Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

11+ Oleh-Oleh Khas Cilacap Unik, Murah dan Kekinian

4 min read

oleh oleh khas cilacap jateng

Oleh-oleh khas Cilacap – Kota Cilacap adalah salah satu Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Cilacap memiliki potensi objek wisata yang berkualitas, seperti Waduk Kubang Kangkung, Pantai Teluk Penyu, Segara Anakan, Gunung Selok, Curug Cimandaway, Pantai Kalipat dan banyak lainnya.

Saat Anda berada di Cilacap dan telah lelah mengunjungi berbagai objek wisata Cilacap yang ada disana, biasanya Anda akan pergi ke pusat oleh-oleh khas Cilacap kemudian membeli berbagai macam jajanan untuk dibawa pulang, Betul?

Oleh Oleh Khas Cilacap Jawa Tengah

Berikut ini adalah deretan makanan oleh-oleh khas Cilacap yang sudah dihimpun oleh silausurya.com untuk Anda. Yuks langsung saja kita tengok makanan apa saja itu!

Lanting

oleh-oleh khas cilacap
oleh oleh khas cilacap

Namanya lanting. Ya, makanan khas Cilacap ini dibuat dari bahan utama singkong. Diolah menjadi berbentuk ring atau cincin dengan rasa yang gurih dan renyah. Klanting cocok dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan lama dan pas untuk dijadikan camilan disaat bersantai. Juga cocok dijadikan sebagai lauk pendamping ketika makan nasi sehingga menambah rasa nikmat.

Makanan lanting ini bisa Anda beli langsung di sentra produksinya yaitu di daerah Adipala, Cilacap. Disana banyak bertebaran menjamur rumah-rumah produksi jajanan lanting ini. Harga makanan ini yaitu Rp. 15 ribu saja. untuk dijadikan oleh-oleh, ini tergolong murah.

Keripik Tempe

oleh oleh khas cilacap
oleh oleh khas cilacap

Anda memang dapat dengan mudah menemukan keripik tempe dimana-mana. Namun, Cilacap memiliki olahan keripik tempe yang khas. Jika biasanya keripik tempe berukuran tipis kecil, maka keripik tempe khas Cilacap ini memiliki ukuran lebih besar dan tebal, namun tetap renyah dan gurih.

Banyak sekali toko pusat oleh-oleh Cilacap yang menjual camilan ini. Salah satunya, Anda bisa datang ke toko cemilland di Jl. Dr. Sutomo Pertokoan Semarak Town House No.11, Sidanegara. Harga jajanan ini Rp. 10 ribuan saja.

Thempleng

oleh oleh khas cilacap jawa tengah

Thempleng adalah makanan ringan khas Cilacap yang menyerupai rempeyek. Makanan ini juga kerap dikenal dengan sebutan rempeyek karena sama-sama dibuat dengan bahan utama tepung beras, walaupun sebenarnya berbeda.

Bedanya, rempeyek umumnya memiliki campuran atau toping kacang tanah, sementara thempleng memiliki banyak varian toping. Mulai dari kacang hijau, kacang tanah, kedelai, ikan teri, dan udang rebon.

Dengan adanya berbagai macam varian toping ini, maka thempleng menjelma menjadi sebuah camilan yang memiliki cita rasa khas dibanding rempeyek-rempeyek umumnya. Harga Rp. 15 ribu saja.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Solo

Rempeyek Yutuk

toko oleh-oleh khas cilacap

Berbeda dengan rempeyek pada umumnya, rempeyek yutuk dibuat dari tepung beras dan yutuk (binatang laut menyerupai udang/kepiting kecil). Rasanya yang renyah dan gurih, menjadikan makanan ini cocok untuk camilan di waktu bersantai ataupun dijadikan lauk bersama nasi.

Rempeyek yutuk cukup langka, hanya beberapa tempat yang menjualnya yaitu di daerah deretan pantai Cilacap, khususnya area widara payung. Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh rempeyek yutuk, segera kunjungi pusat oleh-oleh khas Cilacap yang berada di wilayah deretan pantai. Harga Rp. 30 ribu.

Keripik dan Stik Sukun

tempat oleh oleh khas cilacap

Buah sukun umumnya dimasak dan diolah menjadi sayur berkuah. Namun di Cilacap, Buah sukun ini diolah menjadi sebuah jajanan yang memiliki cita rasa nikmat. Dengan cara ditaburi bumbu-bumbu khas, lalu digoreng, terciptalah makanan keripik sukun khas Cilacap.

Keripik dan stik Sukun bisa Anda dapatkan dengan mudah di pusat toko oleh-oleh khas Cilacap. Makanan ringan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh sebagai camilan di waktu santai. Rasanya yang manis dan gurih membuat banyak orang menyukai keripik ini. Tak heran, camilan ini selalu diburu oleh wisatawan di pusat oleh-oleh. Harga Rp. 15 ribu.

Cetil dan Cenil

oleh oleh khas cilacap jateng
oleh oleh khas cilacap jateng

Masyarakat Jawa sudah tidak asing lagi dengan nama Cetil dan Cenil. Jajanan tradisional ini dibuat dengan bahan baku singkong yang direbus dan dibentuk bulat kecil-kecil. Namun, ada juga jenis cetil dan cenil yang dibuat dengan bentuk kotak.

Makanan khas ini cukup menarik wisatawan karena berwarna-warni merah, kuning, hiaju dengan taburan gula merah cair atau gula pasir dan parutan kelapa segar. Rasanya enak, kenyil-kenyil, lembut di mulut dan agak manis dikit. tapi tetap enak.

Abon Ikan Tuna

jual oleh oleh khas cilacap
jual oleh oleh khas cilacap

Oleh-oleh khas Cilacap berikutnya yaitu abon ikan tuna. Makanan ini menjadi ciri khas oleh-oleh Cilacap karena bahan dasar abon terbuat dari ikan tuna. Umumnya abon terbuat dari daging sapi dan ayam, namun uniknya abon cilacap dihasilkan dari daging ikan tuna.

Rasanya lain dari yang lain. Bagi Anda yang sudah terbiasa menikmati abon sapi atau ayam, tidak ada salahnya Anda mencoba sensasi rasa abon ikan tuna ini. Rugi kan kalau sudah ke Cilacap, tapi tidak membeli oleh-oleh khas ini? Harga agak mahal dikit dari abon ayam dan sapi yaitu Rp. 60 ribu.

Manggleng Singkong

pusat oleh-oleh khas cilacap
pusat oleh-oleh khas cilacap

Namanya manggleng dibuat dari bahan dasar singkong. Seperti layaknya oleh-oleh Magelang yang bernama pothil juga berbahan dasar singkong. Manggleng merupakan kuliner oleh-oleh khas Cilacap yang terbuat dari bahan dasar singkong. Singkong ini direbus kemudian diiris tipis-tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah itu dicampuri bumbu-bumbu khas yang sudah diracik, barulah kemudian digoreng sampai matang.

Manggleng singkong ini memiliki dua varian rasa, yaitu rasa gurih asin dan manis pedas. Pengusaha terkenal jajanan manggleng singkong ini bernama Bapak Subarman. Beliau mulai memproduksi camilan ini mulai tahun 1997 sampai sekarang. Makanan ini diserbu oleh para wisatawan yang datang ke Kota cilacap.

Anda dapat membeli oleh-oleh khas ini di tokonya langsung Thoha Snack, yang beralamat di Jl. Kalidonan No.75 Cilacap. Harga Rp. 20 ribu.

Tempe Dages

oleh oleh makanan khas cilacap

Namanya tempe dages. Baru dengar ya nama ini? Kalau warga Cilacap sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe dages terbuat dari fermentasi ampas tahu, lebih layaknya disebut tempe gembus. Dia digoreng menggunakan tepung beras dan gandum seperti layaknya menggoreng tempe mendoan.

Adapun bumbu-bumbunya yaitu ketumbar, bawang putih, garam dan kunyit. oiya, yang membedakan camilan ini dengan tempe mendoan yaitu kalau mendoan tempenya berwarna putih, sedangkan tempe dages hitam. kemudian mendoan, tepungnya memes basah, sedangkan tempe dages, tepungnya kering kriuk kres. Harga Rp. 500 rupiah saja.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Jepara

Trasi Rebon

Ya trasi rebon namanya. oleh2 khas cilacap yang satu ini adalah oleh-oleh berupa bumbu dapur, yaitu trasi. Trasi biasanya terbuat dari daging ikan. Namun di Cilacap, trasinya dibuat dari rebon (udang kecil-kecil).

Dalam pembuatan trasi ini, dia dicampur dengan gula merah dan garam sehingga tercipta trasi yang berwarna cokelat tua alami. Uniknya trasi ini sama sekali tidak dicampur dengan bahan pewarna. Dan hanya dipilih daging udang rebonnya saja tanpa menyertakan kulit-kulitnya. Jadi lebih enak dan fresh. Harga Rp. 40 ribu/kg.

Kripik Ikan Layur

Oleh-oleh khas Cilacap yang satu ini berbahan dasar ikan layur. Ikan layur ini adalah ikan berukuran jari-jari manusia. Ikan layur ini kemudian diolah menjadi sebuah camilan yang gurih dan renyah karena berbentuk kripik.

Ikan layur ini berwarna keemasan karena digoreng terlebih dahulu dengan balutan tepung beras dan tapioka. Kripik ikan layur ini cocok untuk dijadikan camilan saat bersantai dan juga cocok sebagai oleh-oleh jarak jauh karena tahan lama.

Demikianlah oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah yang bisa Anda beli ketika berkunjung ke kota Cilacap. Jangan lupa ketika dalam perjalanan pulang membawa oleh-oleh selalu utamakan kehati-hatian supaya pulang sampai rumah dengan selamat.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *