Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Harganya Murah + Terkenal Enak!

10 min read

oleh oleh khas surabaya selain makanan

Oleh-oleh khas Surabaya – Salah satu kota terbesar setelah Jakarta adalah Surabaya, sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota ini dikenal juga dengan sebutan Kota Pahlawan, karena sejarah pertempuran Surabaya antara rakyat Indonesia vs penjajah Belanda terjadi disana.

Di Surabaya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat musim liburan nanti, diantaranya ada Taman Pelangi, Tugu Pahlawan, Surabaya North Quay, Ciputra Waterpark, Taman Bungkul, Hutan Mangrove, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya tempat wisatanya saja yang menakjubkan lho, pasalnya oleh-oleh khas Surabaya juga terkenal sebagai oleh-oleh yang lezat dan murah.

Oleh Oleh Khas Surabaya dan Harganya

Jika Anda berwisata ke Surabaya, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Surabaya yang telah direkomendasikan oleh silausurya.com berikut ini:

Patata Surabaya

oleh-oleh khas surabaya
antika_ck (instagram)

Makanan ini mirip seperti bolu, berbentuk bulat, memiliki diameter 20 cm dan ketebalan sekitar 10 cm. Bahan dasarnya bukan menggunakan tepung terigu, melainkan tepung kentang. Selaras dengan namanya ‘Patata’ yang berasal dari Bahasa Spanyol berarti ‘Kentang’.

Tepung kentang tadi masih dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Dan makin menarik ketika ditambahkan isian yang beraneka macam dan toping yang menarik. Rasa yang disediakan beraneka macam, mulai dari cheese patata, greentea patata, nutella patata, banana peanut patata, black patata, dan tiramisu patata.

Oleh-oleh khas Surabaya yang ada di Jl. Dharmahusada No.187 ini dimiliki oleh kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. Harga oleh-oleh ini pun cukup terjangkau. Dari yang 65.000 ribu sampai 68.000, tergantung dengan pilihan rasa yang kamu pilih.

Harga: 65.000 sampai 68.000
Lokasi: Jl. Dharmahusada No.187, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur

Baca Juga Oleh Oleh Khas Purwokerto

Spikoe Resep Kuno

oleh oleh khas surabaya
spikoeresepkuno_oods (instagram)

Spikoe adalah kue lapis Surabaya yang berwarnan kuning, bertekstur lembut, dan legit saat dimakan. Biasa digunakan sebagai oleh-oleh khas Surabaya atau sekadar camilan untuk santai sambil dinikmati dengan secangkir kopi atau teh.

Salah satu merk terkenal di Surabaya adalah Spikoe Resep Kuno. Ia sudah berdiri sejak 1976. Dinamai Spikoe Resep Kuno karena resep yang dipakai tidak mengalami perubahan seperti yang dijual pada tahun mereka berdiri.
Paling diberikan sedikit perubahan dengan menghadirkan berbagai varian rasa yang lebih kekinian.

Makanan khas Surabaya ini menyediakan rasa original tanpa kismis, original dengan kismis, speculas atau kayu manis, dan prunes atau buah plum. Dengan bahan dasar tepung terigu, kuning telur dan mentega ini, kamu bisa mendapatkannya di pusat toko oleh oleh khas di Surabaya dengan harga 80.000 rupiah saja.

Oleh-oleh ini bisa tahan 5 hari di luar kulkas dan 2 minggu di dalam kulkas.

Harga: 80.000 sampai 300.000
Lokasi: Jl. Rungkut Madya No.41, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur

Siropen Telasih

oleh oleh khas surabaya dan harganya

Siropen Telasih adalah pabrik sirup pertama yang berdiri di Indonesia. Yang unik dari pabrik ini, mereka masih mempertahankan pengolahan sirup secara tradisional. Mereka tidak memanfaatkan mesin, dan benar-benar murni semua proses dilakukan dengan tenaga manusia.

Saat dimasak, mereka menggunakan kuali besar peninggalan Belanda. Gula yang dipilih bukanlah gula sembarangan. Kualitas gula sangat diperhatikan dan oleh-oleh khas Surabaya ini tidak sama sekali menggunakan pengawet.

Ada berbagai rasa yang bisa kamu coba, yaitu rasa mawar, vanili, frambosen, cocopandan, lychee, jeruk keprok, arbei dan melon. Minuman khas Surabaya ini dibagi menjadi dua varian, Siropen Telasih biasa dan Siropen Premium. Jika untuk oleh-oleh, lebih baik kamu membeli Siropen Premium.

Minuman sirup ini dikemas dengan botol yang mirip seperti wine, tapi dia tidak memabukkan. Tidak mengandung alkohol sedikitpun.

Harga: 50.000 per botol
Lokasi: Jl. Mliwis No.5, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur

Kue Mente

oleh oleh khas surabaya selain makanan
olehnesia (instagram)

Bahan dasarnya adalah kacang Mete, makanya dinamai Kue Mete. Ia mempunyai ciri khas bentuk kue bulat pipih, teksturnya agak kasar, mirip seperti kastangel, cuma Kue Mete tidak memiliki isian.

Camilan ini cocok sekali untuk kamu jadikan oleh-oleh khas Surabaya. Semua orang pasti suka dengan Kue kering ini. Makanan ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti Mentega, Gula, Telur, Minyak Nabati dan yang membuat rasanya sangat istimewa adalah banyaknya Kacang Mete yang bisa kamu temui dalam setiap gigitan. Kacang Mete asli dilebur dan dicampur bersama adonan lainnya. Kemudian dipanggang dan siap dinikmati untuk camilan.

Harganya cuma 39.000 rupiah. Dengan ukuran besar, dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas, tanpa pengawet dan pemanis buatan.

Harga: 39.000 rupiah isi 6 buah Kue Mente
Lokasi: Jl. Basuki Rahmat 72 Surabaya, Jawa Timur

Lapis Surabaya

oleh-oleh khas surabaya kekinian
kahvehlicious (instagram)

Untuk mendapatkan Kue Lapis Surabaya yang lembut, enak dan super lumer saat dilumat di dalam mulut adalah penggunaan telur yang banyak dan juga fresh. Yang membuat kuliner Surabaya ini menjadi idola semua orang adalah si telur tersebut.

Jika kamu ingin merasakan oleh-oleh khas Surabaya yang berwarna kuning dengan di antaranya ada warna cokelat, kamu bisa mencoba jajanan ini di toko Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Di situ, kamu bisa menemukan Kue Lapis paling lembut yang ada di Surabaya.

Lapis Kukus Surabaya milik Pahlawan Surabaya diolah dengan cara memasak Kue Lapis seperti pada umumnya. Berbagai bahan dicampur, setelah tercampur adonannya dituang dalam loyang ukuran tertentu. Kemudian dikukus sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Dengan uang 30.000 rupiah, kamu bisa merasakan varian rasa Lapis Surabaya yang bemacam-macam. Ada Lapis Surabaya rasa original, brownies, choco pandan, strawberry, pisang dan terang bulan.

Harga: 30.000 rupiah per kotak
Lokasi: Jl. Genteng Besar No.77, RT.003/RW.10, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

Bikang Peneleh

oleh oleh khas surabaya di bandara juanda

Dinamai Bikang Peneleh karena pembuatannya berada di Peneleh. Sementara Bikang tetaplah Bikang. Bahan pembuatannya pun sama, yaitu santan, gula dan tepung beras. Namun entah kenapa, rasa dari oleh-oleh khas Surabaya yang bentuknya merekah dengan bagian bawah kering dan bagian atas empuk ini memiliki suatu yang ‘khas’ sekali dibanding Bikang yang lainnya.

Bikang Peneleh menggunakan bahan-bahan yang benar-benar alami. Makanan khas Surabaya ini memiliki dua rasa yaitu pandan dan cokelat. Warna dari Bikang diambil dari daun pandan dan ekstrak cokelat yang lezat. Kamu bakal merasakan pekatnya rasa yang diberikan jajanan Surabaya yang dipanggang di atas wajan berbentuk bulat ini.

Bikang paling enak disantap saat masih hangat. Karena kalau sudah dingin, teksturnya bisa berubah menjadi kaku, tidak lembut dan nyemek lagi. Tapi jika sudah terlanjur dingin, kamu bisa menghangatkannya di microwave.

Bikang Peneleh tidak menggunakan bahan pengawet, karena alasan itu lah jajanan ini hanya bertahan satu hari saja. Kamu bisa membeli jenis kuliner Surabaya ini diberbagai toko oleh oleh yang ada di pusat kota Surabaya.

Harga: 3.000 per potong
Lokasi: Jl. Peneleh No.32-34, Peneleh, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

Pohong Tata

oleh oleh khas surabaya online kota sby jawa timur
pohong_tata (instagram)

Dalam Bahasa Indonesia, Pohong adalah Singkong. Oleh-oleh khas Surabaya ini dioleh dengan cara digoreng pada api kecil dengan tambahan bumbu khusus yang membuat rasanya menjadi gurih dengan asin yang pas.

Berbeda dari Pohong goreng biasanya, jika dinikmati saat masih panas, kamu bisa merasakan renyahnya pringkilan-pringkilan yang menyelimuti pohong tersebut, dan ketika kamu sudah merasakan inti Pohongnya, rasa lembut yang sangat empuk akan menyambutmu dalam satu suap tersebut.

Untuk saat ini, rasa yang disediakan cuma rasa original. Dengan ditambahi saus yang diberikan pedagang. Meski begitu, rasanya tetaplah juara. Mirip seperti Pohong Keju. Asinnya sangat berkelas. Melupakan bahwa yang kamu nikmati hanyalah Pohong Goreng biasa.

Harga: 15.000 sampai 20.000
Lokasi: Jalan Gading Pantai V No.12, Kenjeran, Dukuh Sutorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur

Bebek Djangkep

oleh oleh surabaya 2020
advencious (instagram)

Bebek Djangkep dikemas dengan kemasan modern, ada plastik kedap udara yang membungkus si Bebek ini.
Untuk menikmatinya, kamu cukup menggorengnya sebentar, maka kenikmatan Bebek ala Bali dan Madura ini bisa kamu nikmati bersama keluarga kamu di rumah. Konsepnya benar-benar mendukung kamu yang ingin menjadikan Bebek berbumbu rempah-rempah ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang lezat.

Ada dua pilihan masakan Bebek yang bisa kamu coba. Yaitu Bebek Bumbu Kuning dan Bebek Betutu.
Dalam satu kemasan Bebek Goreng ini, kamu bisa mendapatkan Bebek utuh tanpa kepala yang sudah dilumuri bumbu dan sambal yang bisa menjadi teman makan kamu. Di sini tugas kamu cuma menggoreng saja, dan Bebek siap dinikmati.

Sangat praktis, lezat, dan meskipun seperti makanan cepat saji, tapi dia tidak menggunakan pengawet. Rasa tradisionalnya sangat terjaga, sehat, dan kaya akan gizi.

Selain Bebek, adapun olahan ayam. Ada yang Ayam Bumbu Kuning dan Ayam Betutu. Tinggal kamu pilih sesuai selera. Kamu dapat menemukannya di toko oleh-oleh yang berada di pusat tengah kota.

Harga: 80.000 isi Bebek 500 gram
Lokasi: Kota Surabaya (Melayani Pemesanan Online)

Bak Pao/Mini Pao Chik Yen

oleh-oleh khas surabaya 2020
surabaya_frozen_food_cor (instagram)

Entah kapan makanan Tiongkok ini masuk ke Indonesia, tapi yang jelas Bakpao milik Chik Yen ini bisa jadi buah tangan ketika kamu mengunjungi Surabaya. Ada berbagai isian yang bisa kamu pilih, seperti Kacang Hijau, kacang hijau putih, kacang merah, ayam, cokelat, kacang tanah, keju susu, ikan tuna, rendang sapi, strawberry, ayam kecap dan lain-lain.

Yang pasti, Bakpao Chik Yen aman dari daging babi. Dan yang pastinya makanan ini sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia Jatim (MUI No. 07100001840306). Jadi aman.

Dulunya jajanan Bakpao Chik Yen hanyalah sebuah bisnis kecil-kecilan, namun sekarang kamu bisa menemuinya di berbagai sudut kota Surabaya bahkan di luar kota tersebut. Rasanya memang lezat, pantas bila orang-orang menyukainya.

Harganya pun murah, untuk satu buah oleh-oleh khas Surabaya ini kamu cukup mengeluarkan uang 4.000 sampai 6.000 rupiah saja. Isiannya banyak, kulit rotinya tidak begitu tebal. Proporsi yang sempurna.

Harga: 4.000 sampai 6.000
Lokasi: Jl. Menanggal V No.31, Menanggal, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur

Otaji

oleh-oleh khas surabaya di bandara juanda
banjarmasinfood (instagram)

OTAJI (Oseng Tuna Asap Jeng Intan) memiliki komposisi dasar ikan tuna, garam dan gula. Daging ikan tuna disuwir-suwir, kemudian dioseng sampai muncul minyak-minyak yang membuat rasa dari OTA (Oseng Tuna Asap) menjadi gurih.

Oleh-oleh khas Surabaya tersebut bisa menjadi teman lauk. Ia enak dinikmati dengan nasi, bubur, roti, atau mie rebus pun cocok. Ia dikemas dalam satu buah toples ukuran medium. Dalam satu toples, berisi OTA dengan berat 500 gram, dan makanan ini cuma dibanderol 55.000 saja.

Makanan otaji ini bisa bertahan selama 2 bulan meski tanpa menggunakan pengawet dan tidak perlu disimpan ke dalam kulkas. Pada kemasannya sendiri terdapat aluminium foil yang dapat membantunya bisa menyesuaikan udara dengan baik.

Makanan otaji memiliki dua varian rasa yang bisa kamu pilih. Yaitu pedas dan original.

Harga: 55.000 rupiah per toples
Lokasi: Wisma Lidah Kulon Blok A No.78, Lidah Kulon, Lakarsantri, Surabaya City, East Java

Sambal Bawang Bu Mimin

oleh-oleh khas surabaya yang murah dan enak
sambalbawangbumimin (instagram)

Sambal Bawang yang dikemas dalam kemasan toples dengan berat 120 gram ini bisa awet selama 3 bulan. Bahan-bahan dasar pembuatan sambal sangatlah sederhana. Mereka menggunakan cabai, bawang, minyak, rempah-rempah, garam dan bahan-bahan lain yang bisa menambah kelezatan pada Sambal Bawang. Kemudian bahan-bahan itu digoreng, dihaluskan dan digoreng lagi.

Tak cuma menyediakan Sambal Bawang original, kamu juga bisa menikmati berbagai sambal dengan rasa lain dari oleh-oleh khas Surabaya ini. Di antaranya adalah Sambal terasi, cumi, geprek, dan sambal teri.
Semuanya nikmat, memiliki level kepedasan yang tidak mematikan lidah kamu. Jadi tetap bisa dinikmati.

Harga: 25.000 per botol
Lokasi: Jl. Tenggilis Utara No.61, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur

Abon Ikan Makku

oleh-oleh khas surabaya di tunjungan plaza
atie_ubay (instagram)

Dengan menggunakan bahan dasar Ikan Cakalang yang sudah disuwir-suwir, santan kelapa, daun jeruk, cabai, dan berbagai bumbu penyedap lainnya, oleh-oleh khas Surabaya ini kemudian digoreng sampai daging ikannya berwarna kuning kecokelatan. Setelah itu, dimasukkan ke dalam mesin pemisah minyak supaya rasanya lebih kriuk dan kering.

Abon Ikan Makku menyajikan dua jenis rasa. Yaitu original dan pedas. Kamu bisa menikmati kuliner Surabaya ini  dengan digado atau dimakan dengan nasi atau pendamping lainnya. Bumbunya sangat terasa, menggunakan rempah-rempah Indonesia yang sangat nikmat di lidah dan bermanfaat untuk tubuh.

Abon ikan makku ini dikemas dalam kemasan kekinian yang kedap udara. Untuk menikmatinya sangat praktis, harganya pun murah, cuma 27.000 saja per kemasan.

Harga: 27.000 rupiah
Lokasi: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.11, Kedung Baruk, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur

Kopi Bandrek

keepo.me

Cocok dinikmati saat suhu sedang dingin. Komposisi dari Kopi Bandrek ini istimewa, ada kandungan jahe, kapulaga, adas, kayu manis, dan rempah-rempah lainnya yang dapat menghangatkan badan. Kemudian dicampur dengan kopi, gula, cream dan kamu bisa bayangkan sendiri rasanya nanti akan seperti apa.

Pastinya, oleh-oleh khas Surabaya ini sangat kaya dengan rempah-rempah. Berbeda dengan kopi kebanyakan yang cuma dicampur susu atau caramel.

Untuk satu kemasan Kopi Bandrek, kamu bisa memebelinya dengan harga 19.000 saja. Sangat murah, dan untuk menikmati minuman khas Surabaya ini kamu cukup menuangkan air panas saja. Jika ingin rasa dingin, setelah dituangkan air panas dan ampasnya sudah tercampur dengan air, kamu bisa menambahinya es batu. Dan kopi bisa dinikmati di tengah cuaca dingin yang kamu rasakan.

Merk Kopi Bandrek yang paling terkenal di Surabaya adalah Kopi Bandrek Sreg.

Harga: 19.500 rupiah
Lokasi: Kota Surabaya (melayani pembelian online, atau kamu bisa menemukannya di toko oleh-oleh Surabaya)

Kaos Cak Cuk

cakcuksurabaya (instagram)

Seperti Kaos Joger dari Bali dan Kaos Dagadu dari Jogja. Surabaya pun memiliki oleh-oleh khas yang berasal dari Surabaya sendiri. Yaitu Kaos Cak Cuk.

Kaos Cak Cuk memiliki desain yang menarik, ia bisa menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang unik, kamu bisa lihat dari merk kaosnya yang merupakan salah satu umpatan orang Jawa.

Ke Surabaya tidak lengkap kalau tidak membeli Kaos Cak Cuk. Dan selain kaos, brand ini juga menyediakan oleh-oleh lain, di antaranya adalah patung, pin, magnet, mug, monodolly, tas, dan remi.

Baju yang mereka buat memiliki tema-tema desain yang unik. Kamu bisa menemukan Kaos Cak Cuk yang ada hubungannya dengan zaman penjajahan, bonek mania, makanan-makanan, pasar malam dolly dan lain sebagainya.

Harga: 5.000 sampai 64.000
Lokasi: Jl. Dharmawangsa Barat No.35, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur

Julliane Brownies

jullianebrownies (instagram)

Berbagai rasa dari mulai yang original, keju, pandan, moccacino, mix dua rasa dan full taste. Kamu bisa merasakan semua rasa dalam paket yang paling disuka atau mencoba dua rasa brownies sekaligus.

Seperti brownies pada umumnya, adonan tepung terigu, telur dan ras yang kamu pilih, dicampur menjadi satu kemudian dioven pada suhu dan waktu tertentu. Selain itu, ia masih ditambahi toping. Ukurannya besar, cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh khas Surabaya saat mengunjungi kota dengan patung Hiu dan Buaya ini.

Harganya mulai 80.000 saja. Kamu sudah bisa menikmati kuliner Surabaya yang lembut di mulut ini.

Harga: 80.000 sampai 85.000
Lokasi: Bukit Palma Blok A1/37 CitraLand Utara, Babat Jerawat, Kec. Pakal, Kota SBY, Jawa Timur

Blidang atau Belinjo Udang

oleh-oleh khas surabaya
via: nyonyasioksurabaya_oods (instagram)

Di beberapa daerah, belinjo dikenal juga dengan istilah melinjo yaitu buah yang biasanya diolah menjadi keripik emping atau bisa juga dijadikan campuran dalam sayur asem.

Meskipun camilan ini memiliki rasa yang sedikit pahit, akan tetapi emping belinjo banyak digemari pecinta kuliner karena rasanya yang gurih.

Di Surabaya, Anda bisa menemukan olahan belinjo yang dicampur dengan udang dan rempah-rempah, sehingga rasanya menjadi lebih gurih, renyah, dan tidak terasa pahit.

Usaha Blidang di Surabaya ini sudah berdiri sejak 1935-an. Pertama kali yang mempelopori camilan blidang ini yaitu pabrikan rumahan milik “Ny. Siok”.

Anda bisa menemukan makanan ringan ini diberbagai toko pusat oleh-oleh khas Surabaya, salah satunya toko oleh-oleh Panen Raya Surabaya yang berada di Jalan Genteng Besar Nomor 77 A.

Anda bisa mendapatkannya hanya dengan harga sekitar Rp 30.000’an. Murahkan? Tak heran jika makanan Blidang ini banyak dicari wisatawan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Keripik Buah Kane-Kane

oleh oleh khas surabaya dan harganya
kanefood.com

Tak kalah lezat dengan Blidang, keripik buah kane-kane juga layak dibawa pulang sebagai oleh-oleh Surabaya. Keripik kane-kane adalah keripik yang diolah dari berbagai buah-buahan segar, mulai dari pepaya, nangka, mangga, nanas, apel, dan masih banyak lagi.

Pengolahan makanan ini cukup unik karena tidak digoreng menggunakan minyak goreng pada umumnya. Akan tetapi keripik buah kane-kane ini digoreng hanya menggunakan minyak kelapa (coconut oil), dimana coconut oil merupakan minyak dengan kandungan lemak yang baik dan aman bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Proses penggorengan menggunakan metode Vaccum Frying, yakni memasak dengan suhu kecil sehingga membuat buah matang dengan sempurna ketika digoreng. Keripik kane-kane bisa didapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh Surabaya dengan harga mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 70.000.

Bahkan, oleh-oleh ini juga banyak dijual di pedadang kaki lima pinggir jalan, khususnya di dekat area wisata. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi yaitu IGO Persada, yang terletak di Dukuh Karangan Gang Golongan IV, Nomor 15, Babatan.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Jambi

Almond Crispy Cheese

oleh oleh khas surabaya selain makanan
bukalapak.com

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang patut dicoba dan dibawa pulang yaitu Almond Crispy Cheese. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikan camilan ini sangat cocok dinikmati saat bersantai.

Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan untuk membuat camilan ini yaitu keju dan kacang almond. Kedua bahan tersebut selain enak juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.

Almond Crispy Cheese berbentuk bulatan tipis dengan taburan kacang almond dan parutan keju. Ada banyak varian rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari Cokelat, Strawberry, Blueberry, Green Tea, hingga Durian.

Oleh-oleh khas Surabaya ini bisa Anda dapatkan dengan harga relatif murah yakni Rp 45.000 dan bisa dibeli di pusat oleh-oleh Wisata Raya yang berada di Jalan Tunjungan 50 Surabaya.

Kerupuk Ikan Kenjeran

Bagi Anda penyuka makanan seafood, tak ada salahnya mencoba membawa pulang olahan ikan berbentuk kerupuk. Kerupuk ikan kenjeran adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya, khususnya bagian timur.

Tempat wisata yang paling terkenal di daerah tersebut yaitu Pantai Kenjeran. Setelah menikmati keindahan alam pantai, jangan lupa membawa kerupuk ikan kenjeran sebagai oleh-oleh hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 15.000. Murahkan?

Kerupuk ini dijual dalam keadaan mentah maupun matang. Jika ingin mencoba disana, Anda bisa membeli kerupuk ikan kenjeran yang matang. Rasa gurih dan renyah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Anda bisa mengunjungi penjual Kerupuk Ikan Kenjeran di Jalan Pantai Lama, Nomor 03-04 atau ke Pusat Ikan Asap Kenjeran, tepatnya di Jalan Pantai Kenjeran No.2 untuk membeli ikan kenjeran sebagai oleh-oleh.

Sambal Cuk

shopee.co.id

Surabaya dikenal juga dengan masyarakat penyuka kuliner makanan pedas. Saat ke Surabaya jangan heran jika banyak yang membeli Sambal Cuk. Salah satu jenis sambal terkenal di Surabaya, khususnya bagian Timur yang menjadi favorit banyak orang.

Pengolahannya menggunakan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, garam, dan minyak nabati, sehingga memiliki tingkat kepedasan yang super.

Rasa pedas yang mantap dan menggugah selera makan, bisa kamu rasakan dengan membelinya mulai dari Rp 22.000’an. Anda bisa mendapatkannya diberbagai toko oleh-oleh khas Surabaya terdekat. Salah satunya yang berada di Jalan Ngagel No. 127A, Wonokromo.

Banyak oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga. Oleh-oleh khas disana umumnya dibanderol dengan harga relatif terjangkau namun sebanding dengan kualitas makanan yang bisa memanjakan lidah. Jadikan Surabaya sebagai bagian destinasi wisata Anda dan beli oleh-oleh sebanyak-banyaknya.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *