Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Balikpapan Kalimantan dan Harganya

2 min read

oleh oleh khas balikpapan dan harganya

Oleh-oleh khas Balikpapan – Balikpapan adalah salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Selain memiliki destinasi liburan yang menyenangkan seperti Caribbean Island Waterpark Balikpapan, Hutan Bakau, hingga Pantai Kemala, disana Anda juga bisa menemukan banyak makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Penasaran, apa saja oleh-oleh khas Balikpapan yang lezat dan cocok untuk keluarga di rumah? Yuk, simak rekomendasi oleh-oleh dari Balikpapan yang sudah dirangkum oleh silausurya.com berikut ini!

Oleh Oleh Khas Balikpapan dan Harganya

Saat berkunjung ke Kalimantan Timur khususnya Balikpapan, jangan lupa membeli beberapa oleh-oleh khas Balikpapan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang kami rekomendasikan.

Roti Mantau

oleh-oleh khas balikpapan
via: ichahairunisa (instagram)

Selama ini banyak orang yang hanya mengenal Mantau sebagai makanan khas Tiongkok, namun tahukah Anda Balikpapan juga punya makanan khas bernama Mantau. Makanan berupa kue empuk ini berisi daging sapi atau daging kambing dengan bumbu lada hitam di dalamnya.

Makanan roti mantau ini dijual dengan harga terjangkau, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 30.000’an per bungkus. Anda bisa mendapatkan makanan khas Kalimantan ini diberbagai pusat oleh-oleh, salah satunya yaitu Pondok Mantau yang berada di Jalan Ahmad Yani No.28.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Surabaya

Onde-Onde Ubi Ungu

oleh oleh khas balikpapan dan harganya
via: fdyaning (instagram)

Pernahkah Anda makan onde-onde? Umumnya, onde-onde yang banyak kita temukan yaitu onde-onde dengan isi ubi putih maupun kacang hijau. Lantas bagaimana jika onde-onde tersebut berisi ubi ungu? Kelihatan lezat bukan? Anda bisa menemukan jajanan onde-onde ubi ungu ini di Balikpapan.

Makanan khas Balikpapan yang satu ini bisa Anda dapatkan di Rumah Kue Brownies, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Setiap 1 butir onde-onde ini dijual seharga Rp 5.000’an rupiah.

Keripik Iron

pixabay.com

Oleh-oleh khas Balikpapan selanjutnya yang bisa Anda beli adalah Keripik Iron. Namanya memang unik, tapi tahukah Anda bahwa camilan keripik iron ini sebenarnya merupakan keripik singkong. Hanya saja, singkong yang digunakan merupakan singkong khusus yang hanya tumbuh di Samarinda, yakni singkong Mindansyah atau Mindan.

Singkong Midan memiliki ciri khas tersendiri, dimana ketika digoreng atau direbus akan menjadi keras, sedangkan ketika dibuat keripik justru menjadi renyah dan gurih. Itulah sebabnya, singkong tersebut diolah menjadi keripik iron yang banyak dijual di Balikpapan.

Keripik ini dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 6.000 untuk kemasan kecil hingga Rp 35.000’an untuk kemasan besar.

Abon Kepiting

oleh oleh khas balikpapan kalimantan
via: phink89baby_joanna (instagram)

Abon yang banyak ditemukan di berbagai swalayan yaitu abon daging sapi dan daging ayam. Di Balikpapan, Anda bisa juga lho menemukan abon kepiting. Abon ini menjadi oleh-oleh khas Balikpapan yang layak dibawa pulang. Kepiting menjadi salah satu hasil laut di Balikpapan, tak heran jika produksi Abon Kepiting tak pernah ada habisnya di sana.

Jika abon sapi atau ayam biasanya suwiran dagingnya cenderung besar, Abon kepiting memiliki tekstur yang halus dan lembut dengan warna agak coklat pucat. Tapi, soal rasa tak perlu khawatir, Abon Kepiting dijamin lezat.

Dengan racikan bumbu bawang merah dan putih, serta santan membuat makanan ini menggugah selera. Anda bisa mendapatkan Abon Kepiting di berbagai pusat oleh-oleh khas Balikpapan dengan harga kisaran Rp 25.000 – Rp 70.000’an.

Bingka

oleh oleh khas balikpapan online
via: anggitasoraya (instagram)

Anda juga bisa membawa pulang kue tradisional Balikpapan yakni Bingka untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Bingka merupakan makanan kue basah yang dibuat dengan bahan utama kentang, telur, susu, mentega, gula, dan santan yang membuat cita rasa manis bercampur gurih.

Dengan tekstur yang lembut, kue ini cocok dijadikan makanan bersantai bersama keluarga atau teman kantor.

Ada beberapa varian rasa yang bisa dipilih, yaitu rasa pisang, gula merah, vanilla, pandan, keju, dan cokelat. Dikarenakan makanan bingka tergolong sebagai kue basah, maka kue ini tidak bisa bertahan lama. Tidak kuat bertahan lebih dari satu hari.

Jika ingin dijadikan oleh-oleh, pastikan jarak tempuhnya tidak lebih dari satu hari. Anda bisa menemukan jajanan Bingka ini di area Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dengan harga kisaran Rp 40.000’an.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Jambi

Bakpia

via: hetjoi (instagram)

Bakpia dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja. Namun, Anda jangan salah dulu karena bukan hanya Yogyakarta saja lho yang punya Bakpia. Balikpapan juga memiliki makahan khas berupa Bakpia. Apa bedanya? Dari segi ukuran, Bakpia di Balikpapan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan Bakpia Yogyakarta. Selain itu, Bakpia Balikpapan memiliki kulit yang tidak terlalu manis, melainkan cenderung gurih dan asin.

Ada 3 varian Bakpia yang bisa Anda pilih yaitu rasa cokelat, kacang hijau, dan keju. Oleh-oleh ini bisa Anda beli diberbagai gerai toko oleh-oleh yang ada di Balikpanan. Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 60.000’an per kemasan. Harga tersebut sebanding dengan rasanya yang lezat dan nikmat.

Tertarik untuk wisata ke Balikpapan di musim liburan nanti? Jangan lupa membeli beberapa oleh-oleh khas Balikpapan yang sudah kami rekomendasikan di atas. Siapkan uang yang cukup ya, agar semua anggota keluarga, teman kantor, atau sahabat terbaik Anda mendapatkan buah tangan dari Kota Balikpapan.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *