Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Bali Kekinian dan Ngehits

12 min read

oleh-oleh khas bali

Oleh-oleh khas Bali – Sudah tidak diragukan lagi keindahan alam di Bali. Pulau Bali selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran jika setiap tahunnya, jumlah wisatawan yang datang ke pulau ini selalu mengalami peningkatan.

Lantas bagaimana dengan oleh-olehnya? Bukan hanya berbagai macam jenis keindahan tempat wisata alamnya saja lho yang menarik perhatian. Oleh-oleh khas Bali juga perlu dilirik dan dibawa pulang saat Anda datang kesana. Penasaran? Simak rangkuman dari silausurya.com berikut ini!

Oleh Oleh Khas Bali Kekinian

Oleh-oleh menjadi hal wajib yang perlu dibeli saat melakukan liburan ataupun wisata. Terasa kurang afdol jika pulang liburan dengan tangan kosong, bukan? Nah, jika Anda berlibur ke Bali, berikut ini beberapa oleh-oleh khas Bali yang sangat recommended dan kekinian.

1. Kacang Rahayu

oleh oleh khas bali
dedari.bali (instagram)

Oleh-oleh makanan ringan khas Bali yang terbuat dari bahan utama kacang tanah ini memiliki rasa gurih, renyah dan asin. Karena rasa yang spesial itu lah, banyak wisatawan yang membeli jajanan yang dikemas dalam pack-pack kedap udara sebagai oleh-oleh mereka saat berkunjung ke Bali.

Kacang rahayu ini dikemas tanpa menggunakan kulit, tapi bagian kulit arinya masih ada. Untuk menjaga kerenyahannya, kacang ini dikemas dalam kemasan-kemasan kecil kedap udara. Yang kemudian dibungkus dalam satu wadah kotak besar.

Dalam satu wadah itu, berisi kacang dengan jumlah yang bermacam-macam yang harganya dihitung oleh variasi berat. Ada yang beratnya 50 gram sampai 800 gram. Setiap kemasan memiliki berat dengan harga yang berbeda. Untuk rasa dari kacangnya, saat ini hanya tersedia rasa original saja. Itu pun sudah enak sekali. Sudah pasti kacang rahayu ini tersedia di berbagai toko oleh oleh Bali. Kamu bisa datang ke sana langsung untuk membelinya.

Harga: 7.000 sampai 100.000 rupiah
Lokasi: Pertokoan Kerthawijaya, Jl. Diponegoro Blok A No.10B, Dauh Puri, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali

2. Hojia Bali

oleh oleh khas bali untuk pacar
dvamz (instagram)

Bentuk makanan hojia Bali ini bulat dengan bagian atas menggelembung, di tengahnya ada cream yang disesuaikan dengan rasa yang dipilih konsumen. Dari bentuk, rasa, dan kelembutan kue ini seperti sponge cake. Yang mana kelembutan itu didapat dari campuran tepung rendah protein dan telur yang berkualitas.

Dan rasanya semakin berkualitas karena di dalamnya ada pilihan isi coklat pandan dan tasty coffee. Hojia Bali tersebut tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali. Oleh-oleh khas Bali tersebut hanya bertahan seminggu atau 3 hari jika disimpan di dalam kulkas, namun bila di luar kulkas hanya bertahan 2 jam saja.

Varian rasanya banyak sekali, ada rasa krim pandan, blueberry, coklat pandan, stroberri, krim, black sweet double cocholate, nanas, kopi dan chocolate. Oiya makanan ini benar-benar 100% halal lho.

Yang paling laris adalah rasa cokelat tersebut. Setiap rasa memberikan warna berbeda pada kue Hojia ini. Dapatkan hojia Bali ini di toko oleh oleh Bali yang terdekat dari lokasi tempat wisata kamu.

Harga: 99.000 per kotak
Lokasi: Jl. Raya Sesetan No.221C, Pegok, Kec. Denpasar Sel., Kabupaten Badung, Bali

3. Sambal Matah Gila

oleh oleh khas bali dan harganya
dwfrsh_skincare (instagram)

Ini adalah kolaborasi paling pertama, dimana keripik singkong yang krispi dicocol dengan sambal matah. Oleh-oleh khas Bali yang lagi hits dan kekinian ini dibuat oleh artis Chelsea Olivia beserta suaminya.

Rasa keripik singkong yang renyah, berpadu dengan sambal mentah Bali yang khas akan rasanya yaitu asam pedas. Makanan atau camilan ini cuma bisa kamu temui di Bali. Jadi jangan sampai tidak beli ya.

Dalam satu kemasan Keripik Sambal Matah Gila yang kekinian ini, kamu akan mendapatkan 1 bungkus keripik singkong yang renyah, 1 bungkus kecil sambal matah, 1 tissue basah, 1 tusuk gigi dan sebuah brosur mengenai perjalanan produk tersebut.

Selain Sambal Matah, adapula rasa sambal khas Bali yang lainnya. Seperti sambal betutu, sambal matah gila (pedas), sambal matah (tidak pedas), fish skin (dari kulit ikan), dan kolak pisang ubi yang dicocol sambal gula aren santan. Semuanya dibuat dengan bahan alami, rasanya sangat asli, seperti buatan rumah kamu sendiri.

Harga: 25.000 per bungkus
Lokasi: Jl. Dewi Sri No.100b, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Baca Juga Oleh Oleh Khas Padang

4. Roti Betutu

oleh oleh khas bali baju
ram_yu (instagram)

Betutu adalah salah satu kuliner khas Bali terkenal yang terbuat dari Ayam atau Bebek yang bagian dalamnya dikasih bumbu kemudian dipanggang. Menikmati ayam betutu saja sudah enak, apalagi jika muncul oleh-oleh khas Bali yang dikemas dengan praktis, yaitu ayam betutu yang dibungkus dengan roti yang lembut.

Isiannya sangatlah banyak, kemudian berpadu dengan roti yang tawar nan lembut dengan bagian atasnya ditaburi wijen. Makanan ini tidak menggunakan pengawet, jadi jika disimpan di luar cuma bertahan 3 hari saja.

Selain rasa Ayam Betutu, juga ada varian rasa yang lain. Yaitu Roti Sambal Matah. Tinggal pilih sesuai dengan selera kamu. Dalam satu kemasan berisi 6 potong roti, harga oleh oleh Bali ini cuma 50.000 saja.

Harga: 50.000 per kotak
Lokasi: Tersedis toko-toko online yang siap melayani pembelian kalian semua.

5. Harum Cake

oleh oleh khas bali online
cemilanbali (instagram)

Harum cake merupakan sebuah oleh-oleh dari Bali yang dibuat dari bahan utama kuning, putih telur dan tepung ini mempunyai rasa yang legit, dengan manis yang pas, tidak bikin eneg. Selain itu baunya sangat harum, memiliki diameter 18 cm dan bagian cake lapis ini ada garis-garis yang membuat penampilan enak dipandang dan rasanya enak dinikmati.

Harum Cake mempunyai ketebalan yang lumayan, harganya mulai 200 ribu sampai 245 ribu. Sementara yang premium harganya dimulai dari 260 ribu sampai 295 ribu.

Varian rasa makanan khas Bali ini sangatlah banyak, ada rasa original, cokelat, kopi, spekuk, pandan, coklat belang, prunes, keju, kismis, green tea, almond, low sugar dan kurma.

Cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali untuk orang di rumah. Tapi sayangnya, Harum Cake tersebut tidak bisa bertahan lama jika disimpan di luar kulkas, dia cuma bertahan 2 sampai 4 hari saja.

Harga: 200.000 sampai 295.000
Lokasi: Jl. Kediri No.9, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

6. Bali Banana

oleh oleh khas bali
gluttonwanderers (instagram)

Bahan utamanya adalah pisang, yang dilapisi dengan selai dan remahan-remahan kulit pastry yang renyah. Bali Banana mirip seperti bolu pisang, cuma rasa pisangnya sangat kuat karena terdapat pisang matang di bagian bolu ini.

Aroma pisangnya sangat kuat, jika dilumat teksturnya sangat lembut, dan lumer ketika digigit. Tapi bagi kamu yang tak begitu menyukai rasa pisang, bisa mencoba varian rasa yang dikombinasikan dengan rasa lainnya. Namun keberadaan pisangnya tidak bisa dihilangkan.

Varian rasa yang bisa dipilih ada cokelat, blueberry dan keju. Bentuknya kotak dengan panjang tak lebih dari 30 cm. Soal harga, cuma 40 ribu saja per kotak.

Makanan ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh khas Bali karena selain praktis, rasanya pun benar-benar bikin nagih.

Harga: 40.000 per kotak
Lokasi: Jl. Dewi Sri No.45 B, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

7. Mooncake Uluwatu

oleh oleh khas bali untuk pacar
piauluwatu (instagram)

Mooncake Uluwatu atau biasa disebut kue bulan selain terkenal karena rasanya yang lezat, juga menjadi menarik karena memiliki ukiran adonan yang unik.

Mooncake uluwatu ini terbuat dari berbagai campuran bahan dari mulai tepung terigu, mentega, kuning telur, baking powder, dan lain sebagainya. Kemudian diuleni sampai kalis dan dimasukkan isian yang beraneka macam rasa.

Setelah membentuk bulatan adonan yang menyelimuti isiannya, kue bulan ini siap untuk dimasukkan ke dalam cetakan. Setelah itu dipanggang dengan suhu tertentu.

Oleh-oleh khas Bali ini memiliki rasa yang beraneka macam. Seperti rasa kacang hijau, pandan, durian dan kacang merah. Yang unik di sini, rasa-rasa itu akan dicampur dengan rasa lain, darimulai telur asin, buah dan kenari. Tinggal pilih sesuai dengan selera kamu sendiri.

Harga: 50.000 per kotak, isinya ada 4 boleh campur
Lokasi: Gg. Belibis No.23, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali

8. Keripik Kentang Tjap Lombok

oleh oleh khas bali dan harganya
cemilanbali (instagram)

Kentang diiris tipis lalu digoreng seperti biasa hingga menghasilkan tekstur renyah yang gurih. Kemudian ditambahkan bumbu pedas manis yang memiliki warna merah menyala. Rasa pedas itu dibuat dari cabai pilihan yang memberikan sensasi pedas segar, dan supaya rasa pedasnya tetap bisa dinikmati juga ditambahkan rasa sedikit manis pada kepingan keripik kentang tersebut.

Keripik kentang ini dijual dalam kemasan 100 dan 200 gram. Dan selain Keripik Kentang juga ada variasi lainnya, yaitu Keripik Teri dan Keripik Tempe. Bumbunya masih sama, yaitu cabai pedas manis yang dibuat dari bahan berkualitas. Adapun keripik pisang, tapi tidak menggunakan bumbu pedas. Melainkan rasa original atau rasa manis.

Harganya sangat murah, untuk kemasan Keripik Kentang 100 gram cuma 15.000 saja, dan 200 gram adalah 30.000
Begitu juga dengan keripik dengan bahan dasar bukan kentang lainnya.

Oleh-oleh makanan ringan khas Bali ini selain bisa untuk camilan, juga enak untuk disantap dengan lontong sayur dan nasi uduk.

Harga: 15.000 sampai 30.0000
Lokasi: Jl.Nuansa Utama VII / 24 Taman Griya, Jimbaran, 80361 Bali, Indonesia

9. Brownies Bali

oleh oleh khas bali baju
v.hanny.s (instagram)

Oleh oleh Bali satu ini sangat ngehits untuk para wisatawan maupun warga yang ada di sana. Brownies mereka sangat kaya akan cokelat, kalau kamu potong tengahnya akan tampak seperti ada lelehan-lelehan cokelat di dalamnya.

Meskipun kaya akan cokelat, tapi rasa manisnya sangat pas, dan ukurannya pun cocok karena tidak berlebihan.
Brownies Bali ini dikemas dalam wadah kotak persegi panjang, tidak begitu besar tidak pula kecil, ketebalannya normal dan ia mempunyai berbagai varian rasa.

Jika kamu memilih rasa keju, toping yang nantinya diberikan tidak main-main. Keju dan bagian brownies ditopang menjadi satu, kejunya cukup tebal, tapi tentu saja lebih tebal brownies cokelatnya. Untuk menu cheese cream brownies ini memiliki harga paling mahal dari yang lain, yaitu 100 ribu per kotaknya.

Selain rasa tersebut, adapula rasa chocomelt brownies, ovomaltine, nutella, skippy, vanila melt, almond dan rhum raisin. Harga oleh-oleh khas Bali ini cukup 75 ribu saja.

Harga: 75.000 sampai 100.000
Lokasi: Jl. Sunset Road No.106, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

10. East Bali Cashew

oleh oleh khas bali online
emd.organic.store (instagram)

Produk east Bali cashews telah menembus pasar Internasional. Tak hanya dijual di Indonesia, tetapi juga dijual di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, Singapura dan Eropa. Produk yang mereka miliki pun juga unik, mereka menggunakan bahan-bahan dasar dari garapan para petani yang kemudian diubah menjadi berbagai camilan yang enak.

Beberapa bahan-bahan yang mereka gunakan diambil langsung dari tangan para petani, seperti Kacang Mete, Sirup Lontar Alami, Pisang Raja Tropis, Kelapa, Akar Singkong, Garam Laut yang dipanen dengan tangan, Rosella, Pepaya dan Kacang Kakao.

Setiap bahan diolah sendiri-sendiri yang kemudian menghasilkan camilan khas yang beraneka ragam. Dari mulai Granola Bites Cokelat Vanila, Granola Bites Pisang Kelapa, Popcorn Cokelat Caramel, Kacang Mede Lada Bawang, Granola Rosella Chinamon dan masih banyak lagi. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Bali ini di toko oleh-oleh, makanan ini banyak tersedia di sana.

Harga: 17.000 sampai 73.000 per kemasan
Lokasi: Jl. Padang Galak No.20A, Kesiman, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali

11. Brem Bali

oleh oleh khas balige
kiki1780 (instagram)

Banyak daerah-daerah yang memiliki jenis makanan khas brem ini, taruhlah misalnya seperti brem Madiun dan brem Solo, tentu masing-masing mempunyai ciri khasnya tersendiri. Oiya, brem adalah makanan yang terbuat dari sari ketan yang dimasak kemudian dikeringkan. Ia juga melewati proses fermentasi, yang diendapkan dalam waktu sehari semalam.

Ada dua jenis Brem, yaitu yang berbentuk minuman dan camilan. Jika di kota-kota lain, Brem adalah camilan yang bentuknya seperti balok kayu. Rasanya asam juga manis, dan saat masuk mulut Brem tersebut akan larut.

Di Bali sendiri lebih terkenal dengan Brem cairnya. Yang memiliki sedikit kadar alkohol, agak memabukkan memang. Namun ada juga Brem dalam bentuk padat, yaitu snack Brem merk Gebyar Bali yang memiliki 3 varian rasa. Ada apel, lemon dan mangga.

Dalam satu kotak Brem Gebyar ini, ada 3 batang Brem. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi oleh-oleh khas Bali tersebut terlalu banyak karena Brem cair maupun padat mempunyai kandungan alkohol meskipun dalam kadar yang kecil.

Harga: 12.000 per kotak
Lokasi: Tersedia di toko-toko online dan melayani pengiriman seluruh Indonesia.

12. Dodol Bali

oleh oleh khas bali
tjutjutjahjaman (instagram)

Kalau di Garut terkenal dengan dodolnya, maka Bali juga memiliki makanan khas bernama dodol Bali. Kemasannya menggunakan kulit jagung, juga memakai kertas plastik. Bentuknya lonjong, besar, tersedia Dodol dengan beraneka macam rasa. Seperti Durian, Nangka, Pandan dan Kacang.

Oleh-oleh khas Bali tersebut diolah dengan cara tradisional, dan mengutamakan kualitas rasa. Bahan-bahan yang dipakai pun menggunakan bahan dengan kualitas tinggi, ada santan kelapa, tepung beras, gula pasir, gula merah dan garam.

Sebelum dicampur dalam satu wajan besar, beras ketan dan injin akan direndam selama 12 jam. Kemudian dicampur di dalam wajan besar dalam keadaan api menyala, lalu diaduk sampai mendapat tekstur yang diinginkan, kira-kira membutuhkan waktu 3 jam untuk mengaduknya.

Setelah itu, Dodol sudah siap dinikmati dengan harga 45.000 untuk berat dodol 1 kg.

Harga: 45.000 rupiah
Lokasi: Jl. Pulau Irian, Penglatan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

13. Jamur Tiram Crispy

oleh oleh khas bali untuk pacar
benevour_snack (instagram)

Sulit untuk membuat Jamur yang sejatinya mempunyai tekstur lembek, memiliki banyak kandungan air, dibuat krispi apalagi dijadikan semacam keripik. Namun di Bali, Jamur Tiram Crispy merk Dayu bisa menciptakan rasa gurih, renyah dan enak dalam kemasan olahan cemilan mereka.

Selain itu juga, tersedia 8 varian rasa. Dari mulai balado, extra pedas, sapi panggang, keju, pizza, ayam bakar, bbq dan original.

Bahan yang digunakan di sini adalah jamur tiram, dan kunci kerenyahannya ada pada tepung beras. Sulit menciptakan jamur krispi yang renyah tapi empuk. Namun kenyataannya, oleh-oleh khas Bali ini bisa. Untuk membeli jajanan khas ini silahkan datang ke toko oleh oleh Bali terdekat.

Harga: 22.000 per kemasan
Lokasi: KAB. BADUNG – KUTA, BALI

14. Kacang Koro

benevour_snack (instagram)

Dengan menggunakan Kacang Koro atau Kacang Pagar sebagai bahan utamanya, yang kemudian dikupas dari kulit, bentuknya pipih, dan digoreng atau disangrai sedemikian rupa hingga menghasilkan tekstur renyah, menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu coba.

Tak cuma menyediakan rasa original, juga ada rasa lain seperti ekstra pedas, rumput laut dan bbq.

Harganya mulai dari 33 ribu rupiah untuk kemasan dengan berat 270 gram. Ia bisa bertahan sampai 3 bulan. Sangat cocok untuk teman cemilan. Dan untuk menikmatinya tidak perlu ribet, langsung kamu lahap saja karena kacang sudah dikupas.

Harga: 33.000 per kemasan
Lokasi: Jl. Sunset Road No. 88 Abiase Base, Kuta, Bali

15. Minuman Coklat Oh Bali

benevour_snack (instagram)

Tersedis dua varian rasa, yaitu Dark Chocolate dan Milk Chocolate. Ia dijual dalam kemasan 500 gram dan 1 kg. Dan dalam kemasan bubuk minuman ini, ada komposisi bahan yang banyak sekali. Seperti gula, krimer nabati, susu bubuk, anti kempal, susu bubuk full cream, kakao bubuk, penstabil, bubuk whey, pengental, ekstra malt, dan perisa vanili.

Dengan kompisisi tersebut akan menciptakan rasa nikmat dalam seduhan panas minuman coklat tersebut.
Rasanya sangat nyoklat, enak dinikmati saat dalam keadaan panas.

Kurang pas kalau pergi ke Bali tapi tidak membeli oleh-oleh khas Bali ini. Harganya sendiri lumayan terjangkau untuk kualitas rasa yang tidak biasa-biasa saja. Untuk kemasan 500 gram harganya 63 ribu dan 1 kg 117 ribu.

Harga: 63.000 sampai 117.000 per kemasan
Lokasi: Tersedia di berbagai online shop kesayangan kamu

16. Pia Eiji

oleh-oleh khas bali
via: pia.eiji (instagram)

Salah satu makanan khas Bali yang banyak dijadikan oleh-oleh yaitu kue Pia. Ya, namanya kue Pia Eiji. Pia Eiji ini dikemas dalam kotak berwarna kuning, dengan tiga varian rasa yang bisa Anda pilih. Mulai dari Kacang Hijau, Cokelat, hingga Keju.

Pia Eiji Cokelat menjadi varian yang paling banyak digemari wisatawan, karena rasanya yang tidak terlalu manis namun cepat meleleh ketika masuk ke dalam mulut. Kelezatan inilah yang membuat camilan Pia Eiji coklat digemari, khususnya anak-anak muda.

Berapa harganya? Pia Eiji dijual dengan harga mulai dari Rp 50.000 per kotak. Anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh khas Bali. Salah satunya yang berada di Jalan Raya Kuta No. 93a, Kuta, Badung Bali.

17. Kopi Kintamani

oleh-oleh khas bali untuk pacar
via: muhayusuf (instagram)

Bagi Anda pecinta kopi, saatnya berburu Kopi Kintamani kopi khas Bali. Dihasilkan secara langsung dari perkebunan Bali hingga tercipta aroma dan rasa kopi yang nikmat. Proses pembuatan kopi ini masih terbilang sederhana, dimana biji kopi kering hasil perkebunan dipanggang atau disangrai dengan alat tradisional sebelum akhirnya ditumbuk menjadi bubuk kopi.

Bagi yang tertarik menjadikan kopi kintamani sebagai oleh-oleh khas Bali, Anda bisa membelinya di salah satu pusat toko oleh-oleh Bali yang berada di Jalan Hanoman, No.19 Ubud Bali. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 15.000’an. Bubuk kopi siap di bawa pulang untuk diseduh saat bersantai bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja.

18. Ubud Raw Chocolate Factory

oleh-oleh khas bali di jakarta
via: ubudraw (instagram)

Siapa sih yang tidak suka coklat? Sebagain besar orang menyukai makanan yang dikenal dengan rasa manis bercampur pahit yang lezat ini. Coklat dipercaya mampu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik lho. Tak heran jika banyak orang yang menyukai makanan ini saat bersantai.

Di Bali, Anda bisa menemukan olahan coklat dalam makanan lezat yaitu Ubud Raw Chocolate Factory. Menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali, Ubud Raw Chocolate Factory cocok dibawa pulang untuk teman kantor.

Makanan tersebut berbentuk cokelat batangan yang bisa dimakan langsung sebagai teman minum teh atau kopi. Ubud Raw Chocolate Factory dijual dengan harga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 15.000 per kemasan.

Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang berada di Jalan Raya Sayan No.74 Sayan, Ubud, Gianyar.

19. Pie Susu Asli Enaaak

oleh-oleh khas bali yang murah
via: deazyshop (instagram)

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang yaitu Pie Susu. Makanan ringan dengan rasa manis ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali kekinian yang patut dibawa pulang.
Pie Susu di Bali ini sudah diproduksi sejak tahun 1989, hingga saat ini telah berkembang pesat dan menjadi jajanan favorit.

Salah satu merk camilan pie susu paling enak dan terkenal yaitu Pie Susu Asli Enaaak, Pie ini memiliki tekstur lembut dan rasanya yang manis dan bercampur gurih. Banyak varian toping yang dimiliki pie susu ini, ada toping rasa almond, keju, cocho chips dan kismis.

Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 30.000 per kotak, dimana setiap 1 kotak berisi 10 pcs. Outlet Pie Susu bisa Anda temukan di Jalan Nangka Selatan No.163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara.

20. Pia Legong

sg.carousell.com

Pia yang terkenal di Bandung adalah Pia 170. Adapun di Bali, Pia yang terkenal bernama Pia Legong. Oleh karena itu, Pia Legong ini banyak dicari para wisatawan yang datang ke Pulau Dewata ini. Untuk membeli Pia Legong, kamu bisa datang ke outlet Pia Legong yang berada di Jalan Raya By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15, yang tak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Anda bisa mendapatkan Pia Legong sebagai oleh-oleh khas dari Bali dengan harga mulai dari Rp 100.000 per kotak. Walaupun pia legong dijual dengan harga cukup tinggi, namun kenikmatan yang Anda dapatkan sebanding dengan harganya. Pastinya Anda tidak akan kecewa.

Dengan rasanya yang lezat, tak heran jika outlet ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk antri membeli Pia Legong. Kue kering ini memiliki beberapa varian rasa mulai dari Keju, Cokelat, dan Kacang Hijau.

Disana menerima pesanan dalam jumlah banyak, sehingga jika Anda tidak ingin lama-lama antri dan khawatir akan kehabisan Pia Legong, Anda bisa memesannya di jauh hari-hari sebelumnya melalui telepon.

21. Kacang Disco Bali

via: rumahrasabali (instagram)

Ini dia oleh oleh Bali yang lagi hits, namanya kacang disco merk mentari. Meskipun di Bali ada banyak merk kacang disco yang bisa kamu pilih, namun menurut saya inilah kacang disco Bali yang paling enak. Kacang disco adalah camilan makanan khas bali yang hits, makanya laris manis dicari banyak wisatawan. Oiya dinamakan dengan kacang disco karena bentuk balutan tepung yang menempel pada kacang menari-nari tidak beraturan, orang jawa bilang semrawut.

Kacang disco ini terbuat dari bahan utama kacang tanah yang sudah dikeringkan kemudian digoreng. Adapun yang membuat kacang disco ini memiliki rasa khas enak dan gurih yaitu karena balutan tepung yang menyelimutinya. Karena balutan tepung ini sudah dicampur dengan berbagai bumbu-bumbu khas.

Kacang disco ini memiliki berbagai banyak varian rasa, ada rasa pedas, manis, manis-pedas, barbeque, ayam panggang, udang dan original asin gurih. Merk kacang disco Bali yang enak adalah merk mentari. Seperti yang kamu lihat di foto atas ini.

Anda bisa membeli kacang disco merk mentari ini di toko oleh-oleh yang tersebar di Bali. Dengan merogoh kocek 25 ribu Anda sudah bisa menikmati kacang disco ini.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Palembang

22. Kaos Joger

jasatitip.baliku (instagram)

Oleh Oleh Bali yang terakhir adalah kaos joger. Bagi kamu yang pernah wisata ke Jogja pasti akan mendapati oleh-oleh berupa kaos dagadu khas Jogja. Namun siapa sangka, kalau di Bali juga memiliki kaos khas bernama kaos joger. Tentu masing-masing kaos dari suatu daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya kaos Joger didominasi dengan tulisan-tulisan khas bahasa bali, sehingga dengan begitu akan menjadi kenangan kalau pernah berwisata ke Bali.

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara mendapatkan kaos joger ini, langsung saja kamu datang ke toko oleh oleh Bali yang tersebar di area-area dekat tempat wisata. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 80.000 tergantung jenis bahan kaos yang kamu pilih.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda beli saat berlibur ke Bali. Siapkan uang yang cukup, agar Anda bisa membawakan oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, dan rekan kerja.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *