Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Terkenal Murah dan Istimewa

2 min read

oleh-oleh khas banjarmasin yang terkenal

Oleh-oleh khas Banjarmasin – Banjarmasin merupakan kota besar yang berada di provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini mendapatkan julukan sebagai kota seribu Sungai, karena memiliki lebih dari 60 sungai yang menjadi sarana masyarakat melakukan berbagai kegiatan.

Mulai dari transportasi yang menghubungkan antar berbagai tempat, MCK, dan pengairan sawah serta hutan. Namun tahukah Anda, selain memiliki keindahan alam yang indah, kota ini juga memiliki oleh-oleh khas Banjarmasin yang akan membuat para wisatawan yang datang kesana merasa begitu terkesan.

Oleh Oleh Khas Banjarmasin yang Terkenal dan Murah

Umumnya, oleh-oleh wisata dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Namun, Anda tak perlu khawatir saat berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasalnya, disana Anda bisa membeli oleh-oleh khas Banjarmasin dengan harga yang relatif murah. Apa sajakah itu? Simak daftarnya berikut ini!

1. Dodol Kandangan

oleh-oleh khas banjarmasin
via: riashayna38 (instagram)

Pernah mendengar istilah makanan “dodol”? Makanan khas yang terbuat dari bahan utama tepung beras ketan dan gula merah atau gula jawa atau gula aren. Namun, ada yang berbeda lho dengan dodol yang ada di Banjarmasin ini.

Disana Anda bisa menemukan dodol dengan banyak varian rasa mulai dari coklat, durian, nangka, kelapa muda, kacang, dan masih banyak lagi.

Untuk proses pembuatannya sendiri, dipilih bahan berkualitas seperti buah kelapa yang tidak terlalu tua sehingga santan yang dihasilkan masih banyak dan kental.

Bukan hanya itu saja, untuk membuat dodol ini dibutuhkan waktu yang cukup lama. Mulai dari penggilingan beras ketan, pemarutan kelapa dan diperas untuk diambil santannya, hingga proses memasak dan mengaduk bahan-bahan tersebut sampai menjadi dodol.

Jangan khawatir, karena makanan ini bisa bertahan cukup lama dalam beberapa hari, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Rasa legit dan khas dari Dodol Kandangan bisa Anda beli dengan harga sangat murah yaitu mulai dari Rp 2.000 (ukuran kecil) hingga ukuran besar Rp 9.000,00. Murahkan?

Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh Banjarmasin. Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang berada di Jl. Let. Jend. Haryono.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Surabaya

2. Kerupuk Amplang

oleh-oleh khas banjarmasin wadai banjar kota banjarmasin kalimantan selatan

Selama ini banyak orang yang mengenal kerupuk Amplang berasal dari Palembang. Memang tidak salah, tetapi ternyata Banjarmasin juga memiliki oleh-oleh khas kerupuk Amplang. Camilan ini dikenal juga dengan sebutan “kuku macan”.

Kerupuk Amplang merupakan jenis kerupuk yang diolah dari ikan tenggiri atau ikan gabus atau ikan belida. Rasanya yang gurih dan khas, membuat makanan ringan ini banyak diserbu wisatawan.
Makanan ini dibuat dari adonan berbagai jenis ikan air tawar yang kemudian di bentuk dengan ukuran kecil-kecil. Cocok dimakan langsung sebagai camilan atau dijadikan lauk makanan.

Makanan ini bisa Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh seperti yang berada di Jl. A. Yani KM.2 No. 83 A, Banjarmasin dengan harga murah yaitu Rp 25.000,00 per 250 gram.

Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa beli Amplang khas Banjarmasin saat Anda berkunjung kesana.

3. Kue Wadai Rangai

oleh-oleh khas banjarmasin yang terkenal

Kue wadai rangai menjadi salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa dibawa pulang. Proses pembuatan kue wadai rangai ini yaitu dengan cara dipanggang sampai benar-benar kering. Memiliki cita rasa yang manis dan gurih membuat kue rangai menjadi favorit banyak orang.

Menariknya lagi, walaupun termasuk kue kering akan tetapi akan langsung lumer ketika dimasukkan ke dalam mulut. Kue Rangai diproduksi dengan bahan utama sagu dan kelapa kemudian dibuat adonan dengan tambahan rempah-rempah.

Jika tertarik untuk membelinya, Anda bisa langsung mengunjungi beberapa toko oleh-oleh di Banjarmasin. Tak hanya di toko pusat oleh-oleh khas Banjarmasin, Anda juga bisa mendapatkan Kue Rangai di Street Food and Cafe Banjarmasin.

Oiya, selain rasanya yang bikin ketagihan, camilan ini juga dijual dengan harga murah meriah yakni mulai dari Rp 20.000 an rupiah saja.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Purwokerto

4. Rabuk Ikan Haruan

Makanan khas ini juga dikenal dengan dengan nama abon ikan haruan. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas dari Kalimantan Selatan. Masyarakat Banjarmasin menyebutnya rabuk ikan, padahal kalau di Jawa namanya adalah Abon.

Rabuk ikan ini dibuat dari bahan utama ikan haruan yang dicampur dengan tambahan bumbu-bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan rempah-rempah pelengkap lainnya.

Secara umum, makanan ini mirip dengan abon daging ayam maupun sapi yang biasa ditemukan di berbagai daerah. Cuma yang membedakannya adalah bahan utamanya saja, yaitu berbahan utama ikan haruan.

Saat berkunjung ke Banjarmasin, Anda akan menemukan banyak sekali Rabuk Ikan di berbagai pusat oleh-oleh. Salah satunya pusat oleh-oleh yang berada di Jl. A. Yani KM.2 No. 83 A, Banjarmasin. Makanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau mulai dari Rp 50.000 an rupiah.

Tertarik untuk membawa beberapa oleh-oleh khas Banjarmasin seperti di atas? Anda bisa menemukan banyak makanan khas Banjarmasin di berbagai pusat toko oleh-oleh di sana. Sangat cocok sekali sebagai buah tangan untuk keluarga dan saudara.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *