Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Magelang, Jajanan dengan Cita Rasa Unik Kekinian!

3 min read

Liburan terasa kurang lengkap jika tak membawa pulang oleh-oleh, seperti saat berlibur ke Magelang. Selain mengunjungi tempat wisata seperti Candi Borobudur, rasanya perlu juga membeli oleh-oleh khas Magelang untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Oleh-oleh apa saja yang harus dibeli? Berikut ini oleh-oleh khas Magelang kekinian yang silausurya.com rekomendasikan untuk Anda.

Oleh Oleh Khas Magelang Jawa Tengah

Getuk Trio

oleh-oleh khas magelang

Getuk merupakan makanan khas dari Jawa Tengah, Magelang. Makanan ini dibuat dari bahan dasar singkong yang diolah dengan tambahan gula, sehingga tercipta cita rasa yang manis dan tekstur empuk. Salah satu getuk yang menjadi makanan khas Magelang yaitu Getuk Trio yang dibungkus dengan box bambu atau besek.

Bisa dibilang getuk tergolong sebagai kue basah, sehingga tidak bisa bertahan lama. Hanya mampu bertahan selama 2 hari sejak Anda membelinya. Hal ini karena pembuatan getuk tidak ditambahkan bahan pengawet apapun. Getuk Trio bisa Anda beli diberbagai pusat oleh-oleh di Magelang, salah satunya yang berada di Jl. Mataram N0. 47, Magelang.

Gethuk Bolen

oleh oleh khas magelang

Bukan hanya Getuk Trio, Anda juga bisa menjadikan Gethuk Bolen sebagai oleh-oleh khas Mageleng lho. Jangan khawatir dengan rasanya, Gethuk Bolen memiliki cita rasa yang gurih dan manis.

Tak seperti gethuk lain yang terbuat dari singkong saja, jajanan Gethuk Bolen ini cukup unik karena dilapisi dengan puff pastry. Kalau biasanya bolen diisi dengan pisang di dalamnya, ini justru gethuklah yang menjadi isian bolen, sehingga disebut sebagai Gethuk Bolen.

Dimana bisa membelinya? Anda bisa membeli Gethuk Bolen di toko oleh-oleh Fiori Bakery & Patisery yang berada di Jl. Pangeran Diponegoro No. 17. Atau bisa juga berkunjung ke pusat oleh-oleh lainnya  yang berada di Wilayah Magelang.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Malang

Slondok

oleh oleh khas magelang jawa tengah

Para millenial pasti suka makanan ringan sebagai camilan di waktu santai. Nah, slondok ini nih cocok bagi Anda para millenial, bisa dijadikan sebagai oleh-oleh kekinian saat berkunjung ke Magelang.

Slondok dibuat dengan bahan dasar singkong yang diolah hingga menjadi seperti kerupuk yang gurih. Ada banyak varian yang bisa dipilih, diantaranya original (asin gurih), balado, dan keju.

Anda bisa menemukan slondok diberbagai pusat oleh-oleh Magelang, salah satunya di gerai Slondok Mentah Magelang di Jl. Sunan Kalijogo dan Slodok Matahari Magelang di Tanjung Anom. Beli sebanyak-banyaknya sebagai oleh-oleh, karena makanan ringan ini mampu bertahan lama.

Photil

toko oleh-oleh khas magelang

Masih dengan bahan dasar Singkong, Magelang juga memiliki oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang yaitu Potil. Kerupuk dengan cita rasa gurih dan renyah ini bisa dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh khas Magelang.

Untuk membeli Potil, Anda bisa mengunjungi berbagai toko pusat oleh-oleh Magelang. Anda bisa membeli dalam jumlah yang banyak karena Potil dapat bertahan lama hingga berhari-hari.

Grubi

makanan oleh oleh khas magelang

Suka dengan makanan manis dan gurih? Anda bisa mencoba membeli Grubi saat berkunjung ke Magelang. Grubi menjadi salah satu makanan khas kekinian yang cocok dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan lama.

Makanan ini dibuat dari bahan dasar ubi jalar yang diparut lembut dan dibentuk menjadi bola-bola, kemudian digoreng. Proses pembuatannya tak lepas dari gula Jawa yang membuat cita rasa manis khas Jawa semakin terasa.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli Grubi, Anda bisa mengunjungi gerai Sentra Grubi Kerang Mas yang berada di Peten Dawung, Tegalrejo Magelang maupun di gerai oleh-oleh lainnya. Jadikan Grubi sebagai oleh-oleh khas Magelang yang kekinian dan cocok dijadikan camilan santai.

Permen Tape

Tape merupakan kuliner tradisional yang terbuat dari beras ketan yang difermentasikan. Makanan ini umumnya sejenis makanan basah, dimana air tape cenderung lengket. Namun, kini tape diolah menjadi olahan yang unik yaitu dalam bentuk permen. Permen tape lebih simpel dijadikan oleh-oleh karena termasuk makanan kering, yang mudah dibawa kemana-mana dan bertahan lama.

Kuliner ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, khususnya bagi Anda yang ingin memberikan oleh-oleh makanan dengan cita rasa manis legit. Anda bisa memborong tape permen diberbagai gerai oleh-oleh di Magelang, bahkan banyak toko online yang menjual jajanan ini.

Namun, pastikan bahwa keluarga atau sahabat Anda tidak memiliki alergi terhadap tape, karena beberapa orang memiliki reaksi negatif (alergi) setelah mengonsumsi tape.

Wajik Salaman Khas Magelang

oleh oleh khas magelang
via: wajiksalaman (instagram)

Seperti layaknya di kota Tangerang ada oleh-oleh bernama Gipang Tiga Bunda yang berbahan dasar beras ketan, maka di Magelang juga ada oleh-oleh berbahan dasar beras ketan bernama wajik. Wajik adalah makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Nah, di Magelang ada oleh-oleh yang terkenal bernama wajik salaman milik Ny. In. Wajik salaman buatan Ny. In ini sungguh sangat enak dan tidak bikin eneg. Rasanya manis dan gurih, serta tidak lengket di mulut.

Ny. In melalui tangannya yang terampil mampu memproduksi jajanan wajik ini sejak tahun 1967 hingga ia meninggal tahun 1989. Kemudian usaha produksi oleh-oleh wajik ini diteruskan oleh anaknya bernama bapak Gunawan.

Makanan wajik salaman ini telah mendapatkan piagam penghargaan bintang satu dari BPOM  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan penghargaan bintang satu ini, wajik salaman sudah menjadi makanan yang terdaftar dan diakui kualitasnya oleh BPOM.

Untuk mendapatkan jajanan wajik ini, Anda harus pergi ke toko satu-satunya milik bapak Gunawan yang berada di Jl. Raya Salaman tepat tidak jauh dari Pasar Salaman. Karena bapak Gunawan sendiri tidak membuka cabang toko, oleh karena itu jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Magelang ini, Anda wajib datang ke alamat tersebut.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Tegal

Buntil Daun Talas

oleh oleh khas magelang jawa tengah
hotsta.org

Buntil biasanya dibungkus dengan daun pepaya. Berbeda dengan buntil yang ada di Magelang. Buntil khas Magelang dibungkus dengan daun talas. Makanan buntil ini biasanya disajikan dengan kuah pedas dan beserta bumbu-bumbu lainnya. Sehingga cocok disantap bersama nasi.

Umumnya daun talas yang digunakan untuk membungkus makanan buntil ini, dipilih daun talas yang masih muda. Biasanya isian dari kuliner Magelang ini yaitu petai, udang dan parutan kelapa. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda tidak perlu menggunakan peralatan masak yang ribet. Cukup dengan peralatan sederhana saja, Anda sudah bisa memasak makanan buntil ini.

Tape Ketan Bu Upy

Namanya tape ketan Bu Upy. Tape ketan ini adalah makanan khas Magelang tradisional. Lewat tangan Bu Upy, tape ketan ini diolah menjadi jajanan yang enak serta banyak diminati masyarakat Magelang.

Tape ketan ini berbahan dasar beras ketan dengan manis gula alami. Sama sekali tanpa pemanis buatan dan bahan pengawet. Warna hijau tidak dibuat dari pewarna buatan, namun warna hijau itu dihasilkan dari rendaman alami daun katuk.

Harga per kilonya dijual Rp. 40 ribu. Makanan ini bisa Anda dapatkan di Pusat oleh-oleh khas Magelang.

Gimana? Sudah menentukan oleh-oleh khas Magelang yang ingin Anda beli? Kunjungi beberapa gerai atau pusat oleh-oleh khas Magelang untuk membeli oleh-oleh yang Anda inginkan untuk keluarga dan sahabat di rumah. Sebelum membelinya, lihat dulu daya tahan makanan yang ingin dijadikan oleh-oleh. Pastikan makanan tersebut memiliki daya tahan lama.

 

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *