Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Purwokerto Jawa Tengah yang Enak dan Terkenal

5 min read

oleh-oleh khas purwokerto

Oleh-oleh khas Purwokerto – Purwokerto merupakan kota yang terletak di Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang banyak sekali dan sangat terkenal, contohnya Objek Wisata Baturaden, Kebun Raya Baturaden, Wisata Pancuran 3 dan 7, Goa Sarabadak dsb.

Setelah lelah mengunjungi berbagai macam objek wisata Purwokerto, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Purwokerto untuk saudara dan keluarga di rumah.

Oleh Oleh Khas Purwokerto

Berikut ini silausurya.com akan menyajikan kepada Anda apa saja oleh-oleh khas Purwokerto. Langsung saja, simak yuks!

Es Badeg

oleh-oleh khas purwokerto
lovepurwokerto2016.blogspot.com

Es Badeg adalah minuman tradisional khas daerah Purwokerto dan sekitarnya. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke wilayah Banyumas, Cilacap, Brebes, Kebumen dan Purwokerto pasti pernah melihat penjual es badeg ini di pinggir-pinggir jalan.

Es badeg ini merupakan minuman khas yang terbuat dari sadapan kembang pohon aren atau pohon kelapa. Dalam proses pembuatannya, apabila dalam menyadap terlalu lama, maka rasa minuman es badeg akan seperti tuak dan bau alkohol akan sangat kuat.

Rasa es badeg ini sungguh sangat khas, yaitu apabila kita minum maka akan terasa manis semriwing segar ditenggorokan seperti minuman es tuak legen.

Oleh-oleh khas Purwokerto yang berupa minuman ini biasanya dijual dengan harga Rp. 2.500 hingga Rp. 5000/gelas. Khas dari minuman ini yaitu diletakkan di dalam sebuah potongan bambu yang disebut dengan pongkor.

Dage

oleh oleh khas purwokerto
twgram.me

Oleh-oleh khas Purwokerto ini bernama dage. Dage merupakan makanan khas purwokerto yang sudah sejak lama ada dan sudah dikenal masyarakat purwokerto dan sekitarnya seperti Banyumas.

Makanan dage ini adalah makanan yang masih satu jenis dengan mendoan goreng. Biasanya orang yang menjual tempe mendoan, sudah dipastikan juga menjual makanan dage.

Jajanan dage ini sebenarnya terbuat dari bahan dasar ampas kelapa, yang mana kemudian ampas kelapa ini difermentasi terlebih dahulu dalam bentuk gumpalan-gumpalan sampai berjamur. Setelah itu digoreng dengan tepung mirip menggoreng mendoan.

Camilan dage ini berwarna cokelat keabu-abuan. Mungkin karena warna jamur setelah difermentasi yang menyelimuti makanan dage ini sehingga warna abu-abu sangat kentara. Untuk rasanya yaitu manis bercampur gurih. Biasanya dimakan dengan cabe rawit kecil-kecil.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Surabaya

Jenang Jaket

harga oleh oleh khas purwokerto

Oleh-oleh khas Purwokerto ini bernama jenang jaket. Namanya unik karena ada embel-embel jaketnya. Kenapa dinamakan “ jaket “, ya karena ia adalah kependekan dari jenang ketan asli, makanya disebut jaket.

Makanan khas Purwokerto ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan asli, santan kelapa, gula merah, pandan, wijen dan kembang kelapa.

Bahan-bahan ini diolah sedemikian rupa, memerlukan proses waktu yang lama hingga akhirnya tercipta jenang jaket yang enak dan beraroma wangi kembang kelapa.

Biasanya jajanan jenang jaket ini dihidangkan ketika ada acara mantenan, sunatan, hajatan, kumpul-kumpul dan lain-lain. Bahkan sudah biasa dijadikan oleh-oleh khas bagi para wisatawan.

Rasa dari jenang jaket ini manisnya pas tidak bikin eneg. Yang menarik adalah kuliner Purwokerto  ini beraroma kembang kelapa atau manggar. Anda bisa membeli jenang jaket ini di alamat Jl. PKK Mersi No. 600, Purwokerto. Harga Rp. 20.000/16 biji.

Tempe Keripik Dage

toko oleh oleh khas purwokerto
shopee.co.id

Ini adalah oleh-oleh khas Purwokerto. Makanan ini sebenarnya diolah dari tempe yang diselimuti dage. Apa itu dage? Dage yaitu ampas kelapa yang sudah melalui proses fermentasi sehingga berjamur.

Nah, tempe yang sudah dicampuri dage ini kemudian dikeringkan dan setelah itu digoreng pake tepung. Maka jadilah keripik tempe dage.

Rasanya gurih renyah sedikit manis. Bagi Anda yang ingin membeli keripik tempe dage ini bisa datang ke pusat toko oleh-oleh khas yang ada di Purwokerto dengan harga Rp. 15 ribu.

Kue Mancho

oleh oleh khas purwokerto dan harganya

Namanya kue mancho. Oleh-oleh khas Purwokerto ini berbentuk lonjong-lonjong seperti saksak. Diatasnya ditaburi wijen. Kue mancho ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan, meskipun ada kue mancho yang juga berbahan dasar tepung tapioka (aci).

Dalam pembuatan kue mancho ini sangatlah unik yaitu tepung beras ketan yang sudah ditumbuk-tumbuk halus harus dijemur sampai setengah kering, dengan tujuan agar lembek mudah dibentuk-bentuk.

Kemudian dibentuk lonjong-lonjong sesuai ukuran yang sama. Kemudian digoreng dan dicelup-celupkan ke dalam karamel. Setelah kue mancho penuh dengan karamel barulah ditaburi wijen sampai penuh.

Rasa dari camilan ini sangatlah enak dan manisnya pas. Teksturnya empuk dan di mulut bikin maknyus. Makanan khas kue mancho ini dijual dengan harga Rp. 25 ribu. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas yang tersebar di Purwokerto.

Lanting

oleh oleh khas purwokerto jawa tengah
via: getukgoreng.aslihajitohirin (instagram)

Ya namanya lanting. Lanting termasuk oleh-oleh khas Purwokerto yang sangat populer di kawasan Banyumas, Kebumen dan Purbalingga. Makanan khas ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sangat nikmat jika dimakan sambil minum teh atau buat lauk makan nasi.

Bentuk lanting khas Purwokerto ini sangat unik, yaitu berbentuk angka delapan yang sempurna. Angka delapan ini memiliki arti filosofi tersendiri, yaitu menunjukkan persaudaraan warga purwokerto yang tidak boleh putus. Karena angka delapan ujungnya menyambung semua tidak ada yang putus.

Camilan lanting ini terbuat dari bahan dasar singkong yang sudah dihaluskan hingga membentuk adonan. Bumbu-bumbunya yaitu bawang putih, ketumbar dan garam. Anda bisa membeli jajanan lanting ini di pusat toko oleh-oleh khas Purwokerto. Harganya Rp. 15 ribu.

Getuk Goreng

oleh oleh khas purwokerto online
via: getukgoreng.aslihajitohirin (instagram)

Oleh-oleh khas Purwokerto ini sungguh sangat terkenal. Konon katanya kuliner Purwokerto ini sudah ada sejak tahun 1918. Yaitu penemu makanan khas ini bernama bapak Sanpringad.

Awalnya bapak Sanpringad menjajakan makanan getuk rebus. Akan tetapi dagangannya itu tidak laku. Bapak Sanpringad memutar otaknya bagaimana agar bisa laku getuk yang tidak terjual itu. Akhirnya beliau menggorengnya. Dan tidak disangka getuk gorengnya itu laku keras.

Itu dulu, namun kini getuk goreng sudah menjadi makanan khas warga Purwokerto bahkan sudah dijadikan oleh-oleh khas bagi para wisatawan. Getuk goreng terbuat dari bahan dasar singkong yang dibalut dengan gula jawa sehingga rasanya manis, gurih dan renyah.

Saat ini camilan getuk goreng tersedia banyak varian rasa, ada rasa durian, coklat, nangka, nanas dsb. Anda bisa membeli makanan khas Purwokerto ini di toko oleh-oleh khas Purwokerto yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman 15 menit dari pusat kota dengan harga satu besek Rp. 25 ribu.

Nopia

tempat oleh oleh khas purwokerto
via: nopia.mino_angsa.kembar (instagram)

Oleh-oleh khas Purwokerto yang satu ini namanya nopia. Nopia sendiri adalah sebuah makanan yang terbuat dari bahan dasar adonan tepung terigu, mentega, minyak sayur, gula pasir, kemudian di dalamnya diisi dengan gula jawa.

Kalau kita lihat, sepintas kue nopia seperti telur ayam. Karena bentuknya yang bulat seukuran telur dan juga warnanya putih. Dalam pembuatannya, nopia yang sudah diisi gula jawa itu dimasukkan ke dalam oven berbentuk gentong sebagai tempat pemanggangan.

Oven gentong ini masih terbuat dari tanah liat, jadi benar-benar masih menggunakan cara tradisional. Uniknya arang yang dijadikan sebagai bahan bakar pemanggangan tidak ditaruh diluar oven gentong, akan tetapi ditaruh didalam oven.

Kemudian nopia ini ditaruh nempel dengan dinding oven. Dipanggang kira-kira 15 menit. Kuliner Purwokerto ini termasuk jenis makanan tahan lama karena mampu bertahan 3 sampai 4 bulan.

Selain rasa gula jawa, nopia juga memiliki banyak varian yang lain seperti rasa nanas, pandan, durian, coklat dsb. Anda bisa membeli kuliner Purwokerto ini di pusat toko oleh-oleh khas Purwokerto dengan harga Rp. 10 ribu – Rp. 15 ribu.

Coklat Kayu Manis Inyong

Kalau di Jogja ada oleh-oleh khas namanya coklat monggo, maka di Purwokerto ada oleh-oleh khas namanya coklat inyong. Istimewanya coklat inyong ini adalah tidak hanya murni coklat namun makanan ini juga dicampur dengan kayu manis. Sehingga rasa coklat ini sangat khas dengan kayu manis.

Coklat inyong tersedia dengan beberapa varian rasa yaitu campuran rasa kacang tanah dan kacang mete. Anda bisa membelinya dengan harga Rp. 15 ribu.

Soto Sokaraja

via: mariotwid (instagram)

Ya, ini adalah oleh-oleh khas Purwokerto yang dijadikan andalan. Soto ini berbeda dengan soto pada umumnya. Kuliner Sokaraja ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Artinya Anda yang berkunjung ke Purwokerto wajib merasakan sensasi rasa khas soto sokaraja ini.

Soto sokaraja Purwokerto terbagi menjadi 2 macam, yaitu soto isian daging ayam dan daging sapi. Tinggal pilih sesuai selera Anda masing-masing.

Keunikan dari soto sokaraja ini adalah dia menggunakan potongan lontong ketupat dan sambal kacang seperti sambal kacang untuk pecel.

Lebih dari itu biasanya soto sokaraja juga ditaburi toping pecahan-pecahan kacang tanah, sehingga timbul sensasi ketika memakannya bunyi kletuk-kletuk.

Remukan krupuk berbahan dasar singkong juga tak ketinggalan ditaburkan diatasnya biar rasanya semakin mantap. Untuk menghiasinya dimasukkan ke dalamnya juga tauge pendek, bawang goreng, jahe, lengkuas dan daun sereh.

Warung soto sokaraja yang terkenal di Purwokerto yaitu warung soto kecik dan warung soto lama yang sudah berdiri sejak tahun 1978. harganya Rp. 15 ribu.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Balikpapan

Gantungan Kunci

via: banyumasgift (instagram)

Jangan lupa bagi Anda yang berkunjung atau berwisata ke Purwokerto membeli oleh-oleh khas Purwokerto berupa gantungan kunci. Gantungan kunci khas purwokerto didesain dengan bentuk-bentuk yang menarik. Dan biasanya ada tulisannya inyong Purwokerto. Bahan-bahan yang dibuat juga dari bahan yang awet dan berkualitas. Jangan khawatir untuk harga murah kok, yaitu Rp. 10 ribu.

Kaos Khas Purwokerto

Oleh-oleh khas dari Purwokerto kekinian yang satu ini berupa kaos. Sangat sayang bukan kalau sudah jauh-jauh ke Purwokerto tetapi tidak membeli oleh-oleh berupa kaos yang ada tulisannya Inyong Purwokerto?

Dengan membeli kaos khas Purwokerto, Anda bisa memakainya dengan bangga dan menunjukkannya kepada teman-teman bahwa Anda dari Purwokerto. Harga kaos ini Rp. 60 ribu – Rp. 80 ribu.

Demikian lah beberapa oleh-oleh khas Purwokerto yang bisa Anda bawa pulang setelah lelah berwisata atau berkunjung ke sana. Terima kasih!

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *