Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

16+ Oleh-Oleh Khas Solo Jawa Tengah, Yakin Mau Coba?

3 min read

oleh oleh khas solo

Oleh-oleh khas Solo – Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang kerap dijadikan destinasi wisata (Bisa di baca: Tempat Wisata di Solo). Tak hanya itu saja, banyak masyarakat Solo yang merantau ke Ibu Kota untuk bekerja maupun kuliah. Salah satu tradisi yang dilakukan oleh para perantau setiap tahunnya yaitu pulang kampung.

Tak lengkap rasanya, jika pulang ke kampung Solo dan kembali lagi ke kota rantau tanpa membawa oleh-oleh untuk sahabat dan teman-teman disana. Kira-kira apa ya yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Solo yang kekinian? Berikut rekomendasi dari silausurya.com!

Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Solo untuk berwisata maupun pulang kampung, berikut ini rekomendasi camilan khas Solo yang bisa Anda bawa ke tanah rantau atau luar kota untuk sahabat atau keluarga Anda disana.

Abon Gulung Flossroll

oleh oleh khas solo
soloflossroll (instagram)

Namanya abon gulung flossroll. Oleh-oleh khas dari Solo ini sungguh sangat enak sekali, karena ini adalah makanan roti gulung yang dikombinasikan dengan abon sapi yang super gurih. Yang membuat sensasi rasanya menjadi maknyuss adalah rasa abon sapinya. Ketika digigit, benar-benar khas abon sapinya yang dilumer sama mayones amat sangat bikin gak berhenti menyantap.

Disamping itu juga dibagian luarnya ditaburi dengan wijen hitam dan putih, juga dibagian luarnya masih ada menempel daun bawangnya, supaya dengan adanya tambahan-tambahan ini, rasa akan semakin tambah maksimal. Kalau dilihat dari bentuknya, flossroll ini mirip seperti lemper yang berbentuk bulan lonjong panjang kemudian dipotong-potong.

Makanan khas Solo flossroll ini tersedia 3 varian rasa, rasa original (cocok untuk anak kecil), rasa ayam dan rasa sapi super pedas. Alamat untuk mendapatkan oleh-oleh khas ini ada di Jl Parikesit Utara no 13 Barat Masjid Karangturi Pajang. Oleh-oleh ini dihargai Rp.45 ribu – Rp.59 ribu tergantung ukuran dan rasa.

Roti Kecik Ganeps

oleh-oleh khas solo

Warga Solo tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan Roti Kecik Ganeps. Ini adalah Jajanan tradisional Solo yang masih diburu oleh para wisatawan hingga saat ini. Konon roti ini sudah diproduksi sejak tahun 1881 oleh seorang wanita Tiong Hoa bernama Ny. Auw Like Nio, isteri dari Tn Than Tiang San.

Oiya, nama ganeps sendiri mempunyai makna filosofi, yaitu lengkap, waras, utuh dan sehat. Dengan makna filosofi inilah, roti ini mengusung sebuah nama brand yang terkenal itu. Camilan ini dibuat dengan bahan baku tepung ketan yang sudah melalui proses sangrai.

Bumbu aroma kayu manis dan rempah-rempah lainnya juga tidak ketinggalan menghiasi cita rasa roti ini. Roti ini mempunyai ukuran yang khas yaitu panjang serta lonjong seperti ukuran jari-jari orang dewasa.

Rasanya gurih dan manis. Roti kecik ganeps merupakan kue kering yang bisa bertahan hingga beberapa hari, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Banyak gerai atau toko oleh-oleh di Solo yang bisa Anda kunjungi untuk membeli roti kecik ganeps, salah satunya Ganep Bakery yang berada di Jl. Sutan Syahrir No. 175. Harga Rp. 30 ribu saja.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Surabaya

Brem

oleh oleh khas solo

Tahukah Anda, tak hanya Madiun saja lho penghasil Brem. Pasalnya, Brem juga dihasilkan di Kota Solo dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang wajib dicoba. Oleh-oleh kekinian ini dibuat dengan bahan utama sari tape ketan. Saat Anda memakannya, akan ada sensasi rasa dingin di lidah dan terasa manis segar. Pokoknya unik dan nikmatlah.

Berbeda dengan Brem Madiun yang memiliki bentuk kotak, Brem asal Solo ini cenderung berbentuk bulat pipih, tipis dan kering. Cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan lama.

Berkunjunglah ke daerah Kalilarangan Solo untuk menemukan pusat oleh-oleh Brem khas Solo. Atau bisa juga membelinya dibeberapa gerai pusat oleh-oleh yang Anda temui di sekitar lokasi wisata. Harga Rp. 20 ribuan.

Ampyang

oleh oleh khas solo kekinian

Ampyang disebut juga dengan istilah Gula Kacang karena dibuat dari gula jawa dengan kacang tanah. Gula jawa atau gula merah dipanaskan hingga mencair, kemudian ditambahkan kacang tanah yang sudah disangrai. Selanjutnya adonan tersebut dicetak dengan bentuk bulat pipih.

Rasa manis legit dari gula Jawa dan gurihnya kacang yang dibalut gula, menjadikan Ampyang memiliki ciri khas yang dikangeni banyak wisatawan. Camilan lezat ini tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya.

Meskipun demikian, jajanan ampyang ini mampu bertahan dalam beberapa hari. Berkunjunglah ke pusat Oleh-Oleh Khas Solo di Jl. Jenggolo II No. 5A atau ke gerai oleh-oleh untuk membelinya. Harga Rp. 15 ribuan.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Kebumen

Intip

oleh-oleh khas solo kota surakarta jawa tengah

Pernahkah Anda makan intip? Intip menjadi salah satu makanan ringan yang bisa dijadikan salah satu oleh-oleh dari Solo untuk keluarga di rumah. Makanan ini dibuat dari kerak nasi (bagian dasar nasi yang dimasak menggunakan panci atau penanak nasi tradisional). Walaupun tergolong sebagai makanan tradisional, namun intip masih memiliki banyak penimat.

Awalnya intip hanya memiliki rasa asin gurih, akan tetapi kini banyak intip yang hadir dengan berbagai varian rasa, seperti ditaburi toping karamel. Anda bisa mampir ke kedai Mbok Boniyem di Pasar Gedhe Solo untuk mendapatkan camilan Intip yang terkenal ini. Harga Rp. 15 ribu.

Abon Mesran

oleh oleh khas solo online

Ke Solo rasanya tidak afdol jika Anda belum membeli Abon Mesran. Oleh-oleh khas Solo yang satu ini wajib Anda pertimbangkan saat berkunjung ke Solo. Mengapa demikian? Pasalnya, Abon Mesran masuk dalam kategori kuliner legendaris Solo yang selalu diburu oleh para wisatawan.

Abon ini diolah dengan bahan utama daging sapi dan ayam. Untuk rasanya, Abon Mesran memiliki cita rasa manis dan pedas yang mengguggah selera. Berkunjunglah ke Toko Abon Mesran yang berada di Jl. Kalilarangan untuk mendapatkan Abon Mesran terbaik khas Solo. Harga Rp. 129 ribu/250 gram.

Rambak Petis

Walaupun rambak petis tidak diketahui banyak orang, namun makanan ringan ini cocok dijadikan sebagai referensi oleh-oleh khas Solo yang bisa Anda beli. Rambak petis dikenal juga dengan sebutan rambak atau kerupuk kulit. Dibuat dengan bahan kulit sapi yang diolah menjadi kerupuk yang renyah, gurih, dan seperti berongga ketika digigit.

Walaupun enak dimakan secara langsung, namun rambak petis lebih cocok dinikmati dengan sambal petis yang dibuat dari udang pedas. Rambak petis khas Solo ini bisa Anda dapatkan dibeberapa pusat oleh-oleh Solo, salah satunya Rambak Petis milik Pak Dul Solo yang paling terkenal. Oiya, Anda bisa datang ke Jl. Kali Kuantan untuk membelinya sebagai oleh oleh Solo. Harga Rp. 30 ribu rupiah.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Jepara

Wedang Serbat

Oleh-oleh Khas Solo terakhir yang sayang untuk dilupakan yaitu minuman wedang serbat. Ini merupakan minuman tradisional yang dibuat dari jahe dan rempah-rempah herbal. Unik bukan? Anda bisa membelinya dalam kemasan berbentuk tablet dan menyeduhnya sendiri secara langsung ketika membutuhkannya.

Dengan mengkonsumsi minuman serbat hangat, akan ada sensasi hangat di tubuh dan membuat pikiran lebih rileks. Anda bisa membeli Serbat khas Solo di Toko Bu Jayus Solo yang berada di Pasar Gading Kios 11-12, Jl. Veteran, Solo. Harga: Rp. 4 ribu/tablet.

Jadi, itulah beberapa oleh-oleh khas Solo yang bisa Anda beli saat berkunjung kesana. Pilih makanan khas Solo yang ingin diberikan kepada orang-orang tersayang.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *