Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

11+ Oleh-Oleh Khas Bandung, Inspirasi Kuliner Modern!

11 min read

oleh-oleh khas bandung

Oleh-oleh khas Bandung – Bandung merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang banyak dijadikan destinasi wisata. Tak heran jika setiap tahunnya, Bandung menerima wisatawan yang semakin meningkat. Bahkan di hari-hari biasa pun, banyak masyarakat yang melakukan liburan ke Bandung bersama keluarga dan sahabatnya.

Bukan hanya terkenal dengan lokasi wisata terbaiknya, Bandung juga memiliki dan menghadirkan berbagai oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Bandung yang wajib Anda coba.

Oleh-Oleh Khas Bandung Terdekat

Jika Anda berkunjung ke Bandung, berikut rekomendasi silausurya.com tentang oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda beli.

Kue Balok Mahkota

oleh oleh khas bandung
_oleholehbandung_ (instagram)

Berbeda dengan Kue Balok pada umumnya yang bertekstur keras, oleh-oleh khas Bandung ini malah bertekstur lembut, lumer saat berada di dalam mulut dan saat kamu membelahnya pada bagian dalam akan muncul cokelat yang manisnya tidak berlebihan.

Mirip seperti lava cake, tapi sejatinya bukan. Rasanya juga tak jauh beda dengan brownies, tapi lebih spesial. Bahan-bahan pembuatannya hampir sama seperti membuat kue lainnya, ada tepung terigu, gula, telur, cokelat dan bahan-bahan rahasia. Kemudian bahan-bahan tersebut dicampur lalu dioven.

Setelah melewati berbagai proses pembuatan Kue Balok Mahkota, nanti akan muncul balok-balok kecil dengan bagian atas yang merekah. Kamu harus mencobanya, dan jajanan Bandung satu ini cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Harga: 35.000 per kotak isi 10 Kue Balok
Lokasi: Jl. Sabang No.27, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Baca Juga Oleh Oleh Khas Palembang

Batagor Coy Bandung

oleh oleh khas bandung kekinian
kaykakitchin (instagram)

Ingin merasakan Batagor dengan penampilam lebih kekinian? Kamu bisa mencoba oleh-oleh khas Bandung yang kekinian milik Batagor Coy. Jika dulu cuma bisa merasakan Batagor yang itu-itu saja, di sini kamu bisa merasakan Batagor dalam varian bentuk menarik dan rasa yang berbeda dari Batagor biasanya.

Batagor coy tersedia beberapa pilihan rasa, seperti Batagor Mozarella, Batagor Sosis, Sosis Siomay, Batagor Saus Hitam dan Keju, Batagor kuah Bakso isi Keju, dan masih banyak lagi.

Bahan-bahan yang digunakan masih seperti Batagor umumnya. Cuma ada beberapa tambahan bahan spesial seperti keju dan sosis. Selain itu, kamu dapat menemukan elemen Batagor lengkap di dalam satu porsi kemasan Batagor yang kekinian ini.

Soal harga, kuliner Bandung ini dibanderol dengan harga 12.000 per buah, juga ada paket untuk oleh-oleh berisi 6 buah Batagor dengan harga 70.000 rupiah.

Harga: 12.000 sampai 37.000 per porsi
Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.91, Dago, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat

Bolu Bakar Tunggal

oleh oleh khas bandung online
bolubakartunggal_ (instagram)

Sebenarnya makanan Bandung ini bukan seperti Bolu, tapi mirip roti tawar, ia dibakar di atas wajan dan di bagian tengah diberi isian beraneka macam sesuai dengan pesanan pembeli. Tapi yang penting, rasanya sangat enak. Ketika digigit, isiannya lumer di lidah. Kamu wajib coba oleh-oleh khas Bandung tersebut.

Dengan menggunakan roti tawar mirip bolu, cuma teksturnya sangat lembut, ia dibelah menjadi dua bagian, dan diberi beberapa pilihan isian. Ada yang rasa klasik seperti cokelat, keju dan yang kekinian seperti rasa tuna pedas, kopi, durian dan lain-lain. Yang istimewa adalah, isiannya ini tidak tanggung-tanggung. Sangat tebal sekali.

Dan setelah matang, Bolu Bakar Tunggal dipotong menjadi kecil-kecil yang memudahkan kita untuk menggigitnya.Harganya pun cukup terjangkau untuk menikmati Bolu dengan ukuran ekstra besar ini. Harganya dimulai dari 38.000 dan yang mau tambah topping, biayanya tambah menjadi 8.000 saja.

Harga: 38.000 sampai 68.000
Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.570-574, Dungus Cariang, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat

Baca Juga Oleh Oleh Khas Manado

Bolu Gulung Bandung

istanacb_official (instagram)

Bolu Gulung paling terkenal di Bandung adalah Bolu yang dijual oleh Bawean Bakery. Selain menjual makanan Bolu Gulung, juga tersedia cake-cake lainnya, namum yang paling laris adalah si Bolu Gulung ini.

Bolu Gulung milik Bawean dibuat menggunakan rhum yang membuat harum si Bolu sangat enak di penciuman juga lidah kita.

Bolu Gulung yang paling terkenal di Bawean Bakery adalah Bolu Gulung rasa cokelat yang memiliki taburan meses di atasnya. Pada bagian dalam, terdapat cream yang lezat. Rasanya sangat nyoklat, dengan tingkat manis yang pas. Dan selain rasa cokelat, adapula Bolu Gulung Moucha Noughut yang ditaburi kacang di kulit luar Bolu Gulung ini.

Dengan bahan-bahan dasar, tepung terigu, kuning dan putih telur serta bahan-bahan lainnya, rasakanlah kelembutan dari Bolu ini yang siap memanjakan lidah kamu. Oleh-oleh khas Bandung ini hanya dibanderol dengan harga mulai dari 50.000-an saja.

Harga: 50.000 sampai 100.000
Lokasi: LLRE Martadinata St No.140, Merdeka, Bandung Wetan, Bandung City, West Java

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

oleh-oleh khas bandung (mayasari) bandung city west java

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa adalah toko roti pertama yang berdiri di Bandung. Oleh-oleh khas Bandung yang legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1960, sudah sangat lama sekali, dan dari dulu hingga sekarang bahan-bahan yang diunakan pun tetap sama. Yaitu roti tawar yang lembut, berbagai toping pilihan, kemudian dibakar.

Rasanya tak kalah dengan roti bakar modern. Sangat enak, dan banyak diburu para warga Bandung dan wisatawan karena di samping rasanya enak, harganya pun tetap terjangkau. Roti bumbu bakar cari rasa ini dibanderol dari harga 6.000 sampai 48.000 ribu saja.

Ada berbagai varian rasa, yang paling terkenal adalah cokelat dan keju, selain itu ada pula rasa roti kornet. Terdapat berbagai pilihan ukuran roti, dinamai dengan roti kadet, roti kecil dan roti besar. Kamu bisa memilih apakah rotinya mau dibakar, atau tidak.

Harga: 6.000 sampai 48.000
Lokasi: Pasar Kosambi, Jl. Jendral Ahmad Yani No.149, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Baca Juga Oleh Oleh Khas Magelang

Kopi Aroma

oleh-oleh khas bandung murah
kopi.aroma.bandung (instagram)

Ada dua jenis kopi yang dijual, yaitu kopi Mokka Arabika dan kopi Robusta. Biji kopinya sudah dituakan, ada yang berusia 5 tahun, dan 8 tahun.

Kamu bisa memilih level gilingannya, mu yang digiling halus (fine grind), giling medium (medium grind) dan gilingan kasar (coarser grind). Harganya dimulai 20.000 untuk ¼ kemasan atau 250 gram. Juga ada ukuran lain dengan harga berbeda, seperti ½ atau 500 gram dan 1kg.

Pembelian maksimal kopi ini adalah 3kg saja. Tidak boleh melakukan pembelian lebih dari itu.

Kopi memiliki harum yang semerbak, rasanya nikmat, pahit dan sedikit asam. Pecinta kopi pasti menyukainya.
Cocok digunakan untuk oleh-oleh khas Bandung untuk para pecinta kopi di luaran sana.

Harga: 20.000 sampai 40.000
Lokasi: Jl. Banceuy No.51, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Picnic Roll Kartika Sari

id.openrice.com

Oleh-oleh khas Bandung picnic roll kartika sari adalah makanan khas bandung dengan olahan daging yang dibungkus roti kemudian dipanggang. Daging yang disediakan ada daging ayam dan daging sapi, sambil dijejalkan telur, kemudian dibungkus dengan kulit roti.

Picnic roll kartika sari berbentuk persegi panjang, ukurannya besar. Jika Picnic Roll luar negeri, ukurannya kecil, namun untuk Picnic Roll kartika sari Bandung, ukurannya besar dan harus dipotong-potong dulu sebelum dinikmati.

Kulit luar kuliner Bandung ini memiliki tekstur yang krispi. Isiannya sangat banyak, tebal, dan pastinya menggugah lidah kamu untuk melumatnya lagi dan lagi. Harganya cuma 77.000 saja untuk per kotak Picnic Roll yang besar.

Harga: 77.000 sampai 100.000
Lokasi: Jl. Kamuning No.20, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Pia 170 Bandung

Kalau di Malang ada Pia Cap Mangkok, maka di Bandung ada Pia bernama Pia 170. Oiya Pia 170 Bandung tak jauh berbeda dengan Pia biasanya. Hanya saja, yang istimewa di sini adalah tersedia 4 rasa yang berbeda dengan Pia biasanya. Ada rasa keju, cokelat, kacang ijo dan butter cream.

Yang paling menjadi favorit adalah Pia butter cream yang creamy di mulut. Enak, dan rasanya menjadi lebih istimewa untuk Pia yang dibuat dari bahan-bahan yang sama. Yakni tepung terigu dan teman-temannya. Yang membedakan adalah isian dari varian rasa yang dimilikinya ini. Untuk proses pembuatannya tetap sama, yakni dipanggang.

Dalam 1 kotak Pia 170, tersedia 15 buah Pia 170 yang lezat. Harganya dibanderol cukup 30.000 saja per kotak.

Harga: 30.000 rupiah
Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.170, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

Kue Soes Merdeka

oleh-oleh khas bandungan
jastipkulinerbandung_ (instagram)

Kue Soes Merdeka memiliki ukuran lebih besar dari pada Kue Soes yang kebanyakan berukuran mungil. Untuk isiannya, mereka menggunakan vla yang beraroma rhum yang kuat.

Dengan bahan-bahan dasar Kue Soes pada umunya, yakni tepung terigu protein tinggi, mentega, telur, dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat isian. Adonannya dicampur, kemudian dibentuk sedemikian rupa dan dipanggang.

Kue Soes Merdeka tak hanya membuka toko di bandung saja, mereka membuka cabang di beberapa kota terkenal. Kamu dapat menemuinya di Depok, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan kota-kota lainnya. Kue yang berasal dari Belanda ini enak sekali untuk camilan, dijadikan oleh-oleh khas Bandung pun sangat pantas.

Harga: 6.000 sampai 36.000
Lokasi: Tamansari La Grande Apartment, Jl. Merdeka No.27, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Wajit Cililin

oleh-oleh khas bandung 2020
telurbakaryes (instagram)

Wajit Cililin adalah oleh-oleh khas Bandung yang memiliki betuk segitiga, dibungkus dengan kulit jagung, rasanya manis. Makanan ini terbuat dari beras ketan, gula aren, kelapa dan sedikit vanili untuk menambah sedikit aroma.

Dilihat dari kemasannya, Wajit Cililin merupakan oleh-oleh tradisional yang terkenal di Bandung Barat. Untuk pengolahannya sangat sederhana, bahan-bahan tadi ditaruh di wajan yang besar, dan ditambah air. Semua bahan-bahan tersebut diaduk di atas api yang menyala. Aduk terus sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan.

Rasanya legit, manis, dan ada rasa-rasa yang khas yang diciptakan dari perpaduan beras ketan dan parutan kelapa.

Harga: 12.000 sampai 36.000
Lokasi: Jl. Radio No.1, Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Donat Madu

oleh-oleh khas bandung pakaian
donatmadudago (instagram)

Bentuknya sama seperti donat pada umunya, bahan-bahannya juga menggunakan tepung terigu dan telur, tapi karena dicampur madu Sumbawa, tekstur dari oleh-oleh khas Bandung ini pun menjadi lebih kenyal, rasa manisnya pas nan lembut.

Madu Sumbawa tersebut dioleskan sebelum Donat dioven. Rasa dari madu memang tidak begitu terasa, tapi efek yang diberikan dari madu tersebut sangat baik untuk kamu yang sedang menjaga gula dalam asupan makanan. Rasa manisnya tidak berlebihan, sangat pas.

Itu baru Donat tawarnya, makin lezat kalau ditambah berbagai macam toping. Dari mulai toping almond, cokelat, abon, lemon, choco crispy, pisang, durian dan masih banyak lagi.

Harganya bervariasi, ½ lusin donat harganya 26.000, sementara 1 lusin donat harganya 50.000. Dan 1 lusin donat ukuran mini harganya 30.000 saja.

Harga: 26.000 sampai 50.000
Lokasi: Jl. Kayu Agung I No.47, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Wayang Golek

oleh-oleh khas bandung (mayasari) kota bandung jawa barat
petruk_ss (instagram)

Kerajinan tangan dari Bandung ini bernama wayang golek. Wayang golek adalah jenis wayang yang dikembangkan Wayang Kulit. Diciptakan karena keterbatasan waktu supaya dapat ditampilkan pada waktu siang atau malam hari.

Wayang Golek terbuat dari kayu, proses pembuatannya lebih sederhana dibanding Wayang Kulit. Harganya pun juga lebih terjangkau.

Tokoh Wayang Golek paling terkenal yang kita ketahui selama ini adalah Cepot, selain dia, ada pula tokoh-tokoh Wayang Golek lainnya. Tinggal pilih sesuai dengan keinginan kamu.

Dan tentunya, oleh-oleh khas Bandung ini bisa dimainkan. Tak cuma menjadi pajangan saja. Wayang golek ini tersedia dijual di toko-toko souvenir tradisional yang ada di Bandung. Harganya mulai dari 100.000 an dan yang paling memiliki kualitas terbaik bisa mencapai 900.000-an.

Harga: 129.000 sampai 950.000
Lokasi: Jl.Giriharja No 130, RT. 03/01 Jelekong, Jelekong, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat

Tas dan Sepatu Cibaduyut

erik.rachmat (instagram)

Nama tokonya adalah Tas dan Sepatu, tapi yang dijual di sana tak cuma barang-barang itu saja. Ada barang lain di antaranya adalah jaket kulit, ikat pinggang, dompet, boneka, sendal dan kerjinan-kerjinan kulit lainnya.
Di Cibaduyut, kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Bandung dalam bentuk souvenir dengan harga murah tapi berkualitas.

Kualitas itu terbukti dengan, brand ternama Internasional sebut saja ‘Shopie Martin’ memesan pembuatan produknya di tempat tersebut. Kamu bisa memesan sepatu dengan bentuk dan model yang kamu inginkan, tapi karena memakan proses yang cukup lama, kamu bisa membeli sepatu yang sudah jadi di sana.

Harganya dimulai dari 20.000 sampai ratusan ribu saja. Kualitasnya Internasional, tapi harga merakyat. Yang memakai sepatu ini tak cuma warga biasa saja, Presiden dan Wakilnya pada saat itu Jusuf Kalla juga memakai sepatu dari sana.

Harga: Dimulai 20.000 saja
Lokasi: Jl. Cibaduyut Raya No.7, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat

Angklung

oleh-oleh khas bandung
angklunggrosir (instagram)

Di tempat Saung Angklung Udjo, kamu tak hanya mendapatkan Angklung dengan harga terjangkau, tapi juga melihat penampilan pendek Wayang, orkestra musik Angklung dan souvenir dari angklung itu sendiri.

Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan ini terbuat dari bambu kualitas terbaik. Kuat, tahan lama, dan bisa dimainkan sesuai dengan kemauan kita.

Adapun Angklung yang dijual dalam ukuran mini, bisa kamu jadikan sebagai gantungan kunci atau pajangan-pajangan kecil di tempat tertentu.

Toko souvenir di Bandung banyak menjual angklung. Bentuk, warna dan jenis bambu pun sebagai bahan pembuatan pun bervariasi, kamu tinggal pilih. Dari yang cuma Angklung dalam jumlah satuan, sampai unit Angklung yang sangat lengkap. Harga oleh-oleh khas Bandung ini cuma 45.000 an saja.

Harga: 43.000 sampai 13 juta
Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat

Pakaian Khas Factory

hanjodolan.blogspot.com

Bandung adalah gudangnya fashion-fashion berkualitas bagus dengan harga murah. Salah satu tempat belanja yang ngehits di Bandung adalah pakaian-pakaian yang dijual di Factory Outlet.

Terdapat banyak sekali Factory Outlet di Bandung. Peminatnya pun juga banyak, tak cuma dari dalam negeri, negara tetangga seperti Malaysia pun tertarik berbelanja di sana.

Salah satu Factory Outlet yang terkenal di Bandung adalah Paberik Badjoe yang ada di Jl. Seokarno Hatta No. 573, Gumuruh, Batununggal, Bandung.
Beragam pakaian bisa kamu temukan di sana, cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh khas Bandung saat kamu berkunjung di kota tersebut. Belanjalah yang banyak, karena kamu tak perlu khawatir dengan harganya.

Semuanya murah meriah tapi kualitas sangat oke. Mengingat pakaian yang dijual berasal dari merk ternama, cuma menjadi barang sisa ekspor atau impor.

Harga: 50.000 sampai 200.000
Lokasi: Jl. Seokarno Hatta No. 573, Gumuruh, Batununggal, Bandung

Surabi Bandung

oleh-oleh khas bandung
via: jajandoeloe.kbp

Tak membeli surabi Bandung ketika berkunjung kesana rasanya kurang afdol. Makanan khas Bandung ini banyak diserbu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa dengan mudah menemukan surabi Bandung ketika berkunjung kesana. Pasalnya, jajanan tradisional ini memiliki rasa yang manis dan gurih dengan berbagai varian rasa mulai dari keju, daging ayam, kismis, dan masih banyak lainnya.

Pisang Bollen Kartika Sari

oleh-oleh khas bandung terdekat
via: onyd_wu (instagram)

Pisang Bollen menjadi oleh-oleh khas Bandung yang paling populer. Oleh-oleh ini diproduksi oleh Kartika Sari Bakery. Makanan dari Kartika Sari ini sudah ada sejak tahun 1970an dan masih eksis hingga sekarang. Ada banyak varian rasa pisang Bollen yang bisa Anda pilih, mulai dari cokelat, keju, durian, dan masih banyak lainnya. Camilan lezat ini cocok dijadikan makanan ringan sambil bersantai. Anda bisa membelikan pisang bolen kartika sari untuk keluarga dan rekan kerja Anda di kantor.

Brownies Kukus

oleh-oleh khas bandung (mayasari) bandung city west java
via: belles.pastries (instagram)

Kue brownies menjadi salah satu makanan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Bahkan hingga sekarang kue brownies menjadi hidangan favorite untuk berbagai acara. Berbeda dengan brownies pada umumnya, brownies kukus Bandung ini akan membuat Anda ketagihan saat mencobanya, khususnya bagi pecinta brownies.

Secara umum, brownies identik dengan rasa coklat akan tetapi kini sudah hadir dengan berbagai varian rasa. Mulai dari brownies kukus choco marble, tiramisu, sarikaya pandan, blueberry, cheese cream, dan masih banyak lainnya.

Peuyeum

oleh-oleh khas bandung. di kota bandung jawa barat
via: claudiathe70 (instagram)

Di Bandung, khususnya di kawasan Cihampelas, Anda akan menemukan makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh, yaitu Peuyeum. Peuyeum memiliki sebutan lain yaitu tape, makanan yang dibuat dari bahan utama singkong.

Dengan proses fermentasi, menghasilkan olahan singkong menjadi Peuyeum dengan cita rasa yang manis. Bahkan Peuyeum memberikan efek hangat di tubuh, sehingga cocok juga dijadikan camilan santai selama di Bandung.

Gepuk Nyonya Ong

oleh-oleh khas bandungan
via: lisasaidbun (instagram)

Anda juga bisa menjadikan Gepuk sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk kerabat di rumah. Makanan ini terbuat dari bahan baku daging yaitu daging ayam dan sapi. Daging tersebut dioleh menjadi makanan lezat yang juga dikenal dengan sebutan empal.

Awalnya, gepuk hanya memiliki satu varian rasa saja yaitu original. Namun, semakin berkembangnya makanan ini, ada banyak varian rasa yaitu beef salty, beef les sugar, beef extra pedas, dan masih banyak lainnya

Oncom Raos

oleh-oleh khas bandung 2019
via: jastipoleholehkhasbandung (instagram)

Olahan oncom banyak ditemukan di berbagai rumah makan sederhana. Namun, tahukah Anda bahwa di Bandung juga memiliki Oncom Raos yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung. Oncom diolah dengan cara digoreng, cocok dijadikan oleh-oleh maupun dimakan langsung disana.

Tahu Bandung

oleh-oleh khas bandung pakaian
pixabay.com

Kalau Anda jalan-jalan ke Semarang pasti akan menemukan Tahu khas bernama Tahu Pong. Nah di Bandung juga punya tahu khas lho, jadi bukan hanya Semarang saja yang memiliki Tahu khas. Tahu Bandung terkenal dengan rasanya yang gurih dan tekstur lembut. Berbeda dengan tahu pada umumnya yang sering terasa sedikit asam, tahu Bandung benar-benar memiliki rasa yang lezat dan tidak asam.

Salah satu jenis olahan tahu yang ada di Bandung yaitu Tahu Susu yang bisa ditemukan dengan mudah di Lembang. Tertarik untuk mencobanya? Makanan ringan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Martabak Bandung

via: tepiimakan (instagram)

Bagi Anda pecinta camilan berat, tak ada salahnya mencoba martabak Bandung. Selain bisa dinikmati langsung disana, martabak ini juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Namun, pastikan jarak dari Bandung ke rumah Anda tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Pasalnya, martabak adalah makanan yang tidak tahan lama, yang hanya bisa bertahan dalam sehari. Martabak manis Bandung ini juga lebih cocok disantap ketika masih hangat.

Rujak Cireng

via: balinese_shopp (instagram)

Cireng merupakan nama lain dari aci digoreng. Makanan ini banyak ditemukan diberbagai tempat, termasuk di Bandung. Namun, ada yang unik karena di Bandung Anda bisa menemukan rujak cireng khas Bandung yang rasanya bikin ketagihan.

Teksturnya yang kenyal dan gurih ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta rujak cireng. Makanan ini bisa Anda santap dan nikmati saat berlibur ke Bandung. Bisa juga dijadikan oleh-oleh khas Bandung, jika lokasi rumah Anda tidak jauh dari kota Bandung.

Tempe Gila

via: filosofidahareun (instagram)

Tempe gila adalah camilan khas Bandung yang dibuat dari kedelai tempe dan memiliki cita rasa yang amat pedas. Cocok bagi mereka pecinta makanan pedas dan gurih. Saat membeli tempe gila, Anda bisa menentukan sendiri tingkat kepedasannya sesuai selera. Camilan tempe gila ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandung karena bisa bertahan lama.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Banjarmasin

Keripik Maicih

via: maicih (instagram)

Keripik memang menjadi salah satu makanan yang diburu sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke daerah tertentu, Termasuk keripik Maicih yang selalu dicari para wisatawan untuk oleh-oleh khas Bandung saat berlibur kesana.

Keripik Maicih merupakan nama brand camilan yang memiliki beberapa varian yaitu keripik seblaks, singkong pedas, dan baso goreng atau basreng. Makanan ringan ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan lama.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda beli saat berkunjung kesana. Pastikan membeli oleh-oleh dengan tepat, sehingga bisa dibagi-bagi dengan seluruh keluarga atau teman Anda di rumah.

Tips Membeli Oleh-Oleh yang pas

Terkadang oleh-oleh yang sudah dibeli ditempat wisata tidak cukup dibagi-bagi dengan anggota keluarga. Apalagi jika jumlah anggota keluarga dan teman-teman Anda banyak. Nah, agar mereka tetap kebagian oleh-oleh yang Anda bawakan, berikut ini tips membeli oleh-oleh yang pas.

  • Belilah Oleh-oleh dengan Harga Terjangkau

Jika ingin mendapatkan banyak oleh-oleh yang terbeli, belilah yang memiliki harga terjangkau atau cenderung murah. Sehingga Anda bisa membeli oleh-oleh yang sama dalam jumlah banyak untuk dibagikan ke keluarga dan teman-teman. Atau bisa juga digunakan untuk membeli oleh-oleh jenis lain, sehingga bisa lebih bervariasi.

  • Bagikan secara Rata

Lihat dulu seberapa banyak anggota keluarga atau teman-teman Anda yang ingin bagi oleh-oleh yang dibeli. Bagi dan sisihkan oleh-oleh yang ingin Anda bagikan secara merata.

  • Pilih Prioritas

Usahakan membagikan oleh-oleh ke orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu, misalnya keluarga, teman kerja, sahabat, dan sebagainya. Jika masih tersisa banyak yang belum dibagikan, Anda bisa membagikan ke tetangga atau teman-teman Anda yang lainnya.

Jadi sudah tahukan oleh-oleh khas Bandung apa saja yang akan Anda bawa pulang saat berlibur kesana? Pastikan membeli oleh-oleh yang cukup untuk keluarga di rumah atau teman-teman dan tidak merepotkan Anda juga untuk membawanya.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *