Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Ambon, Kreasi Indonesia Timur

4 min read

oleh-oleh makanan khas ambon

Anda sedang di Kota Ambon? Bingung mau beli oleh-oleh khas Ambon yang tepat untuk di bawa pulang? Jangan bingung, Anda bisa memilih salah satu dari 11 rekomendasi terbaik berikut ini. Dijamin, siapa saja yang menerimanya akan sangat senang dan sangat menikmati, karena masing-masing punya cita rasa dan keunikan yang tiada tara. Penasaran apa saja oleh-oleh itu?

Kota Ambon memang identik dengan objek wisata Ambon yang eksotis dan super indah. Wajar kalau masyarakat setempat ingin memanjakan pendatang dengan menyediakan produk lokal yang menarik dan tentunya hanya ada di sana. Alhasil bertebaranlah kuliner, hingga kerajinan khas yang siap membuat penuh tas bawaan Anda.

Oleh Oleh Khas Ambon dan Harganya

Ada 11 jenis oleh-oleh asal Ambon yang selalu dicari wisatawan yang datang. Dari jenis makanan khas Ambon ada yang namanya bagea, serut, sagu, halua kenari, manisan dan kopi. Sedangkan jenis kerajinan dan hasil alam ada kaos, souvenir, minyak kayu putih, besi putih dan kerajinan tangan lainnya.

1. Bagea Kenari

oleh-oleh khas ambon
natsepa.kenari.ambon (instagram)

Makanan khas Ambon yang satu ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kacang kenari dan beberapa bahan lainnya, kemudian diaduk hingga kalis dan di panggang. Orang Ambon menjadikan bagea kenari sebagai camilan teman minum teh, karena sebelum dimakan biasanya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam minuman agar tidak terlalu keras saat dikunyah.

Harga dari makanan oleh-oleh ini bervariasi, ada yang bisa dibeli satuan atau dibeli dengan kemasan berbagai ukuran. Hampir di semua toko oleh-oleh khas Ambon atau pasar tradisional camilan ini ada dan siap untuk Anda borong.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Papua

2. Serut

oleh oleh khas ambon
theambonmaniseshop2 (instagram)

Sebagai salah satu daerah penghasil sagu, makanan olahan sagu sangat banyak di Ambon. Selain Bagea ada juga yang namanya serut. Camilan ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kacang kenari dan rempah seperti kayu manis dan jahe. Perpaduan rasa yang tercipta sungguh unik dan membuat ketagihan.

Jika Anda ingin memilihnya sebagai oleh-oleh khas Ambon, bisa langsung datang ke Pasar Mardika di Kota Ambon, dan berbekal uang Rp15.000 Anda sudah bisa mendapatkan satu kemasan serut untuk di bawa pulang.

3. Sagu Tumbu Ambon

oleh oleh khas ambon dan harganya
mimyy24 (instagram)

Masih bicara soal sagu, jajanan khas Ambon yang satu ini tak kalah enak dibanding dua makanan oleh-oleh sebelumnya. Bahan pembuatannya masih sama yaitu sagu lempeng yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk dan dicampur dengan kacang kenari dan gula aren hingga menjadi adonan berminyak yang tidak lengket, kemudian dikemas berbentuk telur ulat sutra.

Hampir di semua pasar tradisional yang ada di Ambon banyak penjual jajanan ini. Harganya yang sangat terjangkau berkisar belasan ribu saja, pasti akan jadi salah satu alasan Anda untuk memborongnya sebagai oleh-oleh.

4. Halua Kenari Khas Ambon

oleh-oleh makanan khas ambon
theambonmaniseshop2 (instagram)

Kalau di kota Manado ada juga oleh-oleh bernama halua kenari, maka di Ambon juga ada oleh-oleh bernama halua kenari. Halua kenari ini berbahan dasar kacang kenari goreng, camilan yang satu ini juga sangat laku keras sebagai buah tangan wisatawan yang berkunjung ke Ambon.

Cara membuatnya relatif murah, yaitu kacang kenari kupas ditumbuh kasar lalu digoreng hingga matang, kemudian campurkan ke dalam gula merah yang sudah dicairkan, diamkan hingga gula merah mengeras.

Tak perlu jauh-jauh ke pusat oleh-oleh khas ambon, di toko-toko terdekat tempat Anda menginap juga banyak yang jual. Harganya juga sangat ramah dikantong tergantung ukuran kemasan yang Anda pilih.

5. Kaos Khas Ambon

pusat oleh oleh khas ambon
theambonmaniseshop2 (instagram)

Jika Kota Bandung terkenal dengan kaos distronya yang sudah mendunia, Ambon juga punya anak muda yang berkreasi dengan menciptakan kaos dengan tulisan-tulisan khas Ambon. Bahan kaos yang lembut dan pastinya tidak luntur menjadikannya oleh-oleh yang harus masuk dalam tas bawaan Anda pulang.

Cukup dengan harga antara Rp. 80.000 hingga Rp. 100.000 Anda sudah bisa memiliki satu kaos yang keren. Salah satu toko kaos yang diburu pendatang adalah Balugu yang terdapat di pusat Kota tersebut.

Oleh Oleh Khas Ambon Maluku

6. Manisan Pala Banda

oleh oleh khas ambon maluku
theambonmaniseshop2 (instagram)

Kalau manisan biasanya terbuat dari buah-buahan segar seperti mangga, salak dan jambu, di Ambon terdapat manisan unik yang terbuat dari buah pala.

Kekhasannya itulah yang membuat manisan ini ramai dijadikan oleh-oleh khas. Apalagi untuk mendapatkannya sangat mudah, tinggal membeli di gerai oleh-oleh khas Ambon yang tersebar di pusat kota.

7. Souvenir Gantungan Kunci

toko oleh oleh khas ambon
theambonmaniseshop2 (instagram)

Sama seperti daerah lain, gantungan kunci menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dibeli. Di Ambon juga terdapat souvenir dengan bentuk beraneka ragam, ada yang bertuliskan ambon manise, nama-nama tempat wisata Ambon yang terkenal di Maluku dan lain-lainnya. Salah satu tempat yang menawarkan beragam souvenir, ada di toko Cahaya Liembers Jalan Kalialy Sirimau Ambon.

8. Kopi Ambon

oleh oleh khas dari ambon
theambonmaniseshop2 (instagram)

Ada yang unik pada oleh-oleh khas Ambon ini, jika biasanya kopi hanya diseduh dengan air panas dan meninggalkan banyak ampas saat kopi selesai diminum, beda dengan kopi ini, dimana kopi jenis robusta Ambon diseduh dengan air panas, dan diberi bubuk kayu manis dan cengkeh dan di atasnya ditaburi kacang kenari yang dicincang kasar.

Ada yang dinamakan kopi Rarobang atau kopi Sibu-sibu. Untuk merasakan sensasinya langsung Anda tinggal datang ke gerai-gerai kopi yang ada di Kota Ambon salah satunya di Jalan Said Pemerintah Kota Ambon. Dengan harga Rp. 15.000 untuk satu cangkirnya. Sedangkan jika Anda ingin mencoba meraciknya sendiri, juga bisa membeli kopi dalam bentuk bubuk.

9. Minyak Kayu Putih Ambon

mutiahsut (instagram)

Ambon terkenal sebagai daerah penghasil kayu manis, wajar kalau minyak kayu putih jadi salah satu oleh-oleh khas Ambon yang wajib Anda miliki untuk di bawa pulang. Minyak kayu putih Ambon diproses dengan cara tradisional namun sangat alami. Minyak ini berbeda dari yang pernah Anda pakai, baik aroma hingga kegunaan, sebab selain dioleskan juga bisa diminum untuk meredakan tenggorokan.

Harga dari minyak kayu putih Ambon ini berkisar Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000. Memang lebih mahal dari minyak sejenis lain, tapi kalau dari segi khasiatnya sangat luar biasa jadi tak akan rugi. Untuk mendapatkannya tinggal datang ke pusat oleh-oleh di Kota Ambon.

10. Besi Putih Ambon

theambonmaniseshop2 (instagram)

Besi putih Ambon ini merupakan hasil kerajinan dari masyarakat Ambon yang memanfaatkan besi dari kapal-kapal penjajah zaman dahulu yang tenggelam di laut Banda, dan mengolahnya menjadi perhiasan besi putih yang sangat cantik. Soal keawetannya hingga bertahun lamanya. Anda bisa mendapatkan besi putih Ambon ini dengan harga mulai Rp. 100.000 di sentra besi putih Kota Ambon.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Semarang

11. Kerajinan Tangan Khas Ambon

ambonhandicraft (instagram)

Banyak kerajinan tangan yang dihasilkan para pengrajin dari Maluku, diantarany adalah kerajinan yang terbuat dari kerang, atau kayu dan berbagai bahan lainnya. Soal harga sangat variatif, tapi Anda bisa memilih sesuai yang Anda inginkan di toko souvenir khas Ambon.

Apakah Anda sudah menemukan oleh-oleh khas Ambon yang cocok untuk di bawa pulang? Pastinya akan sangat memuaskan jika bisa membeli semuanya dan diberikan kepada orang tersayang dan saudara kerabat. Karena semua memiliki kekhasan yang tak akan dijumpai di daerah lain.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *