Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Lampung Kekinian dan Terdekat

3 min read

oleh-oleh khas lampung

Oleh-oleh khas Lampung – Pernahkah Anda berlibur ke Lampung? Dimana tempat favorit Anda? Lampung merupakan salah satu kota yang berada di pulau Sumatera. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi, seperti Pantai Klara, Pantai Sari Ringgung, Pulau Pahawang, Taman Nasional Way Kambas hingga Pantai Pasir Putih.

Namun, tak hanya menikmati keindahan wisata saja, saat Anda berlibur ke Lampung, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh untuk teman dan keluarga Anda di rumah.

Selain rasanya yang lezat dan nikmat, makanan dan kuliner khas Lampung dikenal dengan harganya yang sangat terjangkau. Apa sajakah itu? Mari kita simak!

Oleh-Oleh Khas Lampung Kekinian

Berikut ini adalah beberapa deretan oleh-oleh khas Lampung kekinian sekaligus terdekat yang sudah dihimpun oleh silausurya.com untuk Anda.

Kemplang Khas Lampung

oleh-oleh khas lampung
id.tokopilpres.com

Kemplang khas Lampung ini memang tampak serupa dengan kerupuk amplang khas Palembang yakni terbuat dari ikan tenggiri. Jajanan ringan ini begitu disukai masyarakat setempat atau wisatawan luar karena rasanya yang gurih dengan sambal pedas yang begitu khas.

Uniknya lagi, kemplang tersebut digoreng bukan dengan minyak goreng, namun menggunakan pasir yang dipanaskan di atas penggorengan. Makanan ini dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni dengan Rp 25.000’an. Dengan uang segitu Anda sudah bisa mendapatkan kemplang dengan kemasan cukup besar.

Keripik Pisang Khas Lampung

oleh oleh khas lampung timur
trytiyor.blogspot.com

Siapa sih yang tak suka keripik pisang? Jajanan yang satu ini menjadi oleh-oleh khas Lampung paling favorit yang banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Lampung. Keripik pisang dengan irisan yang sedikit tebal dengan balutan berbagai varian rasa, membuat makanan ini terasa lezat.

Ada banyak varian rasa yang bisa Anda coba, mulai dari cokelat, keju, balado, durian, strawberry, dan masih banyak lainnya. Anda bisa membawa pulang keripik pisang khas Lampung dengan harga mulai dari Rp 25.000’an. Murahkan? yuks beli!

Lempok Durian Khas Lampung

oleh oleh khas lampung kekinian

Sebagian dari Anda mungkin merasa asing dengan makanan yang satu ini. Di pulau Jawa, Lempok dikenal dengan sebutan jenang atau dodol jawa. Lempok durian juga merupakan jenang khas Lampung dengan cita rasa durian.

Camilan ini menjadi oleh-oleh khas Lampung yang banyak dicari dan dibawa pulang lho, khususnya bagi para pecinta durian.

Pasalnya, lempok durian dibuat dari durian asli yang dibuang bijinya. Daging durian diolah hingga menjadi jenang atau dodol. Aroma khas durian dengan tekstur yang lembuat dan manis legit, membuat banyak orang mengincar makanan ini saat ke Lampung.

Harganya pun sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan lempok durian ini dengan harga mulai dari Rp 35.000’an.

Pie Pisang Khas Lampung

oleh oleh khas lampung yen yen

Selain diolah menjadi keripik pisang, masyarakat di Lampung juga mengolah pisang menjadi olahan lain. Pie pisang menjadi makanan khas Lampung yang dibuat dari bahan utama pisang dengan tambahan berbagai isian mulai dari kacang almon, cokelat, oreo, hingga keju. Anda bisa menjadikan pie pisang Lampung sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Selain rasanya yang lezat, pie pisang ini harganya sangat terjangkau. Untuk setiap 1 pie berukuran kecil dijual dengan harga sekitar Rp 5.000’an. Selain itu, makanan khas Lampung ini juga bisa bertahan 3 hingga 5 hari lamanya, sehingga cukup awet dijadikan oleh-oleh luar kota.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bali

Lapis Legit Khas Lampung

oleh oleh khas lampung terdekat

Anda juga bisa membawa pulang makanan khas Lampung lapis legit. Kue basah ini merupakan sebuah jenis kuliner warisan Belanda yang hingga saat ini masih eksis dimana-mana. Sebenarnya, lapis legit bisa Anda temukan di berbagai daerah, tapi lapis legit khas Lampung ini sangat lezat dan lembut.

Untuk mendapatkan makanan ini, Anda harus mengeluarkan uang cukup tinggi hingga Rp 300.000,00 per 350 gram. Walaupun mahal, Anda tak akan dikecewakan dengan rasanya yang bikin ketagihan.

Dodol Pandan Khas Lampung

Tak hanya dodol durian atau lempok durian yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk Anda pecinta makanan manis. Dodol pandan juga layak lho dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Proses pembuatannya, sama seperti membuat dodol Jawa pada umumnya.

Namun, yang membedakan adalah tambahan pandan untuk memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Makanan khas Lampung ini dijual dengan harga sangat terjangkau, yakni kisaran Rp 20.000’an.

Kerupuk Udang

publicinsta.com

Kerupuk udang cocok dijadikan camilan ringan saat bersantai bersama orang-orang tercinta. Ini merupakan oleh-oleh khas Lampung khususnya daerah Lampung bagian Barat. Camilan ini dibuat dari bahan dasar daging udang yang sudah digiling dan dicampur dengan tepung tapioka hingga menjadi adonan untuk membuat kerupuk.

Rasanya yang gurih, renyah, dan rasa udang membuat kerupuk ini disukai masyarakat. Tak ketinggalan para wisatawan luar daerah juga memborong kerupuk udang ini sebagai oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan kerupuk udang dengan harga sekitar Rp 30.000’an.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Tangerang

Kerupuk Cumi

Satu lagi nih, makanan khas Lampung yang cocok dijadikan oleh-oleh. Kerupuk cumi bisa dijadikan camilan langsung maupun lauk makanan. Rasanya yang renyah, gurih, dan cita rasa cumi menjadi daya tarik tersendiri dari kerupuk ini.

Tak heran jika banyak orang yang mencari kerupuk cumi untuk oleh-oleh. Bukan hanya lezat, tetapi kerupuk cumi juga bergizi karena mengandung protein, asam amino, Omega 3, dan Vitamin B yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Berapa harga jualnya? Jangan khawatir karena dengan uang Rp 30.000’an, Anda sudah bisa membawa pulang kerupuk cumi khas Lampung ini.

Gimana? Sudah menentukan oleh-oleh khas Lampung kekinian sekaligus terdekat apa saja yang akan Anda beli? Pilih sesuai selera dan bugdet yang Anda miliki.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *