Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Makassar yang Bikin Wisatamu Berkesan

3 min read

oleh oleh khas makassar

Oleh-oleh khas Makassar – Tak hanya diburu karena keindahan alamnya, Makassar juga kerap dijadikan destinasi wisata karena kulinernya. Banyak makanan lokal yang cocok dijadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung kesana. Penasaran apa saja olahan makanan khas Makassar? Yuks kita simak!

Oleh Oleh Khas Makassar Kekinian

Tak perlu bingung lagi, kamu bisa membeli beberapa oleh-oleh berikut ini untuk sahabat dan keluarga di rumah!

1. Bannang-Bannang

oleh oleh khas makassar
sintawismasari (instagram)

Bannang-Bannang adalah salah satu makanan khas Makassar yang dibuat dari bahan dasar tepung beras dengan tambahan gula merah. Bannang-bannang ini tergolong ke dalam makanan kue kering dengan bentuk seperti benang kusut. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara menggoreng adonan tepung beras yang sudah dicampur dengan gula merah, hingga matang sehingga renyah dan rasanya manis.

Kamu bisa membeli Bannang-Bannang dengan harga mulai dari Rp 25.000’an per bungkus. Salah satu outlet yang menjual yaitu Toko Aneka Oleh-Oleh Makassar yang berada di Jalan Sungai Limboto, No.18, Kec. Ujung Pandang, Makassar.

2. Baruasa

oleh-oleh khas makassar
baruasanenek (instagram)

Dulu kue Baruasa hanya disajikan saat acara tertentu seperti pesta pernikahan, lebaran, atau acara adat panen padi. Namun, kini kamu bisa mendapatkan Baruasa dengan mudah sebagai oleh-oleh khas Makassar. Makanan khas Makassar ini dibuat dari bahan utama tepung terigu yang dibuat adonan bersama kelapa dan digoreng.

Ada dua varian rasa Baruasa yakni rasa gula aren dan gula pasir. Kunjungi salah satu outlet penjual Baruasa di Kue Baruasa yang beralamat di Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar. Kue Baruasa dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000,00 saja.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bandung

3. Deppa Tori

oleh oleh khas makassar kekinian
wonderfultoraja (instagram)

Deppa Tori dibuat dengan bahan utama tepung beras merah dan gula merah yang dibuat adonan. Adonan tersebut dibuat bentuk pipih dan ditaburi biji wijen lalu dipotong kecil-kecil dan digoreng hingga matang. Deppa Tori bisa kamu beli di berbagai pusat oleh-oleh, salah satunya Deppa Tori R3 Putra yang beralamat di Jalan Rajawali, Lorong 6 No.3, Kunjang Mae. Kuliner Makassar ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 30.000’an.

4. Kopi Toraja

oleh oleh khas makassar kekinian
rhenitiffany10 (instagram)

Ada 3 jenis olahan Kopi Toraja yang terkenal yaitu Kopi Arabica, Kopi Robusta, dan campuran antara Kopi Arabica dengan Robusta. Kopi khas Makassar ini memiliki rasa dominan seperti rasa cokelat dan wangi rempah serta kayu manis. Proses pengolahannya menggunakan sistem semi washed atau giling basah (wet hull).

Saat pergi ke Makassar, kamu bisa menjadikan Kopi Toraja sebagai oleh-oleh. Toko Kopi Toraja Makassar bisa kamu temukan salah satunya di Parang Layang, Bontala, Kota Makassar. Dapatkan Kopi Toraja dengan harga terjangkau mulai dari Rp 50.000’an.

5. Sirup DHT

oleh oleh khas makassar online
dhtmakassar (instagram)

Oleh-oleh khas Makassar berupa minuman sirup ini merupakan olahan rumah tangga (handmade) yang sudah melegenda sejak dahulu. Rasa manis pada Sirup DHT bisa menggantikan gula. Penyajiannya bisa langsung dicampurkan dengan air maupun es. Sirup DHT ini memiliki kharakter khas yaitu kental dan beraroma pisang ambon.

Jika tertarik dengan sirup DHT, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 20.000’an per botol. Dapatkan Sirup DHT langsung dari distributornya yang beralamat di Jl. Kerung-Kerung, No.21B, Barana, Kec. Makassar.

6. Dangke

oleh oleh khas makassar kekinian
thechefinbatik (instagram)

Dangke merupakan keju lokal khas Makassar yang dibuat dari bahan utama susu sapi dengan proses pembekuan secara alami atau tradisional. Makanan khas Makassar ini berbentuk seperti tahu dan mempunyai rasa gurih serta nikmat. Berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang kenyal.

Dangke bisa kamu temukan di Rumah Dangke yang beralamat di Bukit Baruga, Jl. Kayu Agung V No.19, Manggala, Makassar. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 30.000’an per kemasan.

7. Kue Kurma

bukalapak.com

Kurma juga bisa diolah menjadi kue dengan cita rasa manis. Kue Kurma khas Makassar dibuat dari bahan utama buah kurma, kacang yang disangrai, tepung maizena, tepung terigu, telur ayam, gula pasir, air, dan wijen. Bahan-bahan tersebut dibuat adonan dan dimasak dengan cara dipanggang.

Jadikan Kue Kurma sebagai oleh-oleh khas Makassar dengan membelinya di salah satu Toko Kurma Makassar yang beralamat di Jalan Bakung 3, Lorong 2, Jl. Asrama H, Sudiang. Oleh-oleh ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 25.000’an per kemasan.

8. Mantao Pare

oleh oleh khas makassar
sukatitip (instagram)

Jangan salah fokus dengan namanya ya, Mantao Pare bukanlah makanan yang berasal dari pare kediri yang identik dengan rasa pahit. Mantao Pare merupakan olahan makanan seperti Bakso dengan rasa gurih dan manis. Kuliner Makassar ini dibuat dari bahan tepung terigu, susu, air, gula, dan ragi. Biasanya disajikan tanpa isian, namun ada juga variasi lain dengan isi daging atau ikan yang digiling halus.

Kamu bisa mendapatkan Mantao Pare diberbagai pusat oleh-oleh, salah satunya di gerai Pusat Oleh-Oleh Mantao Pare yang terletak di Melia I, Tamamaung, Panakkukang, Makassar. Roti Mantao ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 25.000’an per kotak.

9. Sirup Markisa

oleh oleh khas makassar 2020
markisa_bundes (instagram)

Tak hanya makanan, kamu bisa membawa pulang oleh-oleh khas Makassar berupa Sirup Markisa. Proses pengolahan minuman khas Makassar ini dilakukan secara sederhana, yaitu buah markisa yang masih segar (baru dipetik dari pohonnya) dicuci dan dibelah menjadi dua bagian. Selanjutnya, isi buah markisa diblender hingga halus dan ditambahkan air.

Kamu bisa membeli Sirup Markisa dengan harga mulai dari Rp 100.000’an per botol. Jika ingin membeli sirup ini kamu bisa mendatangi market atau pusat oleh-oleh, salah satunya outlet Sirup Markisa Cap Bola Dunia Makassar yang berada di Perum, Citra Sudiang Estate, Blok D2.49 Suite 111 Sudiang.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Madiun

10. Otak-Otak Ikan Tenggiri

otakotakibuellyjkt (instagram)

Otak-otak Ikan Tenggiri khas Makassar memiliki rasa ikan tenggiri yang kuat. Proses pembuatannya cukup simpel yaitu ikan tenggiri dihaluskan, diberi bumbu rempah-rempah, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Oleh-oleh khas Makassar ini bisa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar. Salah satu outlet penjual otak-otak terfavorit yaitu Otak-Otak Ibu Elly yang berada di Jl. Jenderal Sudirman, Makassar. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 35.000’an per kemasan.

11. Krupuk Jintan

bukalapak.com

Camilan ringan ini sebenarnya merupakan kue kering dengan tekstur yang sangat renyah. Makanan ini terbuat dari bahan utama tepung terigu, telur, soda kue, vanili, serta jintan hitam yang khas. Kerupuk Jintan Makassar bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 17.000’an per kemasan. Kamu bisa menemukannya diberbagai pusat oleh-oleh, salah satunya di outlet Kerupuk Jintan Endah yang berada di Jl. Kamboja Blok F 20, Kalegowa.

Sudah tahukan makanan apa saja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Makassar? Demikianlah rekomendasi camilan ataupun jajanan khas Makassar yang bisa kamu beli untuk keluarga dan teman di rumah. Silahkan share artikel ini, jangan lupa cantumkan sumbernya. Makasih!

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *