Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Madiun Jawa Timur yang Murah + Terkenal!

4 min read

oleh oleh khas madiun jawa timur

Oleh-oleh khas Madiun – Kota Madiun merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, yaitu tepatnya di 111 km sebelah timur Kota Surakarta dan 160 km sebelah baratnya Kota Surabaya.

Madiun banyak dijuluki orang-orang sebagai Kota Brem. Ya, karena Kota Madiun ini penghasil utama oleh-oleh khas madiun bernama brem. Selain dijuluki sebagai kota Brem, Madiun juga banyak dijuluki orang-orang sebagai Kota Gadis, Kota Pecel, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Budaya, Kota Sastra dan Kota Industri.

Ternyata Kota Madiun mempunyai keunikan tersendiri ya. Selain mempunyai julukan-julukan banyak seperti itu, ternyata Kota Madiun juga menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang sangat sayang jika tidak dikunjungi. Tempat-tempat wisata itu misalnya Wisata Alam Grape, Taman Bantaran Kali, Wisata Umbul Square, Waduk Bening Widas Saradan, Sun City & Theme Park dan Air Terjun Krecekan Denu.

Oiya, jika Anda melakukan wisata ke Madiun, berkunjunglah ke tempat-tempat wisata tersebut dan jangan lupa setelah itu nikmatilah makanan khas Madiun dan Kuliner Madiun serta bawalah pulang kuliner khas Madiun biar wisata Anda semakin lengkap.

Oleh Oleh Khas Madiun Apa Saja?

Disini silausurya.com akan memberikan informasi kepada Anda tentang apa saja oleh-oleh khas Madiun yang sangat recomended untuk Anda beli. Langsung saja yuks simak ulasannya berikut ini!

Brem

oleh-oleh khas madiun
bukalapak.com

Oleh-oleh khas Madiun yang pertama adalah brem. Brem memang benar-benar menjadi ikon kota Madiun. Sehingga siapa saja yang datang ke kota Madiun, sudah dipastikan akan membeli makanan brem ini.

Karena dengan teksturnya yang halus, kering, padat, ringan dan berwarna kekuning-kuningan, menjadikan brem ini sangat enak dan nikmat ketika dimakan. Apalagi ketika brem ini dimasukkan ke dalam mulut, maka dilidah akan timbul rasa dingin semriwing.

Brem dibuat dari bahan dasar beras ketan. Proses dalam pembuatan makanan khas Madiun ini sungguh sangat ribet dan lama. Pertama-tama beras ketan harus dimasak terlebih dahulu sampai kemudian difermentasi menggunakan ragi. Setelah itu beras ketan yang sudah difermentasikan itu akan berubah menjadi tape ketan.

Tidak cukup sampai disini saja, namun tape ketan yang sudah jadi ini diperas, diambil sari tapenya. Kemudian tape ketan ini dimasak lagi sambil dicampur dengan bahan-bahan penyedap sampai matang. Setelah itu barulah dicetak sampai dingin dan mengeras. Jadilah makanan khas Madiun Brem.

Brem Madiun yang terkenal yaitu merk Suling Mas dan Mirasa. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Madiun ini di pusat pembuatannya yang berada di Desa Kaliabu dan Bancong. Untuk varian rasa, ada rasa buah dan rasa coklat. Rp. 15 ribu Rupiah.

Sambal Pecel Mbah Danoen

oleh oleh khas madiun mirasa
bukalapak.com

Madiun memang terkenal dengan kuliner sambal pecelnya, makanya Madiun juga dijuluki sebagai Kota Pecel. Pecel Madiun berbeda dengan pecel pada umumnya. Namun pecel Madiun benar-benar memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki pecel-pecel ditempat lain.

Rasa khas sambal pecel Madiun ini terletak dari jeruk purutnya. Dengan penambahan jeruk perut pada bumbu kacangnya, maka makanan khas Madiun ini mempunyai aroma yang khas dan sungguh sangat menggoda.

Nah, bumbu pecel khas Madiun ini telah dimiliki oleh Mbah Danoen. Mbah Danoen sendiri adalah pemilik racikan bumbu pecel khas Madiun yang legendaris. Sejak tahun 1978 bumbu pecel Mbah Danoen sudah dikenal masyarakat Madiun dan luar Madiun. Sekarang usaha sambal pecel Mbah Danoen ini diwarisi oleh anak-anaknya secara turun-temurun.

Tetapi di Madiun, banyak merk sambal-sambal pecel yang juga enak dan lezat tidak kalah rasanya sama sambal pecel Mbah Danoen, seperti sambal pecel buatan Mirasa, buatan Bu Jalil, Asli Selo dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan kuliner Madiun ini di toko oleh-oleh khas Madiun yang ada di kota Madiun.

Bluder Cokro

oleh oleh khas madiun apa saja
matakepri.com

Nah, inilah oleh-oleh khas Madiun yang paling populer dan paling dicari wisatawan. Namanya roti bluder cokro. Usaha bluder cokro dimulai tahun 1989 sampai sekarang di alamat Jl. Cokroaminoto no. 36 Madiun.

Roti bluder cokro mempunyai tekstur yang lembut dan empuk. Ada banyak varian rasa, ada rasa original, kismis, cokelat, keju, kacang, green tea, nanas, blueberry, strawberry, gold cheese, tiramisu, ovomaltin, smooked beef dan abon sapi atau ayam.

Dalam pembuatannya, pabrik bluder cokro sangat memperhatikan kualitas dan kebersihan makanan. Oleh karena itu bluder cokro sekarang sudah terdaftar di BPOM Indonesia dan lebih bagusnya lagi juga terdaftar di MUI.

Makanan khas Madiun yang satu ini memang benar-benar tidak boleh dilupakan begitu saja oleh para wisatawan yang datang ke Kota Madiun. Anda bisa membeli oleh-oleh khas ini langsung ke tokonya di alamat Jl. Hayam Wuruk No. 51-53, Madiun. Harga bluder cokro Madiun ini yaitu mulai Rp. 10 ribu Rupiah.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bandung

Kerupuk Puli Khas Madiun

oleh oleh khas madiun jawa timur
hargano.com

Oleh-oleh khas Madiun yang satu ini namanya kerupuk puli cap telor walet. Orang-orang biasa menyebutnya gendar lempeng. Makanan kerupuk puli ini terbuat dari nasi matang yang sudah dicampur dengan bumbu-bumbu khas seperti bawang putih, ketumbar, kaldu ayam, sedikit minyak goreng dan garam.

Kemudian nasi ini diulek dan dibuat adonan. Lalu kemudian dibentuk lempengan pipih dan dikeringkan dibawah terik sinar matahari. Setelah kering baru digoreng.

Kuliner madiun ini mampu bertahan lama, yaitu tahan sampai 1 tahun. Sebab makanan ini berbentuk camilan kering. Selain itu proses pembuatan kerupuk puli ini sama sekali tidak dicampur dengan bahan pengawet dan semisalnya, jadi tetap aman dikonsumsi siapa saja.

Makanan kerupuk puli cap telor walet ini sudah terdaftar di IPRT dan DINKES. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas di Kota Madiun dengan harga Rp. 20 ribu saja.

Oleh Oleh Khas Madiun Mirasa

Madu Mongso Khas Madiun

oleh oleh khas madiun brem
shopee.co.id

Jajanan khas Madiun ini bernama madu mongso. Madu mongso di Madiun yang terkenal adalah merk mekar dadi. Oleh-oleh khas ini terbuat dari bahan dasar beras ketan hitam yang sudah ditanak sampai matang di dalam dandang.

Kemudian beras ketan hitam yang sudah matang tersebut ditaruh di atas tampah agar terkena udara terbuka. Kemudian barulah dilakukan fermentasi dengan menaburkan ragi di atasnya.

Madu mongso ini rasanya manis diiringi rasa asam. Ketika dikunyah, terasa di mulut sedikit agak kasar namun tetap lembut karena memang terbuat dari beras ketan hitam. Madu mongso ini bisa Anda beli di pusat oleh-oleh khas madiun dengan harga relatif murah yaitu Rp. 30 ribuan.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bogor

Pentol Corah

bukalapak.com

Makanan khas Madiun ini bernama pentol corah. Oleh-oleh khas Madiun ini unik karena terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka yang dibalut dengan kulit tahu. Unik bukan?

Biasanya kuliner Madiun ini disajikan bersama cocolan ulekan sambal pedas dan tomat. Oleh karena itu bagi pecinta rasa pedas, makanan khas ini sangat cocok bagi Anda.

Camilan ini tersedia banyak di toko oleh-oleh. Dijual dengan harga murah Rp. 5 ribuan per bungkusnya.

Mimosa Lemon Squash

via: simplymartmadiun (instagram)

Ini adalah minuman khas Madiun, namanya mimosa lemon. Oleh-oleh khas yang berupa minuman ini sangat lezat dan nikmat jika diminum dalam keadaan dingin dan dicampur dengan biji selasih. Sangat segar dan fresh di tenggorokan.

Minuman ini berwarna hijau. Ciri khas rasa dari sirup ini yaitu rasa jeruk lemon. Anda bisa membeli sirup mimosa ini di toko oleh-oleh mirasa yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 210, Madiun. Harga sirup ini yaitu Rp. 12.500 Rupiah saja.

Demikianlah oleh-oleh khas Madiun yang bisa Anda beli saat berkunjung ke sana. Selamat menikmati!

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *