Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian Terupdate Tahun Ini

7 min read

oleh oleh khas cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon – Kota Cirebon dijuluki sebagai Kota Udang. Karena memang udang merupakan komoditas utama bagi warga Cirebon. Yang mana, nama Cirebon sendiri menurut sejarahnya terinspirasi dari nama “Rebon” artinya udang ukuran kecil-kecil. Kemudian kata “Ci” dulu asalnya adalah “Cai” artinya Air. Sehingga berubah menjadi Cirebon yang berarti “Air Udang”.

Oleh Oleh Khas Cirebon Kekinian

Berikut ini akan saya informasikan kepada Anda berbagai macam oleh-oleh khas Cirebon yang sangat recomended untuk dibeli dan dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta yang ada di rumah. Langsung saja yuks! simak ulasannya dari silausurya.com berikut ini.

Petis Udang Cirebon

oleh-oleh khas cirebon
bukalapak.com

Namanya Petis Udang. Ya, oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini memang memiliki cita rasa khas tersendiri. Biasanya petis berbahan dasar utama kacang tanah dan gula jawa, sehingga rasanya pun rasa kacang atau manis gula.

Tetapi makanan khas Cirebon yang bernama petis ini berbahan dasar utama udang, meskipun ada campuran kacang tanah dan gula jawanya akan tetapi rasa udang di sini diperkuat sehingga memperoleh rasa khas udang. Makanya rasa udang di dalam petis ini sangat kuat sekali.

Kenapa petis di sini berasa khas udang? Ya karena memang daerah Cirebon kaya akan udang rebon, makanya segalanya selalu beraroma udang. Petis Udang ini bisa digunakan sebagai cocolan makanan apa saja. Karena rasanya yang manis pedas dan beraroma udang, petis ini cocok disandingkan dengan segala jenis makanan di rumah kita. Untuk harga murah saja, yaitu Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.20.000,-.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bandung

Keripik Tempe Sagu

oleh oleh khas cirebon
via: avafood.indonesia (instagram)

Ini dia oleh-oleh khas Cirebon, namanya Keripik Tempe Sagu. Ya, ini bukan jajanan keripik biasa seperti pada umumnya, namun keripik yang satu ini punya ciri khas tersendiri, yaitu lapisan luarnya adalah sagu. Sehingga dengan adanya sagu di lapisan luarnya maka keripik ini ketika di gigit akan terasa renyah, kriuk dan gurih.

Varian rasa keripik ini pun beragam, ada rasa keju, sapi panggang, pedas, barbeque dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan camilan keripik ini, Anda cukup menebusnya dengan uang sebesar Rp.25.000,- saja.

Emping Bumbu

oleh oleh khas cirebon kekinian
tokopedia.com

Oleh-oleh khas Cirebon ini namanya adalah Emping Bumbu. Berbahan dasar dari melinjo. Adapun rasanya yaitu manis pedas, asin dan udang. Tentu bagi sebagian orang yang menyukai rasa manis pedas maka camilan Emping Bumbu ini bisa menjadi pilihannya.

Emping Bumbu mudah untuk mendapatkannya. Hampir semua toko oleh-oleh di wilayah Cirebon menyediakannya. Karena memang jajanan ini sudah menjadi jajanan khas Cirebon. Adapun harganya yang paling murah yaitu Rp.25.000,-. kalau berkunjung ke Cirebon jangan lupa beli oleh-oleh khas yang satu ini.

Serabi

oleh oleh khas cirebon jawa barat
via: 7171ana (instagram)

Serabi sebenarnya ada bukan hanya di Solo saja, yang terkenal yaitu Serabi Solo Notosuman. Namun di Cirebon juga ada serabi. Tentu jajanan serabi Cirebon punya khas tersendiri, biar membedakan dengan makanan serabi yang di miliki Kota lain.

Oh iya, makanan khas Serabi Cirebon ini mempunyai tekstur lembut dan halus. Bahannya adalah campuran tepung beras, gula, santan, telur dan parutan kelapa. Semuanya ini dijadikan adonan dan kemudian dicetak dengan cetakan terbuat dari tanah liat kemudian di panggang di atas tungku tanah liat juga. Dengan cara ini maka akan diperoleh rasa serabi yang lezat.

Uniknya, kuliner khas Cirebon ini diberi toping-toping yang menggugah selera, seperti toping cokelat, keju, greentea, taucho, orek tempe dan oncom tumis. Untuk harganya paling murah Rp.1.500,- dan paling mahal Rp.3.000,- tergantung toping dan varian rasanya.

Rengginang

oleh oleh khas cirebon 2020
oleholehmami.com

Oleh-oleh khas Cirebon yang juga paling terkenal adalah Rengginang. Rengginang ini berbahan dasar beras dan ketan yang dicampur dengan bumbu-bumbu kemudian dicetak lalu dijemur hingga kering, barulah setelah itu digoreng sampai renyah.

makanan rengginang ini tersedia berbagai varian rasa, yaitu rasa keju, terasi, dan udang. Ukurannya pun berbeda-beda, ada ukuran kecil, sedang dan Besar. Harganya antara Rp.15.000,- sampai Rp.50.000,-.

Kue Gapit

oleh oleh khas cirebon dan harganya
isyewibisana (instagram)

Asal muasal kenapa dinamakan dengan Kue Gapit? Konon katanya cara pembuatannya diapit menggunakan dua lempeng besi besar kemudian dipanggang diatas tungku api. Ternyata hasil dari jepitan dua lempeng besi besar tersebut menjadikan Kue Gapit mempunyai bentuk seperti Cone Es Krim.

Bahan dasar pembuatan Kue Gapit original adalah tepung tapioka, gula pasir, santan kental, telur ayam, margarin blue band, vanili/daun pandan, wijen dan garam. Kue ini tidak hanya satu varian rasa, akan tetapi memiliki banyak varian rasa, seperti rasa keju, udang, kacang, kencur, manis, wijen, bawang dan balado.

Harganya bermacam-macam, ada dikisaran harga Rp.20.000,- sampai Rp.28.000,- tergantung varian rasa yang Anda pilih.

Terasi Udang Cirebon

oleh-oleh khas cirebon toko senang cirebon city west java
putritaruno (instagram)

Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Kota Cirebon kok tidak beli oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini, yaitu Terasi Udang khas Cirebon. Udang adalah ikon bagi Kota Cirebon. Segala kuliner khas di Cirebon selalu bernuansa udang, makanya kota ini disebut sebagai Kota Udang.

Terasi udang khas Cirebon ini bisa Anda gunakan di rumah sebagai penyedap rasa untuk masakan. Dan ia juga di produksi sama sekali tanpa bahan pengawet, jadi aman untuk dikonsumsi. Harga mulai Rp.4.000,- sampai Rp.50.000,-.

Kerupuk Rambak

oleh oleh khas cirebon apa aja
kerupukrambak (instagram)

Ini adalah kerupuk bukan sekedar kerupuk. Akan tetapi kerupuk ini benar-benar asli berbahan dasar kulit sapi atau kulit kerbau, sehingga menimbulkan cita rasa yang berbeda dengan kerupuk pada umumnya.

Ya, kerupuk rambak berbahan dasar kulit sapi atau kerbau ini sangat diminati oleh banyak orang karena rasanya yang gurih, renyah dan asin. Cocok untuk dijadikan camilan maupun dimakan dengan nasi. Bagi Anda yang berwisata ke Kota Cirebon, jangan lupakan oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini. Harganya Rp.23.000,-/100 gram.

Kerupuk Melarat

oleh oleh khas cirebon 2020
sianto2092 (instagram)

Oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini tergolong unik. Ya, karena dinamakan dengan Kerupuk Melarat. Kenapa dinamakan melarat? Ya, karena dalam proses penggorengan kerupuk ini tidak menggunakan minyak goreng sebagaimana kerupuk pada umumnya. Akan tetapi di dalam penggorengannya menggunakan pasir.

Tetapi jangan khawatir, meskipun menggunakan pasir, pasirnya bersih dan sudah melalui proses pencucian terlebih dahulu kok, jadi aman digunakan untuk menggoreng. Khas dari kerupuk ini adalah warnanya. Yaitu warnanya warna-warni, merah, kuning, hijau, putih, ungu dan biru.

Adapun rasanya yaitu manis, asin dan gurih. Harganya Rp.5.000,- sampai Rp.10.000,-. Makanan khas Cirebon ini banyak bertebaran di segala penjuru Kota Cirebon. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas Cirebon.

Sirup Tjampolay

oleh-oleh khas cirebon toko senang kota cirebon jawa barat
horecapalugada (instagram)

Berikutnya adalah minuman khas Cirebon Sirup Tjampolay buatan seseorang keturunan TiongHoa, bernama Tan Tjek Tjiu. Sirup ini populer namanya di Kota Cirebon, karena memang sudah lama sirup ini dikenal oleh warga Cirebon. Tahu tidak, sirup ini sudah ada sejak sebelum indonesia merdeka, yaitu tepatnya sejak 11 Juli 1936.

Resep sirup ini sudah diwariskan secara turun-temurun. Bahkan, produksi minuman khas Cirebon ini sempat terhenti selama enam tahun, kemudian di tahun 1970, sirup ini kembali dioperasikan oleh anaknya yang bernama Setiawan.

Minuman khas ini sekarang mempunyai berbagai macam varian rasa, yaitu rasa pisang susu, jeruk nipis, leci, kopi moka, mangga gedong, melon, asam jeruk, rozen rose dan rasa nanas. Untuk harga perbotolnya Rp.35.000,-.

Oleh-Oleh Khas Cirebon Jawa Barat

Cirebon Sultana

santiajagituh (instagram)

Kabarnya, oleh-oleh khas Cirebon yang bernama Kue Sultana ini adalah usaha milik seorang artis bernama Indra Bekti. Dikarenakan makanan kue ini milik seorang artis maka kue ini sangat terkenal di Kota Cirebon dan laris manis diburu oleh para pengunjung.

Sampai-sampai Indra Bekti tidak menjualnya lewat toko online, dia hanya menjualnya di toko Cirebon saja karena sudah kuwalahan melayani permintaan pembeli.

Ya, pada saat ini mungkin beliau masih fokus menjualnya di toko non-online, tetapi tidak menutup kemungkinan kedepannya beliau akan memperbesar usahanya sehingga sistem penjualannya dapat lewat sistem online.

Ya, selain karena milik seorang public figur, kuliner khas Cirebon ini memang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Paduan bolu dan pastry croissant sungguh sangat pas di mulut. Varian rasanya pun beragam, ada rasa choco banana, mango, blueberry, double choco dan cheese.

Toko Indra Bekti ini beralamat di Jl. Kartini No.5, Kejaksan, Kota Cirebon. Untuk harganya, berkisar Rp.50.000,- sampai Rp.70.000,- tergantung varian rasa dan topingnya.

Atom Kocir Cirebon (Tomcir)

arnest_kitchen (instagram)

Ini adalah oleh-oleh khas Cirebon kekinian yang paling ngehits. Kenapa ngehits? Karena banyak orang mengatakan bahwa Tomcir ini mirip dengan makanan Bakpia Jogja. Ya, mungkin karena bentuk dan warnanya sama persis. Tetapi perlu Anda tahu, bahwa jajanan Tomcir ini khasnya adalah ketika di gigit isinya lumer ke mana-mana.

Ada dua kategori varian rasa, yang manis ada rasa durian, strawbery, cokelat, keju, capuccino, vanilla, original, bacoke (banana cokelat keju), dan kejus (keju susu). sementara yang asin, ada rasa udang, tuna, ayam dan sosis. Untuk harga ada di kisaran Rp.20.000,- tergantung varian rasanya.

Tape Ketan Daun Jambu

shanty.sian (instagram)

Tape ketan biasanya dibungkus dengan daun pisang. Tetapi Tape Ketan khas Cirebon ini berbeda, dia dibungkus dengan daun jambu. Makanan khas Cirebon ini rasanya manis asam segar. Lebih nikmat lagi apabila dia disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas, sehingga menghasilkan sensasi dingin-dingin segar.

Harganya mulai Rp.10.000,- isi 16 biji dan Rp.65.000,- untuk isi 75 biji. Ada yang dibungkus pakai plastik, ada yang di dalam toples, bahkan untuk yang besar ditaruh di dalam ember. Jadi coba saja Anda membeli Tape Ketan khas Cirebon ini, dan jadikan oleh-oleh khas dari Cirebon untuk keluarga Anda di rumah.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Tasikmalaya

Jeniper

makansamajanice (instagram)

Jeniper adalah oleh-oleh khas Cirebon kekinian yang berwujud sirup. Jeniper sendiri adalah singkatan nama dari Jeruk Nipis Peras (Jeniper). Minuman khas Cirebon ini mempunyai dua macam rasa, yaitu rasa manis dan asam.

Jeniper dibuat dari hasil perasan jeruk nipis asli yang berkualitas, sehingga minuman jeniper ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Bahkan minuman khas Cirebon ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu untuk melangsingkan dan menjaga stamina tubuh. Harga Rp.15.000,- untuk botol ukuran kecil dan Rp.35.000,- untuk botol ukuran sirup jeniper.

Tempat Oleh-Oleh Khas Cirebon

Adapun pusat tempat oleh-oleh khas Cirebon yang dapat Anda kunjungi untuk membeli segala macam dan jenis oleh-oleh buat keluarga Anda, maka berikut ini adalah pusat dan tempat oleh-oleh khas yang paling terkenal di Kota Cirebon yang wajib Anda kunjungi.

Toko Daud Cirebon

toko daud cirebon
daudtoko (instagram)

Toko Daud adalah salah satu toko oleh-oleh khas besar di Cirebon yang menjual berbagai macam makanan oleh-oleh khas Cirebon. Toko ini terkenal di kalangan warga Cirebon. Rata-rata mereka sudah pada tahu tentang toko daud ini. Sampai-sampai Sultan Cirebon pun sudah menjadi pelanggan di toko ini. Oleh karena itu, toko daud ini ramai diserbu pengunjung.

Toko Daud Cirebon beralamat di Jl. Sukalila Utara No.4D dekat Pasar Pagi Cirebon. Buka mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Oleh oleh yang dijual di sini, harganya ada dikisaran Rp.5.000,- sampai Rp.40.000,-. bahkan kalau beli banyak, maka akan mendapat harga grosir yang lebih murah.

Toko Pangestu Cirebon

toko pangestu cirebon
pangestupgc (instagram)

Ini adalah toko yang menjual oleh-oleh khas Cirebon yang tak kalah terkenal dengan Toko Daud. Toko Pangestu Cirebon ini sudah ada sejak lama sekali, yaitu sejak tahun 1992 sampai sekarang. Dan tetap eksis ramai didatangi pengunjung sampai sekarang.

Toko Pangestu ini menjual berbagai macam makanan oleh oleh khas Cirebon dari usaha sendiri, yaitu produksi sendiri di rumahnya. Berbagai macam makanan yang di produksi sendiri adalah seperti macam-macam kerupuk, terasi udang, olahan ikan, petis udang, abon udang, dendeng udang, sambal goreng dan rajunga steam.

Toko Pangestu ini beralamat di Jl. Sukalila Selatan No.49 dekat Toko Daud atau Pasar Pagi Cirebon.

Pasar Kanoman Cirebon

aulya.rc (instagram)

Ini adalah Pasar terkenal di Cirebon. Konon di sini ada sekitar 200 ruko di sepanjang kanan kiri jalan pasar. Pasar Kanoman Cirebon ini ramai banget. Bahkan ada yang bilang segalanya ada dijual di Pasar ini. Saking ramainya, jalanan di pasar ini langganan macet mobil maupun motor.

Cari makanan di Pasar Kanoman ini, jangan khawatir, karena semua hampir lengkap tersedia. Apalagi kalau Anda mencari makanan oleh oleh khas Cirebon, maka di sini sudah pasti, tidak perlu mencari ke tempat lain. Tetapi kalau Anda ingin belinya di tempat yang bersih dan tidak mau mencium bau ikan tak sedap ya memang harus ke Toko Daud atau Toko Pangestu.

Karena di Pasar Kanoman sini memang terkenal becek kotor dan bau ikan laut semerbak memenuhi seluruh Pasar. Pasar kanoman ini beralamat di Jl. Kanoman Lemahwungkuk, Pekalipan, Cirebon. Di belakang pas Pasar ini ada Keraton Kesultanan Cirebon.

Pasar Pagi Cirebon

Namanya Pasar Pagi, akan tetapi kalau Anda ke sini pada waktu malam sampai jam 20.00 WIB pun masih buka. Pagi maksudnya adalah sudah mulai buka jam 07.00 pagi. Pasar Pagi Cirebon ini dibangun ada dua lantai. Apabila Anda ingin membeli oleh oleh khas cirebon maka Anda harus mencarinya di lantai dasar atau lantai pertama.

Nah di lantai tersebut tempat khusus menjual berbagai macam makanan oleh oleh khas cirebon super lengkap, sampai bingung Anda memilihnya. Yang dijual di sana ada Sirup Tjampolay, Rengginang Udang, Kerupuk Melarat, Petis Udang, Kerupuk Rambak dan masih banyak lagi. Pasar ini beralamat di Jl. Siliwangi No.11, Kejaksaan, Kota Cirebon. Buka tiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WIB.

Demikianlah macam-macam oleh-oleh khas Cirebon beserta Pusat Tempat Oleh-Oleh Cirebon yang dapat saya informasikan kepada Anda. Yang saya tulis di atas sudah cukup lengkap. Tinggal sekarang Anda yang memilih. Makasih!

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *