Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

17+ Oleh-Oleh Khas Kediri Pare Jawa Timur yang Terkenal

2 min read

oleh-oleh khas kediri

Oleh-oleh khas Kediri – Kediri dikenal juga dengan sebutan Kota Tahu. Hal ini karena Kediri menjadi kota di Jawa Timur sebagai penghasil Tahu. Kota ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain menyajikan pesona wisata kediri yang menakjubkan, Anda juga bisa menikmati kuliner di Kediri. Tak lupa membeli oleh-oleh khas Kediri saat Anda berlibur kesana.

Oleh Oleh Khas Kediri yang Terkenal

Tak perlu bingung membelikan oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah. Anda bisa membeli beberapa makanan khas Kediri berikut yang sudah dirangkum oleh silausurya.com.

1. Tahu Pong

oleh-oleh khas kediri

Sebagai kota penghasil Tahu, kediri punya makanan khas yang paling terkenal yaitu Tahu Pong. Sekilas, Tahu Pong memiliki bentuk yang sama dengan tahu-tahu pada umumnya yakni berwarna coklat. Bedanya, Tahu Pong ini berongga di dalamnya seperti ruang kosong, sementara tahu pada umumnya memiliki isian tahu berwarna putih.

Saat berkunjung ke Kediri, jangan lupa menikmati sajian Tahu Pong, salah satunya di Takwa Bahkacung yang berada di Jl. Trunojoyo No.59 atau Toko Tahu Pong yang terletak di Jl. Yos Sudarso No. 36. Tahu Pong biasanya disajikan dengan sambal petis atau dimakan langsung dengan lalapan cabe rawit.

2. Gethuk Pisang

oleh oleh khas kediri pare
via: anii_ainy (instagram)

Gethuk tak hanya terdapat di Magelang saja. Kediri juga memiliki Gethuk khas yang diolah dari bahan utama buah pisang. Berbeda dengan Gethuk pada umumnya yang dibuat dari singkong.

Cara pembuatannya memang hampir sama dengan gethuk singkong. Dimana buah pisang dibuat menjadi sebuah adonan, dengan ditambahkan gula merah/gula jawa dan dibungkus menyerupai lontong.

Gethuk pisang mempunyai rasa manis legit, cocok untuk Anda yang menyukai rasa manis. Kunjungi outlet pusat oleh-oleh di Kediri seperti Pusat Oleh-Oleh Kediri 99 yang berada di Jalan Tinalan 4 Barat.

3. Tahu Takwa

oleh oleh khas kediri yang terkenal

Tahu yang diproduksi di Kediri diolah dalam beragam makanan, salah satunya Tahu Takwa. Tahu yang berwarna kuning ini menjadi salah satu tahu yang paling terkenal. Tak kalah dengan Tahu Pong yang juga menjadi oleh-oleh khas Kediri.

Anda memang bisa menemukan banyak tahu kuning diberbagai kota. Namun, tahu kuning yang merupakan makanan khas Kediri ini mempunyai tekstur yang lebih padat. Walaupun demikian, saat digoreng akan terasa gurih dan lembut dibagian dalamnya.

Untuk dijadikan oleh-oleh, tahu kuning ini biasanya dibungkus dengan wadah yang terbuat dari bambu. Saat ke Kediri, mampirlah ke gerai oleh-oleh khas Kediri, salah satunya di Toko Oleh-Oleh Kediri Pusat Tahu Taqwa yang berada di Jl. Pattimura No.46.

4. Kripik Bekicot

Kalau Anda ke Cilacap, Anda akan menjumpai oleh-oleh bernama keripik ikan layur. Nah di Kediri ini Bekicot atau siput malah dijadikan makanan keripik yang lezat. Unik bukan? Bekicot atau siput memang banyak dijumpai di daerah-daerah yang lembab. Hewan ini memiliki lencir dan cangkang yang digunakan sebagai rumahnya. Banyak orang yang merasa geli dan jijik ketika melihat bekicot.

Namun, tahukah Anda bahwa di Kediri bekicot dijadikan sebagai olahan makanan yang khas. Bekicot diolah menjadi keripik yang memiliki rasa gurih dan lezat. Camilan bekicot ini termasuk kategori oleh-oleh khas Kediri yang tahan lama. Kunjungi pusat outlet oleh-oleh, salah satunya Pusat Oleh-Oleh Kediri Jawa Timur 99 yang berada di Jalan Tinalan 4 Barat.

Nah, itulah 4 rekomendasi oleh-oleh khas Kediri Pare yang bisa Anda bawa pulang. Namun, tak hanya makanan lho yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga. Kediri juga punya berbagai barang-barang istimewa yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Oleh Oleh Khas Kediri Selain Makanan

1. Batik Kediri

oleh-oleh khas kediri jatim
via: batik_vie (instagram)

Dengan uang mulai dari Rp 30.000’an, Anda sudah bisa membeli Batik khas Kediri sebagai oleh-oleh. Batik khas Kediri ini memiliki motif Bolleches yaitu kumpulan titik-titik. Ini melambangkan sejarah dimana rakyat Kediri bersatu saat dijajah Belanda.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Malang

2. Tenun Ikat Bandar

pusat oleh oleh khas kediri

Bukan hanya batik, Anda juga bisa membali kain tenun ikat Bandar sebagai buah tangan untuk keluarga. Anda bisa mendapatkan kain tenun ini di daerah Mojoroto-Kediri. Disana banyak pengrajin kain tenun Bandar yang bahkan di ekspor ke luar negeri seperti Amerika dan Jepang. Kain ini dijual dengan harga cukup tinggi yaitu sekitar Rp 150.000,00.

Barang-Barang Souvenir

1. Souvenir Tempurung Kelapa

Jenis oleh-oleh yang bukan makanan selanjutnya yaitu souvenir. Uniknya, souvenir ini dibuat dari tempurung kelapa dibuat dalam beraneka ragam wujud. Mulai dari mangkong, ceret, cangkir, dan berbagai perabotan rumah tangga lainnya. Souvenir ini dijual dengan harga beraneka ragam, mulai dari Rp 30.000’an.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Magelang

2. Jenitri

Ingin membelikan oleh-oleh untuk teman-teman di kantor? Selain membawakan mereka makanan, Anda bisa juga memberikan gelang etnik yang cukup unik kepada mereka. Saat Anda berlibur ke Kediri, jangan lupa membeli gelang jenetri yaitu gelang yang dibuat dari biji-bijian kering. Anda bisa mendapatkan gelang ini dengan harga mulai dari Rp 3.000’an saja.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Kediri yang bisa Anda bawa pulang, baik berupa makanan maupun souvenir unik.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *