Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Palu yang Memiliki Daya Tarik Wisatawan

4 min read

oleh oleh khas palu sulawesi

Oleh-oleh khas Palu – Walaupun sempat dilanda bencana tsunami dan gempa beberapa waktu lalu, Palu masih jadi destinasi wisata yang menakjubkan bagi banyak orang. Sebut saja Pantai Talise hingga Gunung Matantimali yang tak pernah sepi pengunjung. Tapi, yang tak kalah menarik adalah aneka ragam oleh-olehnya yang sangat enak bagi para pecinta kuliner Palu, karena keistimewaannya yang tiada tara.

Jadi kalau Anda berkunjung ke Palu pastikan untuk memilih buah tangan yang tepat untuk dibagikan pada keluarga dan kerabat. Jangan biarkan keistimewaan Ibukota Sulawesi Tengah ini terabaikan begitu saja.

Oleh Oleh Khas Palu Sulawesi Tengah

Kuliner khas Palu banyak jadi bahan perbincangan, bukan saja karena rasanya yang nikmat dan maknyuss tapi juga karena keanekaragamannya yang unik. Sama halnya dengan kerajinan yang juga sangat indah dan cocok dijadikan koleksi di rumah Anda. Mau tahu apa saja oleh-oleh itu?

1. Sambal Ikan Roa

oleh oleh khas palu
roalimartha (instagram)

Pada umumnya sambal terbuat dari cabe yang dihaluskan dan diberi bumbu lainnya untuk membuat rasa pedas maksimal. Di Palu ada yang namanya sambal ikan Roa. Dimana sambal dicampurkan dengan ikan Roa yang sudah digoreng dan dihaluskan. Rasa khas ikan yang terdapat di perairan Palu ini membuatnya memiliki rasa berbeda dari yang lain.

Kalau Anda ingin menjadikan sambal roa sebagai oleh-oleh, tinggal beli di toko oleh-oleh khas Palu dan sekitarnya, dengan harga berkisar Rp20.000 saja. Untuk keawetannya bisa hingga satu tahun jika disimpan di toples tertutup rapat pada suhu ruangan atau lemari pendingin.

2. Ikan Cakalang Suwir Suwir

oleh oleh khas palu
sofie_localfood (instagram)

Makanan khas Palu yang satu ini juga tak luput dari incaran wisatawan yang datang ke Palu. Perpaduan ikan Cakalang goreng yang di suwir dan di beri aneka bumbu istimewa menjadikannya cocok untuk kudapan atau menu utama makan Anda. Dengan harga mulai Rp. 50.000 saja untuk satu kemasan Anda sudah bisa merasakan sensasi gurih, pedas, manis yang sempurna.

Jangan khawatir tak kebagian oleh-oleh ini, karena hampir semua toko oleh-oleh di Palu menyediakannya untuk dijadikan buah tangan.

3. Keripik Paru Rica Rica

oleh oleh khas kota palu
sofie_localfood (instagram)

Jeroan sapi yang dikeringkan lalu digoreng renyah lalu diberi bumbu pedas rica-rica, menciptakan camilan yang dapat menggoyang lidah. Keripik paru namanya, dan merupakan salah satu makanan khas yang sering jadi pendamping makanan utama warga Palu.

Salah satu pusat oleh-oleh khas Palu yang menjualnya adalah Toko Sofie Local Food Kota Palu. Harga makanan ini dibanderol pada kisaran Rp. 40.000 ke atas. Sesuai ukuran kemasan dan varian rasa yang Anda pilih. Dijamin sekali mencoba akan membuat ketagihan untuk makan terus.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Semarang

4. Kerajinan Tangan Kayu Hitam

oleh oleh khas palu sulawesi tengah
tokopedia.com

Sebagai sentra penghasil kayu Ebony dengan warna hitam dan coklat tuanya yang khas, kerajinan tangan dari kayu ini menjadi salah satu produk yang diincar wisatawan lokal hingga mancanegara. Ada yang dibuat menjadi gantungan kunci, aksesoris dinding, hingga furniture dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 20.000 hingga puluhan juta rupiah.

Untuk membelinya Anda bisa datang ke pusat souvenir khas kayu hitam yang tersebar di Kota Palu, salah satunya ada di Jalan Trans Sulawesi, atau di Surya Ebony Handycraft. Anda tinggal naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi ke lokasi tersebut karena mudah dijangkau.

5. Bawang Goreng

oleh oleh khas palu sulawesi
tigabawang (instagram)

Bawang Goreng Khas Palu punya citarasa beda dari bawang goreng daerah lain, baik dari segi gurihnya yang lebih maksimal, serta aroma bawang yang harumnya semerbak. Bawang goreng khas Palu ini membuat semua makanan yang ditaburi bawang menjadi semakin gurih. Proses pembuatannya tak jauh berbeda dengan pembuatan produk sejenis di daerah lain.

Karena kekhasannya bawang goreng Khas Palu ini maka Anda wajib menjadikannya oleh-oleh untuk dibagikan pada keluarga dan teman kantor. Tinggal datangi saja pusat penjualan oleh-oleh di Palu. Dengan harga puluhan ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan satu toples ukuran besar bawang goreng nikmat ini.

6. Sambal Ikan Cakalang

oleh oleh khas palu sulteng
sofie_localfood (instagram)

Hampir sama dengan sambal ikan Roa, sambal yang satu ini terbuat dari cabe, bumbu dan ikan Cakalang yang dihaluskan. Banyak varian rasa dari sambal ini tergantung tingkat pedas dan gurih yang Anda inginkan.

Dengan harga Rp. 30.000an saja sudah bisa dibawa pulang satu toples sambal yang memiliki rasa khas ikan Palu tersebut. Anda bisa mendapatkannya di toko Sri Rejeki, atau di gerai khusus oleh-oleh khas Palu yang tersebar di berbagai wilayah kota dan pastinya mudah dijangkau dengan kendaraan motor atau mobil.

7. Kopi Jahe Sofie

harga oleh oleh khas palu
sofie_localfood (instagram)

Salah satu toko sekaligus memproduksi oleh-oleh khas Palu yaitu Sofie Localfood. Toko Sofie Localfood menyediakan berbagai jenis kopi Khas Palu. Dari 13 Kecamatan yang ada di Kota Palu, 12 diantaranya merupakan sentra kopi yang olahannya sudah diekspors ke berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Rasa kopinya sangat khas karena terdapat perpaduan rasa legit, dan manis yang sangat pas di lidah.

Banyak jenis kopi yang bisa Anda pilih di gerai Sofie yang terdapat pada Jalan Zebra V Lorong 1 Nomor 5 Tatura Selatan Kota Palu. Harganya juga sangat murah berkisar belasan hingga puluhan ribu saja sesuai jenis dan ukuran kemasannya.

8. Cokelat Banua

pusat oleh oleh khas palu
banuacoklat (instagram)

Olahan coklat khas Sulawesi Tengah yang diperkenalkan tahun 2010 ini sudah menjadi oleh-oleh wajib bagi para wisatawan. Rasanya yang sedikit pahit namun tak menggunakan pemanis buatan dan pengawet, pastinya aman untuk kesehatan. Apalagi varian rasa yang ditawarkan sangat banyak, dari original, keju, kopi hingga rasa cabe.

Berapa harganya? Untuk satu batangan coklat bisa didapat dengan harga Rp. 20.000 hingga Rp. 150.000. penasaran ingin membeli? Datang saja ke Banua Coklat di Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 70 Palu.

9. Beng Beng Kacang

sofie_localfood (instagram)

Namanya saja sudah menggiurkan apalagi rasanya. Camilan yang terbuat dari perpaduan kacang dan gula ini jadi jajanan yang sangat ramai pembeli. Dengan harga berkisar puluhan ribu saja, Anda sudah bisa mendapatkan satu kotak beng beng kacang ini. Sofie Localfood menjadi salah satu toko oleh-oleh khas Palu yang menyediakannya untuk para wisatawan.

10. Sarung Donggala

rattu_jodha (instagram)

Merupakan salah satu kerajinan khas Palu yang berasal dari pengrajin dari Kabupaten Donggala. Pembuatannya dilakukan oleh wanita dengan cara ditenun manual menggunakan alat tradisional. Motifnya sangat unik karena ada yang berbentuk abstrak hingga motif-motif khas Sulawei Tengah.

Karena proses pembuatannya yang sangat detil dan butuh waktu cukup lama, harganya juga terbilang cukup mahal berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pusat Oleh-Oleh Sarung Donggala beralamat di Jalan Mangga, atau Sarung Donggala Fahas di Jalan Jambu Palu. Anda bisa datang ke situ untuk membelinya.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Pacitan

11. Kue Pia Kering Diana

oleholehkhaspalu (instagram)

Hampir sama dengan kue pia pada umumnya. Camilan dari Palu yang satu ini sangat gurih dan nikmat di lidah. Varian rasa yan sangat komplit menjadikannya pilihan oleh-oleh yang juga tak kalah menggiurkan. Harganya juga cukup terjangkau, hanya puluhan ribu saja untuk satu kotak berisi sepuluh atau lebih pia.

Hampir di semua toko oleh-oleh juga menyediakan camilan wajib teman minum kopi sore ini. Anda bisa memborongnya untuk dijadikan buah tangan karena biasanya sudah dikemas dengan sangat cantik.

Jangan bilang kalau Anda bingung mau memilih oleh-oleh khas Palu mana yang akan Anda beli untuk dibawa pulang.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *