Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Jenang Mirah, Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Melegenda

3 min read

oleh-oleh khas ponorogo

Oleh-oleh khas Ponorogo – Ponorogo adalah salah satu daerah yang berada di Jawa Tmur. Tak hanya terkenal sebagai provinsi yang memiliki banyak tempat wisata, Jawa Timur khususnya di Ponorogo juga terkenal dengan makanan khas yaitu jenang. Bagi masyarakat jawa, jenang memang sudah tak asing lagi.

Namun, di Ponorogo Anda bisa menemukan jenang khas daerah tersebut dengan rasa yang lezat, dikenal dengan nama Jenang Mirah. Penasaran, seperti apakah jenang mirah yang menjadi oleh-oleh khas Ponorogo tersebut? Yuk, simak ulasan silausurya.com di bawah ini!

Sekilas tentang Jenang Mirah

oleh-oleh khas ponorogo
bukalapak.com

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Jawa Timur, khususnya di Ponorogo, mungkin agak asing dengan jenang mirah. Namun, sebenarnya jenang mirah tersebut sudah menjadi oleh-oleh khas Ponorogo paling melegenda. Secara umum, memang tampak terlihat seperti jenang jawa pada umumnya.

Akan tetapi, jenang mirah mempunyai tekstur yang lebih empuk, halus, dan tidak lengket. Dengan rasa yang manis berpadu gurih menjadi cita rasa khas jenang mirah. Cocok bagi Anda yang tidak terlalu menyukai makanan terlalu manis.

Sejarah Jenang Mirah

Jenang mirah yang masih dikenal hingga saat ini sudah ada sejak tahun 1955. Tahukah Anda, nama “Jenang Mirah” diambil dari nama pembuat pertama kali dodol jawa ini, yaitu Mbah Mirah. Perempuan berusia 75 tahun yang fotonya digunakan dalam kemasan produk jenang mirah.

Sebelum terkenal seperti saat ini, Mbah Mirah memulai usahanya dari hal terkecil. Ia menjajakan jenangnya dari satu rumah ke rumah lain dengan berjalan kaki. Usahanya tak sia-sia, hingga membuat jenang mirah menjadi oleh-oleh yang melegenda. Jika berkunjung ke Ponorogo, banyak orang langsung menjadikan jenang mirah sebagai oleh-olehnya.

Mengenal Resep Jenang Mirah

Saat ini, usaha Mbah Mirah memang sudah diturunkan pada anak cucunya. Walaupun demikian, resep andalan Mbah Mirah saat membuat jenang dari terdahulu hingga sekarang adalah sama. Bahan yang digunakan untuk membuat jenang mirah ini yaitu beras ketan, santan kelapa, dan gula jawa. Proses pengolahannya menggunakan alat tradisional yaitu menggunakan tungku dan kayu bakar.

Proses Pembuatannya

Proses pembuatan jenang mirah ini cukup sederhana. Beras ketan diolah menjadi tepung beras ketan terlebih dahulu. Selanjuntya, tepung beras ketan, santan kelapa, dan gula jawa yang sudah dipanaskan, dicampur dan diolah dalam tungku besar.

Adonan tersebut sambil diaduk-aduk terus menerus hingga matang. Jangan kaget jika Anda melihat proses pembuatannya, karena tidak instan. Melainkan membutuhkan waktu berjam-jam agar jenang mirah tersebut benar-benar matang dan memiliki cita rasa yang lezat.

Jika sudah benar-benar matang, barulah didinginkan sebelum akhirnya dikemas dalam kemasan yang telah disiapkan. Jenang yang sudah dibungkus dalam kemasan tersebutlah yang dijual diberbagai pusat oleh-oleh dan cocok dijadikan oleh-oleh khas Ponorogo untuk keluarga di rumah. Jenang mirah mampu bertahan lama hingga berminggu-minggu, padahal tidak ada tambahan bahan pengawet saat pembuatannya.

Jenang Mirah Jadi Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Paling Diminati

Jika Anda berkunjung untuk wisata ke Ponorogo, maka Anda wajib menjadikan jenang mirah ini sebagai oleh-olehnya. Menariknya, kini jenang mirah mulai berkembang dengan berbagai varian rasa. Anda bisa mencoba menikmati rasa yang lain tak hanya manis dan gurih. Varian rasa jenang mirah lainnya yaitu rasa pisang, mangga, sirsak, nanas, labu kuning (waluh), cokelat kurma, dan krasikan.

Oleh Oleh Khas Ponorogo Terkenal

Selain membeli jenang mirah untuk oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati kuliner Ponorogo yang khas, diantaranya yaitu:

Pecel Ponorogo

oleh-oleh khas ponorogo kabupaten ponorogo jawa timur
via: e_ndro (instagram)

Di Ponorogo, Anda bisa mencoba kuliner pecel Ponorogo atau dikenal juga dengan nama “pecel tumpuk”. Sekilas memang sama dengan pecel yang ada di daerah lain. Namun, pecel tumpuk ini memiliki sambal kacang yang lebih kental dan identik dengan rasa pedas level tertinggi. Isian pecel tersebut diantaranya sayuran hijau, kemangi, mentimun, dan tauge.

Dengan rasa yang lezat dan sayuran yang lengkap, pecel Ponorogo ini dijual dengan harga relatif murah yaitu Rp 10 ribuan saja. Tertarik untuk membelinya? Jangan lupa mampir di warung makan pecel Ponorogo saat Anda berkunjung kesana.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Solo

Nasi Tahu

oleh oleh makanan khas ponorogo

Makanan khas Ponorogo yang tak boleh terlewatkan yaitu “nasi tahu” atau dikenal juga dengan sebutan “sego tahu”. Sego tahu ini merupakan sajian makanan yang terdiri dari nasi/ketupat/lontong lengkap dengan lauk tahu. Terlihat sederhana bukan? Namun jangan meremehkan dulu, pasalnya tahu yang disajikan bukanlah lauk biasa.

Tahu putih diolah dengan cara dihancurkan dan dicampur dengan telur setengah matang. Lalu dipotong-potong, yang kemudian disajikan bersamaan dengan nasi. Tak lupa di atasnya diberikan taburan bawang goreng, seledri, kacang tanah goreng, dan kecap manis. Nasi tahu khas Ponorogo ini dikenal dengan rasanya yang gurih dan manis. Harganya pun sangat terjangkau lho, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 10 ribuan rupiah.

Gethuk Golan

via: noviarifatin (instagram)

Di Jawa Timur khususnya Ponorogo, Anda bisa menemukan jajanan tradisional yakni Gethuk Golan. Jajanan pasar ini memiliki rasa gurih dan manis yang menjadi ciri khasnya. Gethuk golan dibuat dengan bahan utama singkong yang direbus dan diolah.

Makanan ini disajikan dengan tambahan ketan hitam, gula merah cair, dan parutan kelapa. Jika Anda berkunjung ke Ponorogo, jangan lupa mampir ke kuliner Gethuk Golan untuk menikmati kelezatannya. Anda bisa membeli gethuk golan dengan harga Rp 5 ribuan rupiah. Murahkan?

Rujak Petis

toko oleh-oleh khas ponorogo
via: kievanikfood (instagram)

Suasana panas di Ponorogo akan semakin nikmat sambil menikmati rujak petis khas Ponorogo. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke daerah Jawa Timur, jangan lupa membeli rujak petis dengan sensasi sambal pedas tak tertandingi. Rujak petis disajikan dengan aneka sayur hijau dan petis dengan sambal super pedas. Makanan ini sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas.

Dawet Jabung

via: surfline12 (instagram)

Bagi Anda pecinta kuliner makanan sekaligus minuman, Anda bisa mencoba dawet jabung saat berada di Ponorogo. Dawet jabung identik dengan warna putih dengan bahan utama tepung beras. Makanan ini disajikan dalam sebuah mangkuk berisi dawet, bubur ketan, nangka, santan kelapa dan air gula. Cita rasa manis, gurih, dan segar cukup meredakan haus sekaligus mengenyangkan perut.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Cilacap

Tiwul Goreng

oleh oleh khas ponorogo
via: dapur_liwet (instagram)

Tak ada salahnya mencoba makanan tradisional tiwul goreng dari Ponorogo. Makanan tradisional ini memang banyak dijumpai di pulau Jawa. Sayangnya, semakin banyak jenis makanan modern, tiwul menjadi makanan tradisional yang jarang ditemui. Anda bisa merasakan kembali makanan tradisional tiwul saat berkunjung ke Ponorogo.

Tiwul adalah makanan yang diolah dengan bahan utama singkong. Singkong dikupas, lalu direndam dengan air hingga berwarna coklat. Selanjutnya dimasak dengan cara dikukus. Sebelum akhirnya digoreng sebelum disantap.

Sudah tahukan, kuliner khas Ponorogo yang wajib Anda coba saat berkunjung kesana. Tak hanya menikmati wisata alam yang ada, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di Ponorogo. Serta jangan lupa beli oleh-oleh khas Ponorogo untuk semua keluarga dan teman-teman Anda.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *