Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Jawa Barat yang Fenomenal

4 min read

pusat oleh oleh khas tasikmalaya

Oleh-oleh khas Tasikmalaya – Salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat adalah Tasikmalaya. Kota ini menyimpan berbagai macam tempat wisata yang menarik, seperti Pantai Karang Tawulan, Curug Dengdeng, Taman Wisata karang Resik dan Curug Sawer Mandala mekar.

Selain memiliki tempat-tempat wisata Tasikmalaya yang indah nan mempesona, Tasikmalaya juga mempunyai wisata kuliner khas yang lezat, seperti Tutug Oncom, Nasi Cikur, Soto Pataruman dan Sate Maranggi.

Intinya, Tasikmalaya mempunyai banyak banget kekayaan wisata yang sayang jika tidak dicoba. Entah itu wisata alam atau wisata kulinernya.

Nah, kali ini silausurya.com akan menginformasikan kepada Anda sisi lain dari wisata kuliner Tasikmalaya, yaitu tentang oleh-oleh khas Tasikmalaya.

Oleh Oleh Khas Tasikmalaya Jawa Barat

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Tasikmalaya, jangan lupa beli beberapa oleh-oleh khas berikut ini untuk keluarga dan sahabat di rumah!

1. Opak Ketan Oven

oleh-oleh khas tasikmalaya
olahanomboy (instagram)

Makanan khas Tasikmalaya ini dibuat dari bahan utama tepung beras ketan dengan rasa yang gurih dan renyah. Menariknya, opak ketan oven ini dimasak dengan cara di oven atau panggang. Kamu bisa menikmatinya dengan pilihan dua varian rasa yaitu manis dan asin.

Proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, yaitu tepung beras ketan dibuat adonan kemudian dibentuk bulat pipih dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk proses memasaknya, dimasukkan ke dalam oven sampai opak ketan matang.

Opak ketan oven dijual mulai dari harga Rp 40.000’an per kemasan. Kamu bisa mendapatkannya diberbagai pusat oleh-oleh, salah satunya di outlet NESA Pusat Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya di Jl. Paseh No.106.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Bandung

2. Ladu Ketan

oleh oleh khas tasikmalaya
bukalapak.com

Oleh-oleh khas Tasikmalaya berikutnya adalah Ladu Ketan. Jajanan ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan hitam (jenis ranggey), gula aren, dan kelapa. Makanan ini seperti kue dodol yang memiliki rasa khas yaitu kenyal, gurih, dan wangi.

Ladu ketan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 22.000’an per kemasan dengan isi 15 pcs. Kamu bisa membelinya di Toko oleh-oleh khas Tasikmalaya, salah satunya yang berada di Jl. AH Nasution, Kota Tasikmalaya.

3. Citruk

pusat oleh oleh khas tasikmalaya
inchuabahthea (instagram)

Citruk adalah makanan khas Tasikmalaya berjenis kerupuk, dibuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu. Camilan ini berbentuk bulat kecil seperti uang koin. Cara pembuatan citruk cukup unik yaitu adonan tepung kanji dan terigu yang telah dibumbui, dibentuk silender kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Selanjutnya ditiriskan sampai dingin dan dipotong tipis-tipis, lalu digoreng lagi sampai kering hingga kelihatan renyah seperti kerupuk.

Makanan ringan ini, bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp 35.000’an. Oiya, kamu bisa membelinya diberbagai pusat oleh-oleh khas Tasikmalaya atau market, salah satunya di Jl. Raya Sumedang, Cibeureum.

4. Kolontong Tasikmalaya

oleh oleh khas tasikmalaya jawa barat
putitriangganapurti (instagram)

Camilan ini berbahan dasar tepung ketan putih, gula merah dan tambahan gula putih. Proses pembuatannya butuh ketelatenan mulai dari membuat adonan sampai dibentuk dan dicetak persegi panjang.

Kemudian, dipotong-potong dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Jika sudah kering, kolontong Tasikmalaya ini di panggang di atas tungku tradisional sampai mengembang dan matang.

Kolontong khas Tasikmalaya ini bisa kamu beli di NESA Pusat Oleh-Oleh khas Tasikmalaya yang berada di Jl. Paseh No.106, Tuguraja. Biasanya dijual per bal (2 kg) dengan harga Rp 40.000’an.

5. Wajit Ketan Tasik

oleh-oleh makanan khas tasikmalaya
samirasamilo (instagram)

Wajit ketan khas Tasik ini dibuat dari beras ketan putih yang dicampur dengan gula merah atau gula putih. Makanan ini biasanya dijadikan hidangan untuk acara-acara besar seperti pesta pernikahan, hajatan, sunatan, lebaran dsb.

Namun, kini kamu bisa mendapatkan wajit ketan dengan mudah diberbagai pusat oleh-oleh. Proses pembuatannya mirip dengan pembuatan dodol jawa atau jenang.

Wajit khas Tasik ini bisa kamu dapatkan di NESA Toko Oleh-Oleh Khas Tasik yang beralamat di Jl. Paseh No.106, Tuguraja, Cihideung dengan harga terjangkau mulai dari Rp 40.000’an.

6. Kalua Jeruk Khas Tasik

toko oleh oleh khas tasikmalaya
day_tea_indo (instagram)

Kalua jeruk adalah salah satu jajanan yang cukup terkenal. Makanan ini sebenarnya adalah manisan kulit jeruk dengan rasa manis yang berasal dari gula aren.

Namun, seiring berkembangnya zaman, kini sudah banyak varian lain yang dijual seperti rasa durian, strawberry, vanilla, mocca, hingga melon. Tak sulit untuk mendapatkan camilan lezat ini, kamu bisa membelinya disepanjang Jalan Raya Ciwidey dengan harga mulai dari Rp 40.000’an per kg.

7. Sambal Goang

apa oleh oleh khas tasikmalaya
bukalapak.com

Sambal ini cocok dijadikan tambahan bersama lalapan saat makan. Beberapa makanan akan terasa lebih lezat apabila disantap dengan sambal goang seperti misalnya nasi tutug oncom, pepes ikan, hingga ikan bakar atau ikan goreng.

Sambal pedas ini dibuat dari cabai rawit, garam, bawang putih, dan kencur. Bahan-bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk, ketika sudah halus kemudian disiram dengan sedikit minyak panas sampai tercium aroma pedas wangi.

Kamu bisa mendapatkan sambal goang sebagai oleh-oleh di Warung Nasi Sambal Goang yang beralamat di Jl. Yudanegara, Argasari, Cihideung dengan harga mulai dari Rp 25.000’an.

8. Payung Geulis

noura_elsyihabgallery (instagram)

Tak hanya makanan, kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh khas Tasikmalaya berupa souvenir cantik “Payung Geulis”. Tidak seperti payung pada umumnya, kerajinan tangan ini dibuat dari kayu yang dilapisi kertas, sehingga hanya cocok digunakan sebagai pelindung dari panas matahari.

Payung geulis ini identik dengan lukisan warna-warni bermotif bunga yang dikerjakan secara manual oleh para pengrajin di sana. Warnanya yang beraneka ragam nan cantik-cantik bikin kamu geregetan.

Jika tertarik payung geulis, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 50.000’an. Dapatkan souvenir khas Tasikmalaya Payung Geulis ini di salah satu pusatnya yaitu Pengrajin Payung Geulis Mandiri yang berada di Jl. Panyingkiran I, Kec. Indihiang.

Baca Juga Oleh Oleh Khas Makassar

9. Kelom Geulis

kelomcampernik (instagram)

Kelom Geulis merupakan sandal kayu khas Tasikmalaya. Kayu yang digunakan yakni kayu mahoni atau albasia. Dibuat oleh pengrajin dengan cara manual. Sandal ini terlihat menawan dengan tambahan ukiran bermotif bunga dan batik.

Sandal Kelom Geulis ini dijual dengan harga cukup tinggi yaitu mulai dari Rp 100.000’an. Kamu bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh, salah satunya di Kelom Geulis Carvella yang beralamat di Jl. Tamansari No.08, Mulyasari Kec. Tamansari.

10. Batik Tasik

afsheen_batikgallery2 (instagram)

Batik Tasikmalaya identik dengan motif yang berkesan terbuka, sederhana, dan pluralis. Ada tiga jenis motif batik populer di Tasikmalaya yaitu Batik Sawoan, Batik Sukapura, dan Batik Tasik.

Selain itu, warna batik khas Tasikmalaya cenderung terkesan ceria dan cerah, seperti warna orange, ungu, biru, merah, hijau, hingga coklat. Sebelum kain dibatik, terlebih dahulu melewati proses perendaman kain untuk merapatkan serat sehingga lebih kuat.

Kamu bisa mendapatkan batik-batik indah khas Tasikmalaya di Agnesa Batik Tasikmalaya yang berada di Jalan Cigeureung No. 40, Nagarasari Kec. Cipedes. Batik yang dijual dibanderol dengan bermacam-macam harga, mulai dari Rp 35.000’an.

Yuk, beli oleh-oleh khas Tasikmalaya untuk keluarga dan sahabat di rumah. Kamu bisa membawa pulang souvenir maupun makanan khasnya untuk mereka.

Amirul Mukminin Penikmat berbagai macam masakan khas di berbagai penjuru Indonesia yang lahir di kota Kudus, biasa dipanggil Mas Amir. Whatsapp saya 0897-9240-181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *