Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

11+ Oleh-Oleh Khas Banyuwangi dengan Tips [Praktis]

4 min read

oleh-oleh khas banyuwangi

Wisata ke Banyuwangi? Jangan lupa belikan oleh-oleh khas Banyuwangi untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Banyuwangi merupakan salah satu wilayah yang terletak di Jawa Timur. Selain dikenal dengan keindahan wisata alamnya, Banyuwangi juga dikenal dengan wisata kuliner dan oleh-oleh khasnya. Apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berwisata di Banyuwangi?

Oleh Oleh Khas Banyuwangi

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa membeli oleh-oleh Banyuwangi yang direkomendasikan silausurya.com berikut ini!

Bagiak Banyuwangi

oleh-oleh khas banyuwangi
bukalapak.com

Bagi Anda yang sudah sering ke Banyuwangi, tentu sudah tak asing lagi dengan kue Bagiak Banyuwangi. Kue khas Banyuwangi ini selalu memikat wisatawan yang datang. Perbaduan rasa gurih, manis, dan asin membuat banyak orang dari berbagai kalangan usia menyukainya.

Tak heran jika banyak wisatawan yang memborong kue Bagiak sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Resep kue Bagiak dibuat dengan bahan utama tepung kanji yang dicampur dengan telur dan susu. Bagiak adalah jenis kue kering berbentuk persegi panjang dan memiliki sisi oval. Makanan ini cocok dijadikan camilan saat bersantai.

Kerupuk Rumput Laut Banyuwangi

oleh oleh khas banyuwangi
wongsorejoku.blogspot.com

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda temukan di Banyuwangi yaitu kerupuk rumput laut khas Banyuwangi. Tak hanya Lombok, Banyuwangi juga dikenal sebagai wilayah pesisir laut yang menghasilkan rumput laut yang akan diolah menjadi kerupuk. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan asin tanpa menggunakan MSG.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Batam

Ladrang Sabrang

oleh oleh khas banyuwangi jatim
twitter.com

Bagi sebagian orang masih asing dengan nama Ladrang Sabrang yang merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi. Makanan tersebut dibuat dari bahan utama ubi jalar yang diolah menjadi bentuk keripik berbentuk persegi panjang seperti cheese stick. Ladrang Sabrang memiliki rasa yang manis dan gurih, camilan khas Banyuwangi ini cocok dinikmati saat bersantai.

Kopi Banyuwangi

oleh oleh khas banyuwangi di genteng
tokopedia.com

Bagi Anda pecinta kopi, tak ada salahnya membeli kopi khas Banyuwangi dan sekaligus dijadikan oleh-oleh. Banyuwangi terkenal dengan 4 jenis kopi yaitu Kopi Lanang, Kopu Kemiren, Kopi Pingit, dan Kopi Seblang.

Kopi Kemiren adalah jenis kopi rumahan, artinya diproduksi oleh rumah tangga biasa. Sementara, kopi Lanang diproduksi dan dikelola oleh PTPB XII Kalibaru. Nah, kopi Seblang adalah jenis kopi yang berasal dari biji kopi luwak, sementara kopi Pingit didapatkan langsung dari pegunungan Gumitir.

Sale Pisang

oleh oleh khas banyuwangi murah
tokopedia.com

Sale pisang memang banyak ditemukan diberbagai daerah, Anda bisa mendapatkan camilan khas Banyuwangi ini dengan mudah diberbagai toko makanan atau oleh-oleh. Namun, Banyuwangi memiliki jenis sale pisang yang berbeda dari sale pisang lainnya. Sale pisang khas Banyuwangi memiliki cita rasa yang renyah dan manis.

Tape Buntut

oleh oleh khas banyuwangi terdekat
via: dahliasardjono (instagram)

Tape atau yang dikenal dengan sebutan peuyeum dapat Anda temukan di Banyuwangi dengan nama khas Tape Buntut. Makanan ini dibungkus dengan daun jati, layaknya nasi jamblang khas Cirebon. Aroma daun jati membuat tape butut memiliki rasa yang khas dan lezat karena cita rasa manis yang pas. Tape buntut termasuk dalam makanan tradisional yang mulai terabaikan.

Pia Glenmore

oleh oleh khas banyuwangi jawa timur
bukalapak.com

Mampirlah ke kecamatan Glenmore Banyuwangi untuk membeli pia Glenmore yang terkenal karena miliki rasa enak dan gurih. Awalnya, kue kering ini hanya memiliki dua varian rasa yaitu pisang keju dan kacang hijau. Namun, saat ini pia Glenmore sudah memiliki berbagai varian rasa, mulai dari nanas, strawberry, dan kacang merah.

Batik Banyuwangi

bukalapak.com

Tak hanya makanan saja lho yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga. Banyuwangi memiliki batik khas yang bisa Anda beli untuk keluarga di rumah. Batik khas Banyuwangi motif Gajah Oling adalah jenis batik yang paling terkenal. Namun, tak hanya itu saja karena Anda juga bisa memilih motif batik lainnya seperti motif Sembruk Cacing, Gedhegan, Setingkes, dan motif lainnya.

Kaos Banyuwangi

via: blamtees (instagram)

Meskipun di oleh-oleh khas Jogja ada kaos dagadu maka di Banyuwangi juga tak kalah dengan kaos khasnya. Kaos khas Banyuwangi mempunyai keunikan dengan kata-kata tulisan khas Jawa Timuran. Kalau Anda tertarik ingin membelinya, segera saja datang ke toko oleh-oleh yang ada di pusat-pusat kota Banyuwangi.

Kaos khas Banyuwangi lebih cocok dipakai oleh kamu kamu yang masih kawula muda. Adapun untuk yang sudah berusia lebih pas dan cocok memakai baju batik. Rasanya akan kurang afdol jika kunjunganmu ke Banyuwangi kok tidak membeli kaos. Berbagai desain kaos Banyuwangi bisa menjadi kenangan kamu saat ke sana.

Kerajinan Tangan

Di setiap daerah biasanya akan memproduksi kerajinan tangan yang cocok dijadikan oleh-oleh. Misalnya, saat Anda berkunjung ke Borobudur, di Magelang Anda akan menemukan banyak penjual gantungan kunci model candi-candi.

Begitu pula dengan Banyuwangi yang memiliki banyak kerajinan tangan yang bisa Anda beli. Sebagai contoh produk kipas hiasan, keranjang, hingga gantungan kunci yang terbuat dari bambu.

Panci Dandang

oleh oleh khas banyuwangi terdekat

Bagi mereka yang sudah menikah, lebih tertarik untuk membeli perabotan memasak seperti panci dan dandang khas Banyuwangi. Di Banyuwangi, khusunya di Desa Kalibiru merupakan sebuah desa penghasil kerajinan panci-dandang yang berasal dari alumunium. Bahkan tak hanya dijual di dalam negeri saja, panci-dandang kalibaru tersebut juga mampu menembus pasar ekspor.

Tertarik untuk ke Banyuwangi? Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Banyuwangi sebagai kenang-kenangan maupun untuk keluarga dan kerabat di rumah.

Tips Membeli Oleh-Oleh saat di Lokasi Wisata

Agar pengeluaran Anda terkontrol dan oleh-oleh yang Anda inginkan bisa terbeli, berikut ini tips membeli oleh-oleh di lokasi wisata yang bisa Anda ikuti:

  • Siapkan Budget

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menyiapkan budget khusus untuk membeli oleh-oleh. Siapkan budget Anda dan belilah oleh-oleh sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan. Sehingga pengeluaran untuk membeli oleh-oleh tidak mengurangi budget yang sudah Anda siapkan untuk hal lain.

  • Pilih Oleh-Oleh yang Awet

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh berupa makanan, perhatikan tanggal kadaluarsa dan ketahanan makanannya. Pastikan bahwa oleh-oleh makanan yang Anda beli mampu bertahan lama, setidaknya hingga 3 – 7 hari. Sehingga oleh-oleh yang Anda beli tidak rusak selama perjalanan pulang.

  • Pertimbangkan Ukuran

Membeli banyak oleh-oleh untuk keluarga di rumah memang niat yang baik. Namun, jangan sampai hal tersebut merepotkan liburan Anda karena terlalu banyak membeli oleh-oleh. Lihat dulu ukuran dan berat oleh-oleh yang Anda beli. Apalagi bagi Anda yang traveling dengan menggunakan transportasi umum. Belilah oleh-oleh yang mudah dipacking dengan barang bawaan Anda dan tidak terlalu berat.

  • Perhatikan Pengemasan

Anda juga perlu memperhatikan kemasan produk sebelum membelinya, apalagi bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Belilah oleh-oleh dengan kemasan yang rapi, jika itu makanan maka belilah makanan yang kemasannya tidak mudah terbuka, sobek, atau rusak. Jika Anda membeli barang, pastikan barang yang Anda beli tidak mudah jatuh atau rusak selama perjalanan.

  • Catat Sebelum Membeli

Jangan lupa untuk membuat catatan kecil terkait oleh-oleh apa saja yang ingin Anda beli. Tulis nama oleh-oleh dan harga pasarannya. Apabila Anda tidak tahu, Anda bisa mencari tahu harga pasaran oleh-oleh yang ingin Anda beli. Sehingga Anda bisa menyiapkannya terlebih dahulu.

Jadikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata pilihan Anda. Jangan lupa membeli beberapa oleh-oleh khas Banyuwangi untuk keluarga dan rekan kerja.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *