Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Palembang yang Tahan Lama dan Harganya!

2 min read

Oleh-oleh khas Palembang – Palembang merupakan salah satu kota di pulau Sumatera. Lokasi wisata yang paling unik di Pulau Sumatera yaitu Jembatan Ampera. Apakah Anda pernah berkunjung kesana? Jika belum, Anda bisa menjadikan Sumatera khususnya Palembang sebagai destinasi wisata yang akan Anda kunjungi di saat musim liburan nanti.

Namun, selain menikmati keindahan wisata Palembang, Anda juga bisa menikmati kelezatan wisata kulinernya. Banyak kok oleh-oleh khas Palembang yang bisa Anda bawa pulang, baik itu makanan maupun souvenir kerajinan tangan. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Oleh Oleh Khas Palembang dan Harganya

Inilah beberapa daftar makanan dan jajanan khas Palembang, lengkap dengan harganya yang sudah dihimpun oleh silausurya.com!

Kemplang

oleh-oleh khas palembang
indo.bestpriceupdate.com

Ini bukan kemplang oleh-oleh khas Lampung, tapi ini adalah kemplang oleh-oleh khas Palembang. Kemplang Palembang berbeda dengan kemplang khas Lampung. Makanan khas Palembang ini menjadi jajanan yang paling banyak dicari wisatawan yang berkunjung ke Palembang. Kerupuk kemplang Palembang dibuat dari bahan utama ikan tenggiri, sehingga memiliki cita rasa yang ikan khas.

Kemplang memiliki ketahanan yang cukup lama, sehingga tidak mudah lembek atau melempem, inilah sebabnya kerupuk kemplang cocok dijadikan oleh-oleh untuk jarak jauh.

Anda bisa mendapatkan kemplang dengan harga mulai dari Rp 27.000’an per kemasan. Setiap kemasan sudah dilengkapi dengan saus/sambal khas yang menggugah selera. Saus sambal ini yang akan membuat kemplang terasa lebih nikmat ketika dimakan.

Pempek

oleh oleh khas palembang
flickr.com

Tak hanya kemplang, di Palembang Anda juga bisa menjadikan pempek sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berbeda dengan pempek oleh-oleh khas Jambi, pempek Palembang lebih memiliki cita rasa ikan tenggiri yang khas, ditambah dengan saus/sambal cukanya yang kuat dan menggugah selera. Namun, jangan terlalu banyak makan sambal cukanya ya, karena bisa merusak gigi.

Meskipun demikian, pempek Palembang ini menjadi ikon kuliner Palembang yang paling banyak dicari pengunjung lho. Mereka bisa menikmati pempek langsung disana yang sudah matang atau membeli yang masih mentah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Palembang untuk teman dan keluarga. Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 60.000’an per kemasan.

Kue 8 Jam

oleh oleh khas palembang dan harganya
via: momshee_kitchen (instagram)

Tahukah Anda, dahulu kue 8 jam merupakan kue bangsawan di zaman dulu. Namanya yang unik ini diambil dari proses pembuatannya yang membutuhkan waktu hingga 8 jam. Kue basah ini dibuat dengan bahan utama telur bebek dan gula, bukan menggunakan tepung. Tak heran jika kue ini benar-benar bertekstur halus, lembut, dan dapat bertahan lama.

Kue khas Palembang yang bernama Kue 8 jam ini dijual dengan harga cukup tinggi yaitu mulai dari Rp 100.000’an. Harganya sebanding kok dengan kelezatan yang akan Anda rasakan saat memakannya. Cocok dijadikan hidangan santai sambil minum teh atau kopi.

Kerupuk Pecah Seribu

oleh oleh khas palembang online
tokopedia.com

Tak hanya dibuat sebagai bahan pempek atau kemplang, namun ikan tenggiri juga diolah menjadi makanan ringan yang dikenal dengan kerupuk pecah seribu. Kerupuk ini berukuran kecil yang cocok dijadikan camilan saat santai maupun sebagai lauk saat makan nasi.

Anda bisa membelinya dengan harga cukup murah yaitu mulai dari Rp 20.000’an. Kerupuk pecah seribu menjadi jajanan khas populer di Palembang yang banyak dibeli masyarakat.

Itulah 4 jenis oleh-oleh khas Pelembang yang cocok untuk teman dan keluarga. Namun, selain makanan, Anda juga bisa membelikan oleh-oleh untuk mereka berupa souvenir.

Oleh-Oleh Khas Palembang Selain Makanan

Souvenir di bawah ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman selain membelikan mereka makanan.

Kain Palembang

oleh oleh khas palembang selain pempek
picbear.org

Anda juga bisa membawa kain Palembang sebagai oleh-oleh. Kain Palembang bercorak tradisional cocok bagi Anda yang suka dengan souvenir unik. Kain tersebut bisa digunakan sebagai aksesoris dalam busana Anda untuk acara tertentu. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 40.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Kain Songket

oleh oleh khas palembang selain makanan
via: palembang_songket (instagram)

Selain kain bercorak tradisional, kain songket khas Palembang juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Palembang. Ini merupakan kain tradisional yang dibuat hasil tenun tradisional. Tak heran jika kain songket dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan kain Palembang biasa yaitu sekitar Rp 750.000 hingga jutaan rupiah.

Tas Cindo

twitter.com

Tampil fashionable adalah idaman setiap orang. Dengan tas Cindo khas Palembang ini, Anda bisa tampil fashionable tanpa menghilangkan unsur nusantara lho. Pasalnya tas ini dibuat dengan memadukan unsur budaya Palembang dan modernitas.

Pembuatan tas ini terinspirasi dari millenials yang tertarik dengan tas branded luar negeri. Dengan skill para pengrajin lokal, tas Cindo tak kalah dengan brand-brand luar negeri. Brand lokal ini dijual dengan harga mulai dari Rp 300.000’an.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bali

Gantungan Kunci

tokopedia.com

Gantungan kunci menjadi salah satu souvenir yang simpel untuk dijadikan oleh-oleh. Umumnya, gantungan kunci ini dibuat dari kain songket dan kain jumputan dengan bentuk beranekaragam alat musik, tas, hingga model dompet kecil.

Harganya juga cukup murah yaitu Rp 35.000’an kemasan. Setiap kemasan biasanya terdapat 10 – 12 biji gantungan.

Nah, itulah oleh-oleh khas Palembang yang bisa Anda beli saat berkunjung kesana, baik makanan maupun souvenir yang unik dan khas.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *