Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Jepara Jawa Tengah yang Terkenal Lezat dan Unik

4 min read

oleh oleh khas jepara jateng

Oleh-oleh khas Jepara – Jepara merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jepara mempunyai kekayaan wisata yang luar biasa nan mempesona. Contoh dari kekayaan wisata Jepara yaitu Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Benteng Portugis Bangsri, Pulau Karimun Jawa, Pulau Mandalika dan yang terbaru ini adalah wisata air Ocean Park.

Selain kekayaan wisatanya yang luar biasa, Kota Kartini ini juga ternyata menyimpan berbagai aneka ragam oleh-oleh, entah itu berupa makanan maupun souvenir menarik.

Bagi Anda yang melakukan kunjungan wisata ke kota Jepara ini, ada baiknya Anda mencicipi terlebih dahulu makanan khas dan kuliner Jepara. Setelah itu barulah bisa membeli oleh-oleh khas Jepara yang akan disajikan silausurya.com berikut ini!

Oleh-Oleh Khas Jepara Jawa Tengah

Kain Tenun Troso

oleh-oleh khas jepara
tenunikatrekadaya (instagram)

Oleh-oleh khas Jepara yang pertama adalah kain tenun troso. Kain tenun troso merupakan kain tenun kebanggaan warga Jepara. Konon kain tenun troso ini sudah ada sejak masuknya agama islam di Jawa Tengah. Tepatnya saat beridirinya Kerajaan Islam Mataram.

Dinamakan dengan troso, karena kain tenun ini lahir di Desa Troso, Pecangaan, Jepara. Dalam pembuatan kain tenun ini masih menggunakan cara tradisional yaitu teknik tenun ikat.

Kain tenun troso khas Jepara ini memiliki berbagai macam corak motif yang bisa anda pilih, seperti motif cempaka, dewi sri, kecubung, lilin, naga, bambu, mawar, rantai, ukir, sby dan obama.

Kenapa ada motif bernama sby dan obama? Ya, karena mantan Presiden SBY tempo dulu saat kampanye pernah memakai kain tenun ini, maka orang-orang menyebutnya motif sby. Begitu juga Presiden Amerika Barack Obama juga pernah memakai kain tenun ini. Harga kain tenun ini mulai Rp. 135 ribu hingga Rp. 500 ribu. Untuk yang berjenis sutra paling mahal bisa mencapai Rp. 3 juta.

Ukiran Kayu

oleh oleh khas jepara
tokopedia.com

Jepara selain dikenal sebagai kota Kartini, kota ini juga terkenal dengan sebutan kota ukir. Ya, karena memang mayoritas sebagian besar warga Jepara menggeluti kerajinan ukir.

Ketika di Jepara, Anda akan dengan mudah menemukan toko, showroom dan workshop di pinggir-pinggir jalan memajang produk ukir-ukiran kayu dengan berbagai bentuk menarik.

Untuk membeli aneka souvenir khas Jepara berupa ukir-ukiran, Anda bisa datang ke daerah Tahunan, Jobokuto, Bapangan, Bangsri, Mulyoharjo maupun Mlonggo.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Solo

Kerajinan Kerang Jepara

oleh-oleh khas jepara jawa tengah
nur_kerajinankerangsby (instagram)

Kerang sangat melimpah di Jepara, karena memang kota Jepara banyak dikelilingi pantai. Walhasil, warga Jepara banyak yang mengolah kerang menjadi sebuah produk kerajinan kerang yang menarik.

Banyak para wisatawan entah itu wisatawan lokal maupun luar yang membeli produk kerajinan kerang ini sebagai oleh-oleh khas Jepara.

Ada berbagai macam bentuk menarik dari souvenir khas Jepara ini. Ada berbentuk gelang, kalung, cermin, asbak, hiasan dinding, hiasan lampu dsb. Bagi Anda yang melakukan wisata Jepara, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh Jepara ini.

Batik Kartini

pusat oleh-oleh khas jepara
mudzakir.com

Oleh-oleh khas berikutnya adalah batik Kartini. Kenapa dinamakan dengan batik Kartini? Ya, karena motif gambar yang ada dikain batik adalah hasil karya buah tangan Raden Adjeng Kartini. Karena memang zaman dahulu Raden Adjeng Kartini suka membatik kain.

Motif-motif yang ada di kain batik Kartini bernuansa rangkaian bunga-bunga Kantil kecil, Parang Gondosuli, Srikaton dan gambar kupu-kupu ala Hindu-Jawa. Batik Kartini ini banyak ditemukan di daerah Desa Troso, Jepara

Oleh-Oleh Khas Jepara Berupa Makanan

Durian Petruk

toko oleh oleh khas jepara
tokopedia.com

Kalau Anda melakukan kunjungan wisata Jepara, jangan lupa membeli makanan khas Jepara bernama durian petruk. Durian petruk adalah makanan khas kebanggaan warga Jepara.

Kenapa dinamakan dengan durian petruk? Ya, karena bentuk durian ini besar dan panjang seperti hidung tokoh pewayangan petruk. Makanya, orang-orang menyebutnya duriana petruk.

Durian petruk mempunyai ciri khas rasa yang manis, baunya harum, dagingnya berwarna kuning mentega, besar, tebal dan bijinya kecil. Dengan ciri khas yang istimewa ini, durian petruk dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu Rp. 150 ribu. Tetapi rasanya dijamin maknyus.

Durian petruk bisa Anda beli di Pasar Ngabul. Di sana banyak berkumpul para pedagang durian, khususnya ketika musim durian. Namun saat ini, durian petruk sangat langka keberadaannya. Itu disebabkan karena petani durian yang ada di daerah Ngabul dan Tahunan sudah tidak menanam pohon durian lagi.

Kacang Oven Jepara

oleh oleh khas jepara jateng
bukalapak.com

Jepara memiliki makanan khas bernama kacang oven. Makanan kacang oven ini sudah ada sejak lama dan menjadi camilan wajib ketika ada acara-acara besar, seperti hari raya, hajatan, sunatan dan mantenan.

Kacang oven khas Jepara ini mempunyai rasa yang gurih dan bikin ketagihan. Ini dikarenakan dalam proses pembuatannya sama sekali tidak menggunakan minyak goreng, tetapi dengan cara di oven. Oleh karena itu, kacang oven ini sangat sehat untuk dikonsumsi.

Anda bisa membeli kacang oven ini di pusat oleh-oleh khas Jepara Sinar Barokah yang berada di Jl. Raya Jepara – Kudus, Margoyoso II, Kalinyamatan, Jepara. Makanan ini dibanderol dengan harga Rp. 30 ribu/bungkus.

Kerupuk Tengiri

tokopedia.com

Jepara memiliki oleh-oleh khas yang bernama kerupuk tengiri. Kerupuk tengiri khas Jepara yang terkenal adalah merk “JEHA”. Para wisatawan biasa membeli makanan khas Jepara ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kerupuk tengiri khas Jepara memang asli dibuat dari ikan tengiri yang diperoleh dari perairan laut Jepara. Dengan dicampur bumbu-bumbu yang khas seperti tepung tapioka, bawang, garam dan gula, menjadikan kerupuk tengiri khas Jepara berasa lezat dan nikmat.

Untuk bisa membawa pulang kerupuk tengiri ini, Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh yang berada di Jl. Diponegoro No.1, Rt 01/ Rw 01, Jobokuto, Jepara. Harga yang ditawarkan untuk kuliner Jepara ini adalah Rp. 20 ribu.

Carang Madu

Carang Madu adalah makanan khas Jepara yang terbuat dari tepung beras, santan, ketan, gula dan madu. Jajanan ini rasanya sungguh nikmat, apalagi kalau dijadikan camilan saat bersantai di waktu pagi sambil ditemani teh hangat.

Dinamakan carang madu karena bentuknya mirip “carang/ranting bambu” yang semrawut tak beraturan ruwet dan mbulet sana sini. Maka orang-orang menamakan makanan ini dengan carang madu.

Carang madu ini banyak ditemukan di daerah Welahan, Jepara. Ya, karena carang madu ini aslinya adalah makanan khas etnis Tiong Hoa di daerah Welahan. masyarakat Tiong Hoa disana kerap menjadikan jajanan carang madu ini sebagai hidangan di acara-acara besar mereka.

Untuk bisa membawa pulang kuliner Jepara ini, Anda bisa berkunjung ke toko oleh-oleh khas Jepara yang ada di daerah Welahan dengan harga Rp. 18 ribu/bungkus.

Kerupuk Bawang

shopee.co.id

Oleh-oleh khas Jepara berikutnya yaitu kerupuk bawang. Makanan ini sangat cocok apabila dijadikan camilan bersama mie ayam, bakso maupun soto.

Kerupung bawang khas Jepara terkenal mempunyai rasa bawang yang kuat. Selain rasanya yang guring, kerupuk bawang ini juga terasa renyah di lidah. Teksturnya empuk ketika digigit meskipun secara kasat mata kelihatan keras.

Camilan dan jajanan khas Jepara ini bisa Anda beli di pusat toko oleh-oleh khas yang ada di Jepara dengan harga Rp. 20 ribu/bungkus.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Garut

Sambal Samtis

kriyajepara.com

Kuliner Jepara yang satu ini bernama sambal samtis. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, sambal samtis bisa menjadi pilihan sebagai makanan pelengkap rasa.

Ya, sambal samtis sangat istimewa. Selain karena dikemas di dalam botol kaca yang bersih dan higienis, sambal samtis juga diolah dari bahan-bahan unggulan, seperti daging cumi-cumi, udang, cabai, gula merah, garam dan bawang.

Rasanya sungguh sangat khas sekali. Rasa udang dan cumi-cuminya sungguh sangat kuat. Sambal ini memang lain dari yang lain. Bagi Anda
Yang ingin mencobanya, datang saja ke pusat oleh-oleh khas Jepara tersedia banyak di sana. Harga Rp. 40 ribu/botol.

Demikianlah oleh-oleh khas Jepara yang bisa Anda bawa pulang selepas melakukan kunjungan wisata di Jepara. Jangan lupa

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *