Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Tangerang Banten yang Pas di Kantong!

3 min read

Oleh-oleh khas Tangerang – Kota Tangerang merupakan Kota terbesar ketiga di wilayah jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi. Letaknya berada tepat disebelah barat Ibukota Jakarta. Kota Tangerang sendiri masih masuk kawasan Provinsi Banten. Uniknya Kota ini mempunyai julukan sebagai Kota Benteng.

Dalam hal tempat wisata, Tangerang cukup mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Misalnya Citra Raya World of Wonders Theme Park, Ocean Park BSD Serpong, Floating Castle Froggy Edutography, Taman Buaya Tanjung Pasir dan lain-lain.

Selain mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik, Kota Benteng ini juga memiliki berbagai macam makanan oleh-oleh khas Tangerang. Apa saja oleh-oleh khas itu? Silausurya.com akan menginfokannya untuk Anda. Simak yuks!

Oleh Oleh Khas Tangerang

Sate Bandeng

oleh-oleh khas tangerang
via: ceritazalna (instagram)

Oleh-oleh khas Tangerang yang pertama adalah sate bandeng. Bisanya kita mendengar kata sate identik dengan sate kambing dan sate ayam. Namun di Banten dan Tangerang, ada makanan namanya sate bandeng. Unik bukan?

Lebih menarik lagi, sate bandeng khas Tangerang ini sama sekali tidak ada durinya. Jadi aman buat anak kecil ketika memakannya, tidak khawatir lagi tersedak duri.

Memang sih ada beberapa merk sate bandeng di Tangerang Banten ini yang terkenal enak, diantaranya yaitu sate bandeng Hj. Maryam, sate bandeng Ibu Aliyah, sate bandeng Sabajo, sate bandeng Kang Agus dan sate bandeng Ibu Amenah. Tinggal pilih sih, semuanya enak, lezat dan gurih tentunya.

Anda dapat membeli makanan khas Tangerang ini di berbagai toko oleh oleh khas Tangerang. Atau juga Anda bisa langsung mendatangi alamatnya yang terletak di Rumah Ratu Sabanban Jl. TMP. Taruna D5 No.37, Sukaasih. Buka mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. Harga antara Rp. 30.000 – 40.000 Rupiah.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bali

Kue Lapis Beneng

via: lapisbeneng (instagram)

Namanya kue lapis beneng. Menjadi salah satu oleh-oleh khas Tangerang yang cukup populer. Kue lapis beneng sendiri diolah 60% dari bahan dasar tepung singkong, sisanya dari tepung terigu.

Kenapa makanan kue lapis beneng ini lebih menggunakan tepung singkong sebagai bahan utama pembuatannya? Ya, karena Anwar Bendoz selaku penemu makanan ini beralasan, bahwa ia ingin agar masyarakat mengubah perilaku konsumsinya ke tepung singkong dan ingin menaikkan reputasi konsumsi singkong.

Rasa dari jajanan kue lapis beneng ini sudah tidak diragukan lagi. Rasanya manis pas dan tekstur kuenya lembut lumer di mulut. Anda bisa membelinya di alamat Jl. Maulana Hasanudin Rt 04/01, Poris Gaga, Batu Ceper, Tangerang. Harga Rp. 30 ribu/kotak.

Sagon Bakar Bu Irma

oleh-oleh khas tangerang selatan
bukalapak.com

Oleh-oleh khas Tangerang ini bernama sagon bakar milik Bu Irma. Makanan khas Tangerang ini penjualannya sudah sampai Australia dan Jerman. Sagon bakar Bu Irma ini sangat laris manis khususnya ketika di saat momen lebaran.

Sagon bakar Bu Irma ini beda dengan sagon bakar pada umumnya. Jika sagon pada umumnya menggunakan kelapa gongseng, maka sagon bakar Bu Irma ini menggunakan kelapa muda sehingga sagon yang dihasilkan sangat lembut dan khas.

Adapun rasanya, maka camilan sagon bakar ini menyediakan berbagai macam varian rasa. Ada rasa original, green tea, mokka dan sugar free. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Tangerang. Harganya mulai Rp. 3000 – 120.000 Rupiah.

Oleh-Oleh Khas Tangerang Selatan

Dodol Ny. Lauw

pusat oleh-oleh khas tangerang
via: dodol_ny.lauw (instagram)

Kalau Anda ke kota Jambi, Anda akan mendapati oleh-oleh khas Jambi berupa dodol terbuat dari buah nanas. Adapun di kota Tangerang ini, dodol yang terkenal adalah dodol Ny. Lauw. Dodol Ny. Lauw adalah makanan oleh-oleh khas Tangerang yang sudah berdiri sejak tahun 1969. Dodol ini dari dulu sampai sekarang masih memiliki cita rasa yang sama tidak berubah. Oleh karena itu jajanan dodol ini masih digemari oleh para pecinta kuliner.

Dalam proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional, yaitu masih menggunakan kayu bakar dalam memasaknya. Bahan utama beras ketan pun pengolahannya tidak dengan cara digiling, namun ditumbuk. Inilah yang membedakan dengan dodol pada umumnya.

Adapun dodol Ny. Lauw ini menyediakan lima jenis varian, yaitu dodol lapis, dodol wijen, dodol kacang mete, dodol cempedak dan dodol durian. Agar bisa membelinya, Anda harus datang ke tempat pembuatannya karena tidak membuka cabang lain. Yaitu di alamat Jl. Bouroq No.55, Gang SPG, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Tangerang. Harganya Rp. 75.000 – Rp. 90.000 per kilonya.

Kecap Benteng cap SH

toko oleh oleh khas tangerang
via: tokosembakookie (instagram)

Kecap benteng cap SH adalah oleh-oleh khas Tangerang yang bersifat bumbu dapur. Meskipun seringnya ketika kita membeli oleh-oleh itu berupa makanan atau jajanan, maka tidak ada salahnya Anda mencoba membeli oleh-oleh berupa kecap benteng SH.

Kecap benteng SH ini dibuat oleh seorang keturunan Tiong Hoa bernama Lo Tjit Siong dan kemudian pelan-pelan dilarisi oleh warga cina benteng. Kecap benteng ini sudah ada sejak tahun 1920 sampai sekarang.

Karena rasa manisnya yang pas, gurih dan teksturnya tidak terlalu kental dan encer, maka kecap benteng ini sangat cocok untuk dijadikan makanan kudapan seperti bakso, batagor, siomay, gado-gado dan lain-lain.

Untuk membelinya, Anda bisa langsung datang ke pabrik pembuatannya yang beralamat di Jalan Saham Rt 05/06, Kelurahan Sukasari. Kira-kira sekitar 1 km dari lokasi Pasar lama. Harganya Rp. 15 ribu/ 300 ml.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Padang

Kue Gipang Tiga Bunda

bukalapak.com

Oleh-oleh khas Tangerang yang satu ini namanya kue gipang. Kue gipang merupakan makanan khas tradisional Banten tangerang. Keberadaannya sekarang sudah agak langka, namun sekarang masih ada yang memproduksinya yaitu kue gipang tiga bunda. Makanan khas ini cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh.

Kue Gipang ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih atau merah. Awal pembuatannya, beras ketan ini dikukus terlebih dahulu. Lalu didinginkan kemudian dicuci bersih barulah setelah itu dijemur. Setelah kering, kemudian digoreng sambil dicampur dengan air gula. Oleh sebab air gula inilah kue gipang agak lengket di mulut ketika dimakan.

Ada dua varian rasa yaitu rasa pandan dan gula merah. Terkadang camilan ini juga ada yang diolesi diatasnya selai kacang untuk menambah rasa gurih dan enak.

Anda bisa membeli kue gipang ini di toko oleh-oleh khas. Atau bisa juga di perempatan Ciceri, gerbang jalan tol Serang Timur dan dekat Pasar lama. Harganya Rp. 10.000 an.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Tangerang yang recomended buat Anda. Jangan lupa siapkan uang yang cukup dan pilihlah makanan atau camilan yang enak dan cocok di kantong Anda.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *