Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Papua Jayapura Berupa Makanan dan Souvenir

4 min read

oleh oleh khas papua jayapura

Oleh-oleh khas Papua – Mendengar nama Papua apa yang terbayang oleh Anda? pastinya keindahan Raja Ampat yang kian tersohor hingga mancanegara bukan? Tapi sebenarnya Bumi Cenderawasih itu memiliki banyak ikon lain baik di bidang kuliner maupun kerajinan. Wajar saja jika usai berkunjung ke Papua, banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Bagi orang yang pernah melancong ke provinsi terluas di Indonesia ini memang selalu merindukan untuk datang kembali. Keramahan penduduk hingga wisatanya yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi kalau sudah mencoba makanan khas Papua yang menggugah selera dan juga terpesona dengan pernak-pernik khas Papua, pasti deh ingin berkunjung lagi.

Oleh Oleh Khas Papua Jayapura

Dari sekian banyak produk khas Papua, ada beberapa oleh-oleh yang paling favorit di kalangan wisatawan. Ada yang namanya abon gulung, abon ikan, keladi, sarang semut, sagu, papeda, hingga batik Papua yang berbeda dari batik pada umumnya. Berikut ini silau surya akan memberikan kepada Anda apa saja sih oleh-oleh khas Papua? yuk simak!

Abon Gulung Papua

oleh-oleh khas papua
picpanzee.com

Camilan yang satu ini merupakan perpaduan antara abon daging dengan roti gulung. Terbuat dari tepung, gula, telur, mentega dan pengembang adonan roti kemudian dibaluri abon Papua dan diberi irisan daun bawang. Rasanya sangat nendang di lidah karena ada perpaduan manis gurih yang sempurna.

Untuk memperoleh satu kotak abon gulung Papua berisi 10 buah ini, Anda tinggal merogoh kocek Rp125.000, tinggal memilih mau rasa asin, pedas, atau coklat. Tinggal sekarang Anda datangi toko oleh-oleh khas Papua yang ada di Kota Manokwari salah satunya ada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100.

Abon Ikan Cakalang Atum

oleh oleh khas papua jayapura
outlet_ic_hko (instagram)

Terkenal sebagai produsen ikan Cakalang, masyarakat di beberapa kawasan Papua memanfaatkannya menjadi makanan khas salah satunya abon. Dengan mengolah ikan yang sudah dihaluskan dengan bumbu istimewa lalu goreng hingga kering, makanan ini menjadi favorit pelengkap makan malam.

Dengan harga berkisar Rp30.000, Anda bisa mendapatkan satu kemasan abon ini. Karena sudah sangat terkenal, hampir di semua toko oleh-oleh khas Papua sudah menyediakannya untuk Anda.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Semarang

Mama Pu Keladi Papua

toko oleh-oleh khas papua di jayapura
mamapukeladi (instagram)

Olahan dari buah keladi juga menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas dari Papua. Salah satunya adalah Mama Pu Keladi yang dibuat dari keladi pilihan, kemudian dipotong sebesar batang korek api dan diberi bumbu kemudian di goreng. Buat Anda penggemar kerupuk akan sangat suka dengan camilan yang satu ini.

Ada beberapa rasa yang bisa dipilih seperti caramel, original dan caramel pedas. Masing-masing memiliki cita rasa tinggi. Anda cukup membayar Rp20.000an saja untuk satu kemasan yang sudah dijual di berbagai toko oleh-oleh Papua.

Sarang Semut Mentah Papua

oleh-oleh khas papua barat
sarmutpapua (instagram)

Sarang semut banyak dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan penyakit. Di Papua tepatnya Wamena, mudah dijumpai sarang semut yang memiliki kualitas terbaik. makanya tak salah jika dijadikan oleh-oleh. Harganya pun terjangkau yaitu sekitar Rp30.000 untuk kemasan berukuran 100 gram. Anda bisa membeli langsung ke petani sarang semut Wamena atau langsung datang ke toko oleh-oleh khas Papua.

Sagu Lempengan Papua

oleh oleh khas papua timika
timikaunique (instagram)

Di Papua sagu merupakan salah satu makanan pokok utama, yang diambil dari pohon sagu dan kemudian diolah menjadi tepung dan dijadikan berbagai macam masakan khas Papua. Salah satu yang terkenal adalah sagu lempengan, dimana tepung sagu dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk lempeng dan dibakar. Kemudian di beri taburan kelapa parut.

Biasanya makanan khas Papua ini dimakan dengan cara dicelup ke dalam teh atau kopi setelah itu baru di makan. Rasa sagu yang dominan ditambah aroma kelapa menjadikannya selalu dicari banyak orang, apalagi harganya yang sangat terjangkau dan bisa didapatkan di toko oleh-oleh Papua.

Papeda Papua

oleh oleh makanan khas papua
reagantob1ng (instagram)

Makanan khas Papua yang satu ini tak akan Anda jumpai di daerah lain. Terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan rempah lalu disiram air panas. Makanan papeda ini dahulunya merupakan makanan pokok Papua. Untuk memakannya Anda perlu tambahan ikan kuah kuning atau sambal khas Papua agar rasanya semakin sempurna.

Banyak resto yang menyediakan makanan ini, Anda bisa membeli dengan harga bervariasi. Ada juga yang sudah menjualnya dengan bentuk kemasan sehingga Anda tinggal seduh dengan air panas. Mau membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh, kunjungi saja toko oleh-oleh khas yang tersebar di berbagai daerah di Papua.

Pernak-Pernik Souvenir Papua

oleh oleh khas papua sorong
aksesoriskhas (instagram)

Pengrajin Papua memang sangat telaten dalam membuat hasil karya, makanya tak salah kalau banyak pernak-pernik unik dan menarik yang cocok dijadikan oleh-oleh dari Papua. Ada yang berbentuk ukiran kayu, alat music khas Papua Tifa, topi kepala suku Asmat, hingga patung kayu masyarakat dengan pakaian tradisionalnya.

Untuk mendapatkannya Anda tinggal mengunjungi pusat toko oleh-oleh khas Papua yang ada di berbagai daerah di Provinsi tersebut. Harga oleh-oleh ini juga sangat terjangkau dan beragam, tergantung jenis souvenir yang Anda pilih.

Koteka

traveller_from_russia (instagram)

Biasanya salah satu pelengkap pakaian khas Papua ini dipakai untuk menutupi organ vital pria. Namun karena keunikannya kini koteka menjadi salah satu souvenir yang biasa dibeli saat melancong ke Papua. Biasanya koteka dibuat dari bambu atau kayu kemudian diukir sedemikian rupa sehingga terlihat indah dan kaya akan nilai seni.

Kalau dulu hanya bisa ditemukan di kawasan yang dihuni suku Dani, kini di semua toko oleh-oleh dan souvenir khas Papua sudah menjualnya dengan harga bervariasi tergantung bahan dan ukirannya. Mulai dari harga puluhan ribu saja sampai ratusan ribu.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Palu

Noken Papua

fara_rajut (instagram)

Bagi Anda pencinta kerajinan rajut dan suka mengoleksi tas, noken Papua wajib Anda beli sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Terbuat dari benang yang dirajut sehingga membentuk tas seperti jaring, noken dulu dipakai orang Papua untuk membawa hasil pertanian usai panen seperti umbi-umbian dan sagu.

Soal harga noken Papua memang terbilang mahal yaitu maksimal mencapai Rp500.000. Tapi soal kualitas dan originalitasnya jangan diragukan. Anda bisa mendapatkan jenis noken terbaik salah satunya di Lion Art yang terdapat di Manokwari.

Batik Papua

batikpapuaetnik (instagram)

Ciri khas dari batik Papua terletak pada motif yang diambil dari corak burung cendrawasih yang merupakan ikon daerah tersebut. Ada juga batik Papua bermotif ukiran suku Asmat yang tersohor, yang kemudian di terapkan pada bahan batik terbaik berwarna coklat tanah. Hasilnya sangat fenomenal dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas.

Soal harga memang terbilang cukup mahal mulai dari ratusan ribu rupiah, tergantung dari ukuran, bahan hingga kesulitan pembuatan dari batik tersebut. Salah satu tempat yang menjual batik berkualitas adalah di Jalan Sam Ratulangi tepatnya pada Kecamatan Klasur Sorong Papua.

Dipastikan Anda tak akan merasa rugi jika membeli oleh-oleh khas Papua di atas. Selain karakter masing-masing yang sangat kental dengan budaya Papua, harga terjangkau dan mudah didapat juga jadi alasan untuk memilikinya untuk dimakan atau dipakai sendiri atau diberikan kepada handai taulan di daerah asal Anda. Sudah siap berburu oleh-oleh di Bumi Cenderawasih ini?

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *