Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

8+ Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Memiliki Sejuta Rasa

4 min read

oleh oleh khas pacitan

Oleh-oleh khas Pacitan – Kemana tempat liburan yang Anda inginkan? Mungkin Pacitan menjadi salah satu rekomendasi daerah yang bisa Anda kunjungi. Pacitan adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal dengan destinasi wisatanya yang indah. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun asing yang menjadikan Pacitan sebagai tujuan wisata.

Tak hanya bisa menikmati tempat-tempat liburan disana, namun Anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Pacitan untuk keluarga di rumah. Penasaran? Yuk, simak tempat wisata dan oleh-oleh khas pacitan yang sudah silausurya.com rangkum berikut ini!

Tempat Wisata di Pacitan, Jawa Timur

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pacitan untuk berlibur, berikut 5 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Pantai Srau

oleh-oleh khas pacitan

Suka dengan suasana pantai? Maka Pantai Srau bisa dijadikan pilihannya. Pantai ini terletak di desa Candi, Pringkuku atau sekitar 25 km dari daerah Pacitan. Hal yang cukup menarik dari Pantai Srau yakni memiliki 3 pantai sekaligus dengan kekhasannya sendiri. Pantai pertama, berpasir putih halus dengan ombak berbuih putih dan besar.

Sementara, pantai kedua memiliki pasir yang lebih kasar dan dikelilingi oleh batu karang. Di pantai ketiga, tidak seperti pantai pertama dan kedua yang memiliki hamparan pasir, di pantai ketiga ini Anda akan menemukan jejeran batu karang yang bisa digunakan untuk duduk bersantai menikmati pemandangan laut.

Pantai Klayar

oleh oleh khas pacitan
via: afiantoprima10 (instagram)

Warga Pacitan tentu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Klayar. Pasalnya, ini merupakan pantai paling terkenal disana dengan keindahan wisata yang tak diragukan lagi. Jika Anda berkunjung ke Pacitan, jangan lupa mampir ke Pantai Klayar yang terletak di Kecamatan Donoroko atau sekitar 45 km dari Pacitan. Di pantai tersebut, Anda bisa menikmati bunyi seruling laut yang indah dan unik. Bunyi seruling tersebut berasal dari batu karang besar yang bercelah.

Sungai Maron

wisata di pacitan
via: myholiday_myadventure (instagram)

Anda bisa menikmati pemandangan alam layaknya Green Canyon di dalam negeri, tak perlu pergi ke Amerika. Di Pacitan, tepatnya di desa Dersono, Pringkuku, Anda bisa menikmati pemandangan elok ala Green Canyon di Sungai Maron. Sungai tersebut merupakan sumber air dan juga habitat alami bagi ikan dan binatang laut lainnya yang juga dijadikan sebagai lokasi wisata.

Monumen Jendral Sudirman

youtube.com

Mau liburan ke tempat-tempat bersejarah di Pacitan? Anda bisa berkunjung ke Monumen Jenderal Sudirman. Monumen tersebut berada di Pakis Baru, Nawangan. Saat berkunjung ke Pacitan, Anda bisa mengunjungi wilayah tersebut dan melihat patung besar Pahlawan Jenderal Sudirman dihalaman yang sangat luas.

Goa Gong

Terakhir, Anda bisa mengunjungi Goa Gong yang berada di desa Bomo, Punung. Goa Gong ini menjadi goa terindah di Asia Tenggara. Pemandangan stalagtit yang mempesona dan unik patut untuk diabadikan. Di dalam goa ini, ada ruang khusus dimana terdapat batu unik yang jika dipukul akan mengelurkan bunyi gong. Setelah itu Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas goa gong yang dijual di sepanjang rute jalan keluar dari goa gong.

Itulah kelima tempat wisata di Pacitan yang bisa Anda jadikan pilihan ketika berkunjung ke sana. Dan jangan lupa, kalau Anda capek seharian jalan-jalan berwisata, Anda bisa menyewa hotel di Pacitan buat istirahat.

Oleh-Oleh Khas Pacitan

Tak hanya menikmati tempat wisata terindah di Pacitan, liburan Anda semakin lengkap jika membeli oleh-oleh khas Pacitan juga. Nah, berikut ini ada 8 rekomendasi kuliner Pacitan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sahabat dan keluarga di rumah.

Sale Pisang

oleh2 khas pacitan

Sale pisang memang bisa Anda temukan diberbagai market atau pusat oleh-oleh dibeberapa daerah. Namun, saat berkunjung ke Pacitan, Anda wajib membeli sale pisang yang memiliki rasa khas dan tak tertandingi. Uniknya, sale pisang di Pacitan dibentuk menyerupai buah anggur. Pisang yang sudah diolah dan di oven, kemudian dibentuk dan dikemas seperti buah anggur. Camilan ini bisa bertahan hingga 6 bulan dan dibuat tanpa bahan pengawet.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Semarang

Rengginang Manis

oleh oleh pacitan

Rengginang memang dikenal sebagai makanan tradisional khas Jawa. Di Pacitan, Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa rengginang manis khas Pacitan yang mempunyai cita rasa manis gurih. Walaupun dibuat tanpa bahan pengawet, namun rengginang manis Pacitan ini mampu bertahan lama dan tetap renyah selama disimpan dengan baik. Anda bisa mendapatkan rengginang tersebut dalam versi yang sudah matang (sudah digoreng) maupun yang mentah.

Sale Anggur

oleh oleh khas pacitan jawa timur
via: safitriassegaf (instagram)

Ya, sale anggur adalah salah satu oleh-oleh khas Pacitan. Oleh-oleh yang satu ini unik dan menarik. Kenapa menarik? Ya, karena dia dibungkus dengan kemasan warna-warni dan dibentuk bulat kecil-kecil bagaikan buah anggur.

Namanya sale anggur, namun sebenarnya ini adalah sale pisang. Ya, karena sama sekali bahan utama pembuatannya tidak terbuat dari buah anggur sama sekali, namun malah terbuat dari pisang. Dikenal dengan nama sale anggur karena memang bentuknya sengaja dibikin mirip seperti buah anggur.

Makanan ini rasanya manis dan legit. Pokoknya Anda akan ketagihan ketika memakannya. Oiya, Camilan ini mampu bertahan lama sampai 5 bulan. Bahkan kata salah seorang pengusaha pembuat sale anggur ini, semakin lama disimpan maka rasanya akan semakin manis dan legit.

Anda bisa mendapatkan makanan oleh-oleh sale anggur ini di pusat oleh-oleh khas Pacitan yang berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo.

Jenang Sari Rasa Khas Pacitan

sarirasapacitan.blogspot.com

Jenang yang terkenal di Pacitan bernama jenang sari rasa yang di produksi oleh Endang Sugiono. Produksi jenang sari rasa ini dilakukan di rumah beliau yang berada di jl. KH. Maghribi, Arjowinangun, Pacitan. Masyarakat Pacitan sudah pada mengenal makanan yang satu ini karena memang sudah populer di Pacitan.

Jenang sari rasa ini dibuat dari bahan utama tepung beras, santan, gula merah, wijen dan tepung ketan. Karena bahan-bahan inilah jajanan jenang ini memiliki cita rasa yang nikmat yaitu tidak terlalu manis tetapi gurih. Makanan jenang ini dijual dengan harga Rp. 15 ribu.

Olahan Tuna

Pacitan juga terkenal dengan makanan yang diolah dari ikan tuna. Lebih masyhur dengan sebutan seafood pacitan. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, berikut ini beberapa makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh wisata dari olahan tuna.

Tahu Tuna

tahu tuna pacitan

Tahu merupakan salah satu kuliner khas nusantara. Secara umum, tahu dibuat dengan bahan utama kedelai. Namun, di Pacitan Anda akan menemukan jenis tahu yang berbeda yakni dibuat dengan bahan tambahan berupa daging tuna segar. Tahu tuna ini menjadi favorite wisatawan ketika berkunjung ke Pacitan. Rasanya yang empuk dengan cita rasa ikan tuna, tak heran jika makanan ini disukai oleh berbagai kalangan. Ditambah lagi dengan cabai atau saus pedas saat menyantapnya.

Otak-Otak Tuna

kuliner pacitan

Selain tahu tuna, Anda juga bisa menjadikan otak-otak tuna sebagai oleh-oleh khas Pacitan. Kalau biasanya Anda menikmati otak-otak rasa ikan tenggiri, di Pacitan Anda bisa menikmati otak-otak rasa ikan tuna. Selama di Pacitan, Anda bisa menikmati jajanan tersebut diberbagai tempat, atau jika ingin dijadikan oleh-oleh belilah otak-otak yang masih mentah .

Lumpia Tuna

tahu tuna

Apakah keluarga Anda suka dengan lumpia? Anda bisa menjadikan lumpia tuna khas Pacitan ini sebagai oleh-oleh untuk mereka. Untuk lumpia tuna yang bisa di bawa pulang, Anda bisa membelinya yang sudah dibekukan sehingga bisa awet.

Sosis Tuna

makanan khas pacitan

Sosis ayam dan sosis sapi sudah biasa, bagaimana jika mencoba sosis tuna? Sosis tuna merupakan sosis yang dibuat dengan bahan baku ikan tuna. Jika Anda berkunjung ke Pacitan, Anda bisa menemukan makanan ini disana. Anda bisa langsung memesan yang sudah matang atau digoreng maupun yang sudah dibekukan atau masih mentah sebagai oleh-oleh keluarga dan sahabat di rumah.

Martabak Tuna

harga oleh oleh khas pacitan

Ada juga makanan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Pacitan yaitu martabak tuna. Tak kalah dengan martabak pada umumnya, martabak tuna juga memiliki rasa yang manis bahkan lebih gurih. Walaupun martabak tuna merupakan makanan yang siap santap, tapi makanan ini cukup mampu bertahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Sukabumi

Nugget Tuna

oleh oleh khas pacitan jawa timur

Terakhir, yang tak kalah lezat dan menarik dari olahan tuna yaitu nugget tuna. Bagi Anda pecinta nugget, nugget tuna bisa dijadikan pilihan untuk disantap sendiri maupun dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk yang ingin menjadikan nugget ini sebagai oleh-oleh, belilah yang masih mentah dan beku sehingga ketika sampai di rumah, Anda tinggal menggorengnya sebelum disantap.

Bagi Anda yang pulang ke rumah sehabis wisata di Pacitan Jawa Timur dan melewati kota Kediri, maka tidak ada salahnya Anda juga mampir membeli oleh-oleh khas kediri. Jadi bisa membeli oleh-oleh dari dua tempat, yaitu Pacitan dan Kediri.

Gimana, tertarik untuk membawa makanan-makanan di atas sebagai oleh-oleh khas Pacitan untuk keluarga dan teman-teman di rumah? Pastikan membeli oleh-oleh yang cukup agar semua anggota keluarga dan sahabat bisa ikut mencicipi oleh-oleh yang Anda bawakan.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *