering digunakan yaitu bahasa Gorontalo sebagai bahasa utamanya.

Selain itu Gorontalo juga menyimpan banyak sekali tempat wisata, yang paling terkenal yaitu wisata Pulo Cinta, Benteng Otanaha, Taman Nasional Bogani Nani Warta Bone, Pantai Bolihutuo, Taman Laut Olele, Desa Suku Bajo dan Danau Limboto.

Setelah mengenal Wisata Alamnya, alangkah baiknya kita juga harus tahu apa saja wisata kulinernya. Kali ini silausurya.com akan menginfokan kepada kamu semua, apa saja sih makanan khas Gorontalo yang terkenal enak di Sulawesi? Yuks simak ulasannya berikut ini.

1. Bhinte Biluhuta/Milu Siram

makanan khas gorontalo binte biluhuta
deena_hp (instagram)

Bhinte Biluhuta atau dikenal juga dengan sebutan Milu Siram adalah salah satu makanan khas Gorontalo yang memiliki ciri khas rasa asam, pedas, bercampur gurih dan segar. Makanan ini merupakan hidangan sup dengan bahan utama jagung. Selain jagung, bongkol jagung manis pun ikut disertakan dalam sup ini. Bahan lain yang dijadikan pelengkap sup khas Gorontalo ini seperti wortel, udang kupas, putih telur, kaldu ayam, bawang merah, cabai merah, tomat, daun seledri, daun bawang, gula, lada, garam, dan penyedap rasa.

Bhinte Biluhuta dihidangkan dengan pelengkap seperti bawang goreng dan jeruk nipis. Proses mengolah makanan khas Gorontalo ini sama seperti memasak sup pada umumnya. Makanan ini bisa dinikmati diberbagai rumah makan atau restoran khas Gorontalo.

2. Ayam Bakar Iloni

makanan khas gorontalo ayam bakar iloni
windaekatan (instagram)

Menu ayam memang sudah menjadi menu favorit diberbagai kota. Termasuk Gorontalo, sajian Ayam Iloni menjadi menu favorit para wisatawan maupun masyarakat setempat. Bahan utama “Ayam Iloni” yaitu daging ayam dengan bahan tambahan yang digunakan untuk mengolah makanan ini menjadi hidangan lezat. Seperti: serai dan daun salam. jeruk nipis, garam, gula pasir, daun pandan, dan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu penyedap.

Hidangan Ayam Bakar Iloni berbentuk olahan dahing ayam yang dibakar dengan cita rasa yang pedas, manis, serta rempah-rempah yang terasa nikmat. Nikmati makanan khas Gorontalo ini salah satunya di rumah makan Ayam Bakar ILONI Bunda INA yang berada di X-Fresh Laundry, Jl. Cendrawasih No.10, Heledulaa.

3. Ilahe Tuna

makanan khas gorontalo milu siram
belanga.id (instagram)

Ilahe Tuna identik sebagai hidangan dengan rasa rempah-rempah yang kuat. Beberapa rempah-rempah yang digunakan seperti jahe, serai, cabai, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak lainnya. Terbuat dari bahan utama ikan tuna, tongkol, atau jenis ikan lainnya seperti tenggiri, cakalang, dan kuwe, makanan ini berbentuk sup berisi ikan dengan cita rasa asam segar.

Hidangan lezat ini bisa dinikmati bersama nasi putih hangat dan teh manis. Tak lupa, Ilahe disajikan dengan tambahan daun kemangi sebagai lalapan. Kamu bisa menikmati makanan khas Gorontalo yang satu ini diberbagai rumah makan khas Gorontalo.

4. Ilabulo Bakar

makanan khas gorontalo yang terkenal
dr_desti (instagram)

Ilabulo dikatakan sebagai pepesnya masyarakat Gorontalo. Makanan ini memang menyerupai pepes pada umumnya. Pepes khas Gorontalo ini dibuat dari jeroan daging dan telur ayam. Dibumbui dengan bumbu rempah-rempah yang khas seperti bawang merah, bawang putih, hingga penyedap rasa. Tak hanya mengguakan bahan-bahan di atas, pengolahan Ilabulo juga ditambah dengan tepung sagu agar rasanya lebih kenyal dan nikmat. Daun pisang yang digunakan untuk membungkus adonan Ilabula akan menambah cita rasa semakin sedap.

Kamu bisa menikmati makanan khas Gorontalo Ilabulo bakar diberbagai warung makan sederhana khas Gorontalo. Nikmati kuliner Gorontalo dan rasakan kelezatan yang tak terlupakan.

5. Sayur Putungo

makanan khas gorontalo saat hujan
deena_hp (instagram)

Kamu tentu pernah melihat jantung pisang yang sebagaian besar dibuang begitu saja. Namun, tahukan kamu masyarakat Gorontalo menjadikan jantung pisang sebagai olahan makanan lezat bernama Sayur Putungo. Selain lezat, ternyata jantung pisang juga kata akan serat yang bermanfaat sebagai anti bakteri serta mengontrol kadar gula dalam darah.

Sayur Putungo khas Gorontalo ini diolah dengan cara ditumis. Jantung pisang ditumis bersama bumbu khasnya seperti cabai keriting, cabai rawit, barang merah, daun bawang, kemangi, jeruk limau, dan bumbu lainnya. Sayuran ini ditumis bersamaan dengan kelapa parut sangrai, sehingga menciptakan rasa peda, manis, dan gurih.

Kamu bisa menikmati kuliner ini dirumah makan sederhana. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke beberapa warung makan untuk menikmati makanan khas Gorontalo yang begitu lezat.

6. Bilenthango

makanan khas gorontalo dari sagu
olamitagorontalo (instagram)

Namanya memang terdengar asing, namun siapa sangka jika kamu mencoba kuliner khas Gorontalo Bilenthango menjadi ketagihan. Makanan ini diolah dari bahan utama ikan, khususnya kakap merah yang direndam dalam bumbu rendaman. Kemudian digoreng bersamaan dengan bumbu dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Hampir menyerupai pepes ikan bakar, namun Bilenthago diolah dengan cara digoreng.

Jika sudah berwarna kecoklatan, segera angkat dan tiriskan. Makanan khas Gorontalo Bilenthango siap disajikan bersama nasi putih hangat dan teh manis hangat atau dingin. Nikmati kelezatan makanan ini, dengan berburu kuliner diberbagai warung makan sederhana khas Gorontalo.

7. Es Brenebon

makanan khas gorontalo
tabeasocialhouse (instagram)

Gorontalo tak hanya menyajikan kuliner berupa makanan berat seperti olahan nasi, daging, ataupun ikan. Namun, banyak juga camilan segar yang bisa dinikmati di Gorontalo, salah satunya Es Brenebon. Minuman segar ini dibuat dari bahan utama kacang merah. Sebelum dibuat Es Brenebon, kacang merah yang sudah dicuci bersih direndam semalaman dan direbus hingga empuk. Sementara, bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat minuman ini yaitu gula merah, gula pasir, vanili, susu, garam, daun pandan, air, dan es serut.

Untuk membuat sirup es, caranya cukup mudah yaitu rebus air bersama gula merah, gula putih, daun pandan, sedikit garam, dan vanilli. Rebus hingga air mengental. Sajikan makahan khas Gorontalo ini pada gelas dengan dasar es serut, kacang merah, tuangkan sirup, dan tambahkan susu kental manis. Minuman segar ini biasa dijual di café maupun penjual keliling atau stand Es Brenebon.

8. Sate Tuna

makanan enak disantap saat hujan
psf_food_journey (instagram)

Sate Tuna menjadi kuliner khas Gorontalo yang wajib dicoba. Kuliner ini diolah dari ikan tuna dengan ciri khas teksturnya yang lembut. Sate ini dibakar di atas bara arang hingga matang dan sedikit gosong. Penyajiannya sama seperti sate pada umumnya, disajikan dengan sambal cabai dengan rasa pedas. Namun, kamu bisa menambahkan kecap untuk membuat rasanya bertambah sedikit manis.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati makanan khas Gorontalo ini yaitu Warung Makan Ambon Sate Tuna yang beralamat di Jalan Raya Eyato, Kota Barat, Molosipat W, Gorontalo.

9. Tili Aya

binte biluhuta
tetypeasu (instagram)

Tili Aya berjenis kue basah khas Gorontalo yang diolah dengan cara dikukus. Kue ini dibuat dari bahan utama telur, santan, dan gula merah. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara sederhana, telur dicampurkan dengan gula merah (iris tipis-tipis) dan garam. Lalu dikocok hingga menjadi adonan. Tambahkan santan kelapa sambil diaduk perlahan.

Adonan diletakkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin/minyak sayur, kemudian dikukus kurang lebih 40 menit. Setelah matang, kue dipotong berbentuk kotak dan siap disantap. Tili Aya identik dengan rasa manis gurih dengan tekstur yang lembut. Nikmati makanan khas Gorontalo ini diberbagai gerai penjual kue atau jajanan pasar.

Barangkali kamu juga tertarik untuk membaca Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur.

10. Lalampa

ayam iloni
dapurhaltob (instagram)

Lalampa khas Gorontalo ini dikenal juga dengan sebutan Lemper oleh masyarakat Jawa. Bedanya, jika lemper khas Jawa memiliki isian berupa daging atau abon, sementara Lalampa Gorontalo berisi ikan. Selain itu, proses pembuatan Lalampa dengan cara dibakar bukan dikukus. Makanan ini dibuat dari bahan utama beras ketan, , santan, garam, ikan tongkol, bumbu halus, dan daun pandan.

Makanan khas Gorontalo ini identik dengan rasa gurih, karena perpaduan bahan-bahan dan rempah-rempah yang digunakan. Lalampa mudah ditemukan diberbagai penjual jajan pasar atau kur-kue tradisional.

Cukup sudah tulisan tentang makanan khas Gorontalo ini, semoga segala jenis makanan dan minuman yang ada di artikel ini bisa menginspirasi kamu-kamu yang hobi wisata kuliner. Saya pribadi sebagai penulis juga sebenarnya ngiler ketika mereview masakan Gorontalo ini. Ya, sudah lah semoga suatu saat saya pribadi bisa ke sana icip-icip makanan ini.

Posted on Leave a comment

Makanan Khas Banyuwangi, Idola Kuliner Arek Jawa Timur

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh

Makanan khas Banyuwangi – Indonesia menyimpan banyak macam kuliner. Salah satu kota di Indonesia yang menyimpan aneka kuliner adalah Banyuwangi. Kuliner Banyuwangi memang masih eksis sampai sekarang, bahkan banyak orang yang datang ke Banyuwangi untuk wisata, ramai berburu masakan-masakan khas kota yang terletak di Jawa Timur ini.

Dengan pesona keindahan alamnya dan keunikan wisata kulinernya, Banyuwangi sangat cocok untuk dijadikan tujuan tempat berlibur bersama keluarga maupun teman. Berikut ini silau surya akan merekomendasikan untuk kamu apa saja masakan khas Banyuwangi yang layak diicipi.

Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur

Tidak lengkap rasanya, jika berkunjung ke suatu kota tapi tidak menyempatkan diri untuk merasakan makanan khas yang dimiliki kota tersebut. Salah satunya Banyuwangi, beberapa makanan ini wajib Anda coba.

1. Nasi Tempong

makanan khas banyuwangi nasi tempong
divisimakan (instagram)

Nama masakan ini terkenal dengan sebutan nasi tempong atau sego tempong dalam bahasa Banyuwangi. Nasi tempong merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal di dunia. Ini dibuktikan dengan banyaknya turis asing yang datang ke kota ini untuk mencicipinya, dan mereka merasa senang sudah bisa merasakan makanan khas Banyuwangi yang sangat enak ini.

Nasi tempong diciptakan oleh suku osing, suku asli Banyuwangi. Disebut dengan nasi tempong karena rasa pedas sambalnya yang serasa seperti ditampar (ditempong). Sambal pedas yang menghiasi makanan khas Jawa Timur ini lah yang menjadikannya terkenal sebagai makanan ikon Banyuwangi. Khas sambal pedasnya yaitu ada aroma kencurnya, tetapi ada juga yang menggunakan terasi sebagai aroma rasa dari sambal tersebut.

Nasi tempong biasa disajikan dengan beberapa menu pelengkap, seperti mentimun, terong, sawi, kubis, telur, daun bayam, dadar jagung, ikan laut, ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng dan ikan gereh. Rasa dari masakan ini sangat pedas dan sedap, bagi yang hobi makan makanan pedas, nasi tempong sangat cocok buat kamu.

Nasi tempong yang terkenal di Banyuwangi yaitu nasi tempong Mbok Wah yang ada di Jl. Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Harga Rp. 25 ribu sudah komplit sama minum.

2. Pecel Pitik

makanan khas banyuwangi rujak soto
tourbanyuwangi (instagram)

Namanya pecel pitik. Pecel biasanya identik dengan makanan berisi sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Namun untuk makanan khas Banyuwangi yang satu ini, sama sekali tidak menggunakan sambal kacang sebagai bumbu andalannya. Makanan ini malah menggunakan parutan kelapa muda sebagai bumbu khasnya.

Parutan kelapa muda yang sudah dibumbui dengan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, kemiri, daun jeruk, garam dan gula, menjadikan masakan pecel pitik terasa gurih dan sedikit pedas. Suku osing yang menciptakan makanan tradisional Banyuwangi ini memang hobi dan suka jenis kuliner yang rasanya pedas-pedas.

Kalau untuk bahan utama, makanan ini berbahan utama ayam kampung yang dibakar kemudian disuwir-suwir sebagiannya, dan sebagiannya lagi dibiarkan utuh. Dalam penyajiannya, pecel pitik biasa disajikan dengan cara masih tradisional, yaitu diletakkan diatas daun pisang kemudian dihiasi dengan berbagai macam sayuran seperti mentimun, tomat, kemangi, kacang panjang, kol dan daun selada.

Makanan ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan. Anda bisa menemukannya di Desa Kemiren yang merupakan tempat tinggal asli Suku Osing Banyuwangi. Tradisi cara memasak yang turun temurun, membuat citra rasanya tidak berubah. Lauknya adalah ayam suwir yang diurap dengan kelapa yang sudah dikasih bumbu. Masakan khas Banyuwangi ini, biasa dijadikan menu makanan di saat-saat perayaan acara hari besar, seperti selamatan dan syukuran.

3. Sego Cawuk

makanan khas banyuwangi jawa timur
im_lusy83 (instagram)

Orang Banyuwangi biasa menyebutnya sego cawuk. Di dalam bahasa jawa sego artinya nasi. Ya, ada yang menyebutnya nasi cawuk atau sego cawuk. Makanan khas Banyuwangi ini dinamakan dengan nasi cawuk karena pada zaman dahulu suku asli Banyuwangi yaitu suku Osing biasa memakan kuliner khas ini tanpa menggunakan sendok ataupun garpu. Tetapi langsung dicawuk (diambil) begitu saja menggunakan 5 jari-jari tangan, walhasil terkenal lah dengan sebutan nasi cawuk.

Kuliner Banyuwangi ini mempunyai ciri khas rasa manis dan gurih. Rasa manis dan gurih ini dihasilkan dari kuah ikan pindang yang sudah melalui proses dipelas. Kebayangkan rasa kuah ikan pindang? ada rasa bau-bau sedap ikan pindangnya lho.

Kamu akan mendapati komposisi nasi cawuk ini berupa nasi dengan kuah yang sudah dicampur dengan parutan kelapa muda, jagung bakar muda, mentimun, cabai, bawang merah, bawang putih dan buah asem. Disamping itu menu-menu pelengkap untuk masakan Banyuwangi ini yaitu krecek, kikil, dendeng, telur, kerupuk kretek, cumi kecil dan teri. Nasi cawuk yang terkenal di Banyuwangi yaitu nasi cawuk milik Mak Mantih. Beliau menjual nasi cawuk sudah sejak tahun 1972. Alamatnya ada di Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi Regency. Harga Rp. 15 ribu/porsi.

4. Rujak Soto Mbok Bret

makanan khas banyuwangi rujak soto
deliciousbanyuwangi (instagram)

Kombinasi dua jenis makanan yang berbeda. Soto yang berkuah dan rujak. Anda bisa menemukan rujak soto ini di beberapa warung pinggir jalan. Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, karena satu porsinya hanya dibandrol sebesar Rp 20.000.

5. Sego Bungkus Bu Poer

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh
mangantokkk (instagram)

Anda bisa menemukannya di Jalan Sudirman, Banyuwangi. Tepatnya di seberang BNI Syari’ah. Sangat cocok apabila Anda sedang kangen suasana rumah. Tersedia berbagai pilihan lauk dan nasi. Seperti nasi jagung, nasi kuning, gudeg, aneka olahan ikan, oseng-oseng dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini, ya.

6. Uyah Asem Pitik

makanan khas banyuwangi bagiak
redempta_audrey (instagram)

Uyah asem pitik merupakan makanan khas asli Banyuwangi. Mempunyai nama uyah karena diantara bumbunya ada garamnya. Dalam bahasa jawa uyah berarti garam.

Mempunyai nama asem karena kuliner Banyuwangi yang satu ini bener-bener memiliki rasa asem yang terbilang khas, sehingga banyak orang yang bilang setelah menyantap uyah asem pitik ini bener-bener merasakan kesegaran asemnya.

Rasa segar ini timbul karena rempah-rempah blimbing wuluh yang dibubuhkan ke dalam makanan khas ini. Rasa asem yang ditimbulkan oleh blimbing wuluh bener-bener membuat kuliner Banyuwangi ini memiliki rasa segar khas tersendiri.

Di samping memiliki rasa asem, makanan uyah asem pitik ini juga mempunyai rasa pedas dan gurih. Kalau ingin rasanya super pedas, biasanya tinggal tambah cabai yang banyak atau memilih jenis cabai yang pedas.

Mempunyai nama pitik karena campuran bahan utama di dalam makanan ini adalah pitik. Pitik dalam bahasa indonesia berarti ayam. Bisa menggunakan ayam kampung ataupun ayam pedaging.

Untuk bumbu-bumbu utama pembuatan uyah asem pitik ini yaitu ayam kampung, blimbing wuluh, ranti, cabe rawit, cabe merah, tomat, gula, garam, bawang merah, bawang putih dan daun jeruk. Terbayang kan bagaimana rasanya jika bumbu-bumbu ini diolah menjadi satu makanan?

Makanan khas banyuwangi ini sebenarnya berupa kuah, orang Banyuwangi menyebutnya jangan atau sayur dalam bahasa indonesia. Karena berupa kuah, maka kuliner khas ini biasa dinikmati dengan nasi panas, sambal dan kerupuk.

Di Banyuwangi ada penjual uyah asem pitik ini namanya Bu Erni yang terletak di Jl. Raya Glagah, Dusun Jambean, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Bu Erni biasa menjual kuliner khas ini dengan harga Rp. 10 ribu.

7. Mie Kuah Kepiting

makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh
mariadhing (instagram)

Tempat makan ini terletak di Jalan Kepiting, N0.29 B, Banyuwangi. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menikmati menu seafood dengan perpaduan rasa masakan Jawa yang menggugah selera. Area warung dan parkirnya sangat luas. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika membawa keluarga besar. Jika Anda tidak suka kepiting, bisa memilih menu yang lainnya.

8. Pindang Koyong

makanan khas banyuwangi sego tempong
ulfamarotin (instagram)

Jika Anda ingin mengonsumsi ikan ketika berlibur ke Banyuwangi, bisa mencoba kuliner khas satu ini. Dibuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuat rasa dan aromanya semakin lezat. Sepertu cabe rawit, belimbing wuluh, daun jeruk dan lainnya.

Pindang koyong termasuk salah satu kuliner yang sehat. Pembuatannya tidak digoreng, melainkan direbus dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

9. Rawon Bik Ati

tinapuspita93 (instagram)

Anda bisa langsung menuju ke Jalan Ahmad Yani Nomor 83. Terkenal karena porsinya yang sangat banyak dengan harga yang ekonomis, dibandrol Rp 27.000 per porsinya. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Pada jam makan siang, warung ini sangat ramai. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena pelayanannya yang cepat.

10. Mie Ayam Ahem

makanan khas banyuwangi
deenhutz (instagram)

Anda perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan MT Haryono yang letaknya di dekat Hotel Berlin. Bumbu yang dibuat secara khusus, membuatnya berbeda dengan mie ayam lainnya. Ditambah dengan kuah dan daging yang melimpah, serta bakso yang sangat empuk. Membuat Anda ketagihan untuk datang ke sini lagi.

11. Kelemben

mamanya_ola (instagram)

Banyuwangi juga memiliki kue bolu yang khas. Terbuat dari tepung terigu, telur dan gula memberikan rasa yang gurih. Ditambah dengan bentuk kura-kura yang lucu. Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh atau sajian ketika berkumpul dengan keluarga. Lengkapi dengan teh, kopi atau susu hangat.

12. Pecel Rawon

nathaniacai (instagram)

Satu lagi kombinasi makanan kreasi masyarakat Banyuwangi, yaitu pecel rawon. Dilengkapi dengan daging empal yang sangat enak dari gigitan pertama. Anda akan menyantap sayuran pecel perpaduan bumbu kacang dan kuah hitam. Tentu, kombinasi dari bahan makanan itu akan memanjakan lidah. Cukup datangi warung ayu di Jalan Laksda Adi Sucipto.

Baca Juga Makanan Khas Gresik

13. Botok Tawon

eatographer (instagram)

Jenis kuliner yang satu ini memang terdengar sangat unik, ya. Memanfaatkan sarang tawon yang diolah secara khusus. Rasanya sangat gurih, sayangnya masih jarang ditemukan karena keterbatasan bahan baku. Anda bisa mencarinya di beberapa pasar tradisional atau langsung menuju ke Desa Lemahbang Kulon di warung milik Bu Misnah.

Beberapa makanan khas Banyuwangi di atas wajib untuk Anda coba. Anda tinggal memilih salah satu dan langsung mengarahkan kendaraan ke tempat tujuan. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, sahabat atau kekasih. Ciptakan momen bahagia bersama.

Posted on Leave a comment

Makanan Khas Sunda yang Terkenal di Jawa Barat

makanan khas sunda

Makanan khas Sunda – Sunda adalah nama sebuah Suku yang ada di Provinsi Jawa Barat dan Wilayah Banten. Suku Sunda memiliki bahasa sendiri, namanya bahasa Sunda. Menurut bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno, kata Sunda artinya terang, berkilau, suci, murni dan bersih. Di samping itu, yang paling menarik adalah gadis Sunda dikenal memiliki paras yang cantik dan kulit putih. halah, apa an sih!

Makanan Khas Sunda Adalah

Tapi jangan salah lho, selain dikenal wanita-wanitanya berparas cantik, Sunda juga terkenal dengan masakannya yang enak dan lezat. Oleh karena itu, kali ini silau surya akan memberitahukan kepada kamu, apa saja sih makanan khas Sunda yang kata orang kudu dan wajib dicoba. Yuks langsung saja kita simak!

1. Bakakak Hayam

makanan khas sunda
rajacireng (instagram)

Bakakak Hayam adalah salah satu kuliner Sunda yang memiliki filosofi. Makanan ini dibuat dari bahan utama ayam jantan. Mengapa harus ayam jantan? Masyarakat Sunda percaya bahwa ayam jantan mampu menolak bala (roh jahat) yang mengganggu manusia. Ayam jantan biasa diolah sebagai menu masakan dalam upacara adat atau acara sakral lainnya.

Biasanya diolah dengan cara dibakar atau panggang, yang kini dikenal sebagai Ayam Bakakak. Menu Bakakak Hayam diolah dengan cara diungkep bersama bumbu dan santan. Ciri khas rasa dari Bakakak Ayam Sunda ini adalah manis dan pedas.

Selain bahan utama daging ayam, makanan ini juga memiliki resep rempah-rempah yang komplit, seperti daun salam, lengkuas, bawang merah dan putih, kemiri, ketumbar, jahe, gula merah, ketumbar, cabai, batang serai, dan garam. Buatlah bumbu halus dari bahan-bahan tersebut, masak bersamaan dengan daging ayam dan santan kelapa. Pastikan daging ayam bisa empuk, sehingga tidak alot saat dimakan.

Daging ayam yang digunakan tidak dipotong kecil-kecil, melainkan satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bagian dalam dan luarnya. Makanan khas Sunda Bakakak Hayam bisa dinikmati langsung dengan nasi putih hangat, sambal terasi, dan lalapan. Kamu bisa menikmatinya di berbagai warung makan Sunda, salah satunya di Curug Warung Sunda yang berada di Jalan Pemuda No. 01 atau di Jalan Raya Cangingan KM.

2. Sop Tutut

makanan khas sunda adalah
cepiderman (instagram)

Menikmati sop buntut mungkin sudah biasa, bagaimana jika yang disajikan adalah sop tutut? Ini merupakan salah satu makanan khas Sunda yang layak untuk dinikmati. Tutut merupakan binatang yang mirip dengan keong, binatang ini biasanya hidup di area pertanian dan menjadi hama padi. Walaupun sebagai binatang perusak tanaman, tahukah kamu bahwa Tutut sebenarnya enak dimakan dengan rasa khas pedas asin manis. Sop tutut biasa dijadikan menu masakan Sunda sehari-hari.

Cara memasaknya pun cukup mudah dengan bahan-bahan sederhana. Kita hanya perlu menyiapkan bahan utama yakni keong tutut dan bumbu utamanya seperti bawang putih dan merah, cabai, jahe, dan kunyit. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa bahan pelengkap untuk membuat sop tutut lebih nikmat, yaitu garam, serai, minyak sayur, daun salam, dan gula jawa.

Bagaimana cara membuatnya? Bersihkan tutut hingga bersih, karena cangkang tutut akan ikut dimasak. Rendam menggunakan air garam selama minimal 8 jam atau 1 hari penuh. Selanjutnya, rebus tutut dengan daun salam dan serai, tujuannya agar bau amis dapat hilang. Perebusan ini dilakukan selama 2 tahap dengan proses yang sama, sehingga benar-benar bersih dan matang.

Jika tutut sudah matang, tinggal diolah menjadi sop tutut yang lezat. Tumis bumbu degan minyak sayur, tambahkan daun salam dan serai yang digeprek agar rasa rempah-rempahnya lebih terasa. Masukkan tutut aduk rata, tambahkan air, dan tunggu hingga semua bumbu meresap sempurna. Nah, saat berlibur ke Sunda kamu bisa mampir ke Warung Nasi Ampera yang beralamat di Jl. Pajajaran No. 133 untuk menikmati makanan khas Sunda yang satu ini.

3. Doclang

makanan khas sunda di bandung
t.agustin3738 (instagram)

Doclang merupakan salah satu makanan khas Sunda, khususnya Bogor yang mirip dengan kupat tahu. Jajanan ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima yang berkeliling dengan gerobak pikul maupun dorong. Makanan ini cocok dijadikan sarapan yang simpel dan mengenyangkan. Doclang dibuat dari bahan utama beras yang diolah menjadi ketupat, tahu, kentang rebus, telur rebus, dan tauge atau sayuran lain. Makanan tersebut dihidangkan dengan tambahan saus kacang kental dengan rasa pedas manis.

Selain ketupatnya yang bikin kenyang, Doclang terasa lebih nikmat karena saus kacang yang disiramkan di atasnya. Bumbu saus kacang yang digunakan yakni cabe keriting, cabe rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, gula jawa, dan kacang tanah yang disangrai. Rasa pedas manis dan gurih yang berasal dari kacang tanah menambah kenikmatan saat menyantap Doclang.

Di warung makan, Doclang juga sering ditambahkan kecap manis dan air jeruk limau untuk menambah kelezatannya. Tak lupa taburan bawang goreng dan kerupuk di atasnya. Jika kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Sunda Doclang, kamu bisa mampir ke warung “Doclang Bapak Odik” yang berada di Jl. Pasir Kuda No. 23 RT.01/RW.03, Pasir Jaya, Bogor.

4. Geco

makanan khas sunda terdekat
gladlucy (instagram)

Ingin menikmati kuliner khas Sunda? Kamu bisa mencoba Geco, makanan khas yang terbuat dari tauge dan tauco. Geco sendiri merupakan singkatan dari Tauge dan Tauco sebagai bahan utamanya. Selain dua bahan utama tersebut, kamu juga bisa menikmati makanan pelengkapnya dalam seporsi Geco yakni mie sagu, tomat, dan ketupat.

Bagaimana dengan rasanya? Geco identik denga rasa gurih dan segar. Bahkan saat ini, banyak Geco yang sudah dilengkapi dengan tahu goreng, irisan kentang rebus, dan telur repus. Tentunya akan membuat cita rasa makanan ini semakin lezat.

Geco disajikan dalam piring yang berisi ketupat, tauge, tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, mie sagu rebus, dan isian lainnya yang kemudian disiram dengan kuah. Bagaimana cara membuat kuahnya? Kuah tauco dibuat dengan cara menumis beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih (diiris tipis dan lembut), daun salam, dan lengkuas (dimemarkan). Setelah tercium bau harum, masukkan tauco, kecap manis, air, gula merah, dan garam. Aduk merata. Setelah mendidik, tambahkan sedikit cuka dan daun bawang, lalu angkat.

Tertarik mencoba Geco? Kamu bisa menikmatinya disalah satu warung makanan khas Sunda “Geco Nusasari Pak Iding” yang berada di Payoyanan, Cianjur.

5. Laksa Bogor

myhealthyfebee (instagram)

Siapa sih yang tak suka Laksa? Sebagian orang menyukai salah satu kuliner khas Sunda yakni Laksa Bogor. Apakah kamu salah satu pecinta kuliner ini? Laksa khas Bogor ini dibuat dari temu mangga yang membuat kuah laksa terasa lebih segar. Bahan utama Laksa yaitu daging ayam, bihun, tauge, telur rebus, daun kemangi, daun salam, serai, santan, dan oncom bakar. Sementara bumbu halus yang digunakan terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit bakar, bubuk merica, dan garam. Bahan-bahan tersebut dihaluskan dengan cara diulek maupun diblender.

Laksa khas Bogor ini disajikan dalam mangkuk atau piring yang berisi bihun, tauge, dan telur yang sudah selesai direbus. Lalu diberi kuah laksa dan tambahan suwiran daging ayam yang sudah selesai dimasak. Tak lupa dilengkapi daun kemangi dan taburan bawang goreng. Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati salah satunya di “Laksa Bogor Kang Dadi” yang beralamat di Jl. Wuwung 2, RT.01/RW.09, Bogor.

Baca Juga Makanan khas Gresik

6. Kadedemes

makanan khas sunda di bogor
endahsrisulistiawati (instagram)

Memakan keripik singkong memang sudah biasa, namun bagaimana jika kamu diminta untuk memakan kulit singkong? Mungkin terdengar aneh bagi yang belum pernah merasakan sama sekali. Tapi saat kamu berlibur ke Jawa Barat, kamu bisa menemukan makanan yang terbuat dari bahan kulit singkong atau dikenal dengan sebutan Kadedemes. Makanan ini tergolong olahan tradisional dimana kulit singkong diolah dengan bumbu oncom dan cabe rawit. Unik bukan?

Jangan khawatir soal rasa, walaupun tergolong aneh kamu akan menikmati cita rasa pedas dan lezat. Bagaimana proses pengolahannya? Kulit singkong dibersihkan lalu direbus untuk menghilangkan getah. Selanjutnya, dipotong kecil memanjang dan ditumis dengan rempah-rempah. Selain itu, saat menumis kulit singkong ditambahkan pula irisan cabai rawit. Sebenarnya, proses memasak Kadedemes mirip dengan membuat sayur tumis. Mudahkan?

Makanan khas Sunda ini bisa disantap dengan nasi putih hangat dan sambal teri. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengunjungi berbagai warung makan sederhana khas Sunda.

7. Colenak

makanan khas sunda
anitajoyo (instagram)

Colenak merupakan makanan Sunda yang dibuat dari bahan utama tape singkong yang disajikan bersama saos kelapa. Ubi kayu atau singkong yang difermentasikan banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti tape goreng, malkist tape, kolak tape, hingga Colenak khas Sunda. Untuk membuat makanan ini dibutuhkan bahan yang cukup simpel yaitu tape singkong dan mentega.

Sementara, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus kelapa yaitu santan kelapa, gula pasir, gula jawa (gula merah), garam, kelapa parut, dan daun pandan.

Tape singkong yang sudah matang, digoreng menggunakan mentega hingga warna agak kekuningan. Kemudian, lanjutkan dengan membuat saus kelapa dengan cara: rebus air bersamaan dengan gula merah, gula putih, sedikit garam, daun pandan yang disimpulkan, dan santan kelapa. Setelah mendidih, masukkan sedkit demi sedikit kelapa parut, aduk rata, hingga air sedikit menyusut dan menjadi agak kental.

Jika tape dan saus sudah matang, sajikan dalam sebuah mangkok atau piring. Letakkan tape singkong dan siram dengan saus kelapa di atasnya. Letakkan kelapa parut yang berada dalam saus kelapa di atas tape seakan-akan menjadi toppingnya.

Makanan khas Sunda ini identik dengan rasa manis legit dan gurih. Kamu bisa mencobanya diberbagai tempat di Bogor atau Bandung. Banyak tempat makan yang menjual camilan khas Sunda ini.

8. Katimus

makanan khas sunda adalah
sitinur1792 (instagram)

Di era banyaknya bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam cake, singkong merupakan salah satu bahan yang banyak dijadikan bahan utama membuat camilan lezat. Seperti camilan khas Sunda Katimus atau dikenal juga dengan sebutan Lemet Singkong. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini yaitu singkong, kelapa parut, gula aren, gula pasir, garam, vanili, dan daun pisang sebagai pembungkus.

Prosese pembuatannya pun cukup sederhana dengan peralatan tradisional. Siapkan singkong, kupas lalu cuci hingga bersih kemudian parut. Siapkan kelapa parut dan gula aren yang sudah diiris tipis-tipis. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu buatlah adonan hingga semuanya tercampur rata.

Ambil adonan singkong tersebut, bungkus dengan daun kelapa. Biasanya berbentuk memanjang seperti lontong. Setelah itu, kukus selama 30 menit atau sampai matang. Jika sudah matang, angkat dan Katimus siap disajikan. Kamu bisa menikmati makanan khas Sunda Katimus di berbagai warung makan, biasanya dijual di warung-warung yang menjual kue-kue tradisional atau jajan pasar.

9. Awug

makanan khas sunda di bandung
awugibusiti (instagram)

Salah satu makanan tradisional khas Sunda yang layak dicoba yaitu Awug. Makanan ini tergolong dalam jajanan pasar yang dibuat dari bahan utama tepung beras. Tepung beras dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren yang kemudian dibuat adonan dan dicetak berbentuk kerucut, dimana beberapa bagiannya dilapisi gula merah, kemudian dikukus hingga matang. Makanan khas Sunda Awug memiliki rasa manis dan gurih.

Kamu bisa menikmati Awung salah satunya di Kampung Pasirkihiyang, RT.4/RW.4, Desa Mekarsari, Ngamprah, Bandung Barang. Wilayah tersebut adalah pusat pembuatan Awug, tetapi kamu juga bisa menikmatinya dibeberapa pedagang kaki lima.

10. Cungkring

makanan terdekat
istnyun (instagram)

Cungkling khas Sunda ini bisa dijadikan menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Potongan lontong dipadukan dengan irisan kikil sapi serta saus kacang membuat makanan sederhana ini terasa lezat. Makanan ini dibuat dari bahan utama kulit, dampal, dan urat sapi yang semua berasal dari bagian kakinya. Bahan-bahan tersebut diolah dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan bersama potongan lontong dan saus kacang.

Biasanya Cungkring juga dilengkapi dengan tambahan gorengan seperti bakwan. Makanan khas Sunda ini bisa kamu temukan diberbagai warung makan sederhana atau penjual gerobak dipinggir jalan, salah satunya warung milik Pak Endang yang berada di Jalan Suryakencana.

11. Tumis Genjer Oncom

makanan di bogor
niko_kusmawijayanti (instagram)

Tidak semua orang menyukai olahan sayur genjer. Namun, tak ada salahnya kamu mencoba Tumis Genjer Oncom yang mennjadi salah satu makanan Sunda cukup terkenal. Proses pengolahan makanan ini cukup sederhana. Sayur genjer cuci bersih, direbus selama 3 menit, kemudian ditiriskan.

Siapkan oncom khas Bandung yang sudah dihancurkan. Siapkan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, kaldu ayam, dan tomat (iris kecil-kecil). Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai, kemudian tumis hingga tercium aroma harum. Masukkan oncom, masukkan genjer, beri sedikit air, tambahkan garam, gula dan kaldu ayam. Aduk rata dan tambahkan irisan tomat. Tunggu ebberapa saat, kemudian angkat.

Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati dibeberapa warung makan Sunda. Rasakan kelezatan perpaduan pedas manis dalam Tumis Genjer Oncom khas Sunda.

12. Nasi Timbel

makanan khas sunda di bogor
fendi888889 (instagram)

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang khas Sunda ini cukup menjadi hidangan favorit banyak orang. Nasi timbel memang dibuat menggunakan beras putih layaknya nasi pada umumnya. Kemudian dibungkus dan digulung dengan daun pisang seperti lontong. Kelezatan nasi timbel juga berasal dari daun pisang yang membungkusnya. Hal tersebut karena nasi yang masih panas langsung dibungkus dengan daun, sehingga menciptakan aroma yang khas.

Nasi timbel disajikan dengan ayam goreng dan sambal uleg dengan rasa pedas yang menggoda. Sementara hidangan pelengkap lainnya seperti ikan asin goreng, mentimun, dan kemangi atau selada sebagai lalapan. Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati diberbagai warung makan, salah satunya Nasi Timbel Bawean yang berada di Jl. Bawean No.3, Merdeka, Sumur Bandung, Jawa Barat.

13. Sate Maranggi

makanan bandung
irmawesty (instagram)

Banyak sekali kuliner khas Sunda yang layak dicoba, salah satunya Sate Maranggi. Makanan Jawa Barat ini dibuat dari bahan utama daging sapi. Daging yang sudah dicuci bersih, dipotong-potong dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih,jahe, kunyit, ketumbar, garam, dan gula merah. Kelezatan Sate Maranggi identik dengan rasanya yang komplit, mulai dari manis, asam, gurih, dan pedas dengan tekstur daging empuk.

Proses pembuatan sate ini sama seperti pengolahan sate pada umumnya. Sebelum dibakar di atas bara api, sate dilumuri bumbu dan direndam selama kurang lebi 25 menit terlebih dahulu, sehingga bumbunya meresap sempurna. Makanan khas Sunda ini dihidangkan dengan siraman bumbu acar yang khas dan lalapan seperti daun kemangi, irisan tomat, cabe rawit, bawang merah dan kecap.

Ada banyak warung makan Sate Maranggi yang bisa dikunjungi, namun ada satu kedai yang begitu terkenal yakni “Warung Makan Sate Maranggi (Saat Setu Wanayasa)” yang berada di Jalan Wanayasa, Bohong Sawit, Purwakarta, Jawa Barat.

14. Ase Cabe Gendot

makanan khas sunda di bogor
dhini_baihaqie (instagram)

Kamu pecinta kuliner pedas? Jika Ya, tak ada salahnya mencoba makanan dari Sunda Sayur Ase Cabe Gendot yang pedasnya tak tertandingi. Bayangkan, cabe yang umumnya dijadikan sebagai bumbu, kini dijadikan bahan utama sayur. Namun, cabe yang digunakan bukanlah cabe biasa, melainkan cabe gendot. Selain cabe, beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat menu ini yaitu bawang merah, bawang putih, garam, gula aren, kaldu jamur, dan daun salam sebagai penyedap alami tambahan.

Pertama, goreng cabai Gendot terlebih dahulu. Kemudian, buatlah bumbu halus dan tumis dengan daun salam, jika ingin lebih nikmat bisa juga ditampahkan lengkuas yang sudah digeprek dan asam jawa. Jika aromanya sudah harum, tambakan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan cabai Gendot dan aduk merata.

Sayur Ase Cabai Gendot siap disajikan. Sayuran ini bisa dimakan bersama nasi dan lauk lainnya sesuai selera. Cobalah berburu kuliner makanan khas Sunda untuk menikmati kelezatan yang menantang Sayur Ase Cabai Gendot dengan cita rasa khas yang pedas.

15. Misro

makanan khas sunda awug
michellemawar (instagram)

Nikmati waktu santaimu dengan camilan khas Sunda, Misro. Makanan ini tergolong sebagai camilan tradisional yang dibuat dari singkong. Misro identik dengan rasa manis gurih, ini karena didalamnya terdapat gula merah dan kelapa parut (dikenal dengan sebutan unti) yang ketika digigit langsung terasa manis.

Proses pembuatan makanan ini sangat mudah dengan bahan baku yang sederhana pula, seperti singkong parut, kelapa parut, gula merah, garam, dan tepung kanji. Campurkan bahan-bahan ini hingga menjadi adonan.

Sementara bahan yang digunakan sebagai isian (unti) misro terdiri dari kelapa parut, gula merah, daun pandan, garam, dan air. Cairkan gula merah, lalu masukkan kelapa parut dan daun pandan sebagia pewangi alami. Selanjutnya, ambil adonan singkong dan isi dengan unti di dalamnya, goreng dalam minyak panas hingga berwarna coklat kekuning-kuningan.

Makanan khas Sunda ini bisa kamu nikmati dibeberapa pusat oleh-oleh hingga warung jajan yang menjual camilan tradisional. Lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat.

16. Combro

makanan khas sunda dari singkong
rumilanbandung (instagram)

Hampir sama dengan Misro, Combro merupakan jamilan yang dibuat dari bahan utama singkong. Meskipun tergolong sebagai makanan tradisional, Combro memiliki rasa yang tak kalah nikmat dengan jajanan kekinian. Makanan ini dibuat dari adonan singkong parut dengan isian oncom.

Proses membuatnya sangat sederhana, singkong yang sudah diparut. Peras singkong hingga keluar airnya, kemudian endapkan dan campurkan pati singkong (buang airnya), dengan singkong parut. Pati singkong akan membuat adonan semakin kenyal. Untuk isiannya menggunakan oncom yang dibakar dan dicincang besar, kemudian diberi bumbu berupa bawang merah dan cabai sehingga lebih sedap.

Combro sebagai makanan khas Sunda mudah didapatkan warung-warung penjual gorengan atau kue-kue tradisional. Biasanya dijajakkan oleh pedagang keliling atau penjual kaki lima.

17. Nasi Tutug Oncom

makanan khas sunda nasi liwet
dewi.nurapriyani (instagram)

Nasi Tutug Oncom cocok dijadikan menu sarapan. Makanan yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat ini merupakan perbaduan antara nasi dengan oncom. Proses pembuatan Nasi Tutug Oncom dilakukan secara sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu nasi putih, oncom, bawang merah dan bawang putih, cabai, gula, garam, kaldu bubuk, daun kemangi, serta kencur.

Oncom dibakar terlebih dahulu, kemudian dihancurkan. Siapkan bumbu-bumbunya, haluskan, lalu tumis hingga tercium aroma wangi. Masukkan oncom dan aduk rata. Tambahkan kemangi, aduk hingga layu. Masukkan nasi putih, aduk rata hingga seluruhnya tercampur. Hidangkan saat masih hangat, sehingga lebih nikmat.

Nikmati perbaduan rasa gurih dan pedas dalam makanan khas Sunda Nasi Tutug Oncom. Kuliner ini bisa kamu dapatkan di warung makan sederhana, salah satunya di Nasi Tutug Oncom Pujasera Merdeka, Jl. Purnawarman Blok C2 No. 10 – 12, Babakan Ciamis, Bandung.

18. Karedok

makanan khas sunda dari singkong
sawarga_cafe_resto_kopi_luwak_ (instagram)

Boleh dikatakan Karedok merupakan salad sayur lokal. Pasalnya, sajian makanan ini berupa sayuran segar yang dilengkapi sambal. Karedok hampir sama dengan gado-gado atau lotek. Namun, sayuran yang digunakan dalam karedok merupakan sayuran segar yang sudah dicuci bersih, tidak direbus layaknya sayur pada gado-gado.

Sayuran yang digunakan dalam karedok umumnya kacang panjang, kol, tauge, daun kemangi, terong lalap, dan mentimun. Sementara bumbu halus karedok dibuat dari kacang tanah (sudah digoreng), bawang merah dan putih, cabai, gula merah, air asam jawa, kencur, kecap, garam, dan air. Bumbu-bumbu dihaluskan, tambahkan sedikit air dan kecap. Masukkan sayuran segar, aduk merata dan sajikan di dalam piring.

Makanan khas Sunda ini bisa dinikmati secara langsung maupun dengan nasi hangat dan laut pauk lainnya. Karedok bisa kamu nikmati dibeberapa warung makan, atau dipenjual karedok keliling.

19. Bala-Bala

nasi liwet sunda
desi.hendriani (instagram)

Bala-bala memang menjadi camilan favorit banyak orang. Meskipun Bala-Bala banyak ditemui dimana-mana, namun sebagai salah satu makanan khas daerah Jawa Barat ini memiliki cita rasa yang berbeda. Bala-bala khas Bandung memiliki rasa yang lebih renyah, gurih, dan krispi.
Bahan utama yang digunakan untuk membuat camilan ini yaitu sawi putih atau kol, seledri, wortel, daun bawang, seledri, tepung beras, tepung terigu, merica, gula putih, dan air. Sedangkan bumbu yang perlu dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Iris wortel, sawi putih/kol, daun bawang, dan seledri. Buat adonan bersama tepung terigu, tepung beras, dan bumbu-bumbu lainnya. Tambahkan air secukupnya, aduk hingga membentuk adonan cukup kental. Goreng hingga berwarna cokelat kekuning-kuningan dan krispi. Bala-bala sebagai salah satu makanan khas Sunda bisa dibeli diberbagai kuliner jalanan, biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima.

20. Batagor

awug sunda
batagorlucky (instagram)

Siapa sih yang tak suka batagor? Hampir sebagaian besar orang menjadikan Batagor sebagai camilan favorit mereka. Camilan yang cukup mengenyangkan ini cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang, jika kamu belum makan nasi. Bahan utama membuat Batagor yaitu kulit pangsit, ikan tenggiri, tahu putih, putih telur, tepung sagu, tepung terigu, dan bumbu-bumbu. Haluskan ikan tenggiri, campurkan bersama irisan daun bawang dan bumbu-bumbu. Masukkan putih telur, aduk merata.

Tuangkan air putih sedikit demi sedikit, sambil diaduk membentuk adonan. Tambahakan tepung sagu dan tepung terigu. Setelah berbentuk adonan, masukkan adonan tersebut ke bagian tengah tahu. Masukkan pula adonan tersebut ke dalam kulit pangsit. Kulit pangsit dan tahu yang sudah diisi dengan adonan, dilumuri telur, kemudian digoreng hingga matang. Nikmati Batagor dengan siraman sambal kacang, kecap, dan saus. Makanan khas Sunda ini identik dengan rasa pedas, manis, dan gurih.

Salah satu kedai Batagor khas Sunda yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati camilan lezat ini yaitu “Warung Siomay dan Batagor Crispy” di Jl. Raya Pd. Gede Blok Plaza Pondok Gede, Jawa Barat.

Demikian itu tadi makanan khas Sunda yang masih asli warisan masakan para leluhur. Orang Sunda masih menjaga rasa dan ciri khasnya, sehingga dari dahulu sampai sekarang, kamu dapat dengan mudah mendapatkan masakan sunda dengan rasa khas yang tetap original.

Posted on Leave a comment

Makanan Khas Gresik yang Unik dan Menarik

makanan khas gresik pudak

Makanan khas Gresik – Gresik adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Sebelah timur berbatasan dengan Surabaya dan Madura. Sebelah barat berbatasan dengan Lamongan. Sebelah selatan berbatasan dengan Sidoarjo dan Mojokerto.

Gresik dijuluki sebagai kota semen, karena Pabrik Semen pertama dan terbesar di Indonesia berdiri di kota ini. Nama Gresik sendiri diambil dari kata “Giri Gisik” yang artinya “Gunung di Tepi Pantai”.

Menariknya, Gresik menyimpan banyak tempat wisata terkenal, diantaranya yaitu Pulau Bawean (di Pulau ini ada banyak sekali tempat wisata), Danau Banyu Biru Lowayu, Pantai Delegan dan Dinasty Water World. Keberadaan Makam Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim juga ada disini.

Setelah kita mengetahui apa saja yang berkaitan dengan dengan Gresik, yuk kita berkenalan apa saja sih makanan khas Gresik yang dari dulu sampai sekarang tetap eksis diburu oleh para pecinta kuliner. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Nasi Krawu

yuliafoods (instagram)

Makanan khas Gresik ini bernama nasi krawu. kenapa dinamakan dengan nasi krawu? karena cara memakannya tidak menggunakan sendok maupun garpu, melainkan menggunakan 5 jari tangan (dikrawul). Oleh sebab itu dinamailah makanan ini dengan nasi krawu.

Nasi krawu biasa menggunakan nasi yang masih pulen. Nasi pulen ini menjadikan teksturnya lembut tidak keras. Adapun menu lauk yang melengkapi masakan ini adalah daging sapi yang sudah diolah dengan santan, jeroan sapi, usus ayam, ampela hati, babat, serundeng dan sambal terasi pedas. Jadi buat kamu yang suka dengan masakan pedas, kuliner Gresik ini sangat cocok buat kamu.

Dalam penyajiannya, nasi krawu biasa diletakkan dalam daun pisang yang dipincuk. Dengan diletakkan di dalam daun pisang, rasa nasi krawu menjadi semakin lezat. Untuk menambah rasa sedap pada masakan khas Gresik ini, maka nasi krawu biasa ditaburi bawang goreng dan serundeng.

Adapun tempat makan di Gresik terkenal yang menjual kuliner Gresik ini yaitu warung Bu Tiban yang ada di Jl. Veteran No.118, Gresik. Harga Rp.15 ribu.

Baca Juga Makanan Khas Madiun

2. Bonggolan Khas Gresik

makanan khas gresik nasi krawu
bonggolan.favorit (instagram)

Apa itu bonggolan? Bonggolan adalah makanan khas Gresik yang terbuat dari bahan utama daging ikan tenggiri atau ikan bandeng. Daging ikan tenggiri ini kemudian diolah dengan tepung kanji atau tepung aci yang telah dicampur dengan garam dan bawang putih. Rasanya gurih dan lezat. Kalau diperhatikan, bonggolan ini mirip seperti sosis atau otak-otak ikan.

Bonggolan khas Gresik biasa dibalut menggunakan daun pisang. Dibentuk bulat memanjang menyerupai makanan lemper. Warna bonggolan agak kecoklatan, itu karena efek dari warna daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan cara digiling atau diblender.

Bonggolan melalui dua kali proses pengolahan. Yang pertama dikukus terlebih dahulu, setelah itu dijemur dibawah panas terik matahari hingga kering. Barulah setelah itu bonggolan digoreng sampai matang. Bonggolan biasa dimakan dengan cocolan saus sambal pedas. Bonggolan ini bisa untuk lauk, bisa juga untuk gado-gadoan.

Makanan bonggolan ini banyak ditemukan di pesisir Gresik dekat pantai. Contohnya yang paling yaitu di Pulau Mengare, Sidayu, Kecamatan Bungah dan Manyar. Harga Rp.8 ribu.

3. Sego Karak Gresik

makanan khas gresik jawa timur
gresiknih (instagram)

Biasanya zaman dahulu karak diolah dari nasi yang sudah gak kemakan dan basi. Orang zaman dahulu melakukan seperti itu supaya nasi yang basi tidak terbuang, tetapi masih bisa dimanfaatkan menjadi masakan lain yang bisa dimakan.

Adapun sekarang di Gresik, karak (nasi dikeringkan) tidak dibuat dari nasi basi melainkan dari nasi putih biasa yang masih enak dimakan. Sego karak merupakan makanan khas Gresik yang ditanak bersama ketan hitam. Rasa dari sego karak yaitu gurih, manis dan sedap.

makanan ini dilengkapi dengan lauk-lauk seperti serundeng, parutan kelapa muda, tempe mendoan goreng dan belut balado. Warung yang menjual sego karak di Gresik adalah warung Bu Imam terletak di Jl. Tj. Wira I No.34. Harga Rp.5 ribu.

4. Pudak Khas Gresik

makanan khas gresik jatim
faradisafood (instagram)

Apa itu makanan pudak? Pudak adalah kue khas yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras ini kemudian diolah dan dimasak dengan santan kelapa dan gula jawa atau gula pasir dengan cara dikukus. Kue pudak ini dibalut menggunakan daun pinang. Makanan pudak ini adalah jenis kuliner Gresik yang kuat bertahan sampai 3 hari, sehingga cocok apabila dijadikan sebagai oleh oleh khas dari Gresik.

Dalam perkembangannya, kue pudak mengalami berbagai macam inovasi. Ada kue pudak yang menggunakan gula jawa, gula pasir dan menggunakan sagu tidak tepung beras. Pudak yang menggunakan sagu dikenal dengan sebutan pudak sagu. Sehingga berpengaruh kepada warna pudak itu sendiri. Pudak gula jawa berwarna coklat merah, sedangkan pudak sagu gula pasir berwarna putih.

Kamu bisa menemukan kue pudak ini di sepanjang jalan Veteran, Kebomas dan Sindujoyo. Harga Rp.25 ribu.

5. Jenang Jubung Khas Gresik

nurrochmaningrum (instagram)

Jenang Jubung adalah jajanan khas Gresik yang terbuat dari bahan utama beras ketan hitam. Jenang jubung biasa diatasnya ditaburi dengan wijen. Ketika digigit, jenang jubung terasa kenyal, lembut, empuk dan rasanya manis legit. Jenang jubung dibalut dengan daun pinang “Ope”.

Proses memasak jenang jubung memakan waktu yang lama hingga 24 jam. Mulai dari merendam beras ketan berjam-jam hingga menggilingnya menjadi tepung ketan halus dan dimasak menggunakan santan kelapa seperti layaknya memasak jenang. Makanan khas Gresik ini bisa dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah karena kuat bertahan sampai beberapa hari. Datang saja ke Toko Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon di Jl. K.H. Abdul Karim No.7.

Jadi sudah tahu kan apa saja makanan khas gresik yang unik dan menarik untuk dicoba. Kalau kamu melakukan wisata kuliner ke Gresik, jangan lupa icipi makanan khas ini atau kamu bisa jadikan oleh-oleh jika pulang ke kampung.