Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Medan yang Enak dan Lezat

3 min read

Oleh-oleh khas Medan – Rasanya kurang afdol kalau liburan tidak membawa tentengan sebagai oleh-oleh. Saat kamu sedang liburan ke Medan, bawakan keluarga dan sahabatmu di rumah berupa makanan khas Medan untuk mereka. Bingung? Kira-kira makanan apa saja yang cocok untuk mereka? Inilah 10 rekomendasi oleh-oleh dari Medan yang layak dibawa pulang.

Oleh-Oleh Khas Medan yang Tahan Lama

Tak perlu bingung lagi, kamu bisa membeli oleh-oleh yang tahan lama untuk keluarga di rumah.

1. Pia Tamiang

oleh-oleh khas medan
klikeatpost (instagram)

Pia Tamiang menjadi oleh-oleh kekinian dan tahan lama yang bisa kamu bawa pulang. Makanan sejenis kue kering ini dulunya bernama Pia Hou Chen yang dipopulerkan oleh seorang pria keturunan Tionghoa, Gwe Ten Huat. Bahan utama pembuatan Pia Tamiang yaitu tepung, telur, minyak, dan air.

Bahan tersebut dibuat adonan yang kemudian dimasukkan ke dalam cetakan bulat hingga membentuk pia pada umumnya. Kemudian dimasukkan ke dalam oven untuk dipanggang hingga matang. Ada berbagai jenis varian rasa yang bisa dipilih, diantaranya rasa kacang merah dan kacang hitam.

Kamu bisa mendatangi outlet makanan ini di Toko Tamiang Confectionery yang berada di Jl. Tamiang No.16, Sidodadi, Medan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 80.000’an per box.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bali

2. Lomang

oleh oleh khas medan
lomangpanasjaya (instagram)

Lomang khas Medan dibuat dari bahan utama beras ketan putih dan bahan tambahan seperti daun pandan, daun suji, santan kelapa, daun pisang (sebagai pembungkus), garam, dan bumbu lainnya. Lomang memiliki bentuk seperti lontong (nasi yang dimasak dengan cara dipadatkan, kemudian dipotong-potong).

Kuliner Medan bernama lomang ini bisa dimakan dengan lauk pauk atau dimakan langsung karena rasanya sudah gurih. Kamu bisa mendapatkan Lomang sebagai oleh-oleh khas Medan yang tahan lama dan kekinian dengan membelinya di salah satu outlet seperti Lomang Bakar Pak Tanjung yang beralamat di Jl. Setia Budi, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 20.000’an, murahkan?

3. Kopi Sidikalang

oleh-oleh khas medan yang tahan lama
kopipetani (instagram)

Kopi Sidikalang memiliki tekstur yang lebih halus dan rasa yang lebih kompleks. Sedangkan aromanya mirip dengan aroma cokelat dan rasanya sedikit manis. Kamu perlu menyiapkan uang cukup mahal, karena Kopi Sidikalang dijual dengan harga cukup tinggi yakni sekitar Rp 170.000’an untuk ukuran 250 gram.

Harga tersebut sebanding dengan cita rasa dan kelezatan yang bisa kamu rasakan saat menyeduh kopi tersebut. Jika ingin membawa oleh-oleh berupa kopi, kamu bisa berkunjung ke outlet Kopi Sidikalang yang berada di Jl. Kruing, Sekip, Kec. Medan Petisah.

4. Durian Ucok

oleh oleh khas medan selain makanan
novitaanyo (instagram)

Durian Ucok merupakan salah satu outlet oleh-oleh di Medan yang menyediakan aneka jajanan dan makanan yang terbuat dari durian. Mulai dari Durian Kupas, Pancake Durian, Daging Durian, hingga buah durian utuh. Buah durian khas Medan ini memiliki dua rasa yang khas yakni manis legit dan sedikit pahit.

Jika ingin menjadikan olahan durian sebagai oleh-oleh khas Medan, kamu bisa mendatangai kedai Durian Ucok yang berada di Jl. KH Wahid Hasyim No. 30 – 32, Medan. Kamu bisa mendapatkan aneka makanan dari durian dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 60.000’an.

5. Medan Napoleon

oleh oleh khas medan kekinian
syahrina.s (instagram)

Selanjutnya, kamu bisa menjadikan Medan Napoleon sebagai oleh-oleh khas yang tahan lama untuk teman dan keluarga. Jajanan kekinian ini merupakan kue yang memiliki 7 varian rasa yaitu Great Chocolate, Red Valvet, Durian, Cheese, Extra Cheese, Caramel, dan Greantea. Kamu bisa mendapatkan kue medan napoleon dengan harga mulai dari Rp 40.000’an hingga Rp 70.000’an. Kamu bisa mampir ke outlet Medan Napoleon yang berada di Jl. KH Wahid Hasyim No.46/35, Babura, Medan Baru.

6. Kacang Sihobuk

oleh oleh khas medan 2020
ripna_juntak (instagram)

Kacang Sihobuk merupakan camilan khas Medan kekinian yang banyak disukai millenials. Kacang tanah yang digunakan berasal dari pertanian Desa Sihobuk, Tarutang. Proses pengolahannya cukup unik yaitu kacang tanah kualitas terbaik dimasak dalam kuali besar (tanpa dikupas). Kuali yang digunakan untuk memasak sudah diisi dengan pasir.

Kemudian, kacang tanah digongseng (diaduk) hingga matang dan garing. Kacang Sihobuk bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 40.000’an (500 gr). Kamu bisa membelinya diberbagai pusat oleh-oleh khas Medan, salah satunya di Jl. Kapten Muslim No. 141, Dewi, Dwi Kora, Kota Medan.

7. Rujak Brayan

oleh-oleh khas medan di bandara kualanamu
kimhua78 (instagram)

Saat berlibur ke Kota Medan, jangan lupa membeli makanan khas Medan Rujak Brayan. Makanan ini cukup terkenal di Medan dengan rasanya yang lezat dan segar. Rujak Brayan berisi aneka potongan buah segar seperti Bengkoang, Pepaya, Alpukat, Nanas, Kolang Kaling, dan buah lainnya.

Disajikan dengan disiram bumbu saus rujak (manis, asam, pedas) yang sudah didinginkan. Harganya pun sangat murah dan terjangkau yakni mulai dari Rp 10.000’an per kemasan. Kamu bisa mengunjungi kedai Rujak Brayan yang berada di Komplek Cemara Asri, Jl. Boulevard Raya, No. 8MN, Medan.

8. Pancake Durian Mei Cin

meicindurianpancake (instagram)

Oleh-oleh khas Medan yang tahan lama berikutnya yaitu pancake durian mei cin. Pancake durian ini dibuat dari bahan utama buah durian dengan cita rasa dan aroma yang khas. Makanan ini memiliki karakteristik berwarna kuning dengan kulit pancake yang tipis.

Sementara isinya lumayan padat, empuk, dan aroma wanginya menambah kelezatan. Pancake Durian Mei Cin bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 10.000’an untuk ukuran terkecil. Kamu bisa membelinya di salah satu outlet pancake durian yang berada di Jl. Ketapang No. 3 E Medan.

9. Ikan Teri Bajak

youtube.com

Ikan Teri diolah menjadi camilan sekaligus lauk kekinian khas Medan yang disukai banyak orang. Teri diolah menjadi sambal teri yang dikemas dalam kemasan zip lock, sehingga bisa bertahan lama. Perpaduan rasa pedas, manis, dan asin membuat Ikan Teri Bajak menjadi daya tarik yang menggugah selera.

Oleh-oleh khas Medan sambal ikan teri yang tahan lama ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 30.000’an ukuran 150gr. Ikan Teri Bajak khas Medan bisa kamu dapatkan di salah satu outletnya yang berada di Amaliun Foodcourt, Jl. Amaliun, Simpang Raya, Medan Kota.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Palembang

10. Dolung-Dolung Parapat

vivisaria (instagram)

Dolung-Dolung merupakan jenis kuliner Medan yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan makanan ini banyak dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh. Jajanan tersebut dibuat dari bahan utama tepung beras yang dibuat adonan dan diisi dengan gula aren serta kelapa parut.

Rasanya yang empuk, lembut, gurih, dan manis menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa menemukan makanan ini salah satunya di Kota Parapat, khususnya di sepanjang tepi Danau Toba. Dolung-Dolung dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000’an.

Demikianlah daftar nama oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu jadikan referensi, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kamu sudah tidak bingung lagi oleh-oleh apa saja yang akan dibeli ketika di Medan. Jangan lupa share tulisan ini ke teman-temanmu sambil cantumkan sumbernya. makasih!

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *