Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Jambi yang Terkenal dan Kekinian

2 min read

oleh-oleh khas jambi

Oleh-oleh khas Jambi – Jambi memang bukan destinasi wisata yang cukup terkenal seperti Bandung, Bogor, atau Bali. Namun, tahukah kamu bahwa Jambi menyimpan banyak tempat wisata yang mengagumkan, diantaranya Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Taman Wisata Alam Punti Kayu, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya tempat wisatanya saja yang bisa dinikmati. Aneka kuliner khas Jambi juga layak dijadikan oleh-oleh. Penasaran? Inilah oleh-oleh khas Jambi yang sangat direkomendasikan oleh kami silausurya.com!

Oleh-Oleh Khas Jambi Kekinian

Ke Jambi kurang afdol kalau tidak membawa oleh-oleh khas Jambi untuk keluarga di rumah. Saat berkunjung ke Jambi, jangan lupa membeli oleh-oleh berikut ini yang bikin kamu ngiler karena kelezatan rasanya.

1. Dodol Nanas Khas Jambi

oleh-oleh khas jambi
via: oleholehjambi1 (instagram)

Nanas merupakan salah satu komoditas utama masyarakat Jambi. Tak heran jika mereka mengolah buah yang satu ini menjadi jajanan dodol yang mampu memikat masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar daerah Jambi.

Dodol nanas diolah tanpa menggunakan bahan pengawet berbahaya, sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun dewasa. Meskipun tanpa bahan pengawet, makanan ini mampu bertahan cukup lama kok, jadi kamu tidak perlu khawatir apabila menjadikan camilan ini sebagai oleh-oleh.

Rasanya yang legit, lembut, dan pastinya lezat bagi mereka pecinta makanan manis. Kamu bisa mendapatkan dodol nanas di daerah Muara Jambi dengan harga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 20.000’an.

2. Bolu Kojo Khas Jambi

toko oleh oleh khas jambi
via: infomasakan.id (instagram)

Bolu Kojo khas Jambi kerap disamakan dengan makanan khas Palembang karena memang keduanya memiliki nama yang sama yaitu bolu kojo. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perpedaan yaitu Bolu Kojo Palembang disajikan lengkap dengan lapisan kue berwarna hijau. Namun, Bolu Kojo khas Jambi ini dihidangkan polosan atau tanpa lapisan. Nah, sudah tahu kan perbedaannya?

Bolu Kojo awal mulanya dikenal dengan nama “Bolu Kamboja” karena dicetak pada loyang dengan bentuk bunga kamboja. Namun, kini lebih dikenal dengan sebutan Bolu Kojo. Makanan khas Jambi ini memiliki cita rasa yang manis dengan aroma pandan khas.

Inilah yang menjadi daya tarik pecinta kue basah yang menjadikan Bolu Kojo sebagai oleh-oleh khas Jambi terfavorit. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan harga relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp 20.000’an. Murahkan?

Baca Juga Oleh Oleh Khas Surabaya

3. Pempek Khas Jambi

oleh oleh khas jambi online
via: pempekqueen_jambi (instagram)

Kata siapa pempek tak bisa dijadikan oleh-oleh? Meskipun dia tergolong makanan dalam kondisi sudah masak, pempek bisa bertahan beberapa hari jika belum digoreng kok. Jadi, Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh untuk sahabat atau rekan kerjamu. Secara umum, bentuk pempek khas Jambi tidak jauh berbeda dengan pempek khas Palembang.

Namun, pempek khas Jambi ini disajikan dengan sambal cuka yang aman untuk gigi. Tidak seperti pempek pada umumnya yang cukanya sangat tajam dan cukup berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Kamu bisa membeli pempek khas Jambi ini di berbagai gerai toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 50.000’an.

4. Dodol Kentang

oleh oleh khas jambi yang terkenal

Tak hanya nanas saja yang diolah menjadi dodol khas Jambi. Oleh masyarakat Jambi, kentang juga sudah biasa mereka olah menjadi makanan lezat kekinian yang cocok dijadikan oleh-oleh. Sebagai penghasil kentang, khususnya pertanian di kaki Gunung Kerinci, membuat masyarakat sangat produktif mengolah kentang menjadi camilan dodol yang terkenal.

Cara pengolahannya tidak jauh berbeda dengan pengolahan dodol pada umumnya. Hanya saja, dodol kentang tidak sekenyal dodol Jawa yang terbuat dari tepung ketan. Dodol kentang ini lebih bertekstur halus, lembut, dan tidak kenyal.

Kamu bisa membeli dodol kentang ini diberbagai gerai atau pusat oleh-oleh khas Jambi. Oleh-oleh ini dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000’an. Harganya yang cukup murah tapi rasanya benar-benar memuaskan.

5. Kopi Bubuk Cap AAA

via: yosakhan (instagram)

Siapa sih yang tak suka kopi? Hampir sebagian besar orang suka kopi, apalagi para millenials. Saat ini kopi seperti sudah menjadi minuman rutinitas sehari-hari yang senantiasa mendampingi kita. Banyak jenis kopi yang bisa dinikmati, salah satunya kopi Cap AAA, kopi khas asal Jambi.

Saat berkunjung ke Jambi, jangan lupa membeli kopi bubuk cap AAA sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan rekan kerja.

Kopi Cap AAA bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 40.000’an per kemasan. Bersantai sambil menikmati seduhan kopi khas Jambi akan membuat hari-harimu lebih rileks dan tenang. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh Jambi.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Manado

6. Duku Kumpeh

via: fit_shortie_eats (instagram)

Tak ada salahnya membawakan oleh-oleh keluarga berupa buah segar langsung. Seperti duku kumpeh yang menjadi salah satu buah khas Jambi sebagai oleh-oleh. Berbeda dengan buah duku pada umumnya, duku kumpeh memiliki rasa yang lebih manis, berukuran cukup besar, dan tidak berbiji. Buah ini banyak tumbuh subur di daerah Muara Jambi.

Duku kumpeh ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000’an per kilo. Anda bisa membelinya di berbagai outlet oleh-oleh atau bisa juga membeli di beberapa pedagang kaki lima yang mudah ditemui dipinggir jalan atau area wisata.

Jadi, sudah tahukan apa saja oleh-oleh khas Jambi yang bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah? Siapkan uang yang cukup untuk membeli oleh-oleh favorit keluarga dan sahabat.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *