Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

14+ Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian, Berupa Makanan dan Souvenir

13 min read

oleh-oleh khas jogja

Oleh-oleh khas Jogja – Pernahkah Anda berlibur ke Yogyakarta? Salah satu Kota di Jawa Tengah ini menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Mendengar kata Jogja, banyak orang yang akan langsung berpikir tentang “Malioboro” sebagai ikon wisata dari Kota Jogja.

Namun, tak hanya lokasi wisatanya saja yang terkenal. Oleh-oleh khas Jogja juga banyak yang menarik perhatian para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Saat Anda berkunjung ke Yogyakarta, Anda akan menemukan banyak tempat kuliner Jogja yang bisa dicoba. Mulai dari Pasar Tradisional, angkringan khas, hingga cafe modern layaknya di Ibu Kota. Namun, tak hanya menikmati kuliner Jogja saja. rasanya liburan kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh, apalagi oleh-oleh kekinian yang sedang hits.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh, berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Jogja versi silausurya.com yang bisa Anda beli untuk keluarga dan sahabat di rumah.

Oleh Oleh Khas Jogja Kekinian

Tiwul Cake

oleh oleh khas jogja kekinian
dreamgedejogja.blogspot.com

Oleh-oleh khas Jogja kekinian ini diolah dari bahan dasar singkong yang dikeringkan kemudian dijadikan tepung. Lalu ditambah dengan beberapa bahan dasar membuat cake, maka jadilah makanan tradisional kekinian yang terkenal di kota Jogja ini.

Jika dulu Tiwul cuma disajikan dengan parutan kelapa, sekarang kamu bisa merasakan Tiwul lebih modern lagi dengan disajikan berbagai varian rasa. Pilihan rasanya sangat banyak, dari mulai rasa nougat, cheese, green tea, choco oreo, red velvet, strawberry, original dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan jenis kuliner Jogja ini, kamu cukup mengeluarkan uang mulai dari 37.000 rupiah saja. Sangat murah.

Harga: 37.000 sampai 45.000 per kotak
Lokasi: Jl. Modang No.467, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bakpia Juwara Satoe

oleh oleh khas jogja baju
masclink_kulineran (instagram)

Bakpia adalah oleh-oleh khas Jogja kekinian yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang kemudian dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Yang membuatnya lezat adalah rasa legitnya. Dan sekarang muncul inovasi baru Bakpia krispi. Jika dulu bagian luar terasa lembek, sekarang kamu bisa merasakan renyahnya kulit Bakpia dengan taburan wijen di atasnya.

Kamu bisa memiih isiannya sesuai selera. Ada beberapa varian pilihan, di antaranya adalah cokelat, durian, nanas, kumbu hitam, kumbu hijau, pandan dan keju.

Bakpia dijual dalam kemasan kotak dengan isi 15 sampai 20 Bakpia. Harganya pun bervariasi disesuaikan dengan jumlah Bakpia dan rasa yang kamu pilih.

Harga: 37.000 sampai 60.000 per kotak
Lokasi: Jl. Jogonegaran, Pathuk, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga Oleh Oleh Khas Banyuwangi

Wingko Babat Mbak Yanti

oleh oleh khas jogja makanan
mochi_sakurajogja (instagram)

Kelapa muda, tepung beras, ketan dan gula menjadi bahan utama pembuatan Wingko Babat milik Mbak Yanti. Semua bahan itu kemudian dicampur, lalu dipanggang sampai permukaannya berwarna kecokelatan.

Tekstur rasa kuliner Jogja ini sangat nikmat. Apalagi kalau dimakan saat masih hangat. Wingko Babat Mbak Yanti dibuat dari bahan yang fresh, alami dan tanpa bahan pengawet. Saat dipanggang pun menggunakan suhu yang pas jadi membuatnya matang merata sampai ke dalam.

Oleh-oleh khas Jogja kekinian dengan rasa kelapa muda ini dibanderol dengan harga yang murah. Dalam satu bag yang berisi 10 wingko, kamu bisa membelinya dengan harga 15.000 saja.

Harga: 15.000 sampai 20.000
Lokasi: Jl. Jambon 3, Perum PIP No. B3, Yogyakarta

Mochi Sakura Jogja

oleh oleh khas jogja barang
mochi_sakurajogja (instagram)

Mochi bukanlah makanan khas Jogja atau bahkan Indonesia. Tapi jajanan satu ini tetap cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh khas Jogja mengingat rasanya sangat lezat nan nikmat.

Mochi adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari ketan yang kemudian ditumbuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Sekarang kamu tak perlu jauh-jauh ke Jepang buat menikmati jajanan ini. Kamu sekarang bisa merasakan kenyalnya kue Mochi di kota Jogja.

Rasanya tak kalah dengan buatan orang Jepang sana. Variannya pun banyak, ada Mochi kacang hijau, keju, durian, dan ada pula Mochi ice cream.

Selain rasa yang bervariasi, harganya pun juga bervariasi. Per kotak yang diisi 15 buah Mochi dibanderol dengan harga 20.000 rupiah saja. Sementara paket premium Mochi yang berisi 6 buah Mochi harganya 22.000. Harga Mochi disesuaikan dengan isi Mochi per kotak.

Harga: 20.000 sampai 55.000
Lokasi: Bumijo, Jetis, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta

Ogura Jogja Oma Opa

oleh oleh khas jogja selain bakpia
omaopa_cakery (instagram)

Bentuknya hampir sama dengan Cheese Cake, tapi Ogura bukanlah Cheese Cake. Ia memiliki tekstur lembut, tidak bikin eneg, saat dimakan pun cake ini tidak seret saat menuruni kerongkongan.

Bahan-bahan untuk membuat cake kuliner Jogja ini sangatlah simple. Yakni terigu rendah protein, telur, cream of tar tar, gula, santan, susu dan minyak sayur. Untuk mendapatkan tekstur yang fluffy, kamu bisa menambahkan kuning telur dalam jumlah yang banyak.

Namun lebih simpel jika kamu membeli daripada membuatnya sendiri. Bagi yang sedang berlibur di Jogja, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jogja bernama Ogura Jogja Oma Opa. Harganya cuma 40.000-an saja.

Varian rasanya banyak, dengan topping yang beragam. Di antaranya adalah keju, pandan, cokelat, durian dan pisang.

Harga: 40.000 sampai 55.000
Lokasi: Jl. Pogung Baru Blk. F No.3, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bakpia Kukus

oleh oleh khas jogja malioboro

Meskipun di Bali ada Pia terkenal bernama Pia Legong, namun di Yogyakarta ada juga bakpia bernama bakpia kukus. Merk Bakpia Kukus paling terkenal yang ada di Jogja adalah Bakpia Kukus milik Tugu Jogja. Ada dua jenis Bakpia yang dijual di sana, yaitu Bakpia original yang berwarna putih dan Bakpia brownis yang memiliki warna hitam.

Isian dari Bakpia ini bermacam-macam, ada rasa cokelat, rasa keju, kacang merah, kacang hijau, durian, pisang dan susu. Kamu bisa memilih rasa favoritmu, dan kulit Bakpia yang original atau brownies.

Berbeda dengan Bakpia pada umumnya yang dipanggang, seperti namanya, Bakpia ini memiliki proses akhir yang dikukus. Dan bagian kulitnya lumayan tebal, tidak tipis seperti Bakpia panggang yang kita kenal selama ini. Bahan-bahan yang digunakan pun tak jauh berbeda, masih menggunakan tepung, gula dan isian yang disesuaikan dengan permintaan konsumen. Berkunjung ke kota Jogja kurang lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh khas Jogja yang sedang ngetrend ini.

Harga: 42.000 rupiah
Lokasi: Bausasran, Danurejan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta

Kipo

oleh oleh khas jogja online
kipobudjito (instagram)

Kipo adalah oleh-oleh tradisional Jogja dari Kotagede yang melegenda. Bentuk Kipo adalah lonjong, warnanya hijau, memiliki isian parutan kelapa dan gula jawa cair, dengan adonan yang dibuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung ketan. Tepung tersebut diuleni, sambil diberi pewarna hijau dari ekstrak daun pandan.

Setelah itu, adonan tadi dituangkan di atas pemanggang berbentuk piring dengan dilapisi daun pisang. Saat setengah matang, isian berupa kelapa parut dan gula jawa kemudian dimasukkan. Maka jadilah makanan khas Jogja bernama Kipo yang lezat ini.

Menjadikannya oleh-oleh keluarga pastilah sangat cocok. Harganya pun bersahabat. Kuliner Jogja ini hanya dihargai 2.000-an saja.

Untuk menemukan pedagang Kipo cukup sulit, keberadaannya hampir punah. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa mendapatkan oleh-oleh khas Jogja ini dengan mengunjungi Kipo milik Bu Djito.

Harga: 2.000 per porsi
Lokasi: Jl. Mondorakan No.27, Bodon, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tasuba

oleh oleh khas jogja tas
qiyamfrozen (instagram)

Mirip seperti tahu bakso, cuma ia memiliki tekstur yang lebih padat. Bahan utamanya tentunya adalah tahu, juga daging dan sedikit campuran tepung untuk membuat daging-dagingnya bisa padat.

Oleh-oleh tasuba diproduksi tanpa pengawet. Meksi begitu Tasuba Jogja tetap tahan lama hingga 6 bulan lamanya. Tasuba atau Tahu Bakso Susu ini memiliki menu yang banyak. Selain original, adapun Tasuba Ayam, Tasuba Ayam Kampung, Tasuba Tuna, Tasuba Sapi, dan Tasuba Udang.

Harga Tasuba Jogja perkotak dengan isi 5 sampai 10 buah tahu dibanderol dengan harga 32.000 rupiah saja. Kamu bisa menikmati oleh-oleh khas Jogja berupa tahu ini dengan langsung dimakan atau digoreng dulu juga boleh. Semakin nikmat saat kamu mencocolkannya ke sambel yang pedas atau cabe rawit.

Harga: 32.000
Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto KM.7,6, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Keripik Welut

Belut tak hanya enak dijadikan sebagai lauk, tapi juga enak dijadikan camilan untuk keluarga maupun teman. Salah satu cemilan yang terbuat dari bahan dasar belut adalah Keripik Belut.

Teksturnya krispi, renyah, bentuknya memanjang, rasanya pun gurih ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia yang membuat keripik ini semakin lezat dinikmati. Oleh-oleh khas Jogja satu ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Kamu bisa menikmati olahan belut krispi yang digoreng dengan baluran tepung yang tipis maupun tebal. Tinggal pilih sesuai selera.

Untuk harganya sendiri ia cenderung berubah-ubah. Jika keberadaan belut sedang banyak, maka harganya turun. Tapi jika keberadaannya sudah mulai sulit ditemui harganya bisa melonjak tinggi. Mengingat belut sendiri adalah hewan musiman.

Harga: 80.000 sampai 100.000 per kilo
Lokasi: Jalan Jae Sumantoro No.2, Godean, Sleman, Jowah, Sidoluhur, Kec. Godean, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Geblek Kulonprogo

oleh oleh khas jogja murah
oleholehkhaskulonprogo (instagram)

Banyak yang menyebut Geblek adalah Cireng. Meski sama-sama dibuat dari tepung singkong, tapi keduanya memiliki perbedaan. Dimana Cireng memiliki banyak rasa dan berbentuk bulat pipih, Geblek lebih ke bentuk angka 8 dan cuma memiliki beberapa rasa yaitu asin dan gurih.

Cemilan ini sangat terkenal di Jogja, khususnya di daerah Kulon Progo. Rasanya yang asin dan gurih, sementara bagian luar krispi dan bagian dalam lembut, membuatnya menjadi camilan favorit para warga yang ada di sana.

Dalam penyajian oleh-oleh khas Jogja ini, kamu bisa mendapatkan satu porsi berisi 5 sampai 7 Geblek dengan harga yang terjangkau. Sambil dicocol saus dengan bumbu khusus, Geblek lebih enak disantap saat hangat. Kalau dimakan saat dingin, tekstur kenyalnya sangat terasa sekali.

Harga: 15.000
Lokasi: Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta

Mamahke Jogja

oleh oleh khas jogja di solo
mayhani_rws (instagram)

Oleh-oleh khas Jogja kali ini bernama mamahke Jogja. Mamahke Jogja berasal dari cipta tangan Artis dan Produser film pasangan suami istri Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Mereka menjual berbagai kue cantik dengan rasa lezat yang katanya resep diambil dari Ibunda Hanung Bramantyo sendiri. Yang tentunya telah mengalami beberapa modifikasi sampai bisa melahirkan rasa yang lezat dan penampilan yang kekinian.

Mamahke Jogja memiliki susunan cake yang berlapis-lapis. Pada lapisan paling bawah terdapat kue bolu, selai dan puff pastry yang krispi. Setelah itu ditutup dengan selai lagi, puff pastry yang krispi dan kue bolu lagi. Semakin lezat saat ditambahi topping beraneka macam rasa.

Mamahke Jogja tersedia berbagai varian rasa yang menggugah selera. Mulai dari red velvet, choco greentea, oreo dan keju, double chocolate, banana dan keju.

Per kotak mamahke Jogja dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, ukurannya pun besar. Sangat mengenyangkan jika dimakan untuk diri sendiri. Jangan lupa juga untuk membeli kuliner ini untuk keluarga kamu juga.

Harga: 80.000 rupiah
Lokasi: KT 1 329, Jalan Tamanan, Patehan, Kraton, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peyek Tumpuk

oleh oleh khas jogja
oleh2lestari (instagram)

Peyek Tumpuk milik Mbok Tumpuk sangat berbeda dengan Peyek kebanyakan. Jika bentuk kebanyakan Peyek adalah lebar dan tipis, milik Mbok Tumpuk malah berukuran besar dan tebal.

Bahan dasarnya masih sama, menggunakan tepung beras dan campuran bahan lain serta kacang tanah yang tidak boleh ketinggalan. Untuk membuatnya cukup digoreng, lalu tiriskan saat warna sudah berubah kecokelatan.

Yang unik dari Peyek Tumpuk selain ukuran dan bentuknya, ternyata oleh-oleh khas Jogja online tersebut pernah masuk rekor MURI Indonesia karena berat dan ukuran Peyek yang melebihi bobot Peyek kebanyakan.

Pengolahannya masih dilakukan dengan cara tradisional. Masih diolah dengan menggunakan kayu bakar serta dibuat langsung oleh Mbok Tumpuk sendiri. Soal harga pun terjangkau, kamu bisa mendapat setengah kilo Peyek Tumpuk hanya dengan harga 20.000 rupiah saja.

Harga: 20.000 rupiah per bungkus
Lokasi: Jl. Kh Wahid Hasyim, Taskombang, Ringinharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jadah Tempe

jadah_legend_karangpandan (instagram)

Kuliner yang berasal dari Gunung Merapi Kabupaten Sleman ini memadukan dua bahan. Yaitu ketan dan tempe.
Jadah sendiri adalah ketan yang dicampur dengan parutan kelapa lalu dimasak sedemikian rupa. Jadah mempunyai rasa yang gurih dan kenyal dari ketannya tersebut. Nantinya ketan dan parutan kelapa itu dibentuk bulatan-bulatan kecil dengan ukuran tertentu.

Sementara tempe adalah tempe. Dia diolah dengan cara dibacem. Rasanya menjadi manis, dan sangat pas jika dipadukan dengan Jadah tadi.

Cara memakannya bisa dengan mengepalkan Jadah dan Tempe bersamaan ke dalam mulut. Tapi adapula yang memakannya mirip seperti saat makan Burger. Jadi saat memakannya nanti menggunakan 2 Jadah, Tempe bacem ditaruh dibagian tengah kemudian dilahap untuk beberapa kali gigit.

Beberapa menyebut Jadah Tempe adalah Burger-nya orang Jawa. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke daerah Gunung Merapi, jangan lupa cicipi oleh-oleh khas Jogja satu ini. Untuk menikmatinya paling enak disantap saat cuaca dingin

Harga: 10.000 sampai 20.000 rupiah
Lokasi: Kaliurang St KM.12,5, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta

Bakpia Pathok Jogja

bukalapak.com

Kalau di Bandung ada bakpia 170, maka di Jogja ada bakpia bernama bakpia pathok. Oleh-oleh khas Jogja yang melegenda ini selalu jadi favorit dan diserbu oleh wisatawan yang datang kesana. Kurang afdol rasanya jika ke Jogja tidak membeli Bakpia Pathok. Banyak Pusat oleh-oleh Jogja yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan Bakpia Pathok, salah satunya Bakpia Pathok 25 yang berada di sekitar Malioboro.

Makanan Bakpia pathok ini memiliki beberapa varian rasa, seperti kacang ijo, nanas, cokelat, keju, durian, kumbu dan rasa kombinasi. Harganya Rp. 30 ribu/15 biji.

Keripik Tempe Sagu

oleh-oleh khas jogja selain bakpia
pictame.com

Kaum millenial sangat menyukai makanan ringan seperti keripik. Keripik tempe sagu khas Jogja ini bisa Anda temukan di Pusat oleh-oleh khas Jogjakarta saat berkunjung kesana. Salah satunya Gerai Kripik Tempe Sagu “Lestari Snack” yang beralamat di Bendungan, Sidoagung, Sleman, DIY.

Camilan ringan ini merupakan inovasi terbaru dari keripik tempe pada umumnya. Dengan tambahan bahan baru yaitu tepung sagu membuat rasa keripik tempe ini semakin renyah dan gurih. Keripik ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang ke luar kota dan dijadikan oleh-oleh.

Brownies Ubi Ungu

oleh-oleh khas jogja kekinian 2019
pinterest.com

Umumnya brownies dibuat dari tepung dan berwarna coklat kehitaman. Bagaimana dengan brownies yang dibuat dari ubi ungu? Brownies ini dibuat dengan bahan utama ubi (telo) berwarna ungu. Dengan tampilan yang cukup menarik dan rasanya yang lezat, browies khas Jogja ini banyak diminati oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Meskipun termasuk kue basah, brownies ubi ungu bisa bertahan dalam beberapa hari. Anda bisa membeli brownies ubi ungu diberbagai pusat oleh-oleh Jogja, salah satunya outlet kuliner yang berada di Jl. Tebu Mangli Gedongan, Purbayan, Kotagede Jogjakarta. Harga mulai Rp. 25 ribu tergantung varian rasanya.

Pai Apel

oleh-oleh khas jogja kekinian
via: marhezaayu (instagram)

Oleh-oleh khas Jogja selanjutnya yaitu Pai Apel. Jajanan kekinian ini dibuat dari buah apel segar yang diolah menjadi sebuah kue. Cita rasa apel semakin terasa karena topingnya merupakan selai apel. Kini tak hanya di Jogja, dibeberapa Kota lainnya juga sudah menjual pai apel dengan aneka cita rasa.

Namun, jajanan pai apel khas Jogja ini tetap memiliki rasa yang khas dengan kelezatannya. Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh, salah satunya yang berada di Perum Sgplb no c. 42 , Jl. Wates km 3 Sonosewu, Ngestiharjo Yogyakarta. Harga Rp. 15 ribu sampai Rp. 25 ribu.

Geplak

oleh oleh khas jogja dan harganya

Makanan oleh-oleh yang satu ini bernama geplak. geplak merupakan camilan khas yang asal-usulnya berasal dari Kota Bantul Yogyakarta. Dia merupakan makanan tradisional yang sudah lama ada sejak zaman dahulu kala dan juga sudah lama dikenal oleh masyarakat Jogja, khususnya Bantul.

Geplak mempunyai ciri khas rasa manis, karena terbuat dari campuran parutan kelapa muda serta gula. Bentuknya bulat-bulat basah seperti jajanan klepon. uniknya lagi saat ini makanan geplak hadir dengan warna-warni yang menggugah selera. meskipun pada awal mula kehadirannya, oleh-oleh khas Jogja ini hanya memiliki dua variasi warna yaitu warna putih dan kelam.

oleh-oleh yang satu ini lebih nikmat apabila dicicipi ketika masih dalam keadaan hangat dan disantap dengan air teh hangat. Anda dapat mendapatkan jajanan yang satu ini di berbagai Toko Pusat oleh-oleh khas Jogja. Harganya Rp. 40 ribu/500 gram.

Gudeg Kaleng

oleh-oleh khas jogja di jakarta

Namanya dikenal dengan gudeg kaleng Bu Tjitro 1925. Ini adalah oleh-oleh khas Jogja terobosan terbaru. Diciptakan oleh Bu Tjitro yang bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kemudian menghasilkan suatu makanan gudeg yang higienis, awet tahan lama, praktis dan yang paling spektakuler adalah murni tanpa bahan pengawet.

Anda harus beli oleh-oleh yang satu ini, karena rasanya yang lezat, enak, gurih dan melegenda di Jogja. Bu Tjitro sendiri adalah seorang pemilik restoran besar berbasis gudeg yang sudah tersebar di semua sudut Yogyakarta. Jadi kualitas produk dan rasanya sudah tidak diragukan lagi.

Bakpia Princess Cake

oleh-oleh khas jogja online
arumkarunianti.com

Ini adalah oleh-oleh khas Jogja kekinian. Karena makanan ini baru dilaunching beberapa tahun yang lalu, yaitu tepatnya hari Minggu 29 Oktober 2017. Bakpia Princess Cake adalah sebuah usaha kuliner milik seorang artis bernama Syahrini. Yang mana sebelumnya juga ada banyak artis yang membuka usaha dibidang kuliner, taruhlah misalnya: Dude Herlino, Zaskia Mecca, Dewi Sandra, Ruben Onsu dan terakhir  Tengku Wisnu.

Bakpia princess cake ini tidak seperti bakpia biasa, namun yang berbeda dari bakpia ini adalah ukurannya yang besar. Tidak seperti bakpia pada umumnya, dimana ukuran bakpia umumnya kecil-kecil.

Adapun varian rasa yang tersedia adalah rasa coklat, coklat pisang, keju, strawberry, tiramisu dll. Anda bisa mendapatkan camilan khas ini di Jl. A.M Sangaji No.86 Yogyakarta dengan harga mulai Rp.65 ribuan.

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy ini adalah usaha milik artis bernama Dude Herlino. Makanan Jogja scrummy ini termasuk oleh-oleh yang banyak dicari oleh para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. oleh-oleh khas Jogja kekinian yang bernama Jogja Scrummy ini adalah makanan berbasis kue brownies dengan sentuhan puff pastry yang lezat.

Banyak varian rasa yang ditawarkan disini. Seperti rasa pisang cokelat keju, pisang karamel asin, pisang oreo, pisang strawbery, scrummy cokelat, scrummy keju, scrummy mangga dan scrummy sarikaya.

Jika Anda ingin membelinya, Anda bisa datang ke alamat Ruko Cakra Jl. Kaliurang Km.5,5 No.44 Ngaglik, Sleman Yogyakarta dengan harga mulai Rp.45 ribu sampai Rp.55 ribu. Ini tergolong murah karena dilihat dari ukurannya yang jumbo dan bisa dinikmati sekitar 5 atau 6 orang.

Cokelat Monggo

Cokelat monggo adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang patut Anda bawa pulang. Jajanan ini adalah produk lokal, namun untuk kualitas produk dan rasa tidak kalah dengan cokelat yang berasal dari Belgia.

Cokelat monggo diciptakan oleh seseorang berasal dari Negara Belgia, bernama Thierry Detournay. Dia sangat tidak puas dengan rasa cokelat yang beredar di Indonesia. Lalu kemudian dia ingin menciptakan terobosan baru, membuat makanan cokelat, bahan indonesia kualitas Belgia.

Banyak varian rasa disini, seperti berbagai macam rasa buah-buahan, white chocolate, marzipan, caramello, cabai merah dan rasa rendang. Anda bisa mendapatkan cokelat monggo diberbagai pusat oleh-oleh Jogja atau ke alamat Jl. Dalem KG III/978 Purbayan, Kota Gede, Yogyakarta dengan harga Rp. 17 ribu sampai Rp. 100 ribu.

Walang Goreng

Kalau pergi ke Jogja, jangan lupa beli oleh-oleh walang goreng. Banyak sekali di Gunung Kidul yang menjual walang goreng. walang goreng sudah menjadi camilan khas Gunung Kidul Yogyakarta. Rasanya gurih renyah agak keasin-asinan. seperti makan daging ayam yang empuk dan crispy.

Sekali coba pasti ketagihan. Bahkan makanan ini bisa bertahan awet sangat lama dan sangat cocok untuk dibawa perjalanan jauh. Untuk memperoleh camilan ini, Anda cukup mengeluarkan uang mulai Rp. 20 ribuan.

Yangko

Kalau di Jawa Barat namanya Mochi. Namun di Jogja dikenal dengan nama Yangko. Yangko Jogja dibuat dari bahan tepung beras ketan, kacang tanah dan gula. Anda sudah bisa membayangkan bagaimana rasa Yangko ini. Yaitu empuk, lembut, manis dan tidak terasa eneg ketika memakannya.

Yangko Jogja hadir dengan warna yang beraneka ragam, sehingga menggugah selera pembeli. Adapun varian rasa yang disediakan yaitu melon, strawbery, durian dan cokelat. Datang saja ke Toko pusat oleh-oleh khas Jogja Nyonya Suwartini di alamat Jl. Suryowijayan M-J 1-4 Z Jogja dengan harga Rp. 15 ribuan.

Tak hanya makanan saja yang bisa dijadikan oleh-oleh, ada beberapa souvenir cantik khas Jogja yang cocok dijadikan oleh-oleh, khususnya untuk wanita.

Kaos Dagadu Jogja

oleh-oleh khas jogja dagadu
tripjogja.com

Wanita identik dengan suka berbelanja apa saja yang menarik hatinya, salah satunya yaitu pakaian baju Dagadu. Konsepnya sama seperti baju Joger di Bali yaitu tertuliskan kata-kata unik di salah satu sisi atau kedua sisi kaos. Oleh oleh khas Malioboro untuk pacar apa sih yang cocok? Jawabannya kaos dagadu bisa sebagai pilihan.

Baju Dagadu sebenarnya bersifat unisex, artinya cocok dipakai oleh perempuan dan laki-laki. Namun, wanita identik dengan bergaya dengan Kaos Dagadu dengan kata-kata unik dan membuat baper. Souvenir Jogja ini bisa dibeli di sekitar Malioboro, salah satunya di Lower Ground Malioboro Mall.

Surjan

batiksrikandhi (instagram)

Oleh-oleh khas Jogja kali ini bukanlah makanan, melainkan baju khas kota Jogja yang identik dengan motif garis-garisnya. Selain memiliki motif garis-garis, ada juga Surjan dengan motif kembang-kembang.

Surjan adalah baju adat orang Jawa yang dipakai oleh pria. Saat memakai Surjan, paling lengkap kalau ditemani blankon, keris dan kebaya sebagai roknya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Surjan berarti baju jas laki-laki Jawa berkerah tegak, terbuat dari bahan lurik atau cita kembang. Kalau kamu mencari Surjan di toko online, kamu akan mendapatkan berbagai model baju ini dengan harga dan motif yang bervariasi.

Tapi kamu akan lebih puas memakai Surjan yang kamu beli dari kota nya langsung. Yakni Jogja. Harganya pun lebih terjangkau, karena kamu membeli langsung dari wilayahnya. Kalau beli online bisa juga tetapi tentu dengan harga yang berbeda.

Harga: 60.000 sampai 200.000
Lokasi: Tegal cermai RT.08, Baturetno, Banguntapan, Wirono, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Blangkon

omahlurikjogja (instagram)

Bukan cuma Solo dan Banyumas saja yang mempunyai Blangkon. Jogja juga mempunyai blangkon khas. Untuk Blangkon Jogja sendiri ia memiliki ciri khas yang cukup berbeda dengan jenis Blangkon lain terutama Blangkon Solo.

Blangkon Jogja memiliki mondolan pada bagian belakang Blangkon. Ini dikeranakan pada zaman dulu, para pria memiliki rambut panjang, kemudian digelung dan dibungkus. Kemudian berkembanglah menjadi Blangkon seperti yang kita lihat selama ini.

Kain yang dipakai adalah kain jarik dengan berbagai corak. Tersedia pula berbagai warna. Dan selain Blangkon yang muncul mondolan, Jogja juga mempunyai Blangkon Sliwer dengan ciri khas bagian belakang ada kain jarik yang dibiarkan memanjang.

Bentuk souvenir Jogja ini pun seperti rambut, tapi itu adalah kain. Untuk membeli oleh-oleh khas Jogja selain makanan tersebut, kamu cukup mengeluarkan uang 15.000 saja. Sangat murah. Kamu juga bisa membeli Blangkon ini di tempat yang sama kamu membeli Surjan.

Harga: 15.000 rupiah
Lokasi: Tegal cermai RT.08, Baturetno, Banguntapan, Wirono, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga Oleh Oleh Khas Pekanbaru

Pakaian Batik

oleh-oleh khas jogja selain makanan

Yogyakarta memang dikenal dengan aneka batik yang dikemas dalam berbagai souvenir, mulai dari pakaian, tas, sandal, sepatu, hingga gantungan kunci. Pakaian batik menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang cocok untuk para wanita, khususnya dress batik yang memberikan kesan feminim dengan tema Nusantara. Aneka pakaian batik bisa Anda dapatkan diberbagai lokasi di Jogja, salah satunya di sekitar Malioboro.

Tas Dowa

oleh oleh khas jogja untuk wanita
via: tasrajutjogja_original (instagram)

Tas Dowa (Dowa Bag) merupakan jenis tas oleh-oleh khas Jogja untuk wanita yang didesain berbasis rajutan. Uniknya, tas ini dibuat dengan menggunakan tangan secara langsung, tanpa menggunakan mesin modern. Dengan mengandalkan keahlian tangan, para pengrajin merajut benang nilon dengan tambahan kain furing hingga membentuk tas rajut dengan berbagai model dan motif.

Para wanita banyak menggunakan tas souvenir Jogja ini karena dinilai memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang membuat penampilannya lebih feminim.

Jadi, itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga dan sahabat di rumah. Silahkan artikel ini Anda share, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya ya. Makasih!

 

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *